Konten Blog Lebih Cantik dan Lebih Kreatif dengan ASUSPRO B8230


DULU banget, zaman ngeblog masih pakai Notebook yang prosesornya intel pentium, konten blogpost yang saya buat hanya berupa tulisan, yang penting enak dibaca dan bermanfaat untuk pembaca, sama sekali tak memperhatikan visual. Jika ada visual pun biasanya hanya foto yang dicomot dari dokumen pribadi atau ambil dari Ceu Inet (alias Internet) tanpa menghiraukan hak cipta.
Berbeda dengan zaman sekarang yang Notebook saja prosesornya sudah Intel Core i3/ Intel Core i5/ Intel Core i7 yang suport banget saat akan mempercantik blogpost dengan bermacam-macam visual, sehingga tidak hanya tulisan saja yang dipikirkan, tetapi juga visual. Bisa berupa foto, ilustrasi vektor, infografis, dan video dengan berbagai macam jenis.
Bayangkan saja, intel Core i3 sudah mengintegrasikan GPU (Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board dalam prosesornya. Kemampuan grafisnya sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Intel Core i3 juga menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm. Memory controller atau graphicsnya menggunakan 45nm.
Sementara, intel Core i5  pada inti prosesornya sudah ditanam fungsi chipset Northbridge yang dikenal dengan nama MCH pada Motherboardnya. Motherboard Core i5 menggunakan chipset Intel P55 sehingga mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan 1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot.
Sedang Intel Core i7 menjadi prosesor pertama dengan teknologi Nehalem, teknologi yang menggantikan Intel Core yang memiliki kinerja super cepat. Karena mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.
Kesimpulannya, Intel i3, Intel Core i5 maupun Core i7 merupakan prosesor yang sangat cepat, hemat energi, dan cocok dipakai oleh siapapun yang membutuhkan performa PC yang tinggi. Kabar baiknya, prosesor-prosesor tersebut sudah ditanam di Notebook Asus dengan berbagai model dan seri terbarunya, salah satunya ASUSPRO B8230 yang menggunakan Intel Core i5 atau Intel Core i7.
Jika sudah demikian, masih adakah blogger yang malas mempercantik konten blogpostnya dengan visual? Masih adakah alasan untuk mengabaikan visual dibanding tulisan seperti zaman awal-awal ngeblog dulu?

Tahapan Membuat Konten Blogpost
Fasilitas yang sudah sedemikian memudahkan mau tidak mau membuat saya terpacu dan terpicu untuk membuat konten blogpost semakin cantik, menarik, dan kreatif sehingga memikat lebih banyak pembaca. Ada beberapa ritual yang saya lakukan;

Pertama melakukan riset. Riset dalam menulis blogpost buat saya sangat mutlak meski pun hanya riset kecil-kecilan. Misalnya saja datang ke toko gedget saat akan mengulas gedget tertentu. Sengaja mengeksporasi tempat wisata yang akan kita jadikan sumber tulisan atau merasakan makanan yang akan kita ungkap rahasia kelezatannya. Riset sangat penting supaya apa yang kita tampilkan dalam blogpost tidak salah.
Saat saya ingin mengulas ASUSPRO B8230, selain saya baca-baca info tentang gedget generasi terbaru dari Asus tersebut melalui webnya, saya juga sengaja datang ke beberapa gerai resmi Asus di Bandung Elektronik Center yang beralamat di Jalan Purnawarman No. 13-15 Bandung untuk melihat produk dan mendapat penjelasan detil produk secara langsung. Sayang sekali, hingga saya menyelesaikan blogpost ini belum ada gerai yang menjual ASUSPRO B8230. 

Kedua mencari ide yang paling unik. Konten blogpost semakin unik semakin menarik sehingga membuat penasaran pembaca. Ide unik tidak harus yang luar biasa, ide yang berbeda yang kira-kira tak terpikirkan blogger lain pun buat saya sudah unik.
Saya biasa bikin oret-oretan di buku khusus atau menggunakan Software OneNote, software yang selalu setia membantu saya saat ide bermunculan sementara kerjaan sedang banyak-banyaknya, hehehe. Jadi sambil kerja atau sambil meeting bikin oret-oretan di OneNote. Stttt, jangan bilang siapa-siapa. Ini rahasia.
Dari oret-oretan ini nanti akan disaring, diolah, dipilah, dipilih, digabungkan, dibongkar, dipasang hingga menemukan ide yang paling unik dan menarik yang akan dieksekusi menjadi artikel blogpost.


Ketiga membuat maping ide. Maping yang saya lakukan biasanya akan jadi dasar seluruh konten yang akan dibuat dan ditampilkan dalam blogpost seperti tulisan, foto, infografik, video, dan sebagainya.
Maping ide sebisa mungkin komplit supaya tidak ada yang tertinggal satu pun. Jika perlu sudah dalm bentuk ringkasan draf tulisan, jumlah foto dan foto apa saja yang akan ditampilkan, infografik apa saja yang perlu dibuat serta berapa jumlahnya, dan video apa yang perlu ditampilkan.
Biasanya untuk satu blogpost saya akan cari minimal 10 foto dokumen pribadi, 5 foto atau gambar dari sumber yang terpercaya dan open source (hanya sebagai tambahan jika diperlukan dan saya tidak punya fotonya) atau beli jika memang harus beli,  membuat 3 infografik, membuat 1 video, dan mencari 1 video di youtube. Visual-visual ini sengaja saya kumpulkan walau terkadang tidak dipakai semuanya. 

Keempat membuat list kebutuhan sofware atau aplikasi yang akan digunakan. Ini kelihatannya sepele, tetapi buat saya sangat penting karena biasanya mengerjakan semuanya secara bersamaan.
Software-software yang biasa saya gunakan selain MS Word 2010 untuk merangkai kata-kata supaya pembaca terpikat, saya juga menggunakan CorelDRAW X7 (64-Bit) untuk editing awal gambar, foto, dan bikin infografik, menggunakan Adobe Photoshop CS6 (64-Bit) untuk editing akhir gambar, foto, dan infografik. Menggunakan Adobe After Effects untuk edit video, kadang-kadang menggunakan aplikasi Kine Master di smartphone.
Kebayangkan, betapa banyak software yang digunakan hanya untuk sebuah blogpost saja? Makanya perlu dibuat listnya biar nggak lupa, hahaha.

  
 Kelima menentukan deadline. Ini sangat penting mengingat ngeblog buat saya bukan lagi dilakukan sambil lalu, melainkan sudah menjadi aktivitas rutin seperti aktivitas kreatif lain yang memang sudah rutin dijalankan sehari-hari.
Dengan deadline, saya bisa mengukur waktu penulisan dan penggarapan visual blogpost yang sudah direncanakan, jadi tidak bentrok dengan aktivitas lain yang kadang tidak bisa ditoleransi. 
Contoh blogpost yang saya buat dengan cara kreatif di atas antara lain Wisata Jepang dan Pengalaman Servis yang keduanya diapreasiasi menjadi salah satu pemenang lomba. Terus video berikut ini;




ASUSPRO B8230 yang Cerdas dan Tangkas
Saat ini saya menggunakan Notebook yang prosesornya masih Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 untuk membuat konten blogpost. Perlu waktu kurang lebih satu minggu hingga 10 hari hanya untuk membuat 1 konten blogpost saja. Bayangkan, betapa membuat Hayati makin lelah?
Saya bayangkan, seandainya saya buat konten blogpost dengan ASUSPRO B8230 yang sudah menggunakan Intel Core i5 dan Intel Core i7 pasti waktu yang saya butuhkan tidak lebih dari 3 hari. Mulai dari riset, mencari ide, hingga pembuatan konten plus upload. Kok saya begitu yakin dengan ASUSPRO B8230, sih? Iya dong, ini alasan saya yakin ASUSPRO B8230 akan suport aktivitas kreatif saya.

1). ASUSPRO B8230 Menggunakan Window 10 Pro
Windows 10 Pro itu sudah versi final alias dirilis setelah versi beta sehingga sistem operasinya lebih stabil, lebih nyaman, dan lebih mudah untuk digunakan oleh siapapun. Kemudian, fitur-fiturnya lebih banyak dan lengkap sehingga sofware apa pun bisa ditanam.
Fitur terbaru dalam Window 10 Pro yang menarik adalah adanya Virtual Desktop, fitur yang memungkinkan user untuk membuat lebih dari 1 buah desktop untuk tujuan dan juga tema tertentu.  Kita bisa memiliki lebih dari 2 buah desktop dengan menggunakan fitur virtual desktop di Windows 10 Pro.
Desain GUI lebih baik dan menarik sehingga terlihat lebih lebih manis dan simple. Ada update gratis bagi pemilk Genuine Windows 7 dan Windows 8 sehingga tidak perlu lagi beli Window 10 Pro. Kita tinggal uplod di situs microsoft. Begitu pun saat akan mengganti Hardware, semua dimudahkan dan nggak pakai ribet.

2). ASUSPRO B8230 Gesit
Selain menggunakan Window 10 Pro, ASUSPRO B8230 didukung Prosesor Intel® Core™,  Intel HD Graphics, dan Memori 4GB, bisa ditingkatkan hingga 20GB yang dilengkapi dengan prosesor dan kartu grafis terbaru yakni Intel® Core™ i7-6500 Processor atau Intel® Core™ i5-6200. Prosesor generasi keenam yang disebut dengan Intel Skylake.
Tahu nggak sih, kecepatan micro prosesornya hingga mencapai 3,1GHz sehingga ASUSPRO B8230 larinya kencang dan gesit. Selain itu hemat daya karena nilai TDP-nya rendah, yakni hanya 15 watt. Selain itu, dengan rendahnya konsumsi daya yang dibutuhkan, semakin rendah pula panas yang dihasilkan oleh komponen saat notebook sedang digunakan.
Saat saya sedang membuat konten blogpost dan membuka semua software yang saya butuhkan tidak sampai kehabisan gaya karena terlalu lama menunggu semua software terbuka.      

3). Baterai ASUSPRO B8230 Tahan Lama
Meski pun bentuknya kecil, Asuspro B8230 ini menjadi istimewa karena baterainya tahan lama. Baterai B8230 merupakan baterai polimer 3-cells 49 Whrs, tahan untuk menyalakan notebook seharian. Cocok kan, buat ngeblog yang kadang-kadang bisa lupa waktu, hehe. Kalau bosan di rumah bisa pindah ke cafe, taman, beranda, dan di mana pun yang nyaman untuk ngeblog karena batere siap on di mana pun dan kapan pun.

4). Material ASUSPRO B8230 Premium
Percuma kan kalau notebook dengan window 10 Pro, Intel Skylake, batere tahan lama tapi mudah tergores? Nah, material yang digunakan ASUSPRO B8230 ini premium dan anti baret. Catat baik-baik, anti baret. Layar dibuat dari karbon fiber, dan cover bahan metal yang mumpuni, memakai ASUSPRO B8230 jadi terkesan berkelas dan elegan, hehehe.
Konon, ASUSPRO B8230 telah melewati beragam tes pada saat proses pembuatan untuk menguji ketahanan dan kekuatannya. Salah satu bagian dari Asuspro adalah Proven, yang mana berarti Asuspro sudah terbukti mampu bekerja pada daerah (pabriknya menguji notebook ini di Gunung Everest), daerah yang dinginnya ekstrem seperti di Kutub Selatan, dan di pesawat luar angkasa.
Lebih gile lagi, ASUSPRO B8230 telah lulus uji impact. Notebook ini saat sedang bekerja diuji coba dengan dibanting, digancangkan, dan tes akustik dan ajibnya, doi tetap bekerja dengan baik.

5). Keyboard ASUSPRO B8230 Tahan Air dan Ada Backlit
Nah, ini yang salah satu alasan saya juga, Keyboard ASUSPRO B8230 Tahan Air. Sering banget kan kalau lagi nulis atau ngeblog kita sambil ngopi ganteng atau minuman lain. Tidak jarang minuman tumpah ruah di keyboard, akibatnya keyboard rusak dan harus ganti.
Keyboard B8230 sangat berbeda, kayboardnya tahan air sehingga mau ada kopi tumpah, susu tumpah, atau minuman lainnya pun tetep anteng. Kita cukup keringkan keyboard dengan hairdryer, dan sang notebook tetap selamat.
Selain itu telah ditanam Backlit Keyboard sehingga kita bisa mengetik pada saat minim cahaya. Jadi kalau malam-malam mau bikin artikel atau edit visual tidak perlu menyalakan lampu yang terang benderang.

6). ASUSPRO B8230 Tidak Melelahkan Mata
Ini bagian yang sangat penting, mengingat pekerjaan kreatif seperti membuat kontren blogpost bisa dilakukan berjam-jam di depan notebook. Tidak jarang terkadang mata lelah karena cahaya dari layar notebook tidak bersahabat dengan mata.
Nah, serunya, dalam layar ASUSPRO B8230 telah menggunakan LCD Anti Glare. Dengan LCD Anti Glare, cahaya yang keluar dari layar notebook bisa dikurangi sehingga tidak silau, manfaatnya mata jadi tidak lelah. Kalau menulis di ruang terbuka pun tak masalah karena layar masih bisa dilihat dengan jelas.

7). ASUSPRO B8230 Slim serta Ringan
Bagi saya yang suka bawa notebook kalau jalan-jalan atau traveling pasti akan sangat terbantu dengan notebook yang slim dan ringan. ASUSPRO B8230 sangat cocok dibawa bepergian karena selain ukurannya hanya 31 x 21.5 x 1.29 cm (WxDxH), beratnya juga hanya 1.33 kg sudah termasuk batere. Kayak bawa air minum aja, kan? Beneran nggak berat.

8). ASUSPRO B8230 Aman
TPM atau Trusted Platform Module, yaitu model Secure Cryptoprocessor berbentuk chip yang ditanam di motherboard suatu Notebook/PC. Biasanya ditanam di nootbook atau PC yang high end. Dengan mengaktifkan TPM ini, seluruh data yang ada dalam notebook aman karena kita bisa membuat password. Apalagi ditambah dengan password protection pada BIOS, HDD, dan Finger Print Reader, notebook makin aman. 
Nah, ASUSPRO B8230 sudah menggunakan TPM, sehingga data yang ada di notebook akan aman, nyaman, tentram, adem ayem, tanpa takut ada tangan jahil yang mengambilnya. Kecuali mungkin kalau terdelet secara tidak sengaja. 

Waduh, benaran jadi ingin pindah ke lain hati untuk merebut ASUSPRO B8230, bukan apa-apa, selain supaya aktivitas kreatif yang saya lakukan selama ini lancar juga supaya konten blog lebih cantik dan lebih kreatif dengan ASUSPRO B8230.


@KreatorBuku

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.


Sumber visual:
1). Web resmi Asus
2). Edit Freepik.com
Previous article
Next article

31 Komentar

  1. Ibu2 kayak saya cuma bisa mengerutkan kening Krn bingung :-)

    BalasHapus
  2. Waw pakai Adobe After Effects. Ini mah lepi nya harus yang Bagus banget yah. Kalau yg standarmah bisa ngehang. Heheee

    BalasHapus
  3. Grafisnya keren kak...mantabbbb...😻😻😻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, apalagi kalau bikinnya pakai Asuspro B8230 ya, hehe.
      Makasih ya

      Hapus
  4. ajarin inpograpisnya kaka..
    hmm leptopku lagi ngadat, ikotan sakit deh :(
    Sok atuh sini AsusPronya lempar sini kang :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuklah ... kalau udah sembuh banget yak kita halan-halan lagi

      Hapus
  5. wow...ini laptop mumpuni banget, bikin ngiler, harganya berapa yaaa

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Sayang sekali gus saya kenal blog pas prossecor udah canggih, jadi ga punya cerita kaya gus. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, enak jamanmu yo Mas, hehehe. Ayooo ceritain Mas

      Hapus
  8. Lengkap banget infonya, jadi pengen nyoba ASUS :D

    BalasHapus
  9. Ini asus keren layar nya bisa di puter 180 derajatkan yaaa ???

    BalasHapus
  10. ASUS emang andalan banget ya kang Alee

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  11. Saya juga pengguna laptop asus kang. pengennya sih upgrade ke i7 spy edit video gak lemot...

    BalasHapus
  12. laptop saya masih jadul nih. belum i7. haha. pengen segera ganti biar lebih canggih.

    BalasHapus
  13. Ma Aliiiii, aku baru pertama loh mampir ke rumah mayamu ini, hehe..kebangetan (pake) banget kan ya :) Selamat juga ya mas, infografisnya lucu2 :)

    BalasHapus
  14. Kang ale sendiri yang membuat infografisnya? Keren

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel