Selasa, 21 Juni 2016

Peluang Order dari Luar Negeri Sekarang Gampang dan Aman


Peluang Order dari Luar Negeri Sekarang Gampang dan Aman

SELAMA bergelut di bidang penerbitan, saya banyak sekali mengenal orang-orang kreatif yang berkaitan dengan dunia penerbitan seperti penulis, desainer cover, layouter, ilustrator, penerjemah, dan editor.
Hasil kreativitas mereka sudah tak terhitung jumlahnya yang diterbitkan, tidak hanya diterbitkan penerbit dalam negeri, melainkan juga sudah merambah penerbit luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Filipina,  Vietnam, India, Belanda, dan negara-negara lainnya.
Mereka biasanya mendapatkan klien dari luar negeri melalui rekomendasi teman. Tidak sedikit pula mendapatkan klien melalui media sosial. Mereka bertransaksi langsung tanpa memikirkan resiko yang mungkin terjadi. Resiko tidak dibayar, resiko mendapatkan klien yang tidak bertanggung jawab, dan sebagainya. Akan tetapi, demi berkarya di luar negeri mereka mengambil resiko tersebut.
Sekarang ini saya bergerak di bidang Publishing Servis, usaha membantu penerbit membuat konsep buku atau produk, mencari penulis, ilustrator, desainer cover, layouter, editor, penerjemah, dan suport publishing lainnya yang memudahkan penerbit menerbitkan buku.
Beberapa waktu lalu, seorang klien dari luar negeri menghubungi saya melalui media sosial. Klien mencari penerjemah buku untuk penerbitnya. Klien tersebut sangat meyakinkan karena setelah dicek, klien memang dari salah satu penerbit buku-buku marketing yang diakui di negaranya. Makanya, saya mencarikan penerjemah dan menerima orderan tersebut.
Setelah kontrak ditandatangani, saya dan tim penerjemahnya menyelesaikan order sesuai deadline yang disepakati. Setelah melalui beberapa revisi akhirnya pekerjaan kelar. Dia kemudian mengirimkan invoice.
Apa yang terjadi kemudian? Setelah menunggu waktu pembayaran, ternyata mereka seolah mengulur-ulur waktu dengan banyak alasan. Alhasil, order tersebut baru dibayar setahun kemudian. Kondisi seperti ini selain bikin trauma juga bikin infil kalau mau terima pekerjaan atau cari order ke luar negeri.
Namanya bisnis tidak boleh menyerah, kan? Setelah kejadian tersebut, saya hanya menerima order pekerjaan dari dalam negeri. Kalau pun klien dari luar negeri hanya dari klien yang selama ini telah bekerjasama. Keadaan ini tentu tidak baik bagi perkembangan bisnis say.
Akhirnya, saya mencari-cari informasi bagaimana mencari peluang order dari luar negeri yang gampang dan aman bisnis yang saya geluti. Sehingga tidak perlu lagi nagih-nagih pembayaran hingga malu hati. Setelah cukup lama mencari akhirnya ketemu tridgecom, platform yang menyediakan berbagai jaringan bagi pengusaha di berbagai negara.
Peluang Order dari Luar Negeri Sekarang Gampang dan Aman

Membuka Peluang Order dari Luar Negeri
Tridge, singkatan dari Transaction dan Bridge, layanan online yang menyediakan platform, di mana berbagai talenta bisnis global di seluruh dunia bisa bertemu. Mereka kemudian dengan mudah berbagi peluang dan berbagi jaringan. Pada tahap persiapan peluncuran resminya akhir tahun 2015 lalu, telah terdaftar lebih dari 10,000 finder dan klien dari berbagai negara.
Platform tersebut agak unik dan berbeda dengan platform yang pernah ada karena menjadi jembatan antara klien dengan finder, orang yang memberikan rekomendasi koneksi lokal yang dimiliki.
Siapa pun bisa menjadi finder asalkan berpengalaman pada industri yang ditekuninya, profesional dalam pelayanan, memiliki jaringan pribadi yang luas, dan terus meningkatkan jaringannya supaya jaringannya semakin kuat.
Sebagian besar finder adalah profesional di bidangnya dan memiliki sejumlah koneksi bisnis yang berkualitas. Selain membantu klien dengan ilmu, dan keahlian. Peran finder memperkenalkan klien kepada koneksi yang dimiliki. Oleh karena itu, finder diharuskan mendaftarkan koneksi bisnisnya bersamaan dengan profil yang dibuat di Tridge.
Finder harus pula menetapkan harga yang jelas untuk setiap jenis perkenalan yang akan ditawarkan. Hal ini sangat penting bagi finder untuk memperjelas jumlah kompensasi yang diinginkan agar transaksi berjalan lancar. Setelah mendaftarkan koneksi dan profil diri di Tridge, koneksi tersebut akan ditampilkan di daftar koneksi Tridge, yang dapat diakses oleh klien atau pengguna Tridge lainnya. 
Jika koneksi yang dimiliki finder dilirik klien, maka klien akan mengajukan permintaan “Pembelian Koneksi” ke finder tersebut. Tujuan dari permintaan ini bervariasi, yaitu untuk mengecek pembeli yang berkualitas, menghubungkan ke mitra usaha lokal, dan sebagainya.
Finder dapat memilih untuk menerima atau menolak permintaan, tergantung pada kemampuan dalam memperkenalkan koneksi bisnis kepada klien. Penting bagi finder untuk membangun profil yang baik untuk menunjukkan kemampuan dan meningkatkan peluang menerima orderan dari klien.
Dalam banyak kasus, klien akan lebih memilih finder yang memiliki banyak koneksi bisnis berkualitas dan berpengalaman lebih dari 5 tahun dalam bidang yang dicari. Jadi kita telah berpengalaman dan punya banyak koneksi, sebaiknya secepatnya mendaftar sebagai finder.
Oh iya, jika track record finder terus meningkat, tridge akan memberi rating lebih tinggi dibandingkan dengan finder lain. Tridge juga akan memberikan apresiasi tambahan berupa pengurangan biaya finder Tridge, tergantung pada tingkat reputasi tertentu.
Selain Finder ada yang disebut Klien. Klien adalah para pengusaha atau orang-orang pada tingkat manajemen senior di perusahaan kecil dan menengah yang ingin memperluas bisnis mereka ke negara lain. Para profesional dengan latar belakang manajemen di perusahaan multinasional, khususnya dalam pengembangan bisnis atau fungsi investasi.
Klien secara aktif akan mencari bantuan finder untuk bisa terhubung dengan partner bisnis yang tepat, sehingga mengurangi waktu dan sumber daya finansial yang perlu mereka keluarkan. Klien bebas mencari koneksi yang diinginkan, terutama koneksi yang berpengalaman yang memungkinkan perusahaannya tumbuh besar.
Sebagai finder, saya juga bisa menjadi Klien, lho, terutama kalau memerluan penerjemah di luar negeri atau ilustrator dari luar negeri. Saya tinggal mencari finder yang mempunyai koneksi sesuai dengan yang kriteria dicarinya. Jadi dia nggak perlu capek-capek cari di tempat lain, cukup di Tridge saja.
Peluang Order dari Luar Negeri Sekarang Gampang dan Aman

Cara Mendapat Order dari Luar Negeri
Karena saya ingin mendapatkan lebih banyak lagi klien dari luar negeri, saya kemudian melakukan beberapa tahapan yang sudah diatur Tridge.
Pertama, mengunjungi halaman utama Tridge lalu mendaftar menjadi finder dengan menggunakan alamat email. Karena ini bisnis, saya isi bagian profil selengkap mungkin supaya klien percaya.
Proses pendaftaran menjadi finder atau klien tidak ada bedanya. Bahkan dengan satu kali pendaftaran dan dengan akun yang sama siapa pun bisa jadi finder sekaligus jadi klien. Membuat akun tidak dikenakan biaya alias gratis, jadi tidak perlu ragu-ragu.
Kedua, menunggu evaluasi dari tim Tridge. Mungkin karena ini bisnis dan berkaitan dengan profesionalisme dan kepercayaan, tim Tridge meminta pendaftar menunggu minimal hingga tiga hari kerja untuk mengevaluasi pendaftar. Tiga hari tak lama, bukan? Setelah dievaluasi dan aplikasi disetujui, pendaftar akan mendapat informasi melalui email.
Oh iya, jika mendaftar sebagai Klien dan aplikasi ditolak bisa jadi karena informasi yang ditulis pada profil tidak jelas atau sulit dipahami. Bisa juga karena banyak kolom yang tidak diisi. Tridge menyarankan ketika mengisi aplikasi sebaiknya menggunakan Bahasa Inggris.
Jika mendaftar sebagai finder dan aplikasi ditolak, mungkin karena pendaftar tidak cukup berpengalaman atau tidak memiliki cukup banyak koneksi yang berkualitas. Finder diwajibkan memiliki minimal 5 tahun pengalaman kerja dan minimal memiliki 3 koneksi.
Ketiga, membaca secara detil semua aturan main yang ada di Tridge supaya ke depan bisa mengoptimalkan akunnya. Sayang kan, jika sudah menjadi member tetapi tidak mengoptimalkannya. Apalagi peluang sangat besar.
Keempat, sering-sering nengok akun, siapa tahu ada klien datang dan menawarkan orderan. Ingat, peluang tidak datang dua kali, bukan? Begitu ada tawaran segera akan melakukan komunikasi dengan klien. Cara berkomunikasi, penawaran, diel dengan klien, pengerjaan order, hingga pembayaran semua sudah diatur oleh Tridge, finder dan klien tinggal mengikuti semua aturannya, jadi tak perlu khawatir.
Mau dapat peluang order banyak dari luar negeri? Kenapa nggak coba aja gabung dengan Tridge? Kharatis, lho.

@KreatorBuku

2 komentar:

  1. wah bagus nih, makin banyak cara nih buat ngumpulin recehan :)

    BalasHapus
  2. terima kasih informasi yang diberikan kang alee, sangat bermanfaat

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar