Senin, 11 Januari 2016

Cara Mengecek Standar Gaji yang Berlaku di Indonesia


Standar Gaji yang Berlaku di Indonesia

PADA saat wawancara kerja, pertanyaan apa yang paling membingungkan untuk dijawab? Yup, pertanyaan tentang berapa standar gaji yang diinginkan? Lelaki Berciput saat melamar kerja, bahkan hingga sekarang pun terkadang gelagapan saat ditanya  standar gaji pekerjaan yang digelutinya.
Ternyata, tidak cuma Lelaki Berciput yang tidak tahu standar gaji yang berlaku di Indonesia, teman-temannya pun banyak yang tidak tahu. Mungkin karena informasi tentang standar gaji kurang disosialisasikan sehingga banyak yang tidak tahu.
Supaya hal tersebut tidak terjadi, Lelaki Berciput yang memang kepoan jadi tanya sana-sini tentang standar gaji. Dasar tukang kepo, sudah tanya sana-sini pun tetap saja tidak puas. Beruntunglah, sekarang karir.com meluncurkan fitur baru, namanya Salary Benchmark.
***
Berdasarkan data, hingga Oktober 2015 ada sekitar 90.851 pencari kerja melalui situs karir.com di industri financial/banking. Padahal lowongan yang tersedia hanya sekitar 1.829 kursi. Artinya, antara pencari kerja dengan lowongan pada bidang tersebut perbandingannya antara 50:1. Setiap satu orang harus bersaing dengan 49 orang lain di industri yang sama.
Agar persaingan tetap sehat dan tidak merugikan satu dengan yang lain, seorang pencari kerja harus mengetahui standar gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang diidamkannya. Sementara, tidak mudah mengetahui standar gaji yang berlaku di pasar kerja Indonesia.
Guna menjembatani hal tersebut, Karir.com menggandeng Kelly Services Indonesia merilis fitur Salary Benchmark. Fitur pembanding gaji yang memungkinkan calon pelamar mengetahui gaji di pasaran untuk level posisi dan industri yang sama serta lamanya berkarir di industri tersebut.
Kelly Services sendiri merupakan perusahaan rekrutmen dan headhunter asal Amerika yang telah berkarya selama lebih dari 26 tahun di Indonesia. Kelly Services secara rutin menerbitkan panduan gaji tahunan di Indonesia sehingga menjadi bekal bagi Karir.com untuk membangun sebuah sistem online pengukur posisi gaji seseorang.
Dengan fitur Salary Benchmark, sebelum seseorang melamar di sebuah perusahaan, dia sudah memiliki target gaji yang akan mereka ajukan karena sudah mengetahui standar gaji yang akan diajukan.
Selain itu, fitur Salary Benchmark membantu seseorang dalam berkarir sehingga tidak hanya memikirkan kariernya saat ini saja, melainkan juga karir ke depan. Salary Benchmark membantu siapa pun untuk terus berkembang dan menambah ilmu seiring berjalannya waktu.
Fitur Salary Benchmark ingin menyediakan gambaran atau referensi bagi pengusaha dan pencari kerja mengenai gaji di Indonesia. Memberikan panduan dalam meningkatkan strategi bagi para pemimpin industri saat akan menarik karyawan ke organisasinya. Salary Benchmark juga menjadi salah satu referensi untuk mempertahankan karyawan yang mempunyai potensi besar di bidangnya.
Satu lagi manfaat yang didapat jika menggunakan Salary Benchmark, pencari kerja akan mendapatkan Financial Tips dan Career Karir Tips dari para ahli untuk pengembangan karier di kemudian hari. Tips ini tentu sangat bermanfaat bagi kariernya kelak.

Fitur Salary Benchmark
Cara bergabung, mengecek, dan memanfaatkan fitur Salary Benchmark sangat mudah, cepat, dan nggak pakai ribet. Siapa pun bisa gabung dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari fitur ini.
Sebagaimana layaknya fitur dalam web, pertama yang harus dilakukan adalah registrasi dengan mengisi nama depan, nama belakang, email, dan pasword pada form pendaftaran. Siapa pun boleh registrasi, tanpa terkecuali. Nanti akan ada email konfirmasi untuk membuktikan kita telah menjadi membernya.
Standar Gaji yang Berlaku di Indonesia
Jendela untuk Masuk web Karir.com (Dok Kang Alee)

Kedua membuka email yang digunakan untuk registasi. Segera lakukan konfirmasi dengan cara klik link khusus yang disertakan pada email konformasi.
Ketiga masuk atau sign in dengan akun yang didaftarkan. Setelah sign in, pengguna akan dibawa ke sebuah halaman untuk melengkapi data, seperti data pribadi dan industri, fungsi pekerjaan, level posisi, lama berkarir di industri tersebut, dan lain-lain. Informasi ini diperlukan sistem untuk menghitung posisi gaji seseorang di pasaran alias untuk mencocokkan informasi pengguna dengan database.
Standar Gaji yang Berlaku di Indonesia

 Keempat, fitur akan memberikan informasi detil berapa standar gaji yang sebetulnya layak diterima. Jangan kaget ya, jika ternyata gaji yang seharusnya diterima tidak sesuai dengan kenyataan. Kepoan sih, hehehe.

Ada Hadiah Vespa S!
Saat ini, Fitur Salary Benchmark dapat diakses melalui alamat karir.com. Siapa pun yang daftar dan sudah menggunakannya berkesempatan memenangkan satu unit Vespa S secara gratis, tetapi  dengan syarat-syarat tertentu.

Syarat-syarat Peserta
1). Harus Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki profil/resume lengkap di karir.com.
2). Mengisi data diri, perusahaan, serta gaji dengan lengkap dan jujur pada Fitur Salary Benchmark.
3). Peserta mengundang (minimal) 5 (lima) orang untuk menggunakan Fitur Salary Benchmark.

Syarat Pemenang
1). Seluruh peserta akan melalui seleksi berdasarkan jumlah undangan yang berkualitas.
2). Peserta yang terpilih wajib melalui proses verifikasi keaslian dan keabsahan terhadap seluruh syarat dan data (termasuk 5 (lima) orang yang diundang) yang telah ditentukan pada syarat peserta.
3). Peserta dapat didiskualifikasi apabila dianggap melanggar ketentuan atau ditemukan kecurangan tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.
4). Pengumuman pemenang akan dilakukan 1 (satu) bulan setelah berakhirnya kontes.
5). Hasil keputusan pemenang tidak dapat diganggu-gugat oleh pihak manapun.

Data dan Hak Milik Intelektual
1). Penyelenggara dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga dan konsekuensi hukum apapun terhadap data yang diterima melalui kontes.
2). Penyelenggara berhak menggunakan data yang dikumpulkan tanpa dikenakan kewajiban apapun kepada pihak ketiga.

Info Tambahan
1). Kontes akan berlangsung selama 3 (tiga) bulan dari 24 Oktober 2015 sampai dengan 22 Januari 2016.
2). Pajak hadiah ditanggung pemenang dan pemenang tidak bisa menentukan warna hadiah.
3). Syarat dan ketentuan ini dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
Standar Gaji yang Berlaku di Indonesia

Sepertinya kesempatan mendapat Vespa S nggak akan dilewatkan Lelaki Berciput. Buktinya dia buru-buru membuka karir.com dan langsung mencoba Fitur Salary Benchmark. Selain untuk mengecek standar gaji yang berlaku di Indonesia, juga benar-benar ingin mendapat Vespa S!
Ingin tahu standar gaji yang berlaku di Indonesia seperti Lelaki Berciput? Langsung saja meluncur ke karir.com dan mencoba Fitur Salary Benchmark. Dijamin tidak akan rugi sedikit pun.
@KreatorBuku

13 komentar:

  1. Wah, baru tahu. Semoga ada standar fee untuk pekerjaan freelance, ya

    BalasHapus
  2. Hatur nuhun kang infonya..

    Fitur Salary Benchmark oke juga :D

    BalasHapus
  3. wah, jadi ingat wawancara jadi guru dulu. Kini, bergaji dari rumah hehehe, thanks infonya Mas Alee.

    BalasHapus
  4. Terimakasih informasiya kang. Dengan begini jadi tau standard gaji seharusnya.

    BalasHapus
  5. standar rate blogger berapa sih? :)

    BalasHapus
  6. trimakasih kang ali atas sharenya,,,semoga jadi referensi bagi kita semua

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar