Senin, 01 Agustus 2016

Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu


Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu

KEMPING di Trizara Resort? Saya langsung terpekik kecil saat membaca pesan dari Kang Takdis, Travel Blogger yang blognya sudah dikunjungi lebih dari satu juta pengunjung. Pesan berisi ajakan kemping di Trizara Resort Lembang itu membuat suasana pagi saat itu  terasa lebih semangat.
Bayangkan, rasanya udah berabad-abad lamanya kata kemping itu hilang dalam ingatan saya, tiba-tiba Kang Takdis memunculkan kembali. Tanpa banyak tanya langsung saya sanggupi , walau tanpa persiapan.
“Nanti bareng temen-temen Travel Blogger Kang, jadi nyantai saja,” jelas Kang Takdis yang sudah keliling nusantara, beberapa negara di asia, dan tahun depan bakal keliling Eropa, lewat pesan singkatnya.
Lebih senang lagi saat tahu dari Bandung ada dua teman blogger yang akan kemping juga, makanya kita janjian untuk pergi bareng-bareng biar nggak nyasar. Meski pun saya tinggal di Bandung, nggak semua tempat saya tahu, apalagi Trizara Resort lokasinya di Lembang. Esok harinya, sekitar pukul 14.00 kami pun meluncur ke Trizara Resort.
Saya memilih jalur Jalan Pasteur, Jalan Cipaganti, Jalan Setiabudi, melewati Universitas Pendidikan Indonesia, terminal Ledeng, lalu belok kiri Jalan Parompong yang terletak tidak jauh dari terminal Ledeng. Lebih kurang setengah jam kemudian menikmati Jalan Parompong yang penuh dengan Wisata Kuliner dan Wisata Bunga, saya sampai juga di Jalan Pasirwangi Wetan, Lembang, Bandung, Jawa Barat, di mana Trizara Resort berada.
Saya pikir Trizara Resort itu seperti tempat-tempat kemping lainnya yang dahulu sering saya kunjungi, setelah tiba di sana, saya cukup tercengang begitu melihat pintu gerbang Trizara Resort yang didesain ala-ala Eropa. Itu baru pintu gerbangnya, lho.
Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Pintu Gerbang Difoto dari Dalam (Foto Kang Alee)
Semakin tercengang setelah memarkir kendaraan dan masuk lobi yang minimalis, modern, dan artistik. Ada meja resepsionis berwarna merah menyala dengan resepsionis yang ramah, seperangkat kursi tamu yang nyaman untuk duduk, dan sedikit naik ke atas ada restoran yang dirancang terbuka.
Setelah diberi kunci tenda, saya diantar menuju salah satu tenda yang sudah di sediakan. Menuruni tangga yang di tengah-tengahnya mengalir kolam yang jernih, semacam kolam air terjun mini yang cantik. Bunyi gemericiknya menambah suasana makin adem.

Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Lobby Trizara Resort (Foto Kang Alee)
Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Restoran Terbuka di Trizara Resort (Foto Kang Alee)

Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Tempat Barbeque (Foto Kang Alee)

Di kiri tangga ada tempat duduk dan tempat untuk barbaque, saya langsung jatuh hati, kapan-kapan barbeque di sana bersama sahabat atau keluarga, pasti seru dan meninggalkan kesan yang mendalam, hehehe.
Tiba di ujung undakan ada lokasi berpagar menghadap perbukitan, lokasi untuk foto-foto, selfie, dan wefie … ah, pasti lokasi itu jadi salah satu lokasi favourite pengunjung. Kemudian ada petunjuk arah lokasi tenda. Ada Netra, Svada, Nasika, dan Zana. Nama-nama yang indah dan klasik.
Saya kebetulan menempati Tenda Nasika yang bisa ditempati oleh 3-4 orang, sepanjang jalan dari resepsionis hingga Tenda Nasika, mata dimanjakan oleh pemandangan perbukitan yang masih alami dan indah, membuat mulut tak berhenti berwow-wow ria.

Tenda Nasika
Sebuah kotak pos dari kayu berornamen ayam jago seolah menyambut kedatangan saya ketika menjejak tangga menuju Tenda Nasika yang berlokasi di bagian kiri lobi. Naik teras tenda ada dua kursi santai dengan satu meja menghadap ke luar, begitu tenda dibuka, saya tertegun sejenak, ini bukan sekadar kemping, melainkan kemping mewah.
Fasilitas yang disediakan di Tenda Nasika bukan sekadar kasur lipat atau sleeping bag, melainkan ada dua tempat tidur empuk nan mewah kelas hotel berbintang. Satu tempat tidur berukuran kecil dan satu tempat tidur berukuran besar. Ada kursi, rak, dan lemari berbentuk kotak harta karun yang berada di ujung tempat tidur.
 
Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Tenda Nasika yang Saya Tempati (Foto Kang Alee)
Kemudian ada dinding yang membatasi antara ruang tidur dengan kamar mandi. Dinding dilapisi wallpiper dan dihiasi lukisan-lukisan cantik.
Jika dulu kemping mandinya di sungai atau toilet yang sekadarnya saja, asal ada tempat untuk membersihkan badan, Trizara Resort menyediakan toilet bersih, wangi, dan mewah. Lagi-lagi fasilitas kelas hotel berbintang dengan shower air dingin, air panas, washtafel, dan kloset duduk lengkap dengan pernak-pernik toiletnya.
Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Tempat Tidur di Tenda Nasika (Foto Kang Alee)

Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Meja dan Tempat Barang di Tenda Nasika (Foto Kang Alee)


Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Toilet yang Bersih di Tenda Nasika (Foto Kang Alee)

Saya memasukan ransel parasut yang saya bawa di lemari dan langsung tidur terlentang mencoba kasur yang empuk. Mata langsung melihat bintang-bintang kecil yang menjadi ornamen langit-langit tenda. Sebagai pendingin ruangan, cukup disediakan kipas angin di langit-langit. Kenapa kipas angin? Sudah dingin, bro di sana.
Pantas Trizara Resort menempatkan dirinya sebagai Glamping atau Glamour Camping atau kemping mewah, fasilitas yang disediakan memang mewah.

Glamping yang Peduli Lingkungan
Trizara berasal dari Bahasa Sansekerta yang berarti taman atau kebun dari surga. Berharap, siapa pun yang liburan dan menginap di sana bagai menikmati taman di surga. Selama menginap di sana, saya bisa menyentuh pegunungan, hawa sejuk, kabut, embun, dan tentu saja pemandangan menakjubkan saat sunrise dan sunset.
Sejak awal dibangun, Trizara dikonsep sebagai glamping yang ramah lingkungan. Semen yang digunakan hanya untuk alas dan penguat penyangga panggung kamar dan pembatas kamar mandi. Rangka bangunan terbuat dari besi dan lainnya berupa tenda dengan kualitas kain/terpal terbaik yang langsung didatangkan dari India. 
Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu

Konsep panggung dipilih karena penyerapan oleh tanah akan benar-benar maksimal sehingga kualitas air tanah tetap terjaga dengan baik. Green concept tidak hanya sekadar irit air atau irit listrik semata. Lebih jauh dari itu memperhatikan lahan supaya bisa menyerap air dengan baik.
Septic tank sengaja dikonsep agar menyatu dengan alam, jadi tidak perlu lagi truk tinja karena semua kotoran langsung dimanfaatkan, misalnya diolah menjadi kompos. Oh iya, sabun yang digunakan juga dibuat sendiri dan regradable.
Berbeda dengan resort-resort lain yang menggunakan tenaga dari luar, saat pembangunan, Trizara melibatkan 99% warga sekitar. Pak Kunal, sang pemilik, tidak pernah menggunakan jasa arsitektur. 
Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Salah Satu Tenda di yang Menghadap Bukit (Foto Kang Alee)

Kemping Mewah di Trizara Resort Itu Seru Tahu
Tenda-Tenda Cantik dan Bersih di Trizara (Foto Kang Alee)
Pak Kunal cukup membuat sketsa lalu didiskusikan dengan warga yang siap membantunya. Orang luar yang didatangkan hanyalah sebatas para mandor. Setelah beres, warga yang membantu tersebut kemudian dilibatkan  sebagai satpam, OB, waitress, tukang kebun, juru masak, dan sebagainya.
Bahan-bahan mentah untuk makanan yang disajikan Trizara juga diperoleh dari warga sekitar, jadi Trizara Resort memang benar-benar berkonsep lingkungan. Benar-benar dari warga, oleh warga, dan untuk warga.
Biasanya resort menggunakan ketentuan karyawan 7 banding 10 dari jumlah kamar. Akan tetapi, karena luas Trizara hingga 3 hektar dan mencakup beberapa taman dan kebun, hingga saya menulis ini ada 58 karyawan untuk mengurusi 47 tenda. Benar-benar luar biasa!

Tenda-Tenda Cantik
Selain Nasika, tenda-tenda cantik yang disediakan Trizara. Pertama  ada Tenda Netra. Netra dalam bahasa Sanksekerta berarti mata. Pemandangan yang tidak pernah bosan untuk dilihat dan menakjubkan.
Pantas saja, tenda yang disiapkan secara luxury untuk 2 orang ini cocok menjadi tempat bersantai. Dari pintu depan tenda berukuran 36 meter persegi ini siapa pun bisa menikmati pemandangan dan suara alam dari puncak Kota Lembang.
Setiap tenda difasilitasi dengan kamar mandi di dalam ruangan, ranjang yang lebar (queen size), fasilitas kamar (sprei) yang berkualitas dan perlengkapan mandi yang lengkap.
Kedua Tenda Svada yang memuat keluarga, maksimal 4 orang. Svada fasilitasnya sama dengan Tenda Nasika. Bedanya, tenda berukuran 37.5 meter persegi dengan fasilitas kamar mandi di dalam ruangan, ranjang yang lebar (queen size) dan ranjang 2 in 1 yang bisa ditarik.
Ketiga Tenda Zana. Tenda ini cocok untuk pengantin baru berbulan madu soalnya memang lokasi berada di tempat yang romantis dan hanya untuk dua orang, iya dua orang saja, yang lain ngontrak. Apalagi di dalam tenda berukuran 34 meter persegi itu fasilitas ranjangnya hanya 1 dan queen size. Jadi cocok.

Fasilitas Pelengkap
Selain kemping di tenda yang nyaman, Trizara Resort juga menyediakan banyak fasilitas lain yang bisa dilakukan selama menginap di sana seperti outbound team building dengan Tema Inland Treasure Hunt, Tema Budaya, Tema Seni, Tema Kebun, Tema Cheft, Tema Lingkungan, dan tema-tema lain sesuai permintaan.
Hingga saya menulis ini Trizara mampu menampung 150 orang dengan tempat beraktivitas yang menyenangkan seperti taman bunga mawar, juice bar, area yoga, area outbound, taman kupu-kupu, kebun teh, area api unggun, 3 ruang meeting dengan kapasitas total untuk 180 orang , multi function lounge untuk bar - restaurant dengan kapasitas untuk 80 ~ 100 orang.
Semua aktivitas pun bisa diabadikan dengan video-photography dan bisa mengoptimalkan drone. Proses editing bisa langsung dilakukan melalui studio mini yang rencananya akan dibuat di kawasan resort.
Ah, sudah kebayang seperti apa jadinya jika bisa melakukan aktivitas di sini dan dibuat videonya, pasti keren banget. Mau coba?
@KreatorBuku

TRIZARA RESORTS
Jl. Pasirwangi Wetan,
Lembang, Bandung,
Jawa Barat, Indonesia
Phone : +6222-8278-0085
Reservation Phone : +6222-8278-0085
Email : trizararesorts@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar