Senin, 03 Oktober 2016

Bikin Kopi Ala Café di Rumah Lebih Mudah Berkat Nescafe Dolce Gusto


Bikin Kopi Ala Café di Rumah Lebih Mudah Berkat Nescafe Dolce Gusto

PENULIS memang identik dengan kopi, begitu pula Blogger. Sepertinya tidak ada hari yang terlewati tanpa secangkir kopi. Entah itu kopi pahit, kopi manis, kopi susu, atau jenis kopi lainnya.
Makanya, tak heran terkadang penulis dan blogger menghabiskan waktunya di café yang menyediakan kopi kesukaanya. Masalahnya, kalau tiap hari harus ke café kan bisa berabe, bisa-bisa modal nulis habis buat kopi.
Beruntung, sekarang ada alat pembuat kopi ala café yang bisa digunakan di rumah, namanya Nescafe Dolce Gusto. Alat peracik kopi otomatis ini baru-baru ini diluncurkan di Bandung, tepatnya di Vanila Café Jalan Cimanuk No. 11 Bandung.
Suasana café sudah cukup ramai saat saya tiba di sana. Saya lihat pada setiap meja tamu disediakan satu Nescafe Dolce Gusto yang masih ditutup kain hitam. Kita hanya boleh membuka setelah mesin diluncurkan secara resmi.
Sejenak saya menikmati hidangan yang disediakan. Ada salad, puding, dan tentu saja makan malam secukupnya. Sambil menikmati hidangan, seorang DJ memainkan beberapa lagu di panggung utama. Setelah semua undangan mulai panas, acara peluncuran dibuka dengan modern dance yang rancak bana.
Bikin Kopi Ala Café di Rumah Lebih Mudah Berkat Nescafe Dolce Gusto

The Modern Art of Coffe
Hampir setiap hari saya selalu minum kopi, biasanya pada jam-jam setelah makan siang. Kopi yang saya seduh selalu kopi hitam yang sengaja saya beli dari toko langganan. Entah masih berupa biji yang sudah disangrai sehingga tinggal menggilingnya saja atau sudah berbentuk bubuk.
Khusus untuk kopi yang berbentuk bubuk, biasanya saya gunakan tidak lebih dari satu minggu. Karena, konon katanya kopi yang sudah digiling manfaatnya akan hilang setelah lima hari.
Saya biasanya menyeduhnya secara manual, maksudnya menyeduhnya tanpa pakai mesin apa pun, hehehe. Satu hingga satu setengah sendok teh bubuk kopi dimasukan ke dalam gelas, kemudian beri air panas secukupnya. Setelah diaduk secara merata baru kemudian masukan susu atau gula sesuai selera. Aduk hingga rata kemudian kopi siap diminum.
Jika ngopi bareng teman-teman biasanya sengaja menggiling kopi secara manual untuk beberapa orang, kemudian kopi diseduh menggunakan Vietnam Drip. Salah satu alat manual pembuat kopi yang sudah melegenda sepanjangh masa dan turun temurun.
Vietnam Drip sangat berbeda dengan Nescafe Dolce Gusto yang sangat modern, jadi sangat tidak bisa dibandingkan. Sangat jauh perbedaannya. Bukan hanya dari bentuk, dari cita rasa kopi yang dihasilkan pun sangat jauh berbeda. Begitu pun proses bekerjanya.
Mesin Nescafe Dolce Gusto memang dirancang untuk memastikan setiap tegukan kopi yang kita buat memiliki cita rasa dan kualitas yang tinggi. Mulai dari Espresso dengan rasa yang bold, Latte Macchiato dengan layer yang cantik, hingga cokelat hangat dengan buih tebal di atasnya. Makanya, bahan pembuat kopinya pun sudah disediakan dalam bentuk kapsul.
Coba bayangkan, ini buatnya di rumah lho, bukan di café. Lebih keren lagi, kita tidak perlu belajar puluhan tahun hanya untuk membuat minuman-minuman tersebut, cukup dengan satu mesin saja.
Nescafe Dolce Gusto memang tidak seperti mesin kopi lainnya, dalam proses pembuatannya  melibatkan para ahli kopi bekerja sama dengan ahli pembuat mesin kopi terbaik di dunia. Pantas saja jika mesin tersebut akan menghasilkan kopi ala café di rumah kita dengan mudah.
Bikin Kopi Ala Café di Rumah Lebih Mudah Berkat Nescafe Dolce Gusto
Acara Peluncuran yang Ceria dan Energik (Foto Kang Alee)
Jenis dan Kapsul Nescafe Dolce Gusto
Sebagai mesin kopi ala café, Nescafe Dolce Gusto sengaja meluncurkan beberapa model yang bisa dipilih para penikmat kopi. Desain mesin sangat menarik dan enak dipandang mata.
Pertama jenis Drop. Jika dilihat dari samping bentuknya seperti ulekan bergagang, hehe. Bagian bawahnya seperti mangkuk, memiliki leher dan kepala. Kapasitas tanki air 0.8L. Sementara ini ada 2 pilihan warna, merah dan abu metal.
Kedua jenis Genio. Jenis ini yang sepertinya jadi favourite para pembeli karena selain memiliki 3 pilihan warna; abu metal, merah, dan hitam. Kapasitas tanki airnya sampai 1L.
Ketiga jenis Mini Me. Ukurannya lebih kecil dari Genio, jadi mudah dibawa ke mana pun dan kapan pun. Kapasitas tanki air 0.8L. Pilihan warna yang disediakan sementara ini hanya abu metal dan hitam.
Keempat jenis Omblo. Ini satu-satunya jenis mesin yang bentuknya kotak dengan buletan di tengahnya, hampir mirip dengan mesin cuci mini. Kapasitas airnya 0.8L. Sementara hanya tersedia dua warna, merah dan kuning.
Bikin Kopi Ala Café di Rumah Lebih Mudah Berkat Nescafe Dolce Gusto
Deretan Kapsul Nescafe Dolce Gusto Siap Diolah (Foto Kang Alee)
Mesin akan bekerja ketika ada kapsul yang menjadi bahan inti kopi. Kapsul yang telah diproduksi bermacam-macam dan kita bisa membelinya secara paket. Beberapa jenis kapsul yang telah disediakan antara lain: Grande Intenso, Espresso IIntenso, Cappuccino, Latte Machhiato, Café Au Lait, Mocha, Milo, Chocochino, dan Green Tea Latte.
Sebagai nilai tambah, Nescafe Dolce Gusto juga ternyata tidak hanya untuk membuat kopi lho, mesin istimewa ini ternyata bisa juga untuk membuat teh, makanya disediakan pula kapsul Nestea Peach. Kita bisa membuatnya dengan air panas atau air dingin sama-sama enaknya.
Cara bekerja Nescafe Dolce Gusto sangat mudah dan sederhana. Kita hanya mengisi air pada tanki kecil yang ada di mesin. Pilih beberapa kapsul yang akan kita kombinasikan untuk membuat kopi sesuai selera kita. Bisa ditambah gula, coklat, biskuit jika diperlukan.
Setelah semua bahan siap, kita sambungkan mesin dengan listrik. Masukan kapsul yang telah kita pilih ke dalam tempat pres kapsul. Pilih tekanan yang kita inginkan. Tekanan dari 1-10. Tekanan diperlukan untuk menghasilkan kualitas cita rasa kopi yang nikmat.
Setelah kapsuk terpasang dan ukuran tekanan ditentukan, kita pilih air panas atau air dingin yang kita gunakan. Setelah memilih air, tidak sampai satu menit, kopi akan mengucur ke dalam gelas. Kopi akan terhidang cantik, seperti layaknya kopi yang dihidangkan barista di café-café ternama.
Bikin Kopi Ala Café di Rumah Lebih Mudah Berkat Nescafe Dolce Gusto
Mesin yang Cantik dan Modern (Foto Kang Alee)
Saya bersama teman-teman blogger pun mencoba meracik kopi dengan Nescafe Dolce Gusto. Ada yang membuat Hot Gingerbread Latte, Ini The Mocha, Stowberry Mocha Shakerato, dan sebagainya. Saya sendiri nyobain bikin Cortado Vanilano. Saya ngarang-ngarah aja sih, tapi hasilnya lumayan, seperti minum Kopi Susu yang dibuat dengan Viearnam Drip. Bedanya, ini bikinnya dalam waktu yang super cepat dan tak belepotan.
Satu lagi keunggulan mesin pintar ini, bisa digunakan di café-café, kantor, ruang publik, atau di mana pun untuk menjamu diri kita atau tamu kita. Jadi jika ada tamu atau pertemuan, tak perlu lagi pesan minuman di café, hehe. Lebih cepat dan hemat, kan?  Selamat ngopi ganteng dengan Nescafe Dolce Gusto saudara-saudara!
@KreatorBuku

11 komentar:

  1. Di kantor harus punya satu ini. Biar kita jadi peminum kopi sebenar-benarnya kopi. Bukan kopi yang lebih banyak gula dan krimernya lagi... ^_^

    BalasHapus
  2. Waaah, asyik juga. Yuk beli rame-rame

    BalasHapus
  3. beli satu mas, kita cobain. Asyik kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada uang lho di Bu Yun, wkwkwkw

      Hapus
  4. Pengen mencoba kopinya nih. Maklum, saya penggila kopi euy :)

    BalasHapus
  5. Pengin nyoba kopinya juga. Duh.. Jadi pengin ngopi

    BalasHapus
  6. Praktis banget bikin kopi cantiknya ya Kang... Pengen punya jadinya :D.

    BalasHapus
  7. Saya sudah pernah nyoba pakai Dolce Gusto, hasil kopinya lebih waaah kaya di cafe mahal gt :)

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar