Jumat, 14 Oktober 2016

Ternyata LED TV Itu Ramah Lingkungan

Ternyata LED TV Itu Ramah Lingkungan

TAK dipungkiri, salah satu hiburan paling murah di rumah selain membaca adalah nonton teve. Apalagi, sekarang ini layanan teve sudah sangat beragam, dari yang gratisan hingga yang berbayar. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Saya dan anak-anak di rumah, meski pun jarang nonton teve karena lebih banyak baca dan aktivitas di luar rumah, bukan berarti tidak memperhatikan teve yang layak ada di rumah, bukan? Setidaknya kita memilih teve yang kualitas gambarnya baik dan tidak merusak mata.

Antara Plasma TV, LCD TV, dan LED TV
Seiring dengan perkembangan zaman, jenis teve yang diproduksi pun beragam. Mulai dari teve yang mengutamakan ukuran, bentuk, tampilan, kualitas gambar, hingga yang ramah terhadap kelestarian lingkungan.
Jika dahulu teve bentuknya segaban atau lebih dikenal dengan Teve Tabung, kini telah berubah wujud menjadi Plasma TV, LCD TV, dan LED TV dengan ukurannya yang tipis sehingga tidak memakan tempat ketika diletakan di ruang keluarga.
Antara Plasma TV, LCD TV, dan LED TV masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan ketiga jenis teve yang banyak beredar di pasaran. Saya coba urai satu-satu ya, supaya tidak salah pilih saat Beli LED TV terbaru.
Pertama Plasma TV. Plasma TV menjadi awal berkembangnya teknologi teve yang berbentuk tipis dengan resolusi tinggi. Sistem kerja Plasma TV menggunakan plasma (sejenis gas yang dapat memisahkan elektron dari inti atom) dalam memproduksi gambar. Jadi, arus listrik yang masuk pada perangkat akan menghasilkan elektron yang akan bereaksi dengan molekul air raksa (mercury) dan menghasilkan sinar ultraviolet (UV).
Plasma TV memiliki sudut pandang yang lebih lebar dan tingkat kontras yang tinggi, yaitu 10,000: 1. Selain itu, Plasma TV cenderung lebih murah dibandingkan dengan LCD TV atau LED TV. Plasma TV memiliki tampilan gambar yang tidak blur karena memiliki tingkat Refresh Rate dan Response Time yang tinggi (hingga 600 Hz).
Sayangnya, Plasma TV saat ini bobotnya cenderung lebih berat karena umumnya berukuran di atas 32 inch, boros listrik, dan tingkat kualitas gambar yang dihasilkan akan menurun seiring dengan lamanya penggunaan.
Ternyata LED TV Itu Ramah Lingkungan
LED TV Teve Ramah Lingkungan (Foto Pexel)
Kedua LCD TV. LCD TV adalah teknologi teve yang menggunakan Liquid Crystal Display untuk memproduksi gambar seperti yang terdapat pada monitor PC yang beredar saat ini. Keunggulan LCD TV memiliki varian ukuran yang lebih beragam, menggunakan teknologi anti-glare (tanpa bayangan), warna lebih realis, low-radiation, listrik yang dibutuhkan lebih rendah dari Plasma TV.
Kelemahan LCD TV menghasilkan kualitas gambar dan kontras yang kurang baik apabila dilihat dari sudut yang lebih lebar dan kurang pencahayaan. Selain itu, tingkat Refresh Rate dan Response Time yang rendah menyebabkan LCD TV menghasilkan gambar yang sedikit lebih lambat.
Ketiga LED TV. LED atau Light Emitting Diode TV adalah perkembangan terbaru pada teknologi teve.  Pada dasarnya, LED TV mengadopsi sistem pada LCD TV, namun sudah dilengkapi dengan teknologi LED Back Light. Dibandingkan dengan lampu neon, lampu LED jelas lebih unggul karena lebih sedikit menghasilkan panas, lebih hemat listrik, dan cenderung lebih terang.
LED TV tingkat ketajaman gambar dan gradasi yang setara LCD TV, lebar sudut pandang setara Plasma TV, dan pengaturan gerak (motion-handling) melebihi TV Tabung. Selain itu, lebih unggul dibandingkan LCD TV biasa jika dilihat dari tingkat kontrasnya yang sangat tinggi  mencapi 1,000,000 : 1, konsumsi listrik juga jauh lebih rendah dibanding teve lainnya, dan yang lebih membuat tenang, LED TV ramah lingkungan.

Langkah Cerdas dan Tepat Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat

LED TV bisa dibeli di mana pun dengan mudah di MatahariMall, jadi jika ingin mengganti teve di rumah atau akan membeli hadiah teve bisa Beli LED TV terbaru secara online. Yuk ah, kita peduli pada lingkungan dengan memiliki perabotan rumah tangga yang ramah lingkungan seperti LED TV.

@KreatorBuku

4 komentar:

  1. Jadi ingat TV di rumah. Beli dari hasil menang lomba xixixi...baru tahu kalau ramah lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya juga baru tahu, hehehe

      Hapus
  2. lengkap sekali penjelasannya, TV LED ternyata punya banyak keunggulan dibandingkan plasma dan LCD

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar