Sabtu, 11 Maret 2017

Smartfren 4G Memudahkan Saya Menebar Semangat Menulis Bacaan Anak




SAYA tuh sangat beruntung bisa merasakan Smartfren 4G sejak pertama kali diluncurkan. Bukan apa-apa, sebelum menggunakan Smartfren 4G saya gonta-ganti jaringan untuk aktivitas dunia maya dan hampir semuanya hanya bertahan dua tiga bulan saja karena tak sesuai janji. Saya meninggalkan jaringan selain Smartfren bukan karena kesal, melainkan karena saya perlu internet cepat.
Kebetulan saya suka nulis bacaan anak, saya juga punya komunitas penulis bacaan anak yang membernya lebih dari 20.000 member dengan basis di Group Facebook, namanya Forum Penulis Bacaan Anak. Sejak buku-buku saya beredar di pasaran, banyak permintaan mengadakan workshop menulis di daerah.
Saya sih, senang-senang saja karena sembari memberikan workshop saya bisa menjelajah nusantara dengan gratis. Saking seringnya workshop sampai bikin timeline selama 2 tahun penuh dengan tajuk “Indonesia Menulis”.
 
Bersama Teman-teman Forum Penulis Bacaan Anak (Foto Dok.Pri)
Workshop Nulis Cerita Anak di Aceh (Foto Dok.Pri)

WorkShop Menulis Bacaan Anak di Bengkulu (Foto Dok.Pri)
Seiring dengan berjalannya waktu, keliling workshop di daerah-daerah ternyata tetap tidak cukup, masih banyak teman-teman yang ingin belajar menulis bacaan anak. Salah satu solusi yang saya lakukan adalah membuka kelas nulis online yang kemudian saya beri nama WinnerClass: Kelas Nulis Paling Seru!
Begitu kelas dibuka saya kaget luar biasa, peserta yang daftar tidak hanya dari Cicadas Bandung, melain juga datang dari Jakarta, Surabaya, Kalimantan, Sumatera hingga luar negeri seperti Malaysia, Amerika, Inggris, dan Australia. Saya buka kelas secara berkala setiap satu bulan sekali dengan tema berbeda. Mulai dari nulis cerpen anak, novel anak, picturebook, buku anak, hingga skenario.
Awal-awal buka kelas perjuangannya luar biasa karena waktu itu belum menggunakan Smartfen 4G dan platform ruang kelas di dunia maya belum sebanyak sekarang. Pernah membuka kelas dengan materi dikirim melalui email kemudian penjelasan melalui chat room Yahoo Messenger (YM).  
Masih ingat kan, bagaimana menggunakan YM? Pada saat signal bagus komunikasi lancar, begitu ada angin sedikit signal hilang dan room chat pun langsung bubar. Mau tidak mau harus membuat chat room baru dan memasukan ulang semua yang ikut kelas.
Kalau pun signal di tempat saya lancar, belum tentu signal di tempat peserta yang notabene di daerah lancar. Tiba-tiba peserta menghilang dari chat room dan minta diinvite kembali ke ruang kelas. Kalau dipikir-pikir lucu juga, hahaha.
Kemudian pernah membuka kelas melalui salah satu platform penyedia belajar online, lagi-lagi karena belum menggunakan Smartfren 4G jadi lambat, masa buka ruang kelas aja sampai bermenit-menit. Akhirnya balik lagi menggunakan chat room YM.
Setelah cukup lama menggunakan chat room YM dengan suka dukanya, dapat kabar baik dari facebook, media sosial sejuta umat tersebut menyediakan layanan privacy group. Saya pun mencoba fasilitas tersebut dan ternyata lebih mudah serta lebih menyenangkan.
Belajar online melalui group facebook rasanya seperti benar-benar belajar di ruang kelas yang sesungguhnya. Kita bisa berinteraksi dengan seluruh peserta tanpa hambatan. Apalagi seiring berjalannya waktu Smartfren 4G datang, kelas online pun makin lancar. Sejak itu, kelas online yang saya kelola saya pindah ke group facebook hingga sekarang. 

Puluhan Kelas, Cerpen, dan Buku
Hingga saat ini saya telah membuka puluhan kelas nulis online, mulai dari menulis cerpen anak, menulis picture book, menulis novel anak, hingga menulis buku nonfiksi anak. Telah puluhan judul cerpen anak yang ditulis peserta kelas online yang dimuat di media anak seperti Majalah Bobo, Kompas Anak, dan lembar anak-anak di koran lokal.
Telah puluhan judul buku hasil karya peserta kelas online pula yang diterbitkan oleh penerbit nasional seperti Penerbit DAR Mizan, Syaamil Book, Adi Bintang, dan sebagainya.


Tidak jarang pula, pada setiap kelas yang saya buka, saya sengaja menghadirkan bintang tamu penulis-penulis yang telah menghasilkan banyak karya atau penerbit-penerbit yang memang sedang membutuhkan naskah, sehingga hasil tulisan peserta bisa lebih terarah.
Setelah tulisan hasil karya peserta telah dipublikasikan mereka kemudian saya anjurkan pula untuk menularkannya kepada orang lain. Dengan catatan, hasil karya mereka sudah lebih dari lima (5) judul, banyak membaca referensi, dan pengetahuannya sudah cukup.
Alhamdulillah, tidak sedikit yang kemudian mengajar eskul nulis di sekolah-sekolah di berbagai pelosok. Mengajar nulis untuk anak-anak lapas. Membuka kelas nulis secara private, membuka kelas nulis online dan sebagainya.
Saya hanya berharap, suatu saat setiap rumah di negeri ini minimal melahirkan seorang penulis. Dengan melahirkan seorang penulis artinya akan terus lahir cendikia-cendikia baru yang akan melestarikan dan menebar pengetahuan di negeri ini.

Mewujudkan Harapan dengan Smartfren 4G
Saya yakin, harapan dan keinginan saya untuk menebarkan semangat menulis bacaan anak hingga saya bisa lebih bermanfaat sebagai generasi 4G akan mudah terwujud salah satunya berkat internet cepat, Smartfren 4G.
Kebetulan, hari ini (Sabtu, 11 Maret 2017) ada acara Community Gathering Generasi 4G Bandung yang menghadirkan Eva dan Evi. Dua penulis kembar yang sukses berkarier sebagai penulis dengan memanfaatkan internet. Eva dan Evi berbagi kisah inspiratif, bagaimana internet mendukung karier mereka.
Eva dan Evi Bergaya JKT48 (Foto Kang Alee)
 Acara Community Gathering Generasi 4G dilaksanakan di 90 Gourmet, Jalan LRE. Martadinata. No. 90, Cihapit, Bandung, Jawa Barat. Mendengar kisah Eva Evi, makin membuat saya semangat menjadi Generasi 4G yang lebih bermanfaat dan inspiratif, apalagi sekarang ada dukungan dari internet cepat Smartfen 4G.
Lantas, kenapa saya yakin sekali Smartfren 4G akan memudahkan mewujudkan harapan dan keinginan saya? Paling tidak ada 5 alasan kelebihan Smartfren 4G yang melatarbelakanginya:

1). Jaringannya Luas
Hingga saat saya menulis ini, jaringan Smartfren 4G telah hadir di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, khusus Smartfren 4G LTE telah hadir di 200 Kota dan Kabupaten.
4G LTE merupakan generasi keempat (4) dari teknologi komunikasi mobile-internet. Smartfren menjadi yang terdepan menghadirkan teknologi 4G LTE Advanced dengan jangkauan yang lebih luas sehingga koneksi mobile-internet lebih cepat dan lebih stabil di Indonesia.
2). Cepat dan Stabil
Smartfren 4G LTE menggunakan dua frekuensi yang berbeda, yaitu frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz. Pada spektrum frekuensi 850 MHz Smartfren menggunakan teknologi jaringan 4G LTE jenis FDD (Frequency Division Duplex) sedang untuk frekuenai 2.300 MHz, Smartfren menggunakan teknologi TDD (Time Division Duplex).
Teknologi FDD di frekuensi rendah 850 MHz dimanfaatkan untuk jangkauan yang lebih luas bagi seluruh pengguna. Sementara teknologi TDD di frekuensi tinggi 2.300 MHz, memberikan kapasitas yang lebih besar bagi pengguna.
Smartfren sendiri memiliki sumber daya frekuensi seluas 10 MHz di frekuensi 850 MHz. Sedangkan di 2.300 MHz, mereka memiliki pita lebar 30 MHz. Efeknya, jaringan Smartfren jadi cepat dan stabil.
3). Paket Murah
Banyak paket yang disediakan Smartfren 4G, mulai dari paket harian, mingguan, bulanan, hingga paket 90 hari. Harga paket pun sangat bervariasi, mulai dari paket yang hanya Rp.10.000 hingga paket Rp.300.000,- ada. Siapa pun bisa membelinya sesuai dengan bugdet yang kita miliki.
Dengan layanan 4G yang luas, cepat, dan stabil saya rasa paket-paket tersebut tak seberapa. Apalagi dengan paket-paket tersebut kita bisa bermanfaat untuk orang banyak, harga paket rasanya tak seberapa.
4). Gedget Harga Terjangkau
Smartfren 4G bisa dioperasikan dengan gedget khusus yang direkomendasikan smartfren dan kompatibel di pasaran (Band 5, 850 Mhz dan Band 40 2300 Mhz) dengan harga terjangkau.
Gedget khusus ini tentu telah didesain spesial sehingga mampu mengoperasikan jaringan Smartfren 4G 100%. Artinya, pengguna tak perlu risau apalagi galau menggunakan layanannya karena sudah pasti sesuai janji. 
Dengan gedget khusus ini akan memudahkan pengguna sesuai dengan passion-nya. Seperti saya, saya akan menebarkan semangat menulis bacaan anak ke seluruh pelosok nusantara dengan mudah.
5). VoLTE Lebih Berkualitas
Pada saat-saat tertentu, ketika saya membuka kelas online nulis bacaan anak, sesekali pasti peserta ingin melakukan voice call atau video call. Bukan apa-apa, supaya peserta yakin kalau yang mengajar kelas online itu saya bukan orang lain.
Selama ini, ketika melakukan voice call atau video call saya tak mengalami hambatan apa pun. Layanan VoLTE Smartfren dengan dukungan dua (2) frekuensi yang saya jelaskan di atas membuat layanannya lebih berkualitas.
Ah, jika sudah seperti ini, apalagi yang saya ragukan untuk menggantungkan harapan saya agar bisa selalu menebarkan semangat menulis bacaan anak ke pelosok negeri hingga saya bisa lebih bermanfaat sebagai generasi 4G Melalui Smartfren 4G? Rasa-rasanya tak perlu ada keraguan sedikit pun!
@KreatorBuku

3 komentar:

  1. wah sekarang smartfren hehe, hp nya banyak berarti nih, pak suami yg pakai smartfren kalau di rumah, murah dan cepat katanya

    BalasHapus
  2. Wah modemku pakai smartfren juga kang, 4G nya kencang..

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar