Kamis, 01 September 2011

[Kisah Nabi dan Rasul] Adam "Manusia Pertama"


[Kisah Nabi dan Rasul] Adam "Manusia Pertama"



Manusia Pertama
(Surat Al-Baqarah, ayat 30. Surat Shaad, ayat 71-83. surat Al-A’raaf, ayat 11-25)

Adik-adik, kita awali Kisah dalam Al-Quran ini dengan kisah manusia pertama, yaitu Nabi Adam alaihi salam. Beliau diciptakan oleh Allah Swt.,  dimulai ketika Allah berfirman kepada para Malaikat. Firman tersebut berbunyi seperti ini, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.”
Pada saat itu, selain bumi dan seisinya, Allah juga menciptakan Malaikat yang berasal dari cahaya dan Iblis yang bersal dari api.
Malaikat dan Iblis kaget bukan main mendengar firman Allah tersebut. Mereka terhenyak dengan keputusan Allah. Bukankah selama ini mereka menjadi mahluk yang amat taat kepada Allah?
“Ya Allah, mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di muka bumi itu makhluk yang akan berbuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah. Padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji dan menyucikan Engkau? Mengapa bukan kami yang menjadi khalifah di muka bumi? Sehingga segala aturan-Mu bisa sempurna dijalankan di muka bumi?” tanya Malaikat panjang lebar.
Allah menjawab dengan berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
Para Malaikat segera sadar. Tentu ada hikmah yang amat besar di balik setiap kehendak Allah.
Allah berfirman lagi, “Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya dan telah meniupkan ke dalamnya ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud.”
Lantas dengan mengucapkan kalimat “Kun Fa Yakun”, jadilah Adam dengan bentuk ciptaan yang terbaik.
Tanpa sepengetahuan Malaikat, Allah kemudian memberi pelajaran kepada Adam tentang semua benda yang ada di sekelilingnya sehingga Adam mengetahui nama-nama benda tersebut.
Allah lantas menghadirkan semua benda itu di hadapan para Malaikat. Allah ingin para Malaikat mengakui bahwa Adam layak menjadi seorang khalifah di muka bumi.

by Ali Muakhir
ilustrasi Beben

2 komentar:

  1. ini ilustrsinya kan aku yg bikin boo..heheee

    BalasHapus
  2. Hohoho ... ternyata visualnya nonoy, bo ... hihihi
    langsung ralat

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar