Mewujudkan Mimpi Besar si Sulung dengan ASUS VivoBook 15 A516

 


“Mau laptop yang layarnya lebar,” jawab si Sulung

saat saya tanya persiapannya mengikuti serangkaian kursus coding

dan web development, sebagai persiapan kuliah tahun depan.

 

Asli saya kaget banget, soalnya selama ini laptop yang dia pakai layarnya imut, nggak lebih dari 12 inci. Itu pun telah dipakai sejak kelas 1 SMP, artinya sudah lebih dari 5 tahun. Sedihnya, sekarang laptop tersebut engsel layar sebelah kiri patah. Sudah saya bawa ke beberapa tempat servis untuk memperbaiki, semua tidak sanggup malah menyarankan beli yang baru.

Padahal itu laptop kesayangan yang sepanjang hari seolah nempel di badannya. Selalu menemaninya belajar, berkomunikasi dengan teman-teman sekolahnya, teman-teman OSIS-nya, teman-teman basketnya, nonton film kesayangannya, mabar, dan sekarang tambah kursus-kursus online untuk persiapan kuliah di Teknik Informatika (TI).

Hingga terakhir saya tanya, permintaannya tetap sama, ingin punya laptop dengan layar yang lebar. Selain karena lebih luas dimensinya, “Layar lebar membuat peluang mewujudkan impian semakin besar,” pungkas si Sulung seolah merayu.

Saya sendiri dari dulu pakai laptop dengan layar tidak lebih dari 13 inci, selain ringkas dan ringan, bisa dibawa dan kerja di mana pun. Saya tidak pernah membayangkan sama sekali bekerja dengan laptop yang layarnya lebar. Pasti perlu tempat khusus saat bekerja dan pasti berat dibawa ke mana-mana.

Akan tetapi, saat ini trend memang berubah, banyak anak-anak generasi milenial malah bangga beraktivitas dengan laptop yang layarnya lebar. Tidak jarang saya lihat di café-café atau co working di sekitar Bandung. Mereka dengan santai dan nyaman ngopi dan ngemil sambil menghadap laptop yang layarnya lebar.



Tak heran jika si Sulung pun ingin laptop dengan layar yang lebar seperti ASUS VivoBook 15 A516, laptop kekinian yang memiliki layar lebar dan luas hingga 15.6 inci dengan 178 degree wide viewing angle.

 


Sebetulnya sejak kecil si Sulung sudah suka nulis bahkan sejak kelas 2 SD sudah menjadi Warcil atau Wartawan Cilik di lembar anak-anak koran Pikiran Rakyat, salah satu koran terbesar di Jawa Barat. Hampir setiap minggu dia mendapat tugas untuk mewawancara tokoh atau liputan. Saat itu bekalnya hanya secarik kertas berisi daftar pertanyaan dan mini tape recorder. Belum menggunakan smartphone seperti sekarang.

Setelah wawancara atau liputan biasanya dia mentranskrip naskah dari tape recorder yang kemudian dikirim ke redakturnya untuk diedit menjadi artikel anak-anak yang layak terbit.

Seiring dengan perkembangan usia dan pengetahuan, selain wawancara atau liputan, si Sulung juga menulis cerpen. Beberapa cerpennya pun selain dimuat di lembar anak-anak koran Pikiran Rakyat juga dimuat di lembaran anak-anak beberapa koran nasional seperti Kompas Anak dan Media Indonesia.

Beberapa kali pula diundang untuk mengikuti Kongres Penulis Cilik Indonesia yang diadakan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, menang beberapa lomba cerpen, dan beberapa kali menjadi nara sumber untuk event-event nasional yang melibatkan anak-anak sebagai penulis cilik.

Meski senang menulis, ketika ditanya cita-citanya dia sama sekali tidak ingin menjadi penulis atau jurnalis, dia bilang menulis hanya sebagai hobi. Cita-citanya pun berubah-ubah seperti menjadi peneliti, astronot, dokter, hingga terakhir dia mantab menekuni bidang Information Technology, makanya ingin kuliah di Teknik Informatika.




Teknik informatika adalah jurusan yang mempelajari teori informasi dan penggunaan teknologi informasi untuk berbagai macam kebutuhan seperti kebutuhan di bidang bisnis, pendidikan, dan kebutuhan penting lainnya.

Karena si Sulung di SMA ambil jurusan fisika, untuk menunjang cita-citanya, sejak kelas 2 SMA ikut beberapa kursus online yang akan mendukung bidang yang telah dipilih seperti kursus UX Writer, UX Desain, dan sekarang kursus Coding dan Web Development.

Sejak kursus, masalah mulai timbul karena laptop kesayangannya sering ngandat. Seperti yang saya ceritakan di awal, selain hardware-nya sudah rusak di beberapa bagian, software-nya pun kurang suport.



Untuk membuktikannya, diam-diam saya mencoba menggunakan laptopnya, pertama membuka layarnya langsung terdengar bunyi KREK! Bunyi engsel layar bagian kiri yang patah. Kemudian saya cek tombol power hilang hingga tersisa bagian rangka dalamnya. Supaya nyala, saya colok pakai pulpen atau obeng dalam waktu yang cukup lama. Kurang lebih 10 menit kemudian laptop baru nyala.

Tidak hanya sampai di situ, ketika ngetik harus pakai tenaga karena semua tombol keyboardnya keras, padahal sering banget dibersihkan. Begitu pun saat membuka software, perlu waktu lama. Pantas ingin ganti laptop.

Laptop yang dia miliki sekarang sangat jauh berbeda dengan laptop baru yang sangat diinginkan, laptop berlayar lebar seperti ASUS VivoBook 15 A516, laptop kekinian yang memiliki layar lebar dan luas hingga 15.6 inci dengan 178 degree wide viewing angle.

“Komputer masa kini yang memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”



 

Sebetulnya saya bisa saja membelikan laptop baru, tetapi karena saya ingin mengukur seberapa besar usahanya dalam mewujudkan cita-citanya dengan perangkat yang ada, saya belum mengabulkannya. Saya ingin si Sulung merasakan, untuk mengejar cita-cita besarnya itu tidak semudah membalikan telapak tangan.

Mungkin karena penantiannya lama, di sela-sela aktivitas sekolah dan kursus-kursus yang diikuti, dia menjadi kontributor salah satu media online yang kebanyakan penulisnya anak-anak milenial. Saya lihat di meja belajarnya terpampang list daftar judul artikel yang harus ditulis pada setiap bulannya.




Karena kepo, saya lihat media online yang memuat tulisan-tulisannya dan melihat aturan mainnya. Setiap artikel yang dimuat di sana dihargai antara 50.000 – 100.000,- tergantung tema dan panjang tulisan. Setiap bulan si Sulung menulis sekitar 10 artikel. Artinya setiap bulan mendapat honor sekitar 500.000-an. Lumayan banget untuk ukuran pelajar seperti si Sulung. Jika konsisten, dalam 10 bulan atau 1 tahun ke depan bisa membeli laptop baru sendiri.

Selain menulis artikel, si Sulung juga ikut lomba blog, ikut kuis-kuis, dan ikut workshop-workshop online yang diganjar honor setiap workshop, walau honornya nggak seberapa. Doi tidak pantang menyerah untuk terus berusaha punya laptop baru dari hasil keringatnya sendiri.

Laptop cerdas dan gesit berlayar lebar yang diimpikannya seperti ASUS VivoBook 15 A516, laptop kekinian yang memiliki layar lebar dan luas hingga 15.6 inci dengan 178 degree wide viewing angle.


 

Sambil mengunggu waktu yang tepat menghadiahkan laptop berlayar lebar, saya tanya alasan si Sulung bercita-cita besar menggeluti bidang Information Technology. Saya kaget sekaligus bangga ketika dia menuliskan alasannya dalam sebuah postingan di instagram miliknya. Postingan berjudul 5 Alasan Menggeluti Bidang IT.

1). Ilmu Informatika itu Menarik

Sebagian besar pelajar, jurusan informatika menjadi jurusan paling sulit. Mendengar kata informatika saja bisa membuat orang berpikiran tentang sistem coding yang super ribet, tidak heran jika tidak cukup populer di kalangan pelajar.

Padahal anggapan tersebut tidak semuanya tepat karena ilmu informatika sendiri jika dipelajari sangat menarik. Bayangkan bagaimana menyenangkannya ketika mendapat tugas menggunakan software atau aplikasi sebagai media menggambar, mendesain, bersosialisasi, bermain, dan sebagainya. Menarik sekali, kan?

2). Ilmu Informatika, Ilmu Masa Depan

Ilmu informatika itu ilmu masa depan karena peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari semakin dibutuhkan. Ke depan, akan sulit sekali menjalankan akativitas tanpa menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi.

Pengaruh teknologi informasi akan berdampak pada seluruh aspek kehidupan, termasuk berdampak pada kelangsungan dunia kerja.



3). Mengembangkan Aplikasi dan Sofware yang Bermanfaat

Saat ini banyak aplikasi dan software yang digunakan masyarakat karena sudah dirasakan manfaatnya. Aplikasi dan software tersebut adalah hasil dari rekayasa teknologi informasi.

Siapa lagi yang akan mengembangkan aplikasi dan software yang bermanfaat bagi masyarakat kalau bukan orang yang menguasai teknologi informasi? Dengan menguasai teknologi informasi, kita bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

4). Bisa Kerja di Semua Bidang

Ketika menguasai teknologi informasi, bukan hanya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi saja yang membutuhkan, hampir semua bidang memerlukan orang yang menguasi teknologi informasi.

Bidang kerja yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari programmer, system engineer, system analyst, network security, pengembang software akuntansi, software ERP (Enterprise Resource Planning), software tester, web developer, web designer, IT consultan, dosen, dan masih banyak lagi.




5. Bisa Menjadi Technopreuner

Ketika menguasai teknologi informasi dan ingin mengeluti dunia usaha di bidang teknologi informasi atau biasa disebut Technopreuneur sangat terbuka lebar.  Kita bisa memulai dengan menggarap startup yang dibutuhkan masyarakat.

Ingat, angka technopreuner di Indonesia masih rendah dan kebutuhan masyarakat akan produk atau layanan berbasis teknologi semakin bertambah. So, nggak ada alasan lagi untuk menggeluti bidang Information Teknologi.

Dan untuk mewujudkan cita-cita tersebut, selain terus memahami pengetahuan yang terkait dengan informatika, perlu laptop hebat berlayar lebar seperti impian si Sulung. Apalagi kalau bukan ASUS VivoBook 15 A516, laptop kekinian yang memiliki layar lebar dan luas hingga 15.6 inci dengan 178 degree wide viewing angle.



 

1. Layar Lebar, Harapan Meraih Cita-Cita Makin Besar

ASUS VivoBook 15 A516  memiliki layar 15.6 inch full HD. Dengan layar sebesar itu, gambar yang disajikan terlihat sangat tajam. Terlebih dengan sudut pandang mencapai 178 derajat, sangat cocok buat si Sulung saat mengerjakan proyek yang terkait dengan coding yang rumit, desain UI, desain UX, dan saat melihat detil tampilan hasil pekerjaan.




Ditambah lagi, layar lebarnya mengunakan Layar NanoEdge yang memiliki bezel yang super sempit, meskipun layarnya selebar 15,6 inci, tetap terlihat seperti laptop 14 inci. Layar NanoEdge dilapisan anti-glare yang mengurangi pantulan sehingga tidak mengganggu penglihatan. Kita bisa mengerjakan pekerjaan, nonton, atau main game di area outdoor tanpa silau.

ASUS VivoBook 15 A516  dengan layar selebar 15.6 inch full HD, terlihat makin mewah, tajam, jelas, dan membuat harapan meraih cita-cita makin besar!

2. Desain Ringkas dan Keren, Harapan Meraih Cita-Cita Makin Paten

ASUS VivoBook 15 A516 memiliki dimensi Panjang x Lebar x Tinggi = 36.02cm x 23.49cm x 1.99 ~ 1.99 cm dengan bobot cuma 1.8kg. Ringkas sekali kan? Keringkasan  ASUS VivoBook 15 A516 tersebut ditunjang dengan warna pilihan dua warna yang cantik dan keren yaitu warna Transparent Silver dan Slate Grey.  

Kebayang nggak, ketika membawa ASUS VivoBook 15 A516 ke luar rumah? Selain tidak membuat tangan atau punggung pegal saat dimasukan ke dalam tas, semua orang pasti bakal terpesona ketika membukanya di depan umum karena tampak lebih stylish, elegant, slim, kekinian, ringkas, dan keren. Benar-benar membuat harapan meraih cita-cita makin paten.




3. Penyimpanan Super Besar, Harapan Meraih Cita-Cita Makin Berkobar

ASUS VivoBook A516 memiliki ruang penyimpanan atau memori ganda, yaitu HDD 1TB + SSD 256GB yang masing-masing memiliki keunggulan. Memori HDD segede 1TB mampu menyimpan file besar seperti source gambar, film, foto, atau koleksi musik yang kita senangi atau musik yang kita buat sendiri.

Sementara memori SSD sebesar 256GB, mampu merespon data dengan lebih cepat sehingga ketika membuka source gambar, foto, musik, atau hasil pekerjaan nggak pakai lama. Kalau kita sedang terburu-buru membuka file udah kayak main sulap deh, hehehe.

Kerennya lagi, SSD yang ditanam pada ASUS VivoBook A516 ini bertipe M2 NVMe. Semua tahu dong, SSD M2 NVMe ini tipe SSD tertinggi di kelas SSD untuk saat ini. Doi memiliki kecepatan 7x lebih cepat dari SSD lainnya. Kombinasi ini pasti akan sangat membantu ketika si Sulung menyimpan proyek-proyek digitalnya. Penyimpanan super besar, membuat harapan meraih cita-cita makin berkobar. 



4. Performa Andal, Harapan Meraih Cita-Cita Makin Menebal

Asus VivoBook A516 memiliki performa yang andal karena dibekali Prosesor Intel Core generasi ke-10, Grafis diskrit NVIDIA GeForce MX330, dan RAM hingga 8GB. Ini sungguh kombinasi yang sempurna, terutama untuk menjalankan aplikasi editing gambar, video, desain grafis, programing, desain game, dan grafis-grafis lainnya dalam bidang teknologi informasi.

Ingat-ingat! “Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Dengan performa Asus VivoBook A516 yang andal, harapan meraih cita-cita pun makin menebal.

5. Fitur Keamanan Mumpuni, Harapan Meraih Cita-Cita Makin Membumi

Asus VivoBook A516 dibekali dengan beberapa pengamanan supaya semua file yang tersimpan pada laptop aman. Apa saja pengamanannya? Dilengkapi Fingerprint Sensor Intergrated with Touchpad dan Security Lock, sehingga siapa pun tidak bisa mengakses laptop tanpa seijin pemilik laptop. Laptop hanya bisa dibuka ketika mengenali sidik jari atau PIN yang sudah dipasang. Pemilik laptop juga bisa mengunci layar dengan security lock.

Kemudian untuk keamanan perangkat penyimpanan, ASUS VivoBook A516 dilengkapi peredam getaran HDD E-A-R® untuk melindungi data dari setiap benturan. Perlindungan hard drive aktif secara otomatis mendeteksi getaran dan benturan di tiga sumbunya sehingga efektif mengurangi kemungkinan kerusakan HDD. Membuat pemilik laptop tidak khawatir saat bekerja, meskipun sedang dalam kendaraan.




Terus ada Reinforced Chassis, penahan logam di bawah keyboard yang memberikan platform yang jauh lebih stabil saat mengetik dan menggunakan touchpad. Selain memberikan kekakuan struktural, Reinforced Chassis juga memperkuat engsel dan melindungi komponen internal.

Lantas Reinforced lid, yang memberikan dukungan struktural untuk cover, layar, dan engsel. Fungsi Reinforced lid seperti pelindung benturan pada bagian sisi mobil sehingga laptop makin aman dari benturan. Dengan fitur keamanan yang mumpuni, harapan meraih cita-cita pun makin membumi.

6. Koneksivitas Lengkap, Harapan Meraih Cita-Cita pun Makin Lengkap

ASUS VivoBook A516 memiliki koneksivitas yang lengkap karena memang dirancang sebagai laptop modern yang mengutamakan mobilitas. Gimana nggak lengkap? Ada satu USB 3.2 Gen 1 Type-A, satu USB 3.2 Gen 1 Type-C, dua 2x USB 2.0 Type-A, satu HDMI 1.4, satu 3.5mm Combo Audio Jack, satu DC-in, dan Micro SD card reader (on selected model).




Port USB-C® 3.2 didesain dapat diputar balik sehingga membuat saat menghubungkan perangkat sangat mudah. Port ini juga membuat saat transfer data menjadi sangat cepat, kecepatannya hingga mencapai 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0. Begitu pun port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader - sehingga memudahkan pemilik laptop menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor dengan mudah.

Koneksivitas makin lengkap karena ASUS VivoBook 15 A516 dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.1, kedua perangkat ini memudahkan pemilik laptop saat terkoneksi dengan internet. Koneksivitas yang lengkap, membuat harapan meraih cita-cita pun makin lengkap.

7). Harga Terjangkau, Harapan Meraih Cita-Cita Makin Berkilau

Meski pun kelebihan yang dimiliki ASUS VivoBook A516 sangat banyak, tetapi harga sangat terjangkau. Agar ASUS VivoBook A516 mudah dimiliki siapa pun, ASUS VivoBook A516  menyediakan berbagai pilihan spesifikasi dan harga. Eman berapa harganya? Harga yang saya dapat pertanggal 30 Juni 2021 dari situs resmi ASUS bisa lihat pada data di bawah ini;

 

Bagaimana? Harganya sangat terjangkau kan? Membuat harapan meraih cita-cita makin berkilau.


 

Lampu Mati Tetap Bisa Bekerja

ASUS VivoBook A516 sudah dilengkapi dengan Keyboard full-size dengan backlit sehingga bisa digunakan dalam ruangan yang minim cahaya. Backlit Keyboard ini bisa mengeluarkan cahaya seperti kunang-kunang, sehingga meski pun saat sedang bekerja lampu ruangan tiba-tiba mati nggak akan terpengaruh, kita tetap bisa bekerja dengan nyaman.

Desain kayboardnya ergonomis dan konstruksinya cukup kokoh. Tambah dengan Key travel 1,4 mm membuat sangat nyaman ketika jari menari-nari di atas keyboard saat bekerja.

Gratis License OS Windows dan Office

ASUS VivoBook A516 sudah dibundling dengan OS Windows dan Office Berlisensi sehingga kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli OS Windows dan Office berlisensi. OS Windows 10 Home sudah terinstall bersama Office Home & Student 2019 yang bisa terus diupdate secara resmi.

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”




Selalu Terhubung dari MyASUS

MyASUS adalah aplikasi utility atau utilitas yang di dalamnya ada aneka macam fitur dan fungsi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan laptop. Sebut saja seperti update driver, pengaturan saturasi warna layar, pengaturan kipas, diagnostik kesehatan laptop, dan fitur lainnya. Siapa pun yang mempunyai laptop ASUS akan selalu terhubung dengan MyASUS.

Dengan bantuan MyASUS pula kita bisa dengan mudah update software, optimasi kinerja laptop, dan memelihara sistem laptop. My ASUS mendukung Multitask menggunakan iOS atau ponsel Android dengan Laptop.

So, kita bisa melakukan maintenance dan meningkatkan performa ASUS VivoBook A516 secara mandiri dengan bantuan software MyASUS.  








 

Melihat keinginan si Sulung yang ingin memiliki laptop dengan layar lebar, keinginan mengejar cita-cita besarnya yang ingin segera direalisasikan, dan melihat spesifikasi, fitur, serta kelebihan yang ditawarkan ASUS VivoBook A516 rasanya ASUS VivoBook A516 memang sangat cocok menjadi hadiah berharga buat si Sulung, termasuk hadiah berharga bagi siapa pun yang sedang mewujudkan impian-impiannya. Sangat sesuai dengan taglinenya, ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen.

Semoga bermanfaat!



 

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

Previous article
Next article

26 Komentar

  1. Jadi siapa aja neh, yang mau laptop keren ini? Angkat tangan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya ikutan angkat tangan kalau gitu

      Hapus
    2. Mauuu laptop baruu .. :D tapi asus emang selalu keren sih. saya juga device hampir semua paket asus.

      Hapus
  2. MasyaALLAH TabarokALLAH, tante Nurul ikut mengaminkan cita-cita dan passion si sulung ya Kang. Luar biasaaaa, semogaaa bisa makin memberikan kebermanfaatan utk orang banyak, dgn talenta di bidang IT. Bakatnya luar biasaaaa, dan semoga berjodoh dgn Asus Vivobook yg super kece ini yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin ya Rabbal alamin. Makasih Tante

      Hapus
  3. Saya pribadi suka menulis di depan layar yg lebar gitu mas. Tentu saja ASUS ini speknya bisa untuk para blogger berkreasi ya. Dan ga takut kepenuhan menyimpan data.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Space buat nulisnya jadi lebih enak emang ya

      Hapus
  4. Bagi saya, yang jelas screen 15 an inch, lebih nyaman untuk mata. Seperti laptop Asus seri X yang sedang saya pakai ini. Menarik banget jika kemudian bisa jauh lebih ringan. Wah, pantas banget dipertimbangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Kak, jadi enak pakainya ya Kak

      Hapus
  5. Ya ampuuun ini laptop kok keren banget sih
    Bukan hanya si kakak yang pengen laptop ini untuk mendampinginya mewujudkan impian, aku juga gak bakalan nolak kalau ada yang ngasi. Kayaknya kudu ngajuin proposal ke pak suami deh. Tolong bantuin buat konsep proposalnya dong, Kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, ide yang cemerlang. Hayuklah tak bantuin bikin proposalnya hehe

      Hapus
  6. lengkap banget bahasannya, Si Sulung pasti senang kalau bisa mendapatkan laptop impiannya sehingga semua pekerjaan dan tugas dapat dikerjakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin ya Rabbal alamin. Doain dapet laptonya ya Kak

      Hapus
  7. Salut untuk pencapaian dan semangat si Sulung, semoga cita-citanya tercapai. Aamiin.
    Suami saya punya laptop ASUS yang dan itu awet dan tahan banting, jadi enggak ragu lagi kalau beli karena dah tahu kualitasnya mumpuni. Mupeng saya sama produk besutan ASUS belakangan termasuk VivoBook A516 ini. Apalagi layar yang lebar, idaman banget karena lebih gede tapilan dan jelas dipakai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Kak, layar lebar memudahkan ya Kak

      Hapus
  8. Ya Allah, Kang Ale... Moga si sulung bisa segera punya laptop baru ya buat kuliah. Karena emang kalau dilihat aktivitasnya, dia butuh spek laptop yang lebih mumpuni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin ya Rabbal alamin. Bantu doanya ya Kak

      Hapus
  9. ASUS ini emang laptop yang mumpuni ya kak..saya juga gunakan ASUS untuk kegiatan daring sehari-hari benar-benar laptop andalan deh

    BalasHapus
  10. Kereeen bgt kak si sulung nya.ikut bangga sama anak millenial yang kreatif.semoga cita-cita buat dapat laptop yang layar lebar tercapai ya buat si kakak.asus 15 inc -nya mudah2an jadi doa dan dapat dibeli plus bermanfaat yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin ya Rabbal alamin. Bantu doa ya Kak, biar segera dapet

      Hapus
  11. Kang, semoga si sulung beruntung ya. Saya baca ini mbrebes Mili. Sulung gigih banget anaknya. Bahkan di saat kecil dia sudah berani terjun ke wartawan cilik ya. Salut banget. Semoga beruntung dapat laptop Asus Vivobooks A516 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin ya Rabbal alamin. Bantu doanya ya Kak.

      Hapus
  12. Selamat, Pak! Saya jadi inget Nomik Serial Olin yang saya baca saat remaja :)

    BalasHapus
  13. Masya Allah Barokalloh buat si sulung. Rezekinya dari lomba ini, semoga makin semangat meraih cita cita.

    Barokalloh Kang Ali. Aku Galfok ma pictnya hahaha keren . Minimalis tapi ngena..aku adopsi ah..

    BalasHapus
  14. laptop idaman banget ini, didukung processor i5, HDD 1tb dan SSD 256, menurutku ini sudah super kenceng utk akses apapun, kombinasi yang sempurna, jadi pengen beli,

    BalasHapus
  15. Selama setahun terakhir, ASUS emang nggak ada tandingannya.

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel