Selasa, 15 Mei 2012

[Lomba] Wirausaha Santri

[Lomba] Wirausaha Santri

Anugerah Wirasantri Mandiri 2012

Diambil dari  NU Online 

Dalam rangka perayaan harlah ke-78, PP GP Ansor bersama Bank Mandiri mengadakan sayembara penulisan proposal bisnis. Dengan tema ‘Anugerah Wirasantri Mandiri 2012’, PP GP Ansor turut berpartisipasi dalam kewirausahaan yang tengah berkembang di lingkungan pesantren. Dalam bentuk konkritnya, PP GP Ansor membuka kesempatan bagi kalangan santri untuk berkontestasi dalam sayembara tersebut.
Ketentuan sayembara yang ditetapkan PP GP Ansor adalah sebagai berikut. Peserta adalah santri yang tersebar di Indonesia. Mereka adalah santri yang sederajat dengan madrasah aliyah, SMU, atau SMK. Peserta atas nama santri diperkenankan baik perorangan atau kelompok maksimal 3 orang.
Peserta membuat proposal studi kelayakan bisnis yang prospektif dan logis. Peserta dapat memilih satu dari 4 tema berikut;
1). Usaha Pertanian/Perkebunan/Peternakan,
2). Usaha Pengolahan Pangan,
3). Usaha Jasa dan Perdagangan,
4). Usaha Industri Kreatif.
Peserta membuat studi kelayakan bisnisnya dalam 2 bentuk; hardcopy dan softcopy format PDF di CD.
Peserta cukup mengirimkan berkasnya ke “Panitia Anugerah Wirasantri Mandiri 2012” dengan alamat Gedung PP GP Ansor Jl. Kramat Raya 65A, Jakarta Pusat, 10450 telp (021) 3904941, fax (021) 3162853.
Berkas dikirim (cap pos) paling lambat tanggal 25 Mei 2012. Berkas berisi surat keterangan santri dari pengurus pondok pesantren yang diketahui oleh pengasuh pondok pesantren, dan proposal berisi studi kelayakan bisnis santri baik hardcopy dan softcopy.
Proposal studi bisnis santri bentuk softcopy dikirim ke panitia dengan alamat email; santri.mandiri@yahoo.com. Dalam seleksi awal, panitia akan memilih 18 tulisan. Dari 18 tulisan ini, panitia memilih 9 pemenang. Ketentuannya, panitia menetapkan 2 pemenang bagi 1 tema dan 1 juara umum.
Panitia akan menghubungi peserta yang lolos seleksi untuk presentasi dan wawancara di hadapan dewan juri yang akan dilaksanakan di Solo sekitar 7-10 Juni dalam rangkaian harlah ke-78 GP Ansor. Keputusan dewan juri tidak bisa digugat. Panitia menyediakan modal usaha yang nilai totalnya sebesar Rp. 400 juta bagi pemenang.
Mereka yang duduk dalam dewan juri adalah Pahala N. Masyuri (Director of Finance and Strategy Bank Mandiri), KH. Mahmud Ali Zein (Pengasuh Ponpes Sidogiri, Pengelola BMT MMU Sidogiri), Raja Okto Hari (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), Sandiaga S. Uno (Enterpreneur), Hermawan Kertajaya (Presiden World Marketing Association), dan Fahmi Akbar Idris (Kabid Ekonomi dan Keuangan PP GP Ansor).
Untuk tulisan, panitia tidak membatasi berapa banyak, minimal 1 halaman. Yang penting, peserta dapat mempresentasikan tulisannya di hadapan dewan juri nanti, tandas Saleh, yang juga Bendahara ‘Wirasantri Mandiri 2012’. Untuk keterangan lebih lanjut, pembaca dapat menghubungi Saleh Ramli di nomor kontak 081389761977.
Bagi santri atau siapapun yang mau belajar nulis bisa mengikuti kelas nulis di sini, dijamin dalam waktu 2 kali pertemuan akan jago nulis. 

Alee

0 komentar:

Poskan Komentar

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar