Selasa, 08 November 2016

7 Manfaat dari Minum Banyak Air

7 Manfaat dari Minum Banyak Air

TIAP pagi pasti di rumah ribut karena anak-anak selalu berebut mengisi botol air minumnya untuk dibawa ke sekolah. Padahal, tanpa berebut pun mereka pasti kebagian karena bundanya anak-anak selalu menyiapkan air untuk bekal.
Tidak hanya anak-anak, saat saya atau bundanya anak-anak akan pergi pun selalu mengisi botol air sepenuh mungkin. Bukan apa-apa, buat kami air itu sangat penting. Saking pentingnya, kadang kalau traveling sendiri ataupun bareng-bareng lebih memprioritaskan air daripada makanan.
Kenapa lebih memprioritaskan air daripada makanan? Karena tubuh kita membutuhkan asupan cairan yang cukup banyak. Lebih dari 70% komposisi tubuh terdiri dari cairan, jadi kalau kekurangan cairan akan berbahaya.
Selain dibutuhkan tubuh, air juga menyehatkan. Minum air putih minimal 8 gelas sehari dapat membantu mencegah penyakit, bahkan membantu tubuh pulih dari penyakit. Air putih sangat menyehatkan karena bebas gula dan zat kimia lainnya. Selain itu masih banyak manfaatnya. Apa saja manfaatnya?

7 Manfaat dari Minum Banyak Air

1). Meningkatkan Energi
Saat sedang olahraga kita pasti akan mengeluarkan banyak energi, yang memicu rasa lelah. Oleh karena itu, kita harus banyak minum air putih. Karena apabila kekurangan air putih, maka otot-otot tubuh tidak dapat bekerja maksimal.
2). Meningkatkan Fungsi Otak
Untuk membantu kelancaran sistem saraf di otak dan meningkatkan konsentrasi, setiap perlu minum air putih dalam jumlah yang banyak. Dengan 2 liter air putih, fungsi otak dapat meningkat.
3). Meningkatkan Sistem Peredaran Darah
Kelancaran aliran darah dalam tubuh dapat tercapai, jika seseorang minum air putih dengan cukup. Kurangnya air putih dapat meningkatkan kekentalan darah yang berpotensi membentuk gumpalan-gumpalan. Nantinya gumpalan ini dapat menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan penyakit yang lebih parah.
4). Membantu Mengeluarkan Racun
Salah satu cara untuk mengeluarkan racun dalam tubuh adalah melalui air seni atau keringat. Agar kita bisa buang air dan berkeringat, asupan cairan dalam tubuh harus mencukupi. Beberapa resiko yang dapat dikurangi adalah infeksi saluran kemih dan batu ginjal.
5). Menjaga Fungsi Ginjal
Kekurangan cairan adalah penyebab utama penyakit gagal ginjal. Perlu diketahui, ginjal membutuhkan cairan untuk membersihkan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Dan setiap hari ginjal menyaring keluar limbah tubuh, memproses 200 liter darah, dan mengangkut urin ke kandung kemih Karena itu air putih sangat diperlukan untuk menjaga fungsi ginjal.

7 Manfaat dari Minum Banyak Air

6). Mencegah Penuaan Dini
Dengan mengeluarkan racun dari dalam tubuh dapat mencegah penuaan dini, karena menjaga kekencangan kulit dan mengecilkan pori-pori. Oleh sebab itu, kita perlu minum air yang banyak agar mencegah penuaan dini.
7). Melawan Berbagai Penyakit
Ada beberapa penyakit yang disebabkan karena kurang minum air putih. seperti panas dalam, sakit tenggorokan dan sariawan. Oleh karena itu, minum air putih yang cukup perlu dilakukan, terutama saat musim kemarau, di mana tiga penyakit ini biasanya menyerang.
Pantas, tiap hari bundanya anak-anak selalu mengingatkan untuk selalu minum air putih, ternyata memang banyak sekali manfaatnya. Tak sia-sia tiap hari selalu bekal air putih ke mana pun pergi. Semoga bermanfaat. []

@KreatorBuku

4 komentar:

  1. Betul banget kang, saya pun kalau ke mana-mana wajib bawa air sebotol~ :D

    BalasHapus
  2. iya, banyak manfaat air putih. Cuma kadang suka males minum sayanya :D

    BalasHapus
  3. Aku selalu bawa air putih, kalau pergi-pergi. Lebih hemat bawa, walaupun sama saja di rumah juga dari beli ;)

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar