5 Tips Praktis Memilih Tas Sesuai dengan Tempat Liburan



SEBAGAI seorang ayah dari 3 orang anak yang sudah cukup besar, bukan sesuatu yang mudah saat akan liburan bersama. Selain harus menyesuaikan jadwal, menyepakati tempat liburan, durasi waktu liburan yang diinginkan hingga memilih tas sesuai pilihan masing-masing pun tetap diperhatikan.
Si Sulung yang udah mulai mandiri dan agak slengean pasti akan memilih tas ransel berbahan parasut karena lebih praktis dan muatnya banyak atau jenis-jenis tas dari tas brand mavis. Dia mau liburan ke mana pun, pasti lebih suka pakai tas ransel.
Putri kedua lebih memilih koper dengan warna-warna girly, maklum doi emang girly banget. Apalagi sekarang udah mulai akil balig. Penginnya semua dimaching-machingin, mulai dari baju atasan, bawahan, sepatu, hingga aksesoris maunya senada dan seirama, hehehe.
Beda sekali dengan putri ketiga yang rada-rada tomboy, mau pakai tas apa pun tidak masalah. Asalkan tasnya muat untuk bawa mainannya dia okeh-okeh saja. Mirip sama saya, tidak terlalu fanatif dengan jenis tas, asalkan, sesuai dengan tempat tujuan sudah cukup.
Nah, supaya saya dan bundanya anak-anak tidak pusing tujuh keliling saat akan bepergian dan anak-anak tidak ribut mau pakai tas model apa, ada beberapa 5 tips yang bisa diintip.

Pilih Tempat Liburan (Foto by freepik.com)
1). Menyesuaikan Tempat Tujuan Liburan
Tips yang pertama dan paling utama, saya sarankan kepada anak-anak pakai tas sesuai dengan tempat tujuan liburan. Jika mau liburan ala-ala urban alias liburan ke daerah perkotaan atau mengunjungi tempat-tempat yang tidak jauh-jauh dari kota. Maka, saya akan menyarankan anak-anak membawa tas koper beroda. Jadi, tasnya bisa dibawa ke mana-mana, hehehe.
Dengan catatan, liburannya singkat dan tas kopernya kecil, bukan tas koper besar yang untuk bepergian beberapa hari. Jika perginya beberapa hari koper disimpan di penginapan dan ke mana-mana cukup bawa tas tangan.
Nah, kalau tujuan liburan ala-ala petualang, misalnya menjelajah pantai, naik-naik ke perbukitan atau malah mendaki gunung, maka tas yang paling cocok ya, tas ransel kayak beberapa tas dari tas brand mavis. Kenapa tas ransel? Karena  bisa dibawa kemana-mana meski jalanan tidak rata.

Tas Koper untuk Bepergian Lama (Foto by freepik.com)
2). Menyesuikan Durasi Waktu Liburan
Seperti yang saya singgung di atas, durasi waktu libur juga harus dipertimbangkan pada saat memilih tas supaya tidak salah bawa tas. Kalau durasi liburannya agak panjang, misal 5 hari, satu minggu atau dua minggu saya pastiin anak-anak wajib pakai tas koper. Jenis tas seperti ini bisa muat banyak, jadi bisa bawa pakaian dan perlengkapan menginap yang lebih banyak pula.
Sementara kalau liburannya hanya 2 atau 3 hari, menggunakan tas ransel sudah cukup. Ransel lebih fleksibel dan bisa langsung dibawa ke mana-mana. Lagipula pergi 2 atau 3 hari nggak mungkin bawa baju banyak-banyak, kan? Paling beberapa pasang baju saja.
3). Perhatikan Ukuran Tas
Tips berikutnya adalah memilih ukuran tas. Memilih ukuran tas perlu banget supaya tidak kekecilan atau kebesaran. mempertimbangkan lamanya kamu bepergian. Jadi kamu juga bisa memperkirakan berapa ba. Saya biasanya menyarankan membawa ukuran tas, mau itu tas koper atau tas ransel pasti ukurannya disesuaikan dengan durasi waktu liburan.
Jika durasi waktu liburan hanya 1 hingga 3 hari, tas berukuran sedang atau yang kurang lebih muat 20-50 liter sudah cukup. Akan tetapi, jika durasi waktu liburan hingga 5 hari, bisa memilih ukuran tas yang sedikit lebih besar. Kurang lebih yang muat 60-80 liter.
Nah, kalau durasi liburannya ternyata memakan waktu lebih lama alias lebih dari satu minggu misalnya, saya selalu sarankan pilih tas yang berukuran 80 liter lebih karena barang keperluan pasti lebih banyak.

Tas Ransel (Foto by freepik.com)
4. Cek Bahan Tas Ransel
Buat teman-teman yang lebih senang pakai tas ransel kayak sulungku, wajib banget untuk mempertimbangkan bahan yang dipakai tas ransel tersebut. Perhatikan pula setiap detail jahitannya supaya benar-benar yakin memakainya. Kita tidak mau kan, barang-barang yang kita bawa berjatuhan gara-gara jahitan tas yang tidak kuat?
Bagian pundak dan punggung tas juga perlu diperhatikan karena bagian ini yang paling mempengaruhi kenyamanan saat kita membawa tas tipe ransel kayak beberapa tas brand mavis. Ransel yang baik biasanya memiliki frame di bagian pundak hingga bahu sehingga tas tidak terasa terlalu berat waktu dipakai di bahu. Penyangga juga membuat tas ransel makin nyaman dipakai karena bebannya terbagi rata di pundak.

Menyesuaikan Punggung (Foto by freepik.com)
5. Sesuaikan dengan Ukuran Punggung
Masih bahas tas ransel neh ... kalau kita memilih tas ransel untuk liburan, traveling, atau jalan-jalan, jangan lupa sesuaikan ukuran tas dengan panjang punggung kita. Patokannya, panjang tas harus sama dengan panjang tulang pangkal leher hingga tulang pinggul.
Dengan patokan tersebut, kita bisa mendapatkan tas yang sesuai dengan ukuran tubuh. Jadi saat membawa tas ransel tersebut kita nggak akan kelebihan beban hingga membuat susah jalan, gara-gara ukuran tas terlalu panjang.
Selain itu, akan lebih baik jika tas ransel punya kantong tersendiri di bagian luar yang bisa kamu pakai untuk menyimpan alat-alat yang selalu diperlukan seperti botol minum, senter dan lain sebagainya.
 Kira-kira itu 5 Tips Praktis Memilih Tas Sesuai dengan Tempat Liburan yang biasanya saya gunakan saat akan liburan. Kalau ini sudah terpecahkan, kita tinggal memilih baju dan barang-barang lain yang akan kita bawa untuk liburan. Bukan apa-apa, supaya liburan kita menyenangkan, hehehe.

Previous article
Next article

4 Komentar

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel