Tips Aman Gowes Pakai Masker Tanpa Sesak Napas

 


ZAMAN kayak gini, kalau nggak jaga kesehatan bisa bahaya. Meski vaksin sudah mulai diberlakukan, protokol kesehatan tetap dijalankan. Selain itu olahraga yang cukup.

Saya sendiri selalu menyempatkan diri olahraga, meski hanya 1 hingga 2 jam setiap hari. Saya biasanya gowes pagi hari atau sore hari. Masalahnya karena gowesnya pakai masker, terkadang suka sesak napas.

Awalnya khawatir juga, takut gejala hypercapnia. Hypercapnia atau hypercarbia terjadi ketika kita memiliki terlalu banyak karbon dioksida (CO2) dalam aliran darah. Ini biasanya terjadi sebagai akibat dari hipoventilasi atau tidak dapat bernapas dengan baik. Akibatnya asupan oksigen ke paru-paru berkurang.

Bisa juga karena terlalu banyak karbondioksida dalam darah sehingga terjadi retensi (gejala penahanan) karbondioksida. Selain membuat sesak napas, jantung akan berdetak lebih cepat, kulit akan memerah, terjadi kebingungan, sakit kepala, dan pusing tujuh keliling.

Akhirnya, setiap gowes 1 km saya berhenti di tempat sepi, melepas masker lalu memperbaiki postur tubuh. Saya berdiri tegak sambil membusungkan dada dan membuka bagian depan tubuh lalu melakukan latihan pernapasan.

Latihan pernapasan ringan saja, dengan cara menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya pelan-pelan agar paru-paru terlatih dan kuat. Saya melakukannya hingga merasa benar-benar nyaman. Setelah dirasa nyaman, baru kemudian melanjutkan gowes.


Gowes Pakai Masker Tanpa Sesak Napas

 Gowes Aman Pakai Masker

Menurut saya, gowes jadi salah satu olahraga paling aman di masa pandemi asal tetap mematuhi protokol kesehatan. Tinggal konsisten dan selalu menerapkan tips aman saat gowes. Selain tips di atas ada beberapa tips aman gowes pakai masker tanpa sesak napas yang mudah diterapkan.

1). Intensitas Tidak Terlalu Berat

Bersepeda dengan menggunakan masker memang berbeda rasanya, napasnya lebih berat. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan ketika bersepeda tidak usah ngoyo. Bersepedanya sambil senang-senang.

Salah satu cara mengukur bersepedanya tidak ngoyo, kita masih bisa bernapas teratur dan masih bisa berbicara dengan nyaman. Tapi, ini balik ke individu masing-masing. Pasalnya, ada orang yang memang sudah terbiasa bersepeda dan ada yang belum terbiasa.

Jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu saklek diterapkan supaya tetap bisa menikmati saat bersepeda.

2. Gunakan Helm dan Pakaian Tertutup

Bersepeda memiliki risiko jika terjatuh. Oleh karena itu, setiap gowes diusahakan tetap melengkapi diri dengan alat pelindung. Paling tidak menggunakan helm yang memenuhi standar serta menggunakan pakaian tertutup atau pakaian untuk bersepeda.

Helm dan pakaian tertutup bagi saya wajib sebagai perlindungan diri. Soalnya, kita kan saat bersepeda terkadang tidak bisa menebak medan. Bisa jadi medan yang awalnya dikira kering ternyata basah dan licin. Dengan helm dan pakaian tertutup, jadi lebih aman.


Gowes Pakai Masker Tanpa Sesak Napas

3. Terapkan Jaga Jarak Antar Pesepeda

Pembatasan jarak atau jaga jarak tidak hanya berlaku saat kita berada di kerumunan lho, melainkan juga berlaku pada saat bersepeda. Pemberian jarak bukan hanya dengan rombongan, namun juga saat berpapasan.

Meskipun sudah pakai masker dan kemungkinan bersentuhannya kecil, jaga jarak antar pesepeda tidak bisa ditawar-tawar lagi. Apalagi kondisinya masih seperti ini, kan?

4. Gunakan Selalu QUIXX Nasal Protection

QUIXX Nasal Protection merupakan spray pelindung hidung yang terbuat dari bubuk Hypercellulosa (Hydroxypropyl Methylcellulose).  QUIXX Nasal Protection melindungi hidung dari polusi dan udara kotor, membantu meredakan gejala hidung berair, tersumbat, dan bersin-bersin. Sensasi Peppermint-nya memberikan rasa nyaman saat dipakai dan tanda bahwa produk telah siap bekerja.

QUIXX Nasal Protection memberikan perlindungan ekstra sebelum memakai masker. Jadi perlindungan ganda untuk mencegah kotoran, debu, virus atau udara kotor yang masuk ke dalam hidung.

QUIXX Nasal Protection berbentuk bubuk dan berbahan alami yang tidak menyebabkan kantuk. Bahan yang digunakan Hypercellulose Powder (dari tumbuhan) dan Peppermint.

Kenapa tekstur QUIXX Nasal Protection berbentuk bubuk? Karena kelebihan tekstur bubuk mampu memblokir alergen di dalam mukosa hidung. Sementara jika berbentuk cair, hanya berfungsi membersihkan hidung. (source : https://youtu.be/EJMCCFFpgcU )

Jadi, dengan menggunakan QUIXX Nasal Protection sebelum memakai masker saat gowes akan melegakan pernapasan.


Gowes Pakai Masker Tanpa Sesak Napas

 Cara Menggunakan QUIXX Nasal Protection

QUIXX Nasal Protection ini obat luar, dan cara menggunakannya sangat mudah. Hebatnya, begitu digunakan dalam waktu 2 menit langsung bekerja optimal. Lantas, bagaimana tahapan menggunakannya?

1). Pastikan hidung dalam keadaan bersih.

2). Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan pelan-pelan napas dari hidung supaya tubuh kita nyaman

3). Lepaskan tutup lalu kocok terlebih dahulu isi botol supaya bubuknya tidak terendap di dalam

4). Lakukan pengujian semprotan untuk mengukur tekanan yang diperlukan agar mendapatkan dosis yang ideal. Jarak semprotan antara 10-15 CM. Jika pengguna menemukan botol yang terlalu kaku untuk ditekan dengan satu tangan, gunakan kedua tangan hingga terbiasa.

5). Masukan ujung botol ke dalam hidung dan semprotkan 1 hingga 2 kali ke masing-masing lubang hidung. Tarik napas dengan perlahan sambil menekan botol. Ingat ya, jangan menarik napas dalam-dalam.

6). Terapkan cara seperti langkah-langkah di atas setiap kali akan menggunakan.

7). Rasakan sensasi peppermint yang menyegarkan hidung

Saat disemprotkan, bubuk  akan berubah menjadi gel di dalam hidung. Gel inilah yang akan melindungi dari awal untuk mencegah alergen yang terbawa dari udara masuk ke dalam hidung.


Gowes Pakai Masker Tanpa Sesak Napas

Buat yang masih khawatir dengan bubuknya, tenang saja, bubuk QUIXX Nasal Protection sudah diuji coba dan terbukti aman banget karena tidak akan terserap ke dalam paru-paru. Bubuk  hanya menempel di mukosa hidung.

Lantas, kapan waktu yang tepat menggunakan QUIXX Nasal Protection? Waktu yang tepat menggunakan QUIXX Nasal Protection sesaat sebelum menggunakan masker, saat akan terpapar udara kotor (dalam ruangan), atau saat keluar rumah.

Sebagai Daily Defense yang EXTRA PROTECTION, QUIXX Nasal Protection bisa dipakai 3-4 kali sehari. Gel yang terbentuk di dalam hidung akan bertahan selama 6-8 jam. Nantinya gel tersebut akan menjadi kotoran hidung dan cukup bersihkan hidung dengan air.

Dalam satu botol berukuran 800 mg, QUIXX Nasal Protection bisa dipakai hingga 200 kali semprotan. Estimasi waktu pemakaian 1-1,5 bulan. Oh iya, QUIXX Nasal Protection tidak cocok digunakan untuk anak di bawah 2 tahun. Tidak cocok untuk yang peka terhadap selulosa atau mint. Buat pengguna, hindari kontak dengan mata atau luka terbuka. Jika terlanjur kena mata, bilas segera dengan air bersih.

Saat ini QUIXX Nasal Protection sudah bisa dibeli di: Guardian, Century, Viva Health, Kimia Farma, K24, Apotek Roxy (seluruh Indonesia). Kalau mau praktis bisa beli online di tokopedia, tinggal klik official storenya. Satu botol harganya antara 95 ribu s/d 183 ribu rupiah tergantung paketnya.


Gowes Pakai Masker Tanpa Sesak Napas

Bagi saya, dengan manfaat yang luar biasa ini, harga diatas cukup terjangkau. Terlebih lagi pemakaiannya bisa sebulan lebih. Jadi nggak ada alasan buat nggak beli. Demi mencerah hal-hal yang tidak diinginkan, hehehe.

Itulah Tips Aman Gowes Pakai Masker Tanpa Sesak Napas yang selama ini saya lakukan. Teman-teman punya tips lain? Apa pun tipsnya jangan lupa QUIXX Nasal Protection.

Previous article
Next article

20 Komentar

  1. anakku juga kupakaikan QUIXX Nasal Protection sebelum menggunakan masker, atau saat malam sebelum tidur, biar lega nafasnya, dia bilang begitu

    BalasHapus
  2. Banyak nih yang pake QUIXX Nasal Protection , kalau adikku pake karena dia alergi dingin dan debu. beneran langsung ilang bersin bersinnya sih ya

    BalasHapus
  3. Saya juga pake Quixx Nasal ini kalo ke mana-mana, merasa lebih aman aja rasanya di saat pandemi kayak gini

    BalasHapus
  4. Daku juga pakai QUIXX, senang karena bisa bikin plong napas, apalagi digunakan sebelum pakai masker

    BalasHapus
  5. Bisa mencegah sesak napas meski pakai masker? Cobain ah. Hadeuuuuh...tanpa masker aja aku sering sesak napas. Apalagi sekarang meski pakai masker ke mana-mana :(

    BalasHapus
  6. wah ini cocok banget buat saya yang hobby berkegiatan di luar kak termasuk juga bersepeda sangat menyenangkan sekali. tapi kadang ya itu kesehatan pernafasannya suka terganggu, bisa saya coba niy ka Ali

    BalasHapus
  7. Ban sepeda kempes jadi mager sepedaan, sekarang olahraganya jalan santai ke pasar hehe.. kayaknya bagus tuh Quixx nasal untuk maksimalin pencegahan tertular penyakit, harus punya apalagi yg sering aktif di luar ruangan

    BalasHapus
  8. Saat berada di luar memang sering banget hidung terkena debu ya. Pastinya enggak nyaman apalagi sampai bisa alergi juga. Memang menarik bisa gunakan Quixx Nasal ini ya saat kemana pun ya apalagi sekarang harus pakai masker tentu harus nyaman deh.

    BalasHapus
  9. Penasaran dengan QUIXX Nasal Protection deh soalnya suami sering ke luar pengen buat persiapan deh dinas luar kota.

    BalasHapus
  10. Jadi inget dulu anakku ke dokter THT dikasih obat semprot hidung kaya gini buat ngilangin alergi dan sinusnya. Cocok ya buat kita juga selama pandemi gini

    BalasHapus
  11. Kalo untuk alergi debu dan bulu hewan bisa pake Quixx Nassal juga ga kak? Kalo alerginya lagi kumat kadang daging hidung suka gatel bangetttt

    BalasHapus
  12. Saya rekomendasikan buat suamiku nih, soalnya selain rajinbersepeda, dia juga da alergi debu dan dingin, Hasil baca info sih bagus banget pake Quixx Nasal protection ini.

    BalasHapus
  13. Quixx Nasal ini banyak yg review recommended nih buat dipakai sebelum memakai masker ya Mas. Apalagi jd solusi kl kita sepedaan tetep maskeran jd gak bikin nafas jadi sesak ya, noted, Tfs Mas, sehat selalu ya...

    BalasHapus
  14. Kebayang ya sepedaan kalau ada debu dan polusi. Makanya penting banget buat tetap pakai masker. Plus ditambah pakai quixx dong. Buat partikel debu, polusi, ga pada masuk

    BalasHapus
  15. Wah makin mantap nih gowesnya dengan Quixx Nasal ini. Sesak nafas hilang deh

    BalasHapus
  16. Banyak yang bilang bagus ya produk ini jadi bisa melegakan pernafasan juga. Bentuknya yang imut jadi bisa dibawa kemana-kemana ya kang.

    BalasHapus
  17. Wah thanks tips nya ka, aku sejak pandemi udah jarang banget sepedahan karena ga kuat mesti pakai masker.

    BalasHapus
  18. Buat Goweser kenyamanan saat pakai masker penting banget. Karena pas gowes itu kadang suka bikin sesak kalo kecapekan. Belum lagi debu ya. QUIXX membantu banget untuk urusan pernapasan

    BalasHapus
  19. Inovatif nihh apalagi selama bersepeda diluar ruangan banyak debu dan allergen lain yang dpt memicu kita buat bersin. Sebagai seorang yg punya sinus kynya sy butuh ini

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel