Sabtu, 06 Agustus 2016

Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor


Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor

MINGGU pagi pada akhir Bulan Juli lalu ada acara yang membuat saya ingin sesegera mungkin beranjak dari peraduan dan melesat mengunjunginya. Acara Pameran dan Seminar Literasi Keuangan yang diadakan di Pariz Van Java Bandung dari tanggal 29 hingga 31 Juli 2016.
Acara yang digagas Sun Life Financial Indonesia dengan mengusung kampanye #IndonesiaLebihBaik tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat untuk lebih mengenal tentang asuransi, investasi, dan kewirausahaan.
Kota Bandung menjadi kota ketiga yang dikunjungi setelah sebelumnya sukses di selenggarakan di Kota Makasar pada tanggal 22-24 April 2016 dan Kota Surabaya pada tanggal 27-29 Mei 2016.
Kebetulan pada Hari Minggu tersebut ada seminar yang sangat menarik bertajuk Wujudkan Liburan Terbaik dengan menghadirkan Joice Tauris Santi, seorang financial planner independen serta Parmadi Budiprasetyo, seorang blogger fotografi dan traveler yang baru-baru ini keliling Sumatra bersama salah satu merek mobil terkemuka di Indonesia.

Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor

Matahari Kehidupan itu Bernama Sun Life
Saya tiba di parkiran Paris Van Java sekitar pukul 12.30 WIB dan langsung mencari lokasi acara seminar yang terletak di Café Halaman Paris Van Java. Setelah melakukan registrasi saya langsung mengisi perut karena memang sudah saatnya jam makan siang.
Sebelum acara dibuka tepat pukul 13.00 WIB saya shalat Dhuhur sejenak di musala PVJ yang indah dan nyaman. Acara dibuka oleh pembawa acara yang cantik, ramah, baik budi, rajin menabung, dan rajin berinvestasi.
Kemudian pembawa acara mengundang salah satu perwakilan Sun Life, Pak Caesar. Pak Caesar memaparkan jika masyarakat Indonesia masih perlu edukasi tentang keuangan karena masih menganggap investasi atau asuransi itu tidak penting, bahkan dari data yang dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan  dalam seminar Insurance Outlook 2016, minat masyarakat Indonesia untuk berasuransi masih tergolong rendah. 
“Hingga akhir September 2015, tingkat penetrasi asuransi konvensional baru mencapai 2,51 persen,” jelas Pak Caesar. 
Melihat fakta tersebut, Sun Life berinisiatif  penyelenggaraan rangkaian pameran dan seminar literasi keuangan. Acara ini diharapkan menjadi salah satu langkah yang tepat untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengakses informasi terkait asuransi dan investasi.
Sun Life, memiliki komitmen untuk membangun Indonesia ke arah yang lebih baik. Salah satu cara yang dipandang dapat mendukung komitmen tersebut adalah dengan meningkatkan tingkat literasi keuangan masyarakat terlebih dahulu agar menumbuhkan minat masyarakat akan asuransi, investasi, dan kewirausahaan.
“Berharap masyarakat sadar akan pentingnya merencanakan keuangan untuk masa depan sejak dini,” pungkas Pak Caesar.

Bright Advisor
Pada seminar yang didatangi awak  media massa dan blogger tersebut, Sun Life mengenalkan platform Bright Advisor. Sebuah portal online yang dikembangkan Sun Life sebagai media penyedia informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi, dan perencanaan keuangan.
Bright Advisor dibuat sebagai platform yang dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan masyarakat secara cermat dalam bahasa yang mudah dimengerti. Siapa pun bisa memanfaatkannya tanpa dikenakan biaya sepeser pun juga tanpa harus menjadi nasabah Sun Life.
Seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu, saya buka Bright Advisor dan mencoba salah satu fasilitasnya, yaitu kalkulator. Saya mencoba menghitung efektivitas keuangan yang masuk dan kebutuhan selama satu bulan, hasilnya sebagaimana screen shoot berikut ini;

Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor

Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor

Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor

Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor


Tips Mewujudkan Liburan Terbaik ala Joice
Pemateri selanjutnya Joice Tauris Santi, seorang financial planner independen. Sebagai salah satu wartawan di salah satu surat kabar terbesar di Indonesia, Joice mustinya sudah sangat mapan secara finansial sehingga tidak perlu lagi berinvestasi atau memiliki asuransi. Akan tetapi, pada kenyataanya dia tetap memiliki investasi dan asuransi.
Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor
Joice Tauris Santi Memberikan Pencerahan (Foto Kang Alee)
 “Karena kita tidak pernah bisa melihat apa yang terjadi di dalam kehidupan kita di depan, makanya perlu berinvestasi dan berasuransi,” alasan Joice.
Tidak hanya investasi untuk masa depan atau asuransi pendidikan untuk anak-anak, Joice juga berinvestasi ketika akan mewujudkan mimpi melakukan perjalanan jauh bersama orang terdekat. Misalnya bersama suami, anak-anak, atau orangtua.
Misalnya saja ketika Joice punya mimpi untuk jalan-jalan bersama ibunya keliling eropa, sejak tiga tahun sebelumnya Joice sudah berinvestasi dengan menabung secara rutin pada salah lembaga keuangan.
“Gunakan tabungan yang hanya bisa diambil pada jangka waktu tertentu atau ngambilnya sulit, jadi kita tidak mudah menariknya,” imbuh Joice.
Joice memberikan gambaran yang menarik antara mewujudkan liburan terbaik dengan  berhutang dan menyisihkan penghasilan alias berinvestasi. Hasilnya jika mewujudkan liburan dengan berinvestasi maka lebih menguntungkan. Gambarannya sebagai berikut:
Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor
Perbandingan Saat Mempertimbangkan Biaya untuk Liburan (Foto Kang Alee)
Kemudian, bagaimana cara menghitung biaya untuk mewujudkan liburan? Joice memberi gambaran. Jika kita akan mewujudkan liburan 2 tahun dari sekarang, maka kita harus melakukan hal sebagai berikut;
1). Hitung biaya yang diperlukan dengan melakukan survei. Misalnya saja sekarang biaya yang diperlukan untuk melakukan perjalanan sekitar Rp.10juta, dengan inflasi 10% pertahun, maka dua tahun lagi nilainya kurang lebih Rp.12.1juta.
2). Perhitungkan nilai tukar jika akan bepergian ke luar negeri
3). Tentukan waktu untuk berlibur
4). Sisa waktu mulai dai perencanaan hingga liburan digunakan untuk menabung.
Joice juga menyarankan, jika kita telah melakukan liburan sebaiknya berdayakan liburan kita dengan menuliskan perjalanan kita untuk dikirim majalah atau koran, ditulis di blog, atau bahkan menjadi buku. Sehingga, paling tidak ada biaya yang kembali setelah tulisan kita dimuat. Asyik, kan?

Tips Mewujudkan Liburan Terbaik ala Parmadi
Setelah acara dijeda dengan cofee break dan standup komedi, giliran Parmadi, seorang fotografer dan juga travel blogger asal Bandung yang menceritakan pengalamannya tahun ini bisa naik pesawat sebanyak 9 kali secara gratis, hehehe.
Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor
Parmadi Budiprasetyo Berbagi Pengalaman (Foto Kang Alee)
Tahun lalu Parmadi hanya naik pesawat 3 kali bolak-balik, makanya dia bersama istri tercintainya berandai-andai dan bermimpi, tahun ini bisa naik pesawat 7 kali bolak-balik secara gratis. Keinginan itu menjadi kenyataan, bahkan melebihi keinginan. Parmadi selama setahun ini sudah naik pesawat 9 kali bolak-balik ke beberapa daerah di Indonesia, antara lain Kalimantan dan Sumatra.
Lantas, sebenarnya kenapa Parmadi atau orang-orang senang bepergian? Menurut Parmadi paling tidak ada 5 alasan mengapa orang-orang senang bepergian;
1). Bepergian supaya mendapatkan perspektif baru
2). Bepergian supaya bisa lebih banyak belajar dan bersosialisasi
3). Bepergian karena memang suka berpetualang
4). Bepergian karena cinta
5). Bepergian karena sedang pada kesendirian
Setelah mengungkapkan alasan orang bepergian, Parmadi memberikan  tips dalam Mewujudkan Liburan Terbaik. Selain menyarankan mewujudkannya dengan berinvestasi, Parmadi juga menyarankan untuk memanfaatkan asuransi. Baik asuransi perjalanan atau pun asuransi kesehatan. Berikut tips yang diberikan Parmadi.

1)     Mau Naik Apa?
Setelah mengetahui alasan perjalanan yang akan kita lakukan, mulai membuat perencanaan, dengan apa kita akan melakukan perjalanan? Naik apa kita ketika akan mewujudkan liburan terbaik?
Merencanakan moda transportasi yang akan digunakan selama mewujudkan liburan terbaik sangat penting karena berkaitan dengan kesiapan selama dalam perjalanan. Transportasi dengan menggunakan kendaraan sendiri tentu saja jauh lebih flaksible dibandingkan dengan kendaraan umum jika mewujudkan liburan masih dalam satu pulau, apalagi jika liburan dengan keluarga.
Menghitung biasa transportasi dengan cermat akan membuat biaya selama liburan menjadi lebih irit dibandingkan tidak melakukan penghitungan dengan cermat. Menggunakan metode transportasi dengan tepat akan menentukan tingkat kerepotan dan mood selama melakukan liburan.
“Jadi memang harus dihitung dengan matang,” tegas Parmadi.
2). Ikuti Budaya Lokal
Ketika kita melakukan sebuah perjalanan atau mewujudkan liburan terbaik, jangan lupa untuk memperhatikan gestur tubuh orang-orang yang berada di daerah yang kita kunjungi. Gestur tubuh penting supaya kita bisa diterima dengan baik oleh masyarakat lokal.
Hindari pakaian yang mencolok serta perhiasan yang berlebihan. Pakaian yang mencolok atau perhiasan yang berlebihan tentu saja mengundang niat tidak baik bagi orang-orang tertentu, jadi sebaiknya genakan pakaian yang biasa saja, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.
Jika kita berada di daerah yang kita kunjungi selama beberapa hari, coba pelajari bahasa setempat. Sekadar untuk menyapa penduduk setempat, sehingga kita diterima dengan baik. Ketika kita mempelajari bahasa lokal, artinya kita menghargai budaya mereka, bukan?
Kenali batasan-batasan adat dan budaya yang berlaku karena tidak semua daerah memiliki adat dan budaya yang sama. Jika kita salah sedikit saja dengan melanggar adat atau budaya, meski pun tanpa disengaja, akibatnya akan fatal. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita tahu batasan-batasan adat dan budaya yang berlaku.
Cobalah makan dan nongkrong di tempat makan yang didatangi penduduk lokal, bukan sekadar restoran. Dengan makan dan nongkrong di tempat makan yang banyak didatangi penduduk lokal bisa jadi harganya lebih murah, kesempatan untuk bersosialisai dan mempelajari budaya setempat, dan cita rasa tidak kalah dari restoran hotel berbintang.
Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor
Penerima Hadiah Pertanyaan Terbaik (Foto Kang Alee)

Cara Seru Mewujudkan Liburan Terbaik dengan Bright Advisor
Seseruan Blogger Bandung (Foto Kang Alee)
Tanpa terasa, waktu terus bergulir, selama menyimak materi benak saya ke sana kemari seolah tak terbendung ingin segera belajar Mewujudkan Liburan Terbaik untuk keluarga tercinta. Ingin sama-sama ke Mekah, keliling Istambul Turki, atau melesat ke New Zelen untuk menengok rumah-rumah hobbit. Tak perlu takut sulit mewujudkannya karena akan dibantu oleh Bright Advisor. Ada yang mau ikut Mewujudukan Liburan Terbaik bersama saya?
@KreatorBuku

6 komentar:

  1. Semoga sehera terwujud liburannya, Mas...

    Foto pertama familiar banget lokasinya :-P

    BalasHapus
  2. Amiiin, makasih doanya Mas, hehehe

    BalasHapus
  3. Wah acaranya seru, kapan nih di Jakarta?

    BalasHapus
  4. Liburan ternyata bisa pake asuransi jga ya, nice info kang ^^

    BalasHapus
  5. Mantaf reviewnya mas, lengkap banget, terasa ikut seminarnya dari awal sampai akhir. Terimakasih mas.

    BalasHapus
  6. Segera liburan biar hati senang tanpa beban ya mas

    Salam :)
    dsukmana.wordpress.com

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar