Acer Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen Series Cocok untuk Pekerja Kreatir


LAPTOP saat ini memang jadi salah satu alat wajib bagi orang-orang kreatif yang produktivitas dan mobilitasnya tinggi. Bukan apa-apa, dibanding desktop, laptop lebih fleksible pengunaannya.
Sayangnya, tidak semua daleman laptop mampu menyuport kebutuhan kita yang memang kerja di bidang kreatif, jadi harus benar-benar bisa pilih. Nah, salah satu seri laptop yang menurut saya mampu menyuport kebutuhan orang-orang kreatif adalah Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen Series yang baru saja dilauncing di Bandung.
Suasana siang hari yang cukup terik di Bandung tiba-tiba adem, saat melihat dua laptop tersebut nangkring manis di lokasi launching, di Saka Bitro dan Bar, Jl. Karangsari No.2, Pasteur, Sukajadi, Kota Bandung.
Karena dua laptop tersebut ada di depan mata, mau tidak mau harus mencoba ketangguhannya, dong. Saya coba buka satu persatu mulai dari Aspire 3 yang kali ini langsung mengeluarkan tiga model prosesor dari AMD Ryzen™. Mulai dari Ryzen™ 3, Ryzen™ 5, dan Ryzen™ 7.
Sementara untuk laptop Swift 3, yang hadir dari lini ultra-thin didukungan dengan prosesor AMD Ryzen™ 5 dan Ryzen™ 7.
Dengan seluruh rangkaian produk tersebut menjadikan Acer sebagai satu-satunya brand yang menghadirkan laptop dengan lineup terlengkap yang dipersenjatai oleh prosesor AMD Ryzen™ series.


Super Cepat dan Tahan Lama
Selain hadir dengan tampilan yang elegan, Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen Series memiliki performa super cepat dan daya tahan baterai yang cukup lama. “Baterei mampu bertahan hingga 10 jam,” jelas Pak Dimas dari Acer saat menjelaskan kelebihan kedua laptop tersebut.
Dukungan prosesor AMD Ryzen™ series membuat performa Aspire 3 dan Swift 3 super cepat dan powerful dalam mendukung kinerja dan kebutuhan multitasking setiap penggunanya.
“Bagi warga Bandung yang 50% nya adalah kaum millenials dan juga pekerja kreatif, kedua laptop ini adalah pilihan tepat karena bodinya yang ramping jadi sangat mendukung mereka always-on,” ujar Theresia Hanydawati, Head of Consumers Products, Acer Indonesia.
Ditambah lagi dengan kartu grafis Radeon™ Vega Graphics yang tersemat di dalam prosesor Ryzen™, kartu tersebut bisa menjawab kebutuhan dasar user pada saat bekerja dan bersantai. Misalnya saat edit foto dan video, ingin nonton video full HD/4k, atau main beberapa game E-Sport terkemuka, bisa dimainkan dan dijalankan dengan nyaman dengan menggunakan Ryzen™ 2700U.


Acer Aspire 3 yang Tipis dan Multitasking
Supaya lebih lengkap, saya ulik satu persatu series yang di atas ya. Pertama Seri Aspire 3 AMD Ryzen. Series yang hadir dalam enam varian tersebut sudah mendukung Dual Storage, SSD dan HDD secara bersamaan, otomatis mampu memberikan kecepatan tinggi sekaligus punya kapasitas yang besar.

Aspire 3 Ryzen memiliki kinerja yang andal, kebutuhan komputasi pengguna dapat diproses dengan lebih cepat sehingga bisa multitasking.
Teknologi AMD Ryzen™ yang digunakan Aspire 3 memiliki TDP 15-watt dan telah menggabungkan arsitektur pemenang penghargaan “Zen” x86 cores, mampu menghadirkan teknologi kecerdasan level prosesor AMD SenseMI dengan grafis revolusioner Radeon “Vega” pada desain System-on-Chip untuk mencapai performa laptop ultrathin yang belum pernah dicapai sebelumnya.
Khusus AMD Ryzen 7 2700U sendiri adalah prosesor tercepat untuk laptop ultrathin, dengan performa multi-threaded CPU  lebih baik hingga 44%. Performa grafisnya pun lebih baik hingga 161% dari kompetitornya, sehingga dapat mencetak hasil benchmark yang baik walaupun memakai kartu grafis terintegrasi.
Selain itu, penggunaan SSD para perangkat ini pun dapat mempersingkat waktu booting hingga 4 detik.
Daya tahan baterai yang dimiliki oleh Aspire 3 juga semakin diperkuat hingga 60 menit lebih lama, bobot yang lebih ringan, dan proses transfer yang lebih cepat. Perangkat ini juga memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap goncangan sehingga data yang disimpan menjadi lebih aman.
Aspire 3 juga hadir dengan compartment backdoor yang terletak di bagian belakang untuk memberikan keleluasaan dalam melakukan upgrade komponen hadrware. Selain itu, terdapat dua buah slot RAM yang dapat diupgrade hingga maksimum 32GB untuk pengalaman multimedia dan multitasking yang lebih baik.

Acer Swift 3 yang Powerful
Sementara untuk laptop Acer Swift 3 hadir dalam dua varian prosesor mobile terbaru dari AMD yakni Ryzen 5 (2500U) dan Ryzen 7 (2700U) yang disertai dengan Extended Frequency Range (mXFR). Kedua varian prosesor tersebut sanggup memberikan kinerja CPU yang maksimal pada notebook ultra tipis.
Tahu nggak gaes, AMD Ryzen 7 2700U setelah melalui beberapa pengujian ternyata berhasil mencapai hingga 200% lebih tinggi dari performa CPU dan peningkatan performa GPU hingga 128% lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi sebelumnya, yaitu dari AMD[1].

Peningkatan yang signifikan ini menjadikan Swift 3 mampu mengoptimalkan pengolahan data dan gambar hingga menjadi lebih cepat. Makanya sangat cocok untuk pengguna yang memiliki kinerja multitasking dan mobilitas yang tinggi.
Ryzen Mobile 2500U bekerja pada clock speed 2.0 GHz dan Turbo 3.6 GHz, integrasi GPU Vega 8 (512 stream processor) dan clock speed 1100 MHz. Untuk Ryzen Mobile 2700U beroperasi pada clock speed 2.2 GHz, Turbo 3.8 GHz, integrasi GPU Vega 10 (640 stream processor) clock speed 1300 MHz.
Dengan dua prosesor tersebut AMD menjanjikan konsep notebook ultrathin dan tetap memiliki performa tangguh di game beresolusi 1080p khususnya untuk jenis game seperti Overwatch, League of Legends dan DOTA 2. Swift 3 sangat cocok bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi karena desainnya yang stylish, tipis serta ringan.
Selain itu, Swift 3 juga dibekali ketahanan baterai hingga 10 jam dengan sekali pengisian daya, sehingga tidak perlu membawa charger saat bepergian.
Ditambah pula dengan support AMD Ryzen Mobile yang membuat power hemat sampai 58%4. Jadi, bayangkan sebuah notebook yang memiliki performa pengelolaan data dan gambar yang cepat dengan bobot ringan serta memiliki ketahanan daya yang lama, semua ada dalam Swift 3.
Fitur Power-Off USB Charging tipe 3.0 juga dibenamkan dalam perangkat ini untuk mengisi ulang daya perangkat lainnya dalam keadaan off. Swift 3 pun dibekali USB 3.1 Type-C yang fungsional, sehingga dalam 1 port bisa mengisi daya baterai notebook, data transfer hingga 5GBps dan bisa sebagai port display.



Kebayang kan, bagaimana rasanya menggunakan laptop-laptop tersebut? Pastinya bakal bisa bekerja dengan makin cepat dan makin nyaman. Kalau nggak percaya cobain deh, kehebatan Acer Aspire 3 dan Swift 3 AMD Ryzen-nya, hehehe.
@alimuakhir



Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel