Jumat, 06 November 2015

Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah


INGIN jadi pengusaha, tetapi tidak tahu bagaimana cara memulainya? Punya rencana usaha, tetapi belum punya modal yang cukup? Bagaiamana kalau ikut Challenge yang diselenggarakan Datsun? Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah.
Datsun hadir tidak hanya untuk memperkenalkan kendaraan terbaiknya, tetapi juga menjadi agen perubahan. Datsun Indonesia hadir untuk mendorong para Risers mewujudkan mimpi mereka untuk sukses dan menyejahterakan lingkungan mereka.
Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah

‘Datsun Rising Challenge’ adalah sebuah kompetisi ide dan proposal bisnis bagi para pemuda berumur 20 – 35 tahun untuk menyalurkan impian bisnis mereka dan mendapatkan akses untuk merealisasikan mimpinya menjadi suatu bisnis.
Diselenggarakan untuk ke-2 kalinya, ‘Datsun Rising Challenge 2’ fokus kepada ide dan proposal bisnis sosial yang mengutamakan kontribusi dan dampak sosial yang positif bagi sekitarnya, selain profit bagi bisnisnya.
Diprakarsai oleh Datsun, kompetisi DRC 2 dijalankan dengan bekerjasama dengan berbagai juri dan mentor yang terpercaya. Juri dan mentor yang bergabung dalam DRC 2 dikurasikan dari berbagai latar belakang termasuk socialpreneur, pengamat dan pelaku kreatif, ahli media digital dan lainnya.

Social Entrepreneurship
Pada Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah tahun ini, fokus pada social entrepreneurship. Dengan tujuan untuk mengembangkan semangat kewirausahaan Risers di Indonesia dan berkontribusi bagi solusi permasalahan sosial. Para peserta diundang untuk mendaftarkan ide dan proposal bisnis yang inovatif untuk pengembangan para wirausahawan muda Indonesia yang memiliki kepekaan sosial.
Social entrepreneurship menggabungkan inovasi, sumber daya dan kesempatan untuk mengatasi tantangan dan masalah sosial dan lingkungan melalui kewirausahaan. Tujuannya adalah perubahan yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dimana usaha tersebut dijalankan.

Hadiah Kompetisi DRC
Pada akhir Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah ini Datsun Rising Challenge 2, akan ditentukan 5 (lima) pemenang utama yang akan mendapatkan hadiah sebagai berikut :

Syarat & Ketentuan Umum
Syarat dan Ketentuan Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah ini hanya berlaku untuk Aktivitas ‘Datsun Rising Challenge 2’. Aktivitas ini diselenggarakan oleh PT Nissan Motor Indonesia dan pihak agency yang ditunjuk olehnya.
Aktivitas ‘Datsun Rising Challenge 2’ dimulai pada 20 Oktober 2015 Jakarta, waktu Indonesia dan berakhir pada 20 Januari 2016 pukul 23:59 Jakarta, waktu Indonesia (selanjutnya disebut: Masa Aktivitas ‘Datsun Rising Challenge’).
PT Nissan Motor Indonesia berhak untuk mengubah atau membatalkan Syarat dan Ketentuan, hadiah, definisi atau informasi lain kapan saja selama Masa Aktivitas ‘Datsun Rising Challenge 2’ tanpa pemberitahuan dalam bentuk apapun terlebih dahulu.
Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah

Cara Berpartisipasi 
Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, baik pria maupun wanita dengan syarat-syarat sebagai berikut :
1). Hanya untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di wilayah Indonesia
2). Proposal yang dikirimkan harus berupa ide bisnis orisinil dan belum pernah terpilih menjadi pemenang dalam kompetisi wirausaha lainnya
3). Nilai skala bisnis yang diajukan maksimal sebesar 150 juta Rupiah
4). Ide bisnis dapat disusun secara individu ataupun kelompok, namun setiap proposal bisnis hanya dapat direpresentasikan oleh 1 nama
5). Peserta harus berusia antara 20 tahun hingga 35 tahun dan saat ini belum menjalankan bisnis sosial yang ada di dalam proposal.
6). Model usaha yang diajukan tidak boleh melanggar hukum yang berlaku di Indonesia.
7). Formulir dapat diunduh di sini
8). Kompetisi ini tidak berlaku bagi karyawan PT Nissan Motor Indonesia, dan Agency; termasuk juga anggota keluarganya

Proposal
Setiap peserta Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah ini hanya diperkenankan mengirimkan satu proposal bisnis sosial. Yang dimaksud dengan proposal bisnis sosial adalah bisnis yang mencakup beberapa point sebagai berikut:
1). Ide bisnis sosial dimulai dengan analisa lingkungan dan masyarak
2). Ide bisnis sosial timbul untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat dan lingkungan setempat
3). Ide bisnis sosial dapat dikembangkan ke skala yang lebih besar (di tingkat daerah hingga hingga nasional)
4). Ide bisnis sosial tersebut memberdayakan masyarakat dalam operasional perusahaan
5). Ide bisnis sosial tersebut memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar
6). Ide bisnis sosial tersebut dapat mendatangkan profit

Lain-Lain:
Pertanyaan mengenai ide bisnis sosial untuk mengikuti Kompetisi Bisnis Anak Muda Berhadiah Mobil dan Uang Jutaan Rupiah ini dapat dilihat di Frequently Asked Question (FAQ) atau dapat dilayangkan via email ke breakthrough@datsun.co.id
Orisinalitas. Semua proposal yang diikutsertakan dalam kompetisi harus orisinal dan milik/ciptaan sendiri. Bila kemudian diketahui melanggar, maka peserta akan didiskualifikasikan dari kompetisi ini.
Hak cipta. Pelanggaran atas hak cipta milik pihak ketiga mengakibatkan peserta secara otomatis didiskualifikasi dari kompetisi ini. Bila ada klaim dari pihak pemegang / pemilik hak cipta maka hal itu adalah tanggung jawab dari peserta termasuk biaya-biaya yang timbul. Hak cipta dari ide bisnis sosial yang diikutsertakan dalam kompetisi ini tetap menjadi milik peserta.
Seleksi Proposal/Peserta. Hasil seleksi proposal yang dilakukan oleh panitia seleksi adalah keputusan final yang tidak dapat diganggu gugat.

Tahapan-tahapan seleksi proposal adalah sebagai berikut:
1). Proposal-proposal yang diterima panitia sampai batas akhir pendaftaran akan dipilih melalui tahap seleksi
2).  Panitia ‘Datsun Rising Challenge 2’ akan memilih 100 proposal bisnis terbaik dari seluruh Indonesia
3).  Dari 100 proposal bisnis yang masuk, akan dipilih 20 (dua puluh) semi finalis melalui persyaratan tambahan, dan peserta yang terpilih akan dikarantina dan diwawancarai oleh tim juri
4).  Dari hasil wawancara oleh tim juri akan dipilih 5 (lima) pemenang Datsun Rising Challenge 2 yang berhak mendapatkan hadiah yang sudah ditentukan.

Penentuan Pemenang & Hadiah
1). 5 (lima) Pemenang Aktivitas ‘Datsun Rising Challenge 2’ ditentukan oleh tim juri
2). 5 (lima) Pemenang utama akan mendapat Datsun Go+ dan modal usaha sebesar Rp. 50.000.000 (Lima puluh juta rupiah). Hadiah berupa uang tunai hanya dapat digunakan sebagai modal usaha untuk pengembangan bisnis sosial dan tidak dapat digunakan untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok.
3). Pajak – pajak atas hadiah, termasuk tapi tidak terbatas pada pajak dikenakan atas hadiah, ditanggung oleh PT Nissan Motor Indonesia
4). Pajak atas kendaraan dan penambahan biaya balik nama mobil Datsun Go+ ditanggung oleh pemenang
5). Segala keputusan terkait penentuan pemenang adalah hak PT Nissan Motor Indonesia serta bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Selamat Berkompetisi

14 komentar:

  1. Wah, kesempatan bagus nih untuk kawula muda yang punya ide bisnis tp terkendala di modal, ya, Kang? * Share ah, info menarik utk anak2 muda kreatif. Lirik beberapa teman muda yang sedang terkendala modal. :)
    Thanks infornya, Kang Ali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak Al ... siap.
      Makasih udah bantu share ...

      Hapus
  2. ikuut ah nyoba buat ide, makasih infonya Mas Alee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ikutan Mbak Naqi ... moga lancar

      Hapus
  3. Waaaah keren. Hadiahnya bikin mupeng. Sayang gak bisa ikutan. Gak punya bisnis sih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, sekarang saatnya bikin Mbakyu

      Hapus
  4. Balasan
    1. Hayuk Mas, mumpung masih banyak waktu

      Hapus
  5. 250 jutA bisa buat modal kawin yaaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mazzz
      bolak-balik kawin maksudnya #ehhh

      Hapus
    2. Aduh kak, 1 aja ngak habis kok bolak balik #pencitraan

      Hapus
  6. Umurku sudah ketuaannn hihi. Tapi makasih infonya, Mas Ali, tadi langsung saya share ke adik2. :)

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar