Senin, 10 Oktober 2016

Tiga Cara Paling Gampang Cari Ide untuk Konten Blog

Tiga Cara Paling Gampang Cari Ide untuk Konten Blog

IDE dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti rancangan yang tersusun di dalam pikiran atau gagasan. Dengan ide, seorang blogger akan mudah menuangkan buah pikirannya dalam bentuk tulisan.
Sayang sekali, terkadang seorang blogger susah mendapat ide untuk konten blognya. Entah karena ide yang diinginkan memang terlalu langka atau karena sang Ide ngumpetnya terlalu jauh dari jangkauan.
Ide sebetulnya banyak berlintasan tak beraturan di depan mata dan di kepala kita, jika sedang melintas kita sering tak segera menangkapnya. Akibatnya, dia terbang dan hinggap di tempat lain. Nah, jika sudah demikian, apa yang harus kita lakukan? Diam saja dengan pasrah atau mencarinya kembali? Kalau saya pasti akan mencarinya kembali hingga ketemu. Lalu, apa yang saya lakukan?
Berikut ini tiga cara paling gampang yang saya lakukan dalam mencari ide untuk konten blog.
Pertama baca koran, majalah, atau media offline lainnya. Saya hanya berlangganan koran hari Sabtu dan Minggu. Bukan apa-apa, koran hari Sabtu dan Minggu biasanya memiliki rubrik yang berbeda dari hari-hari biasanya. Terutama yang berkaitan dengan hobby. Koran hari Sabtu dan Minggu lebih banyak rubrik yang bisa dibaca kapan pun.    
Tak jarang pula saya selalu menyimpannya dan mengkliping beberapa rubrik yang sesuai dengan minat saya untuk bahan tulisan ke depan. Dengan menyimpan dan mengkliping, jika ingin ngeblog, saya tinggal membacanya untuk mencari ide tulisan.
Memang sekarang kita dimudahkan dalam mencari bahan ide tulisan melalui mesin pencari, tetapi buat saya koran tetap yang paling nyaman dan paling mudah dalam mencari ide.
Tiga Cara Paling Gampang Cari Ide untuk Konten Blog

Kedua lihat sekeliling kita. Banyak ide bertebaran di sekeliling kita, termasuk ide yang kita anggap remeh dan biasa saja. Padahal, apa yang kita rasakan belum tentu benar, buktinya banyak sekali ide biasa-biasa saja jadi luar biasa ketika sudah dimasak dalam bentuk tulisan.
Jika sudah demikian, jangan pernah remehkan ide-ide yang bak remahan rengginang, hehe. Remahan rengginang kalau dimakan juga bikin ketagihan, kan? Apalagi sebuah ide tulisan?
Ketiga perhatikan gambar-gambar unik, menarik, dan menggelitik. Gambar-gambar yang membuat kita senyum, miris, memicingkan mata biasanya akan lebih membuat ide-ide berlompatan dari kepala sehingga kita mudah menangkapnya. Saking banyaknya ide kadang sampai bingung ide mana dulu yang harus dieksekusi dalam bentuk tulisan.
Ketiga cara di atas mungkin sudah banyak yang melakukan, termasuk saya. Saya sengaja menuliskannya supaya tak terlupakan dan lebih banyak Blogger yang merasakan manfaatnya. Selamat nulis dan selamat ngeblog!

@KreatorBuku

13 komentar:

  1. kupikir, mancing di empang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk, pasti lagi pengin masak ikan gurame ya hehehe

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sama siapa dulu dunk belajarnya, hehe

      Hapus
  3. Wah makasih Kang Ali sudah berbagi Tips nya :)
    Saya sering banget kekurangan ide, entah karena males apa gimana hikhik.

    Aku coba praktikkan deh Kang 3 ide ini hehe.
    Salam:)

    BalasHapus
  4. Wah pantesan konten blognya Kang Ale, bikin nagih, ini toh rahasianya hihi makasih kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, hehehe. Ini rahasia gue, mana rahasia Tia?

      Hapus
  5. Ide blog ini hampir sama dengan ide menulis ya, Kang. Sudah ada di sekitar kita, bahkan di depan mata kita.
    Haturnuhun sharingnya, Kang.
    Salam, kaverboy hahahha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mas, pada prinsipnya kan sama aja sebetulnya antara nulis dan ngeblog, beda media aja, hehe

      Hapus
  6. kalau aku sudah kehabisan ide. berarti itu tandanya aku harus ngetrip e. wkwkw

    BalasHapus
  7. setuju kang. Pernah saya baca ada blogger (lupa namanya) bahwa apapun even itu hal negatif terjadi sama kita, bisa kok dijadiin bahan nulis. Misalnya tali b*ha kita putus, sok atuhlah langsung bisa dijadiin ide buat bikin tulisan "Asyiknya berbelanja Underwear online di toko online XXXX" misalnya.

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar