Selasa, 22 Mei 2018

Cara Paling Mudah Memulai Bisnis Agen Tiket Pesawat


Cara Paling Mudah Memulai Bisnis Agen Tiket Pesawat

KALAU mau traveling jauh, cara paling cepat dan hemat waktu pasti pilih moda transportasi udara. Transportasi udara memenuhi syarat yang diinginkan semua orang saat hendak melakukan berpergian jauh melintasi pulau maupun benua karena cepat, mudah, dan murah.
Karena besarnya kebutuhan dan permintaan transportasi udara ini, maka beberapa bisnis yang berkaitan dengan transportasi udara alias pesawat  pun tumbuh dan berkembang pesat. Bukan hanya bisnis maskapai penerbangan saja yang tumbuh, bisnis yang meliputinya seperti bisnis tiket pesawat pun mengalami pertumbuhan dan perkembangan pesat.
Selain karena kebutuhan, keuntungannya pun bukan main, angka yang dihasilkan traveler Indonesia saat berpergian, menurut riset Frost & Sullivan mencapai US$23,7 miliar atau sekitar Rp313 triliun (dengan kurs saat ini) pada tahun 2030 mendatang. Tak heran bila online travel agency bermunculan seperti Agoda, Booking.com, pegipegi, Tiket.com hingga Traveloka.

Keuntungan Menjadi Online Travel Agency
Seperti yang saya singgung di atas, selain menurut hasil riset yang sangat menggiurkan, ternyata memiliki bisnis online travel agency itu banyak sekali keuntungannya. Paling tidak ada 3 keuntungan yang saya tahu.

1. Modal Minim dan Mudah Dijalankan
Keuntungan pertama dari bisnis agen tiket pesawat ini, kita hanya butuh modal yang kecil, mudah dijalankan, dan hemat secara waktu. Dengan sistem online seperti sekarang ini, bisnis ini bisa dijalankan secara mudah di mana pun, kapan pun dengan waktu yang fleksible.
Kemudian menjadi Online Travel Agency menghemat waktu dan tenaga karena tidak harus setiap jam standby di tempat usaha. Saat berhalangan, kita bisa meminta bantuan dari anggota keluarga yang telah kita latih.
Oh iya, modal untuk memulai usaha ini hanya membutuhkan website dan aplikasi travel agency, komputer serta server yang disertai koneksi internet cepat.

2. Jangka panjang
Siapa yang berpikir jika bisnis online travel agency itu bisnis musiman? Jika melihat jumlah online travel agency yang makin banyak. Jumlah permintaan yang tiap tahun meningkat dan traveling saat ini sudah menjadi gaya hidup, bisnis ini bukan bisnis jangka pendek. Sebaliknya, ini bisnis jangka panjang.
Prospek jangka panjang dari bisnis ini juga terlihat dari peningkatan jumlah bandara yang terus dibuka dan muncul di setiap daerah. Maka bila bisnis ini dikatakan sebagai usaha musiman tentu salah besar. Sebab usaha yang berlatar belakang melayani hajat hidup orang banyak ini dipastikan akan selalu ramai sepanjang waktu.

Cara Paling Mudah Memulai Bisnis Agen Tiket Pesawat


3. Mengembangkan Target Pasar
Keuntungan lain dari Online Travel Agency adalah kesempatan untuk mengembangkan target pasar secara cepat dan masif. Bagaimana caranya? Kita bisa mengembangkan dan memperluas promosi usaha melalui beberapa media online seperti blog, website, dan media sosial. Terutama pada media sosial yang memiliki jumlah pengguna yang sangat tinggi, peluangnya sangat besar untuk mendapatkan banyak pembeli atau konsumen.

Cara Memulai Bisnis Online Travel Agency
Saat kita memutuskan untuk memulai bisnis Online Travel Agency, kita bisa menggunakan beberapa cara atau metode. Cara pertama, mulai dengan bekerjasama menjadi mitra waralaba penyedia tiket pesawat dan biro perjalanan konvensional.
Cara ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan karena kita tinggal mengikuti prosedur untuk menjalin kerjasama dengan pihak waralaba. Cukup dengan menyediakan lokasi usaha dan seperangkat peralatan operasional seperti komputer, printer, jaringan internet dan jaringan telepon, kita sudah bisa menjadi agen tiket pesawat. Kita juga akan dibantu dan dipandu oleh tim waralaba agen tiket pesawat dengan seluruh sistem operasional bisnisnya.
Cara kedua, bisa membuka bisnis secara mandiri dengan menjadi Online Travel Agency. Kita akan membutuhkan Website, domain, aplikasi, server, dan konsep bisnis yang jelas untuk merebut ceruk pasar yang ada.

Cara Paling Mudah Memulai Bisnis Agen Tiket Pesawat

Selain itu, kita harus menjadikan usaha tersebut berbadan hukum dengan bentuk perseroan terbatas dan juga memiliki sertifikat bukti keanggotaan Asosiasi Pariwisata Indonesia (ASITA). Kedua syarat tersebut memang sebuah ketentuan wajib yang harus dipenuhi pengusaha untuk bisa membuka bisnis agen tiket pesawat.
Setelah itu kita memilih salah satu cara di atas, jangan lupa membuat program supaya menarik hati para konsumen untuk melirik jasa kita seperti promo tiket pesawat murah, tiket pesawat dengan penawaran terbaik dan benefit program lainnya.
Nah, dengan tips-tips dan cara-cara di atas, semoga saat kita membuka bisnis Online Travel Agency, kita berhasil menjadi pengusaha yang sukses. Selamat mencoba!
@alimuakhir

0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive