Rabu, 28 Oktober 2015

Grand New Avanza dan Grand New Veloz Mobil Keluarga Bahagia



LIBURAN keluarga bagi Lelaki Berciput itu sangat penting demi membahagiakan keluarga. Dia biasanya mengambil waktu liburan awal tahun karena masih sangat senggang dibandingkan pada saat liburan akhir tahun, liburan sekolah, atau libur hari-hari besar.
Seperti awal tahun lalu, Lelaki Berciput bersama keluarganya backpackeran keliling Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Gunung Kidul menggunakan mobil avanza yang selama hampir tujuh tahun menemaninya dari Bandung menuju beberapa objek wisata yang tersebar di sana.
Awalnya Lelaki Berciput ragu-ragu untuk backpeckeran karena anak-anak masih kecil. Takut mereka tidak tahan dijalan, sakit, mobil mogok, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Setelah membaca-baca tips dari blog para backpacker, akhirnya keraguan  dan ketakutan tersebut sirna.
Jadilah pada awal tahun lalu, Lelaki Berciput backpackeran melalui jalan darat. Dimulai dari Bandung menuju Cirebon untuk mengeksplorasi Kota Cirebon termasuk mengunjungi Keraton Kesepuhan dan Keraton Keprabon. Kemudian menuju Tegal untuk menikmati pemandian air panas Guci. Lanjut menuju Magelang untuk mengagumi Candi Borobudur. Menuju Jogjakarta untuk melihat kemolekan Candi Prambanan, Keraton Ratu Boko, Keraton Jogjakarta, Taman Pintar, dan terakhir mengekspor pantai-pantai indah di Gunung Kidul.






Selama kurang lebih 4 hari 3 malam, Lelaki Berciput dan keluarga menikmati perjalannnya dengan penuh kebahagiaan, walau pada akhirnya kelelahan juga. Terutama ketika kembali ke Bandung, beberapa kali musti berhenti cukup lama di beberapa tempat karena mobilnya rewel. Entah, tiba-tiba AC-nya mati, mesinnya panas, dan sebagainya.
 Akan tetapi meski ada kendala, keluarga Lelaki Berciput tetap bahagia, tidak menyesal bisa backpackeran, bahkan tahun depan berencana kembali backpackeran, kali ini keliling destinasi wisata di bagian barat Pulau Jawa.
Belajar dari pengalaman, Lelaki Berciput tidak mau mengambil resiko. Mumpung awal tahun masih beberapa bulan lagi, dia dan keluarganya mengunjungi salah satu dealer Toyota di Jalan Gatot Subroto No 109-111 Bandung. Dia tertarik untuk mengganti mobilnya dengan Grand New Avanza atau Grand New Veloz yang baru saja dikeluarkan Toyota agar keluarganya makin bahagia.

Stylish dan Sporty untuk Keluarga Bahagia
Begitu Lelaki Berciput masuk showroom, mobil Grand New Avanza warna hitam, tipe 1.3 G M/T langsung menyita pandangannya.
“Selamat datang, Pak,” seorang Sales bernama M. Elvi menyapa dan mempersilahkannya melihat-lihat. “Ini Grand New Avanza keluaran terbaru temannya Grand New Veloz,” katanya cukup kocak sambil menyodorkan leflet dan menjelaskan dua varian mobil yang dia sebutkan.
Lelaki Berciput melihat Grand New Avanza yang dipajang. Berbeda sekali dengan avanza jadulnya. Mulai dari mesin, body bagian depan, sisi kanan, sisi kiri, hingga bagian belakang terlihat sporty.
Kemudian bagian dalam mobil mulai dari kemudi, daskboard, jok depan, jok tengah, jok belakang, dan bagasi terlihat stylish dan lapang. Cocok sebagai Mobil Keluarga Indonesia.
Tanpa diminta, sales menjelaskan detil Grand New Avanza dan Grand New Veloz  beserta perbedaan keduanya.


Desain Luar
Pada Grand New Avanza yang terlihat berubah grille radiator depan yang bernuansa chrome dan lebih lebar. Bagian bumper bawah ada ornamen grille warna hitam menyatu dengan lampu kabut.
Kemudian Lampu utama depan terlihat menonjol dengan lekukan di kedua sisi kanan dan kiri bagian bawah lampu. Kap mesin juga ada lekukan di sisi kiri ataupun sisi kanan. Kemudian ada perubahan pada body molding sampinga. Ada  emblem Dual VVT-i di bawah kaca spion kanan dan kiri.
Bagian belakang mobil lampu belakang menyatu hingga tuas pintu bagasi belakang. Lampu rem pada spoiler atas belakang diperlebar sehingga ketika ngerem, lampu semakin terlihat. Desain velg alloy juga berubah.




Desain Dalam
Desain dalam Grand New Avanza ada perubahan pada sistem audionya. Tipe Toyota Grand New Avanza 1.5 G, dilengkapi layar 6,1 inchi touch screen dan iPod ready. Warna dashboard pada tombol pengaturan AC, menggunakan warna abu-abu. Pengaturan AC bagian kanan memiliki 2 fungsi, yaitu untuk menambah dingin AC dan pengaturan sirkulasi udara dalam kabin.





Mesin
Mesin Grand New Avanza menggunakan sistem dual VVT-I sehingga pasti lebih hemat bahan bakar, suara mesin lebih halus sehingga mengurangi kebisingan di dalam kabin mobil.
Pada Avanza lama, masih menggunakan mesin VVT-i dan menghasilkan daya maksimum 92 Ps / 6,000 rpm. Sedangkan Toyota Grand New Avanza yang menggunakan sistem dual VVT-i, menghasilkan daya maksimum 96.5 Ps / 6,000 rpm, jadi ada kenaikan daya 4,5 PS dari mesin lama.
Selain mesin Dual VVT-i, mesin dilengkapi 8 lubang injektor. Karena penambahan 4 lubang injektor dari Avanza lama, maka masing-masing lubang injektor dikecilkan agar injeksi bahan bakar lebih halus dan meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar.


Kenyamanan
Grand New Avanza sangat nyaman karena:
1). Suara mesin sangat kecil terdengar di dalam kabin, sehingga kabin lebih sunyi.
2). Pelipatan kursi baris kedua, hanya perlu memutar knob tanpa harus mendorong sandaran jok untuk membuat sandaran jok rebah ke depan.
3). Desain dan bahan jok diubah dan terasa lebih empuk, sehingga makin nyaman.
4).  Desain kursi jok baris ketiga bisa dilipat terbelah sehingga dapat dilipat salah satunya sehingga lega.
5). Suspensi mobil ditingkatkan sehingga saat dalam kecepatan tinggi tetap nyaman.
6). Struktur lantai mobil juga lebih baik, shingga mempermudah pengendalian.




Keamanan dan Keselamatan
Grand New Avanza aman karena;
1). Penggunaan kunci immobilizer pada tipe 1.5 G dan tipe 1.3 G.
2). Dilengkapi ISOFIX fitting untuk mempermudah pemasangan kursi bayi. Menggunakan ISOFIX fitting akan mengurangi kesalahan pemasangan kursi bayi, sehingga kursi bayi terpasang kuat. ISOFIX telah terbukti lebih aman pada test keselamatan.
3). Terdapat sabuk pengaman tersilang pada penumpang ketiga di jok baris kedua dan sabuk pengaman ini tersambung ke plafon mobil.
4). Sabuk pengaman dengan pretensioner force limiter.
5). Ada lampu peringatan pemakaian sabuk pengaman pada penumpang di depan, yang berada di tengah dashboard mobil disebelah kiri tombol lampu segitiga merah (hazard light button).
6). Pada saat penumpang di depan (orang dewasa) duduk di jok paling depan bagian kiri, lampu perigatan sabuk pengaman otomatis akan menyala.
 7). Terdapat side impact beam pada sisi samping, baik pintu depan dan pintu belakang.
8). Dilengkapi rem ABS (Anti-lock braking system). 

Kemudian untuk Grand New Velos bisa dilihat dalam video ini




Setelah mengetahui kedua mobil yang baru dikeluarkan Toyota tersebut, Lelaki Berciput menimbang-nimbang mana yang akan dipilihnya? Keduanya sama-sama trendy, stylish, dan cocok sebagai Mobil Untuk Keluarga Stylish. Jika pembaca blog Lelaki Berciput disuruh pilih kira-kira pilih mana? Bagaimana kalau pilih keduanya saja? Lelaki Berciput buru-buru ngecek rekeningnya.
@KreatorBuku

24 komentar:

  1. Jadikan aku penebeng pertama Veloz-nya, ya, Mas ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mas Koko ... masih ada kursi, hihihi

      Hapus
  2. Balasan
    1. Makasih Mas ... masih belajar, hehehe.

      Hapus
  3. asyiik kalo menang pengen nebeng juga, sukses Mas Alee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Mbak Naqi ... eh, selamat ya, udah menang Lenovo ... asyiiik ...

      Hapus
  4. Siap jalan-jalan sama Veloz baru nih kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk, hehehe. Mau ke mana ya, kira-kira

      Hapus
  5. Cikgu hayuuu jalan2 kebogor bekasi.keren deh lelaki berciput

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuklah ... Bekasi Bogor Tangerang Jakartah

      Hapus
  6. Jadi veloz dan avanza nya dah di bawa pulang nich hahaha.Mau ikutan nyobain dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Bro ... boleh Maz ... hayuk backpackeran

      Hapus
  7. Backpackeran ke Batam aja lagi Kang. Sebrangin si Veloznya ke Jembatan Barelang :D

    BalasHapus
  8. Yuuuk, keluarga kita backpackeran bareng, Mas Ali... suami saya juga senang melanglang buana. Kita menyusuri jawa, bali, nusa tenggara. Tapi bentar, mobil di rumah dituker sama Veloz dulu, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, pasti seru pisan ... bisa diatur nanti. Ada rencana juga mau ke arah timur ... sampai Lombok, hehe.

      Hapus
  9. Bagian terakhirnya kereeeen. Saya gak bisa kayak gitu hehehe ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ... soale jumlah katanya terbatas neh, cuma 1000 kata, jadi dibuat video biar infonya lengkap, hehe

      Hapus
  10. ikutttt jalan2 pake veloznyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk-hayuk ... biar rame halan-halannya, hehe

      Hapus
  11. foto-fotonya keren-keren banget kaang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hatur nuhun, terima kasih, matur suwun Mbak Dew, hehe

      Hapus
  12. tapi yang kulihat bukan itu yang dibawa ngantor..

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar