Senin, 30 Januari 2017

Barang-Barang Ini Selalu Saya Bawa Saat Traveling



SAYA kalau mau jalan-jalan atau traveling pasti selalu berusaha membuat perencanaan dengan matang, termasuk rencana barang yang akan dibawa traveling. Bukan apa-apa, jika nanti ada yang tertinggal, bisa jadi bencana. Sebaliknya, jika terlalu banyak juga nanti akan merepotkan di perjalanan. Oleh sebab itu, bawa barang-barang perlengkapan traveling secara lengkap, namun tidak berlebihan.
Saya biasanya membuat daftar barang-barang yang akan dibawa. Mulai dari barang yang harus dan wajib dibawa, barang yang tingkat kebutuhannya lebih, dan barang tambahan yang hanya menjadi barang tambahan. Kira-kira daftar yang saya buat seperti ini:  

Dokumen-Dokumen Penting
Jangan lupa membawa dokumen-dokumen penting, seperti paspor dan visa jika mau traveling ke luar negeri, tiket kereta api, tiket pesawat, bukti reservasi hotel, kartu identitas, dan juga buku panduan traveling. Saya selalu berusaha menyimpan segala dokumen tersebut dengan baik. Misalnya saya pesan tiket kereta api secara online di Traveloka, saya akan simpan baik-baik bukti pemesanan dan segera cetak mandiri di stasiun, begitu juga dengan bukti reservasi hotel atau voucher hotel.
Agar memudahkan saat sampai di destinasi, saya selalu memasukkan semua dokumen penting tersebut ke dalam satu wadah atau kantung, seperti tas selempang yang bahannya cukup kuat dan tidak mudah dirusak. Dengan begitu saya bisa membawa tas selempang ini ke mana saja dengan rasa aman. Untuk antisipasi, saya selalu menggandakan terlebih dahulu dokumen-dokumen penting yang dibawa, bisa dalam bentuk hardcopy ataupun juga softcopy.

Perangkat Elektronik
Barang lainnya yang tak boleh ketinggalan adalah perangkat elektronik, seperti smartphone, charger, kamera, tablet, powerbank, dan juga colokan. Barang-barang elektronik ini sangat membantu saat traveling nanti. Contohnya saja smartphone, saya bisa mencari berbagai informasi mengenai daerah yang dituju, jenis transportasi yang bisa digunakan, dan lain sebagainya. Smartphone ini juga bisa digunakan untuk selfie, hehehe.
Fungsi smartphone akan lebih bermanfaat lagi saat pergi ke negara atau kota yang sudah maju. Banyak transaksi yang sudah online dan membutuhkan bantuan perangkat genggam tersebut. Saya bisa pesan tiket kereta api atau pesawat, beli makanan, dan lain sebagainya dengan menggunakan smartphone. Ditambah lagi, smartphone akan membuat salalu terhubung dengan keluarga di rumah, sahabat, dan orang-orang yang saya sayangi.

Barang-Barang Keperluan Pribadi
Selanjutnya, saya perlu membawa barang-barang keperluan pribadi secara lengkap, seperti alat-alat mandi, kosmetik, handuk mandi, kacamata, dan lainnya. Karena keperluan pribadi ini termasuk benda-benda yang mudah rusak dan bisa mengotori seluruh isi tas, saya akan pisahkan perlengkapan pribadi di dalam sebuah tas kecil. Selain mencegahnya dari tumpah, isi di dalam tas bisa tertata lebih rapi. Letakkan di dalam pouch yang berbeda antara alat-alat mandi dan juga kosmetik.
Selain barang-barang yang sudah disebutkan tadi, saya perlu membawa obat-obatan pribadi. Obat-obatan pribadi yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya obat anti mabuk, minyak angin, suplemen, ataupun jenis lainnya. Karena barang-barang ini menyangkut kesehatan saya supaya selalu sehat dalam perjalanan.

Pakaian dan Aksesori
Jangan lupa juga membawa beberapa pakaian yang nyaman saat traveling. Jika akan traveling dalam waktu yang lama, sesuaikan baju yang dibawa supaya tidak kekurangan. Namun, jika hanya satu atau dua hari saja, jangan terlalu membawa banyak pakaian. Beberapa pakaian yang disarankan untuk dibawa adalah pakaian santai, pakaian tidur, baju hangat (jaket/sweater/syal), alas kaki, kaus kaki, topi, dan pakaian dalam.
Jangan lupa juga membawa aksesori seperti topi, ikat pinggang, dan penjepit rambut. Hal ini memang sepele, tapi akan kesulitan jika sewaktu-waktu membutuhkan, namun barang tersebut tidak dibawa. Tata pakaian di dalam tas ataupun di koper dengan cara digulung agar bisa muat banyak barang.
Itulah barang-barang yang selalu saya bawa saat traveling. Maksimalkan ruang di koper atau travel bag, jika masih ada tempat, bawa barang-barang yang sekiranya nanti diperlukan. Satu hal terpenting adalah tata semua barang bawaan dengan rapi supaya nanti tidak perlu membongkarnya saat di perjalanan.
Selamat travelling!
@KreatorBuku

22 komentar:

  1. charger is lyfe, habislah riwayat kalo ga ada charger hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahahaha
      Ini bener banget
      JAdi inget acarablogger tempo hari bareng mami Ubii
      AKunya panik keabisan batere, tapi kaget juga sih bisa menang live IG

      Hapus
  2. Kalau aku terpenting kamera dan hp mas, kalau ketinggalan nggak bisa update status hahaha

    BalasHapus
  3. Bener banget kang.. Untuk dokumen penting, usahakan selalu siapkan versi hardcopy meski semua dokumen soft copy juga sudah tersedia di smartphone. Just in case smartphone kita mendadak errror , kita gak bakalan kerepotan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman, begitu sampai Bandara ada temen yang smartphone-nya mati, wal hasil harus ngecharge dulu, untung masih bisa ditungguin, hehe

      Hapus
  4. pernah gak saat kamu jalan-jalan ketinggalan Hpnya? kalau saya dulu pernah, ya kesel dan nyesel yang dirasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kan traveling nggak bawa HP, lagi dateng ke undangan nggak bawa hp aja rasanya pengin balik lagi, hehehe

      Hapus
  5. terutama hp pasti.. :) kamera dan alat untuk kebutuhan tubuh hehe

    BalasHapus
  6. Kalo jajan di traveloka saya hampir ga pernah ngeprint voucher maupun tiket mas. Semua saya bawa di handphone. Jadi handphone dan tentu chargernya adalah benda yang sangat wajib dibawa buat traveling

    BalasHapus
  7. makasi sharingnya kang. sangat bermanfaat buat persiapan bepergian bulan depan insya Allah:)

    BalasHapus
  8. Elektronik, kalo ada satu yang tinggal, bisa bikin mood ngedrop.

    BalasHapus
  9. Jaman skrng kalau traveling gak bawa gadget dkk-nya rasanya ada yg ilang hehe
    TFS

    BalasHapus
  10. wow...beda ya kalau org yg sering traveling, sistematis, nanti kalau ada rezeki bisa traveling, nyontek ah

    BalasHapus
  11. Jadi inget dulu baca bukunya Trinity, traveling sekarang bawaan kabelnya lebih ribet
    Klo dulu cukup bawa kamera doang, hidupnya pake batere, abis ya tinggal beli
    Sekarang bawaannya kabel/charger lebih banyak daripada baju, mulai dari charger HP (yang kadang lebih dari satu), kamera (yg juga bisa lebih dari satu), laptop, powerbank, dll. Belum lagi ditambah tongsis dan tripod. Rempoooooong hahaha

    BalasHapus
  12. Semuanya penting tuh, jangan sampai ketinggalan di rumah apalagi hilang di jalan bisa-bisa merusak mood travelling.

    BalasHapus
  13. lebih baik bawa cash atau ngisi e money dulu ya?

    BalasHapus
  14. Dokumen penting sperti KTP yang ngga boleh banget ketinggalan. Kalau perginya ke Luar Negeri, paspor selalu dibawa kemana-mana. Ngga pernag ditinggal di hotel. Khawtair ilang trus ngga bisa pulang ke Indonesia :p

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar