Jumat, 16 Desember 2016

Memotret Misteri Benteng Pendem di Pantai Teluk Penyu

Jual kameran mirrorless online di Benteng Pendem Cilacap


MINGGU lalu jalan-jalan ke Pantai Teluk Penyu di Cilacap Jawa Tengah. Karena bertepatan dengan long weekand, perjalanan dari Bandung yang harusnya ditempuh hanya dalam waktu 6 jam perjalanan darat, harus ditemput hingga 10 jam.
Begitu tiba di parkiran yang cukup luas saya langsung cari kamar mandi yang disediakan warga untuk wisatawan. Karena takut kehilangan moment pagi di Teluk Penyu, usai mandi saya buru-buru ambil kamera untuk mengabadikan pemandangan indah di Teluk Penyu.

Penuh Penyu
Menurut cerita salah satu warga yang saya temui dahulu banyak penyu yang hidup dan berkembang biak dengan baik di pantai tersebut. Penyu-penyu yang awalnya hidup nyaman di sana kemudian berimigrasi ke pantai-pantai lain di Indonesia seperti pantai di bali dan lombok karena padatnya lalu lintas kapal laut, kawanan penyu tidak berani lagi datang ke Pantai Teluk Penyu untuk bertelur.
Secara georgafis, Teluk Penyu sangat cocok untuk bertelur dan berkembang tukik penyu, mengingat  kondisi lingkungan yang tidak terlalu panas serta tidak adanya hewan predator yang memakan telur penyu dan kawanan penyu. Karena banyaknya penyu di tepian pantai itulah, pantai ini disebut Pantai Teluk Penyu.
Jual kameran mirrorless online di Benteng Pendem Cilacap
Kapal Wisata Berlayar di Teluk Penyu (Foto Kang Alee)

Jual kameran mirrorless online di Benteng Pendem Cilacap
Pantai Teluk Penyu yang Menawan (Foto Kang Alee)

Panorama alam Teluk Penyu yang luasnya mencapai 18 hektar memiliki pemandangan yang cukup indah tak disia-siakan untuk diabadikan dengan kamera mirrorless yang saya punya.
Hamparan pasir berwarna hitam yang luas, udara yang sejuk, pemandangan samudra yang terhampar luas dengan langit birunya, dan perahu nelayan yang tertambat di pantai atau yang sedang berlayar di samudra makin menambah indah pantai Teluk Penyu.

Benteng Pendem yang Misterius
Tidak jauh dari Pantai Teluk Penyu ada sebuah benteng peninggalan Belanda yang telihat sangat misterius, namanya Benteng Pendem. Misterius karena auranya terasa mistis.
Usai menikmati Teluk Penyu, saya bareng temen-temen Blogger Bandung langsung menuju Benteng Pendem yang letaknya berseberarangan dengan Teluk Penyu.
Sebelum masuk benteng, saya dan temen-temen Blogger Bandung membeli tiket masuk yang cukup murah, hanya Rp.5000,- saja. Bangunan pintu masuk Benteng Pendem masih asli, jadi benar-benar masuk benteng jaman baheula.
Jual kameran mirrorless online di Benteng Pendem Cilacap
Pintu Masuk Benteng Pendem (Foto Kang Alee)

Benteng Pendem dahulu digunakan sebagai markas pertahanan tentara Belanda di Cilacap, Jawa Tengah. Didesain oleh arsitek asal Belanda. Benteng difungsikan untuk menahan serangan yang datang dari arah laut bersama Benteng Karang Bolong, Benteng Klingker, dan Benteng Cepiring yang ada di pulau-pulau kecil di Pulau Nusakambangan.
Benteng Pendem yang dibangun selama 18 tahun (tahun 1861-1879) difungsikan hingga tahun 1942. Pada tahun 1942, saat Belanda melawan Jepang, Benteng dikuasai tentara Jepang.
 Pada tahun 1945, bertepatan dengan pengeboman di Kota Hiroshima dan Nagasaki, tentara Jepang meninggalkan. Pasca ditinggalkan Jepang, Benteng diambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah dan digunakan para pejuang kemerdekaan untuk berlatih perang dan pendaratan laut.
Jual kameran mirrorless online di Benteng Pendem Cilacap
Ruang Penjara yang Cukup Seram (Foto Kang Alee)

Setelah Indonesia merdeka, selama bertahun-tahun Benteng sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap pada tahun 1986.
Benteng Pendem terdiri dari beberapa ruang yang masih kokoh hingga sekarang. Sayang sekali sejak ditemukan kembali, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya tergali.
Jual kameran mirrorless online di Benteng Pendem Cilacap
Benteng Pertahanan (Foto Kang Alee)

Ruangan dalam benteng yang umum diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru.
 Dalam Benteng Pendem diperkirakan ada terowongan yang langsung menembus benteng-benteng yang ada di sejumlah gua di Pulau Nusakambangan. Namun, hingga kini masih menjadi misteri.
Ah, beruntung sekali temen-temen Blogger Bandung baru pada beli kamera jadi seru sekali rasanya memotret misteri Benteng Pendem. Eh, beli kameranya di toko online yang Jual Kamera Online, lho, jadi nggak ribet. Selamat menikmati misteri Benteng Pendem!

@KreatorBuku

5 komentar:

  1. Benteng Pendem, dibalik bangunannya yang terlihat seram, ada pesona hijau yang mengalihkan :)

    BalasHapus
  2. Pendem itu artinya kubur ya? mungkin karena terkubur itulah maka diberi nama benteng pendem.

    BalasHapus
  3. Wah, boleh juga nih kapan-kapan ke sana

    BalasHapus
  4. sayang ya Kang penyu udah ga banyak lagi,,, padahal bisa jadi destinasi yang oke punya banget. apalagi pemandangannya hijau

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar