Senin, 28 September 2015

Bajigur Durian Mang Asoy Ternyata Berhasiat

BAJIGUR adalah minuman khas daerah Jawa Barat yang terbuat dari racikan gula merah, santan, daun pandan dan sering disajikan dengan kelapa muda sudah biasa, tetapi Bajigur yang disajikan dengan durian hanya ada di Warung Bajigur Durian Mang Asoy. Bajigur Durian khas Bajigur Durian Mang Asoy selain spesial ternyata berkhasiat menguatkan tubuh.
Durian Bakar Asoy Memang Asoy Geboy (Foto: Kang Alee)
Saya penasaran dengan Bajigur Durian Mang Asoy karena seorang teman selalu merekomendasikan. Awalnya nggak terlalu tertarik, tetapi setelah melihat foto-foto yang diunggah di instagram, tertarik juga.
Makanya, begitu ada kesempatan jalan-jalan ke daerah Soreang, Bandung Barat, target pertama adalah wisata kuliner, mencicipi kelezatan Bajigur Durian Mang Asoy yang sudah cukup dikenal itu.
Jarak tempuh dari rumah yang terletak di Bandung Timur menuju warung  Bajigur Durian Mang Asoy yang terletak di Bandung Barat sebetulnya tidak terlalu jauh, hanya saja karena melewati daerah Kopo yang super duper macet, jadi memerlukan waktu tempuh lebih lama.
Bisa saja sih lewat jalur Tol Buah Batu-Kopo kemudian menyusuri Jalan Katapang, tetapi tetap saja terkena macet. Makanya, saya lebih memilih jalur biasa. Jalan Soekarno-Hatta – Jalan Cibaduyut – Jalan Kopo Sayati – Jalan Terusan Kopo (Katapang) di mana Bajigur Durian Mang Asoy berada.
Kurang lebih satu setengah jam kemudian mobil yang saya kendarai tiba di Jalan Terusan Kopo (Katapang) Km. 35, di mana warung Bajigur Durian Mang Asoy berada. Cukup sulit juga parkir di sana karena jalanan padat dan tempat parkir penuh. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya mobil parkir di seberang warung.
Warung Bajigur Durian Mang Asoy sangat sederhana, hanya sebuah warung dengan ruas-ruas dan dinding dari bambu dan beratap rumbia berukuran kurang lebih 40 meter persegi. Bagian depan, tempat mengolah bajigur durian ditutup spanduk dengan tulisan Bajigur Durian Mang Asoy cukup mencolok.
Warung Bajigur Duriang Asoy Cukup Sederhana dan Bersih (Foto: Kang Alee)
Di depan warung ada gundukan kelapa serta durian yang digantung. Pengunjung bisa membeli kelapa atau durian tersebut.
Dalam warung ada beberapa bangku sederhana yang telah terisi. Saya dan keluarga memilih bangku di ujung, bangku yang baru saja ditinggalkan pengunjung. Tersedia beberapa kudapan yang biasa menemani minuman bajigur, seperti bakwan goreng, comro, kacang rebus, kedelai rebus, singkong, dan ubi, terhidang di meja depan.
Saya mengambil daftar menu yang diletakan begitu saja di meja. Ada sekitar 11 menu disediakan. Baik menu utama ataupun menu tambahan.
Pada jajaran menu utama ada Bandrek Durian, Es Kelapa Durian, dan Bajigur Durian. Menu tambahan ada Es Bajigur Durian, Kopi Durian, Bandrek Durian, dan Durian Bakar. Khusus menu Durian Bakar disajikan dengan ketan hitam dan kelapa bakar muda.
Saya memesan Durian Bakar dan Bajigur Durian sementara yang lain memesan Durian Bakar dan Es Kelapa Durain.
Tidak lama kemudian menu pesanan datang. Durian Bakar dihidangkan dalam mangkuk plastik berbentuk daun warna hijau daun. Isinya terdiri dari lima biji durian bakar yang dagingnya tebal, tape ketan, kelapa muda bakar, dan beberapa potong es serta diberi susu sebagai penambah rasa manis.
Sementara Es Kelapa Durian dihidangkan dalam mangkuk platik berisi potongan-potongan kelapa muda yang kenyal, lima biji durian dengan dagingnya yang tebal, dan es serut yang disiram gula merah.
Es Kelapa Durian dan Bajigur Durian Rasanya Sama-Sama Asoy (Foto: Kang Alee)
Menu Durian Bakar rasanya sangat nikmat. Durian yang sudah dibakar harumnya tidak terlalu menyengat sehingga tidak membuat mual bagi yang kurang suka durian. Ditambah dengan potongan kelapa muda yang manis serta tape ketan merah, begitu menyentuh lidah menimbulkan sensasi rasa tersendiri. Seperti ada soda alamiah di dalamnya.
Karena penasaran, saya memesan Es Kelapa Durian. Es Kelapa Durian rasanya tidak kalah dengan Durian Bakar. Daging kelapa yang lembut dicampur cairan gula merah dan daging durian yang manis dan harum menimbulkan rasa yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Kombinasi yang saling menambah nikmat.
Sebagai penutup, saya menyeruput Bajigur Durian. Jika kedua menu sebelumnya berasa dingin di badan, Bajigur Durian sebaliknya, menambah hangat badan. Lengkap sudah wisata kuliner kali ini.
Oh iya, jika pengunjung ingin makan berat, di sebelah warung Bajigur Durian Mang Asoy ada tempat makan dengan menu-menu khas jajanan jawa barat seperti siomay, baso tahu, baso, dan sebagainya, jadi bisa memesan juga di warung sebelah.
@KreatorBuku


Info Warung
Bajigur Duriang Mang Asoy
Alamat Jalan Terusan Kopo (Katapang) Km. 11,
Soreang Bandung Barat
Buka setiap hari pukul. 07.00-22.00 WIB

Harga Menu antara Rp.5.000 – Rp.20.000,-




0 komentar:

Poskan Komentar

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar