Selasa, 10 Mei 2016

Faber Castell Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas


Faber Castell Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas
  
SIAPA sangka pensil yang sudah kita kenal sejak baru masuk sekolah dahulu ternyata sebetulnya banyak membantu orang menjadi lebih kreatif? Benda mungil yang awalnya hanya digunakan sebagai alat tulis, di tangan Faber Castell –produsen alat tulis terbesar dan tertua di dunia menjadi benda yang menakjubkan.
Tidak hanya pensil yang mampu menggerakan imajinasi para kreator untuk menggoreskan karya, batang pensilnya sendiri pun ketika dirangkai mampu menghasilkan karya yang bernilai seni tinggi. Salah satunya karya Kerstin Schulz, sebuah patung Gaun Pesta yang mewah. Gaun yang mampu mengingatkan  siapa pun akan alunan musik Waltz yang indah dengan suasana pesta yang meriah.
Gaun Pesta yang dibentuk dari sekitar 5000 rangkaian batang Pensil Castel 9000 dan telah dipamerkan ke berbagai negara ini merupakan salah satu karya terbaik Kerstin Schulz. Gaun ini bisa disaksikan dalam rangkaian Pameran Seni Faber Castell di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.  
Kerstin Schulz sendiri seniman yang lahir di Hannover Jerman pada tahun 1967. Lulus dari Unicersity of Applied Sciences and Arts di Hildeshiem-Hamburg-Jerman dengan mengambil Jurusan Seni Grafis-Seni Rupa. Dalam berkarya, Kerstin Schulz selalu menggunakan benda-benda yang sering ditemukan dalam sehari-hari seperti Pensil Castel 9000.
Selain Gaun Pesta, ada rangkaian karya seni dari Pensil Castel 900 yang diberi titel Twisted, The Look, Charly, dan Mona Lisa. Semua hasil karya Kerstin Schulz.
Faber Castell Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas
Gaun Karya Seniman Kerstin Schulz (Foto Kang Alee)
Dukung Kreativitas Anak Bangsa
Pameran Seni Faber Castell yang diadakan tanggal 9-15 Mei 2016 di Atrium Citylink Mall Bandung menjadi salah satu wujud dukungan Faber Castel pada kreativitas anak bangsa. Sejak tahun 2011, Faber Castell mendukung pembentukan generasi kreatif di Indonesia melalui serangkaian kegiatan.
Dukungan yang dilakukan, antara lain lomba gambar tingkat nasional yang diikuti puluhan ribu peserta dari Sabar hingga Merauke. Lomba dengan  tema Kepedulian Lingkungan tersebut menggunakan alat gambar produk Art dan Graphic Faber Castell. Kategori lomba antara lain untuk anak-anak, remaja, hingga profesional.
Kemudian untuk menumbuhkan kebiasaan menulis secara manual, Faber Castell mengadakan Lomba Menulis Cerita Pendek kategori remaja dengan tema yang sangat dekat dengan kehidupan remaja.
Hasil lomba-lomba tersebut kemudian dipamerkan dalam Pameran Seni Faber Castell bersama dengan karya para seniman dunia dan seniman lokal, supaya masyarakat bisa memberi apresiasi pada karya mereka.
Perkembangan di negara maju menunjukkan proses kreatif telah berubah dari Creative Thinking menjadi Creative Making. “Sehingga mewujudkan kreativitas memegang peranan sangat penting,” ungkap Fransiska Remili, Brand Manager PT. Faber Castell International Indonesia saat membuka pameran.
Tema Kreativitas Tanpa Batas yang diusung Faber Castell semata-mata karena pikiran manusia itu memiliki dimensi tanpa batas. Kreativitas sebagai bagian dari proses berpikir pun tidak memiliki batas, tergantung sejauh mana mampu berpikir dan mengembangkannya. Sehingga, tak ada alasan lain untuk memilih Kreativitas Tanpa Batas sebagai tema pameran kali ini.
Selain Fransiska, dalam pembukaan acara yang menurut saya sangat perlu dikunjungi warga Bandung tersebut juga ada Bapak Elih Sudia Permana, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandung, Rendra dari Dinas Pariwisata Kota Bandung, dan Agus Djatnika seorang Praktisi Seni. Mereka menyambut dan sangat mendukung apa yang telah dilakukan Faber Castell karena bermanfaat bagi masyarakat Bandung.

Karya Lokal dan Acara Kreatif
Dalam Pameran Seni Faber Castell, selain karya dunia Kerstin Schulz juga dipamerkan karya kreatif anak bangsa, salah satunya replika Perahu Pinisi yang terbuat dari 12.153 tutup connector pen, 897 batang connector pen, dan 1.080 connector-connector, Flying Ship, Home Sweet Home, Sepeda Kesayangan karya Maulidin Taufiq.
Faber Castell Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas
Tarian Ikan dan Arjuna Karna Tanding Karya Irpan Rifai (Foto Kang Alee)
Kemudian ada lukisan payung khas Tasikmalaya yang berjudul Arjuna Karna Tanding, Tarian Ikan karya Irpan Rifai, gambar di kaos berjudul Jatayu karya, lukisan sepatu berjudul Wahana, lukisan topi berjudul Rainbow Seahorse, lukisan dalam gelas berjudul Deep Sea, lukisan di helm berjudul Extreme karya Rizal Tri Susanto, dan karya-karya lainnya, termasuk lukisan para pemenang lomba lukis, lomba gambar, dan lomba cerpen.
Faber Castell Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas
Karya-Karya yang Dipamerkan (Foto Kang Alee)
Faber Castell Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas
Gambar dan Tulisan Hasil Lomba Faber Castel (Foto Kang Alee)

Faber Castell Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas
Hasil Seni Akrilik (Foto Kang Alee)

Faber Castell Mewujudkan Kreativitas Tanpa Batas
Atrium Tempat Berlangsungnya Pameran Seni (Foto Kang Alee)
Selain menampilkan karya-karya kreatif tersebut, acara Pemeran Seni Faber Castell dimeriahkan beragam kegiatan yang berkaitan dengan seni dan sastra, di antaranya workshop menggambar bersama komikus Sweta Kartika, worshop menghias kreatif bersama Marta Puri. Acara akan ditutup dengan lomba menggambar untuk dewasa pada Hari Minggu, 15 Mei 2016.
Buat temen-temen yang penasaran, segera saja datang di Atrium Citylink Mall di Jalan Peta Bandung, dijamin nggak akan nyesel. Sementara buat temen-temen di luar Bandung, pameran juga akan dilaksanakan di Yogya City Mall Yogyakarta tanggal 18-23 Mei 2016, Grand City Mall Surabaya tanggal 23 Mei – 5 Juni 2016, Kemang Village Jakarta 1-7 Agustus 2016, dan Cambride Mall Medan tanggal 31 Agustus – 10 September 2016.
Oh iya, kalau kita mengunjungi pameran, pengunjung bisa ikut main game, pengunjung hanya diminta untuk selfie di beberapa tempat yang telah ditentukan. Setiap selfie, pengunung diminta untuk upload di media sosial. Setiap satu kali selfie dan upload pengunjung mendapatkan satu stemple. Pengunjung akan mendapatkan hadiah kejutan setiap mendapat 4 stemple. Asyik dan seru, kan?
Selamat menikmati suguhan kreativitas dalam Pameran Seni Faber Castell. Semoga kreativitas kita ikut melambung hingga tanpa batas seperti tema pameran, Kreativitas Tanpa Batas.
@KreatorBuku

4 komentar:

  1. Sungguh Mahakarya yang sangat luar biasa,melalui aktivitas terlahir dan tercipta kreativitas tanpa batas

    BalasHapus
  2. Sungguh Mahakarya yang sangat luar biasa,melalui aktivitas terlahir dan tercipta kreativitas tanpa batas

    BalasHapus
  3. sebagai pengguna setia faber castell dari zaman SD haha sepertinya wajib mampir ini mah

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar