Selasa, 14 Juni 2016

Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Itu Seru Banget

    Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
NGABUBURIT sambil naik Sky Tree atau Camping sekarang bisa dilakukan di Maribaya Lembang, lho. Tepatnya di The Lodge Maribaya Lembang. Jadi, buat teman-teman yang takut ketinggian dan ingin mengatasinya, bisa ngabuburit di sana.
Sabtu lalu, saya bersama beberapa Blogger Bandung ngabuburit di The Lodge Maribaya Escape to Nature yang terletak di Jalan Maribaya No. 149/252 Babakan Gentong, Cibodas Maribaya, Lembang, Jawa Barat.
Banyak tempat asyik dan seru di sana, salah satunya naik Sky Tree, melihat-lihat tenda camping, main panahan, dan tentu saja selfie dan welfie berlatar hamparan pinus Bukit Maribaya.

Tempat Camping dan Sky Tree
Saya berangkat dari Bandung sekitar pukul 14.30 dengan mengendarai sepeda motor. Bukan apa-apa, kalau pakai mobil takut macet dan gagal ngabuburit.
Motor melaju melewati Jalan Cikutra, Makam Pahlawan Cikutra, mengambil arah kiri, lantas melewati Jalan Cigadung, Dago Bengkok, lanjut ke Lembang. Kurang lebih 1.5 Jam kemudian tiba di area The Lodge Maribaya, Lembang.
Beberapa saat sebelum memasuki area, mata saya sempat terpatri beberapa jenak melihat pemandangan hutan pinus hijau yang terhampar begitu indah. Hutan pinus yang sangat subur. Barangkali saya akan terpatri di sana lebih lama lagi jika tidak ditegur untuk segera masuk area.
Sebuah pintu berukuran kurang lebih 1.5 Meter terbuat dari kayu yang diukir dan seolah dicengkeram tumbuhan rambat menyambut kedatangan saya dan pengunjung lain.
Saya kemudian turun melewati beberapa anak tangga yang sedikit memutar. Ada segerombolan remaja yang terlihat ceria usai menikmati alam The Lodge, ada juga yang masih selfie atau welfie di antara anak tangga.
Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Penanda Arah yang Cukup Informatif (Foto Kang Alee)
Saya berhenti sejenak membaca papan petunjuk arah yang terbuat dari rangkaian kayu pohon pinus. Sebelum ke bawah, saya terlebih dahulu meletakan barang-barang di Dapur Hawu, salah satu restoran masakan sunda yang ada di sana. Restoran berlatar belakang perbukitan yang indah.
Karena penasaran, saya langsung menuruni tangga dan menuju ruang terbuka di bawah Dapur Hawu. Ada sebuah café dan halaman beton berpagar. Dari halaman tersebut, saya melihat seorang pengunjung naik tangga Sky Tree, dari gerak-geriknya dia terlihat sangat ketakutan. Hampir saja dia mengurungkan niat naik Sky Tree, tetapi setelah diberi pengarahan singkat oleh pemandu, kakinya sampai juga di lantai kayu Sky Tree.
Setelah menarik napas sejenak, dia mulai duduk di tepian Sky Tree. Wajahnya masih terlihat tegang. Setelah beberapa kali mencoba menguasai diri dengan menikmati pemandangan di sekelilingnya, akhirnya dia terlihat enjoy, bahkan dia berani berdiri.
Beberapa pengunjung mengalami hal yang sama, bahkan ada yang sengaja naik berdua untuk saling menyemangati supaya mampu menguasai diri dan tidak takut lagi pada ketinggian.
“Alhamdulillah, meski kaki masih gemetaran, paling tidak sudah pernah naik Sky Tree,” kata Ulu, salah satu Blogger Bandung yang baru saja naik Sky Tree. “Rasanya seperti berada di atas awan,” pungkasnya kemudian.
Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Tenda Camping Permanen yang Anti Bocor (Foto TheFoodXplorer)
Selain Sky Tree, The Lodge Maribaya yang sebelumnya lebih dikenal dengan The Lodge Earthbound and Adventure juga menyediakan tempat untuk camping. Saat ini ada 25 tenda camping permanen yang berada di lembah timur dan lembah barat. Dari lembah timur pengunjung bisa melihat Sunrise dan dari lembah barat pengunjung akan melihat Sunset.
Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Serunya Bermain Panahan di The Lodge Maribaya (Foto TheFoodXPlorer)

Menyediakan permainan yang bisa dilakukan oleh pengunjung seperti Panahan dan lapangan untuk outbord. Ada beberapa permainan seperti Trakking di hutan pinus, Paint Ball, dan Offroad Landrover, tetapi harus dipesan terlebih dahulu, terutama jika dimainkan secara group.
Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Salah Satu Sport Foto di Atas Awan (Foto Nchie)
Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Sudut Lain di Atas Awan (Foto Kang Alee)

Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Tempat untuk Outborn yang Nyaman (Foto Kang Alee)
Kemudian ada Dapur Hawu, restoran yang menyediakan masakan Khas Sunda dan The Pines Café Coffee Shop buat ngopi-ngopi cantik dan ngopi-ngopi ganteng sembari menikmati keindahan alam Maribaya. Restoran dan Café buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB, khusus Bulan Ramadhan buka dari pukul 09.00-19.00 WIB.
Menyambut Ramadhan tahun ini, restoran menyediakan promo buka puasa mulai dari harga Rp35.000 perorang. Harga tersebut sudah termasuk entrance fee, tajil, dan makan malam.
Pada Hari Raya I’dul Fitri akan ada Lebaran Package, di mana pengunjung bisa makan siang sambil melakukan tour keliling sekitar The Lodge untuk memetik buah atau sayuran, belajar cara memerah susu sapi, mengunjungi organic farm dengan menggunakan delman. Lebaran Package khusus tanggal 6-16 Juli 2016.
Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Suasana Dapur Hawu Saat Lengang (Foto TheFoodXplorer)

Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Pantri Dapur Hawu yang Bersih (Foto Kang Alee)
Saya sendiri sebelum berbuka puasa menyempatkan diri untuk melihat tenda camping, bermain panahan, dan tentu saja ngabuburit di atas awan dengan menaiki Sky Tree. Sama seperti pengunjung lain, awalnya takut, tetapi begitu berada di atas dan melihat pemandangan yang menakjubkan, semua rasa takut langsung musnah, berubah menjadi kekaguman yang luar biasa pada Sang Khalik, yang telah menciptakan alam semesta dengan begitu indah.
Bagi teman-teman yang akan camping, nggak perlu lagi membawa perlengkapan mandi karena The Lodge Maribaya sudah menyediakan lengkap, mulai dari handuk hingga alat mandi. Kopi dan cemilan juga tak perlu bawa karena di antara tenda camping permanen ada The Pines Café, kita bisa ngopi dan ngemil di sana.
Oh iya, bisa bawa laptop juga buat nulis, buat kerja, atau sekadar berinternetan karena di dalam tenda ada colokan. Coba, di mana lagi camping tetapi tetap bisa terkoneksi dengan dunia luar selaian di Camping di The Lodge Maribaya?

Khas Masakan Sunda
Karena beduk magrib sudah bertalu-talu, saya dan temen-temen blogger segera menuju Dapur Hawu untuk berbuka puasa. Segelas kolak pisang dan teh manis yang saya pesan cukup menghilangkan dahaga sebelum makan berat.
Usai takjil dan shalat magrib, saya lanjutkan antre di depan pantri untuk memilih menu buka puasa. Saya mengambil ayam goreng, tumis enceng gondok, sayur tahu, dan daging suwir. Pengunjung mengambil sendiri menu yang diinginkan, jadi porsinya disesuaikan. Tempat untuk lauk pauknya unik lho, sebuah tempat penggorengan kecil, hehehe.
Setelah mengambil seporsi nasi, saya mengambil tempat duduk yang telah disediakan Dapur Hawu. Kita bisa memilih tempat duduk semau kita, selagi masih kosong. Saya memilih beanbag chair supaya lebih nyantai, sementara pengunjung yang lain ada di meja kayu di tepian restoran, sofa, kursi pendek, dan kursi dari tempat tidur kayu.
Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Ayam Gorengnya Mana Tahan (Foto Kang Alee)
Dapur Hawu sepertinya sengaja tidak menggunakan kursi standar yang modelnya sama supaya pengunjung betah sehingga akan terkesan dan bisa menjadi pelanggan tetap. Jadi, walau pun makanan yang disediakan masakah Khas Sunda, tetapi tetap lebih nikmat rasanya.
Harga makanan dan minuman pun tidak begitu mahal, berkisar antara Rp5000,- hingga Rp25000,- saja. Jadi, tak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Jangan lupa, karena ini masakah Khas Sunda harus dilengkapi dengan lalapan dan sambel khas Sunda.
Ngabuburit, Sky Tree, dan Camping di The Lodge Maribaya Lembang Bandung
Berdiam Sejenak Sebelum Meninggalkan The Lodge Maribaya (Foto Kang Alee)
Rute Menuju The Logde Maribaya
Menuju The Lodge Maribaya tidak sulit karena bisa melalui beberapa alternatif;
1). Jika dari dalam Kota Bandung bisa melewati Jalan Cikutra, Cigadung, Dago Bengkok, Lembang, Maribaya. Melewati jalan ini pasti lebih berkesan karena akan melihat sisi lain Bandung yang tak didapatkan di daerah mana pun.
2). Bisa melalui Jalan Cikutra, Cigabung, Punclut, Lembang, Maribaya. Jalur ini lumayan sering dilewati, selain karena jalanan cukup rata juga sering jadi jalur alternatif menuju ke daerah Lembang.
3). Bisa juga lewat jalur biasa, jalur Kota Bandung, Setiabudi, Lembang. Nanti berputar di Jalan Cagak, ambil ke kiri, sebelum D’Ranch belok kanan. Ikuti jalan, nanti akan sampai di The Lodge Maribaya.
Bagi teman-teman luar kota, saya sarankan melewati alternatif jalur yang ketiga supaya tidak nyasar.  Jangan lupa, pakai pakaian sport supaya bisa jaman ketika menikmati keindahan bukit Maribaya. Selamat camping, naik Sky Tree, dan ngabuburit di atas awan The Lodge Maribaya. []
@KreatorBuku

21 komentar:

  1. the Lodge Maribaya emang tempat asyik untuk menyegarkan pikiran dan bercanda dengan alam, kalo kata saya Kang. Asyik banget, pengin balik lagi ke sana, sekalian camping yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, bikin acara di sini or camping pasti seru pisan

      Hapus
  2. itu foto bikin pengen kesana deh, liat pemandangan dari pohon kayaknya seger banget. Tapi aku pasti gemeter nih soalnya mesti naik tinggi gitu :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok naiknya bareng Aa Ocid, hehehe

      Hapus
  3. Mantap kang ALi :D Next kita popotoan lagi.

    BalasHapus
  4. Duh tempatnya kece banget siiih.. Jadi kangen Lembang. Kalo ke Lembang lagi kudu singgah di sini niih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak Dian, hehehe.
      Perlu dikawal?

      Hapus
  5. Seru banget ya tempatnya, asyik buat acara keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, kalau ke Bandung wajib ke sini

      Hapus
  6. aduh aku kok horor banget ya liat kang ale duduk diatas gtu, itu tehnik fotonya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang foto dari jauh Amanda, hehehe

      Hapus
  7. Asri banget yaa, Kang Ali. Ngeblog seru selama di sana dong. :)

    BalasHapus
  8. Masya Allah.. Masya Allah, epic banget deh liat foto di sky tree itu. Pokoknya ini bakal ditandain buat jadi tujuan liburan nanti. Ke Bandung nanti harus kesini.

    BalasHapus
  9. Lagi musim banget yaa sky tree gini, dimaana2 sekarang di bangun beginian

    BalasHapus
  10. Wooooooooo, harus datang ke sini kayaknyaaa :D

    BalasHapus
  11. salah satu rencana saya yang belum kesampaian nih .. :D

    BalasHapus
  12. Berencana mau ke sini. Jadi ngintip dulu, deh...

    BalasHapus
  13. saya pobia ketinggian...tapi setiap liat orang yang berani naik sky tree, penasaran juga pengen coba... **tarik nafaasss...nervous duluan sebelum mencoba..hahaha

    BalasHapus
  14. itu pemandangan bukit yang hijau keren banget. bagus memang kayaknya bisa camping di sana. jadi inget objek wisata di kabupaen bangli bali, banyak perbukitannya.

    BalasHapus
  15. keren tempatnya, jd pengen ih ke sana

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar