Rabu, 16 Januari 2013

[Tips Nulis] 7 Kesalahan Calon Penulis (bag 1)

7 Kesalahan Calon Penulis
                                                                                   
Bag 1 (dari 3 bagian)
Tahun 1999 saya mengawali karier dunia editorial dengan memegang buku anak-anak. Tidak lama kemudian memegang juga untuk editorial buku remaja. Hingga sekarang, masih mengedit, mengelola, bahkan mencoba mencari naskah-naskah layak terbit, baik yang ditulis oleh penulis yang telah punya nama atau penulis baru alias calon penulis buku.
Selama itu pula banyak sekali hal yang saya alami, baik pengalaman yang menyenangkan atau pengalaman yang tidak menyenangkan. Walau jujur saya akui, dunia editorial dalam dunia perbukuan itu super duper menyenangkan.
Banyak buku yang saya edit kemudian meraih penghargaan. Pada masa-masa itu salah satu penghargaan yang sangat prestisius adalah Anugerah Adikarya Ikapi. Sederet buku yang saya edit membawa buku tersebut sekaligus membawa penulisnya meraih anugerah Adikarya Ikapi yang terakhir diselenggarakan pada tahun 2009 (Kalau tidak salah).
Buku-buku peraih adikarya tersebut, yang saya ingat antara lain “Rembulan di Mata Ibu” karya Asma Nadia, “Dialog Dua Layar” karya Asma Nadia untuk kategori remaja. “Alhamdulillah Aku Punya Mata” karya Nurul Iksan untuk buku anak-anak. Dan beberapa buku lainnya yang saya lupa judulnya, total hampir sekitar 15 tropy didapat.
Pengalaman lain yang tidak kalah menyenangkan adalah menemukan naskah berlian dan Calon Penulis yang berlian pula. Saya bilang berlian karena naskahnya punya kans besar untuk mendongkrak penulisnya menjadi hebat dan dikenal. Pengalaman ini benar-benar tidak bisa dilupakan.
Pengalaman yang juga tidak bisa dilupakan, ketika kemudian ada calon penulis yang first naskahnya langsung diterima penerbit dan akan diterbitkan. Banyak sekali hal yang belum dia ketahui dalam dunia penerbitkan, sehingga banyak pula yang membuat kita tersenyum, terutama pada proses penerbitan. Nah, pada bagian ini yang akan saya ungkap pada artikel kali ini. Saya rangkum dalam 7 Kesalahan Calon Penulis.
Nex … bagian 2
 


Mau Jago Nulis dan Jadi Pemenang di Dunia Tulis Menulis? Ikut Kelas Nulis "WinnerClass" aja.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar