Rabu, 29 Maret 2017

17 Kata Baru dan Unik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia


KAMUS Besar Bahasa Indonesia, sebagai salah satu rujukan dalam menulis dan berbicara yang benar dalam Bahasa Indonesia, baru-baru ini menambah 17 kosa kata baru dan unik. Kata-kata baru ditambahkan seiring dengan berkembangnya kata-kata baru dalam media sosial.
Mungkin pernah dengar kata Pramusiwi? Pranala? Gawai? Kata-kata tersebut adalah kata-kata baru di Bahasa Indonesia, yang muncul bersamaan dengan era teknologi saat ini. Kata-kata tersebut digunakan untuk menggantikan kebiasaan kita menggunakan Bahasa Inggris.
Kata seperti Unduh yang menggantikan kata Download, Unggah yang menggantikan  kata Upload, Simpan yang menggantikan kata Save, dan Potong yang menggantikan Cut, sudah sering kita gunakan dalam penggunaan teknologi.
Selain kata-kata tersebut, ternyata masih banyak lagi kata-kata lain yang perlu kita ketahui. Kata-kata tersebut antara lain;
1). Gawai
Gawai adalah kata yang digunakan untuk menggantikan kata Gadget. Jangan terkejut, karena gawai juga memiliki arti sebagai perkakas atau alat.
Ponsel, laptop, tab, komputer dan sebagainya secara tidak langsung juga berupa alat atau perkakas. Kata Gadget, atau sering dieja gejed, sudah terlalu terbiasa diucapkan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, media cetak dan daring nasional sudah mulai menggunakan kata Gawai untuk menggantikan Gadget.
2). Pramusiwi
Masih terbiasa menyebut kata babysitter untuk penjaga dan pengasuh bayi? Dalam Bahasa Indonesia, babysitter berarti Pramusiwi, jadi pakailah kata-kata pramusiwi untuk pengasuh bayi, jangan lagi pakai babysitter.
3). Tetikus
Kata ini memang agak menggelikan, tetapi kata ini diputuskan untuk dimasukan ke dalam KBBI. Tetikus itu artinya mouse. Coba arahkan kursor tetikus ke sudut kiri atau ke sudut kanan, lalu klik!
4). Warganet
Warganet muncul untuk menggantikan kata Netizen. Sebelumnya, kata Netizen juga muncul sebagai plesetan dari kata Citizendi internet. Jadi, siap-siap mendirikan RW (Rukun Warganet) di grup Facebook, ya. Semoga tidak terkesan dipaksakan.
5). Pranala
Kata Pranala muncul untuk menggantikan kata Hyperlink atau Link, yang sudah terbiasa disebut dalam bahasa IT.
6). Daring dan Luring
Daring muncul untuk menggantikan online. Daring juga akronim dari dalam jaringan. Sedangkan Luring adalah akronim dari luar jaringan muncul untuk menggantikan kata offline.
7). Swafoto
Swafoto berarti foto sendiri, atau mengambil foto dengan usaha sendiri. Kata ini muncul untuk menggantikan kata selfie.
8). Peladen
Mirip profesi seseorang yang bertugas untuk meladeni. Faktanya kata peladen muncul untuk menggantikan kata server. Jadi kalau mau jaringan internet lancar sebaiknya punya peladen yang kapasitasnya besar.
9). Komedi Tunggal
Frase ini muncul untuk menggantikan frase stand up comedy yang sebenarnya kalau dialihbahasakan menjadi komedi berdiri. Boleh juga.
10). Saltik
Seperti daring dan luring, kata Saltik juga merupakan akronim, yang berarti Salah Ketik. Langsung tahu kan, kata ini untuk menggantikan kata apa?
11). Derau
Noise yang sebenarnya berarti ribut, sering pula digunakan untuk suara yang tidak diperlukan dalam satu rekaman suara atau video. Kata noise itu digantikan oleh kata Derau.
12). Pratayang
Masih sering menggunakan kata Preview? Silakan, mulai sekarang gantikan dengan kata Pratayang.
13). Hektare
Ini sebenarnya kata lama hektar, perbedaannya hanya ada tambahan huruf 'e', untuk kata ini tetap ditulis dan tetap dibaca.
14). Portofon
Kata ini muncul untuk menyebut Handy Talkie (atau HT) dalam bahasa Indonesia.
15). Mangkus dan Sangkil
Mangkus berarti efektif, sangkil berarti efisien, jadi Mangkus dan Sangkil berarati efektif dan efisien. Begitu saja singkatnya.
16). Narahubung
Kata ini digunakan untuk menggantikan frasa contact person.
17). Pelantang
Kata ini digunakan untuk menggantikan kata Microphone.
Masih banyak kata lainnya, yang masih belum dikenal luas dan digunakan warga Indonesia seluruhnya. Beberapa ahli bahasa, media, penulis, wartawan, dan pengguna bahasa lainnya sudah mulai menggunakannya. Yuk, kita mulai dari sekarang!
@KreatorBuku

Kamis, 23 Maret 2017

Mau Backpacker Pakai Mobil Bareng Keluarga? Jangan Lupa 5 Barang Ini



SEJAK anak-anak sudah bisa diajak pergi jauh, saya dan Bunyang selalu menyempatkan diri meluangkan waktu mengajak mereka backpackeran. Bukan backpackeran yang benar-benar ngebolang sih, melainkan pergi dengan mobil keluar kota lebih dari tiga (3) hari.
Terakhir backpackeran beberapa waktu lalu keliling Kota Garut Jawa Barat. Dekat dengan Bandung (tempat tinggal kami), tetapi tetap seru karena selama backpackeran mengunjungi beberapa tempat seru. Sebut saja misalnya Candi Cangkuang yang berada di tengah pulau dan untuk menuju ke sana harus nmenyeberangi situ dengan perahu tradisional. Kampung Naga yang eksotik dan masih menjunjung adat istiadat tanah Sunda. Menelusuri beberapa situs dan pantai indah di Kota Garut. Semua membuat anak-anak takjub dan bungah.
Selama beberapa hari menjelajah bersama-sama membuat keluarga kecil saya makin terlihat dinamika dan keeratannya. Bahkan, sejak membuat rencana pun dinamika sudah terasa. Mulai dari tempat yang ingin dituju, waktu yang akan ditempuh, hingga apa saja yang akan dibawa. Meski pun terkadang bukan sesuatu yang krusial, menyiapkan barang bawaan ternyata penting untuk direncanakan.
Belajar dari beberapa kali backpacker, paling tidak ada lima (5) barang yang tak boleh ketinggalan saat backpackeran dengan mobil selain perlengkapan pribadi seperti baju dan obat-obatan.


1). Ban Serep
Meski pun ban mobil sudah diperiksa saat mobil dicek dan diservis di bengkal, ban serep harus tetap bawa. Pengalaman saat backpackeran pertama kali ada satu mobil bawa satu keluarga yang terkatung-katung di tengah jalan. Ban mobil mereka bocor, sementara di sekitar tidak ada tungkang tambal atau bengkel buka. Mau tidak mau mereka cari pom bensin terdekat untuk istirahat.
Saya tidak bisa membayangkan jika itu terjadi pada saya, bisa-bisa anak-anak ketakutan dan tidak mau backpackeran lagi, kan bahaya. Padahal niat backpakeran selain melatih mereka tangguh di jalan juga supaya mereka tambah wawasan.
Bawa ban serep nggak usah banyak-banyak, satu (1) ban cukup kok, jadi tidak memberatkan. Dengan membawa ban serep, saya jamin perjalanan jadi makin terasa lebih nyaman.


2). Galon Air
Meski pun kita bisa membeli air mineral di mana pun, saya lebih memilih membawa galon air minum ukuran 19 liter. Air sangat diperlukan selama dalam perjalanan. Dengan menyediakan air yang cukup, anak-anak bisa kapan pun mengambil air, sehingga mereka merasa nyaman saat dalam perjalanan.
Selain galon air, setiap orang harus disediakan tambler, dan alat pompa air yang portable supaya ketika sewaktu-waktu mau ambil air tinggal buka tutup galon dan pompa air ke dalam tambler. 


3). Sleeping Bag
Selama ini, setiap backpackeran saya tidak pernah merencanakan tidur di hotel kecuali hari terakhir sebelum kembali, jadi penting banget menyediakan sleeping bag. Kalau pun harus menginap di penginepan, sleeping bag tetap dibutuhkan.
Selama beberapa kali backpackeran, sering sekali tidur di masjid, rumah penduduk, taman bacaan masyarakat, atau dekat pantai yang aman dan nyaman untuk istirahat.
Bukan tidak mau tidur di hotel, namanya backpackeran kita harus berusaha menjalankan perjalanan apa adanya. Toh tetap, ada saatnya nginap di hotel nyaman dan mewah, hehehe.


4). Tenda
Selain sleeping bag, kita juga perlu bawa tenda. Seperti yang saya ceritakan di atas, kita bisa tidur di mana pun, makanya perlu tenda yang sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung dipasang.
Namanya backpackeran pakai mobil, apalagi dengan jarak perjalanan yang panjang, pasti bisa kapan pun kantuk menyerang. Dengan membawa tenda kita tidak perlu mendadak cari penginapan hanya untuk menutup mata sejenak.
Usahakan, tenda yang dibawa cukup untuk tidur satu keluarga, jadi cukup bawa satu tenda saja. Kan kita mau backpackeran bukan mau kemping ke gunung, hehehe.


5). GPS
Nah, ini barang paling wajib dan nggak boleh ketinggalan. Kalau barang ini ketinggalan bisa-bisa kita lelah di jalan karena tujuan yang kita tuju nggak sampai-sampai. Apalagi kalau bukan GPS alias Global Positioning System. GPS tracking system sekarang ini sangat banyak macamnya, kita bisa pilih sesuai keinginan kita.
Harga GPS tracking system juga bervariasi, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan ada, tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Saya sih, pakai yang standard saja, yang penting akurasinya tepat.
Benaran lho, GPS sangat membantu saat backpackeran dengan mobil karena tidak semua tempat sesuai seperti yang ada dalam peta. Ada saja tempat-tempat yang kita tuju, ternyata jauh dari perkiraan yang ada dalam peta. Ujung-ujungnya pasti mengandalkan GPS.
Mau backpackeran bareng keluarga pakai mobil seperti saya? Yuk bareng! Jangan lupa, lima (5) barang yang harus dibawa, yesss! Selamat Backpackeran.
@KreatorBuku

Selasa, 21 Maret 2017

Diserbu Ikan-Ikan Cantik dan Pasir Putih di Tengah Laut Pulau Derawan



CUACA Pulau Derawan sepertinya memang sedang berpihak, sepanjang hari tak ada sedikit pun tanda-tanda akan hujan. Usai menikmati indahnya Taman Bili, kami berlayar menuju ke tengah laut. Beruntung matahari mulai condong ke barat, jadi sinar tak begitu terik. Tak ada alasan untuk tidak melanjutkan jelajah destinasi Pulau Derawan. Cerita Taman Si Bili bisa dilihat di Bermain Penyu Raksasa.
“Kita mau ke Gosong Sanggalau,” jelas Bang Hasan sambil menghidupkan mesin speedboatnya.
Gosong Sanggalau? Masih taman laut kah? Atau pulau dengan suhu yang teramat panas sehingga siapa pun yang ke sana akan gosong? Asli, saya bengong, saya baru tahu ada destinasi Gosong Sanggalau di Pulau Derawan.
Speedboat pun melaju kencang meninggalkan Taman Bili, semakin lama speedboat semakin jauh dan baru berhenti ketika terlihat hamparan pasir putih keemasan yang cukup luas.
Jadi, Gosong Sanggalau itu hamparan pasir di tengah laut, luasnya kurang lebih setengah hektar. Pulau yang hanya terdiri dari hamparan pasir itu muncul ketika laut sedang surut. Saat laut pasang, pulau itu akan hilang.
Mumpung sedang surut, kami pun bermain sepuasnya di Gosong Sanggalau. Mulai dari jelajah dari ujung ke ujung, tiduran, berlarian, sampai bikin sesi foto dan video. Ishhh ada yang foto-foto produk juga, lho.
Sesi terakhir Wisata Halal Tour, kami hari ini mengabadikan diri dengan foto levitasi yang diambil oleh Bang Hasan. Ini Bang Hasan selain jadi guide ternyata jago foto dan video, lho ... nggak sia-sia deh, menghubungi Bang Hasan kalau ke Derawan.

Ribuan Ikan Derawan
Karena hari telah sore dan kami semua sudah mulai gigil, Bang Hasan lantas mengajak kami bercengkerama dengan ribuan ikan cantik Pulau Derawan. Saya pikir untuk bercengkerama dengan ribuan ikan harus ke tengah laut, ternyata tidak. Sebaliknya, malah mendekati pantai Pulau Derawan.
Tempat bercengkerama dengan ikan tepat berada di salah satu sisi Pulau Derawan. Dari Gosong Sanggalau hanya perlu waktu kurang lebih 10 menit, itu pun nggak pakai ngebut.
Saya, Khaerul, dan Evrina pun langsung menceburkan diri sementara Oka dan Septi naik ke dermaga karena kedinginan. Tanpa babibu kami bermain-main serta bercengkerama dengan ribuan ikan-ikan cantik di sana. Ini beneran ikan, bukan mainan, hehehe.



Supaya ikan mendekat, sepotong roti tawar sengaja kita berikan kepada mereka. Benar saja, begitu roti tawar ada di tangan, ribungan ikan cantik menyerbu. Ya ampun, serasa berada di akuarium raksasa.
Ingin sekali rasanya membawa satu saja, apa daya dilarang karena mereka dilindungi. Akhirnya, saya puas-puasin memberi makan, bermain, dan bercengkerama dengan mereka sampai saya benar-benar gigil. Jelajah keindahan dan kekayaan alam seputar Pulau Derawan pun hari itu diakhiri dengan menikmati matahari tenggelam, bertanda hari saatnya hari beristirahat.
@KreatorBuku

Jumat, 17 Maret 2017

Bermain dengan Penyu Raksasa dan Bintang Laut di Taman Si Bili Pulau Derawan



SETELAH menempuh perjalanan kurang lebih 7 jam, saya dan teman-teman blogger yang akan mengeksplorasi Pulau Derawan Kalimantan Timur tiba juga di Bandara Berau. Karena sudah malam dan tidak mungkin melanjutkan perjalanan menuju Pulau Derawan, kami bermalam sejenak di Berau.
Esok hari, usai ngopi dan sarapan baru melanjutkan perjalanan. Perlu waktu kurang lebih 2 jam perjalanan darat dari Berau menuju Tanjung Batu dan menyeberang Pulau Derawan.
Beruntung sekali, pengemudi yang membawa kami sudah terbiasa menjelajah Kalimantan, jadi kami merasa nyaman. Padahal saya yakin, selama menjalankan kendaraan, kecepatannya tak pernah kurang dari 60 KM. Pemandangan hutan Kalimantan yang masih asri menjadi hiburan tersendiri buat saya.
Sesuai perkiraan, kendaraan yang membawa kami akhirnya tiba juga di Pelabuhan Tanjung Batu, pelabuhan tempat berlabuhnya kapal dan speedboat yang akan membawa wisatawan menyeberang ke Pulau Derawan.

Penyu, Bintang Laut, dan Taman Si Bili
Kurang lebih 30 menit kemudian kami benar-benar tiba di Pulau Derawan, Bang Hasan yang akan menemani kami selama berada di Pulau Derawan sigap sekali mengemudikan speedboatnya. Selama di Pulau Derawan kami menginap di Penginapan 88, sebuah penginapan sederhana yang rapih, bersih, dan nyaman.
Pemilik penginapan langsung menyambut kami dengan senang. Kami langsung disodori kopi, teh, dan dispenser yang siap menyediakan air panas dan air dingin kapan pun kami butuhkan.
Usai istrirahat, makan siang, dan shalat saya pun siap menjelajah keindahan Pulau Derawan. Oh iya, saya kebetulan ke Pulau Derawan bersama blogger pemenang lomba artikel wisata Cheria Halal Tour. Ada Khaerulleon, Okta, Septi, dan Mbak Evrina, jadi pasti bakalan seru.
Spot pertama yang ditunjukan Bang Hasan adalah Taman Penyu, tepat Penyu Raksasa bermain. Dengar kata Penyu Raksasa saja bayangannya udah ke mana-mana, apalagi berenang bareng, yak?


Penyu Raksasa di sekitar Pulau Derawan memang cukup banyak, bahkan di bawah penginapan pun sering berseliweran. Mereka asyik berenang dan mencari makan di sekitar penginapan.
Penyu Raksasa yang saya maksud adalah penyu hijau yang memang habitatnya ada di Pulau Derawan. Selain Penyu Hijau ada beberapa spesies yang dilindungi seperti Penyu Sisik, Paus, Lumba-lumba, Kima, Ketam Kelapa, Duyung, Ikan Barakuda dan beberapa spesies lainnya.
Saya, Khaerulleon, dan Okta pun langsung turun dari Speedboat dan berkunjung ke taman air sambil mencari-cari Penyu Raksasa. Sementara Septi dan Evrina hanya foto-foto saja di atas speedboat. Pesan Bang Hasan, kalau snorkeling di sini dan ketemu penyu atau ikan yang gede jangan panik.
Ah, walau sudah mendengar pesan itu, tetap saja, begitu lihat Penyu Raksasa mendatangi kita, kita tetap panik, hahaha.
Setelah puas bermain-main dengan Penyu Raksasa, spot berikutnya adalah Syurga Bintang Laut. Letaknya tidak jauh, hanya sekitar 10 menit naik speedboat dari Taman Penyu. Saya sebut syurga bintang laut karena di tempat ini banyak sekali Bintang Laut hidup.


Syurga bintang laut berada di tengah laut yang dangkal, saking dangkalnya kita tak perlu berenang untuk bertemu dengan berbagai bintang laut yang hidup di sana. Cukup turun dari speedboat dan bisa langsung menyapa bintang laut yang cantik dan lucu-lucu.
Setelah setengah jam lebih bermain-main dan berfoto-foto dengan bintang laut, Bang Hasan kembali mengajak kami snorkeling. Kali ini spot yang dikunjungi adalah salah satu taman yang cukup dikenal para wisatawan, yaitu Taman Si Bili. Saya penasaran dengan asal-usul Taman Bili, namun hingga balik ke penginapan kepenasaran saya belum juga terjawab.
Taman Si Bili Pulau Derawan ini luar biasa indah. Kita bisa melihat terumbu karang dan berbagai ikan cantik di sana. Memang benar apa kata wisatawan yang sudah menjelajah derawan. Taman laut di sekitar Pulau Derawan indah banget. Ini masih di sekitar Pulau Derawan, lho, apalagi lebih jauh lagi.



Ingin sekali berlama-lama menikmati terumbu kabar dan bercengkerama dengan ikan-ikan cantik di Taman Bili, apa daya hari sudah mulai sore dan harus segera mengunjungi destinasi lainnya. Targetnya lima (5) destinasi terlampaui. Mau lanjut? Saya masih mau cerita gugusan pasir di tengah laut, bercanda dengan ikan-ikan kecil, pantai dengan warna hijau jernih, gua rahasia, dan masih banyak lagi. Nanti, yesss!
@KreatorBuku

Selasa, 14 Maret 2017

Beli dan Jual Sepatu Pria Casual Murah di Internet



 LAGI banyak aktivitas dan acara, tiba-tiba sepatu yang biasa menemani sehari-hari jebol. Salah saya juga sih, sudah tahu kaki minta ganti sepatu, kok ya, nggak dicariin penggantinya.
Bukan nggak mau ganti, sepatu yang selama ini menemani hari-hari indah saya enak banget dipakai. Mau acara formal atau nonformal tetap saja enak dipakai. Alhasil, sekarang jebol. Bener-bener jebol dan nggak bisa dipakai. Mau beli lagi di luar kota, bisa saja cari di toko terdekat, tapi pilihannya dijamin terbatas.
Daripada nunggu harus balik dulu ke Bandung dulu, akhirnya saya buka online shop yang selama ini jadi langganan. Beberapa barang yang saya beli di sana seperti handphone, aksesoris gedget, tas, sendal, dan sebagainya hingga kini awet. Begitu buka dan pilih kategori, beberapa Sepatu Pria Casual langsung melambai-lambai di depan mata.
Mulai dari harga paling murah hingga paling mahal semua tersedia, termasuk sepatu yang branded, limited edition dengan harga selangit ada, jadi tanpa capek-capek keliling bisa pilih sesuka hati.
Setelah cukup lama cari, ada satu sepatu yang membuat jari langsung melanjutkan ke keranjang. Karena harganya pas dikantong, saya coba cari yang lain juga, ternyata ada juga yang jual sepatu layak pakai. Jadi jualan online nggak harus barang baru ternyata.


Sepatu Pria Casual
Jadi ingat teman yang memang jualan barang layak pakai. Dia sering sekali broadcast di graup cari barang yang layak pakai, terutama sepatu, syaratnya barang tersebut benar-benar layak pakai, jadi bukan sampah.
“Paling tidak baru dipakai satu dua kalilah,” kata teman saya.
Awalnya saya heran juga sama dia, saya nggak yakin ada yang mau beli barang yang layak pakai via online. Selain baru dipakai satu dua kali, barang juga harus dibersihkan terlebih dahulu. Selain itu, harus memperhatikan beberapa hal, misalnya pilih situs yang akan digunakan untuk menjual barang bekas seperti sepatu-sepatu bekas yang akan dijual.
Ada banyak pilihan cara menjual barang di internet, sebut saja misalnya:
1). Situs jual beli online yang sudah terjamin aman untuk jual beli dan mampu menjual sepatu layak pakai secara cepat. Jangan lupa pilih situs jual beli yang menawarkan pilihan sepatu bekas.
2). Menjual di media sosial. Kita bisa membuat beragam akun sosial media untuk jualan sepatu layak pakai sehingga banyak orang yang melihatnya.
3). Membuat website jualan sendiri. Website ini untuk menunjukkan keseriusan kita untuk menjual barang di internet.
Setelah memilih platform jual-beli yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan untuk memberikan deskripsi yang menarik mengenai barang yang akan dijual. Ingat informasi yang disampaikan tidak boleh ada unsur penipuan.
Gunakanlah foto asli untuk menarik konsumen dan sertakan juga keterangan bahwa sepatu yang dijual tersebut merupakan barang bekas, asli dan dijual dengan harga murah.
Supaya dapat menarik perhatian pelanggan, coba lakukan beragam cara berikut ini:
1). Lakukan promosi yang intens, tetapi tidak sampai mengganggu pelanggan. Seperti misalnya dengan melakukan endorsement, ikut acara untuk mempromosikan toko, dan masih banyak lagi.
2). Gunakan taktik memberikan diskon khusus, terlebih untuk sepatu branded dengan harga murah pasti akan dapat menarik banyak pelanggan untuk membeli.
Beberapa hal tersebut merupakan langkah bagus untuk dapat jual sepatu pria casual murah tetapi berkualitas dan juga aman di internet. Semoga bermanfaat.

@KreatorBuku

Sabtu, 11 Maret 2017

Smartfren 4G Memudahkan Saya Menebar Semangat Menulis Bacaan Anak




SAYA tuh sangat beruntung bisa merasakan Smartfren 4G sejak pertama kali diluncurkan. Bukan apa-apa, sebelum menggunakan Smartfren 4G saya gonta-ganti jaringan untuk aktivitas dunia maya dan hampir semuanya hanya bertahan dua tiga bulan saja karena tak sesuai janji. Saya meninggalkan jaringan selain Smartfren bukan karena kesal, melainkan karena saya perlu internet cepat.
Kebetulan saya suka nulis bacaan anak, saya juga punya komunitas penulis bacaan anak yang membernya lebih dari 20.000 member dengan basis di Group Facebook, namanya Forum Penulis Bacaan Anak. Sejak buku-buku saya beredar di pasaran, banyak permintaan mengadakan workshop menulis di daerah.
Saya sih, senang-senang saja karena sembari memberikan workshop saya bisa menjelajah nusantara dengan gratis. Saking seringnya workshop sampai bikin timeline selama 2 tahun penuh dengan tajuk “Indonesia Menulis”.
 
Bersama Teman-teman Forum Penulis Bacaan Anak (Foto Dok.Pri)
Workshop Nulis Cerita Anak di Aceh (Foto Dok.Pri)

WorkShop Menulis Bacaan Anak di Bengkulu (Foto Dok.Pri)
Seiring dengan berjalannya waktu, keliling workshop di daerah-daerah ternyata tetap tidak cukup, masih banyak teman-teman yang ingin belajar menulis bacaan anak. Salah satu solusi yang saya lakukan adalah membuka kelas nulis online yang kemudian saya beri nama WinnerClass: Kelas Nulis Paling Seru!
Begitu kelas dibuka saya kaget luar biasa, peserta yang daftar tidak hanya dari Cicadas Bandung, melain juga datang dari Jakarta, Surabaya, Kalimantan, Sumatera hingga luar negeri seperti Malaysia, Amerika, Inggris, dan Australia. Saya buka kelas secara berkala setiap satu bulan sekali dengan tema berbeda. Mulai dari nulis cerpen anak, novel anak, picturebook, buku anak, hingga skenario.
Awal-awal buka kelas perjuangannya luar biasa karena waktu itu belum menggunakan Smartfen 4G dan platform ruang kelas di dunia maya belum sebanyak sekarang. Pernah membuka kelas dengan materi dikirim melalui email kemudian penjelasan melalui chat room Yahoo Messenger (YM).  
Masih ingat kan, bagaimana menggunakan YM? Pada saat signal bagus komunikasi lancar, begitu ada angin sedikit signal hilang dan room chat pun langsung bubar. Mau tidak mau harus membuat chat room baru dan memasukan ulang semua yang ikut kelas.
Kalau pun signal di tempat saya lancar, belum tentu signal di tempat peserta yang notabene di daerah lancar. Tiba-tiba peserta menghilang dari chat room dan minta diinvite kembali ke ruang kelas. Kalau dipikir-pikir lucu juga, hahaha.
Kemudian pernah membuka kelas melalui salah satu platform penyedia belajar online, lagi-lagi karena belum menggunakan Smartfren 4G jadi lambat, masa buka ruang kelas aja sampai bermenit-menit. Akhirnya balik lagi menggunakan chat room YM.
Setelah cukup lama menggunakan chat room YM dengan suka dukanya, dapat kabar baik dari facebook, media sosial sejuta umat tersebut menyediakan layanan privacy group. Saya pun mencoba fasilitas tersebut dan ternyata lebih mudah serta lebih menyenangkan.
Belajar online melalui group facebook rasanya seperti benar-benar belajar di ruang kelas yang sesungguhnya. Kita bisa berinteraksi dengan seluruh peserta tanpa hambatan. Apalagi seiring berjalannya waktu Smartfren 4G datang, kelas online pun makin lancar. Sejak itu, kelas online yang saya kelola saya pindah ke group facebook hingga sekarang. 

Puluhan Kelas, Cerpen, dan Buku
Hingga saat ini saya telah membuka puluhan kelas nulis online, mulai dari menulis cerpen anak, menulis picture book, menulis novel anak, hingga menulis buku nonfiksi anak. Telah puluhan judul cerpen anak yang ditulis peserta kelas online yang dimuat di media anak seperti Majalah Bobo, Kompas Anak, dan lembar anak-anak di koran lokal.
Telah puluhan judul buku hasil karya peserta kelas online pula yang diterbitkan oleh penerbit nasional seperti Penerbit DAR Mizan, Syaamil Book, Adi Bintang, dan sebagainya.


Tidak jarang pula, pada setiap kelas yang saya buka, saya sengaja menghadirkan bintang tamu penulis-penulis yang telah menghasilkan banyak karya atau penerbit-penerbit yang memang sedang membutuhkan naskah, sehingga hasil tulisan peserta bisa lebih terarah.
Setelah tulisan hasil karya peserta telah dipublikasikan mereka kemudian saya anjurkan pula untuk menularkannya kepada orang lain. Dengan catatan, hasil karya mereka sudah lebih dari lima (5) judul, banyak membaca referensi, dan pengetahuannya sudah cukup.
Alhamdulillah, tidak sedikit yang kemudian mengajar eskul nulis di sekolah-sekolah di berbagai pelosok. Mengajar nulis untuk anak-anak lapas. Membuka kelas nulis secara private, membuka kelas nulis online dan sebagainya.
Saya hanya berharap, suatu saat setiap rumah di negeri ini minimal melahirkan seorang penulis. Dengan melahirkan seorang penulis artinya akan terus lahir cendikia-cendikia baru yang akan melestarikan dan menebar pengetahuan di negeri ini.

Mewujudkan Harapan dengan Smartfren 4G
Saya yakin, harapan dan keinginan saya untuk menebarkan semangat menulis bacaan anak hingga saya bisa lebih bermanfaat sebagai generasi 4G akan mudah terwujud salah satunya berkat internet cepat, Smartfren 4G.
Kebetulan, hari ini (Sabtu, 11 Maret 2017) ada acara Community Gathering Generasi 4G Bandung yang menghadirkan Eva dan Evi. Dua penulis kembar yang sukses berkarier sebagai penulis dengan memanfaatkan internet. Eva dan Evi berbagi kisah inspiratif, bagaimana internet mendukung karier mereka.
Eva dan Evi Bergaya JKT48 (Foto Kang Alee)
 Acara Community Gathering Generasi 4G dilaksanakan di 90 Gourmet, Jalan LRE. Martadinata. No. 90, Cihapit, Bandung, Jawa Barat. Mendengar kisah Eva Evi, makin membuat saya semangat menjadi Generasi 4G yang lebih bermanfaat dan inspiratif, apalagi sekarang ada dukungan dari internet cepat Smartfen 4G.
Lantas, kenapa saya yakin sekali Smartfren 4G akan memudahkan mewujudkan harapan dan keinginan saya? Paling tidak ada 5 alasan kelebihan Smartfren 4G yang melatarbelakanginya:

1). Jaringannya Luas
Hingga saat saya menulis ini, jaringan Smartfren 4G telah hadir di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Bahkan, khusus Smartfren 4G LTE telah hadir di 200 Kota dan Kabupaten.
4G LTE merupakan generasi keempat (4) dari teknologi komunikasi mobile-internet. Smartfren menjadi yang terdepan menghadirkan teknologi 4G LTE Advanced dengan jangkauan yang lebih luas sehingga koneksi mobile-internet lebih cepat dan lebih stabil di Indonesia.
2). Cepat dan Stabil
Smartfren 4G LTE menggunakan dua frekuensi yang berbeda, yaitu frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz. Pada spektrum frekuensi 850 MHz Smartfren menggunakan teknologi jaringan 4G LTE jenis FDD (Frequency Division Duplex) sedang untuk frekuenai 2.300 MHz, Smartfren menggunakan teknologi TDD (Time Division Duplex).
Teknologi FDD di frekuensi rendah 850 MHz dimanfaatkan untuk jangkauan yang lebih luas bagi seluruh pengguna. Sementara teknologi TDD di frekuensi tinggi 2.300 MHz, memberikan kapasitas yang lebih besar bagi pengguna.
Smartfren sendiri memiliki sumber daya frekuensi seluas 10 MHz di frekuensi 850 MHz. Sedangkan di 2.300 MHz, mereka memiliki pita lebar 30 MHz. Efeknya, jaringan Smartfren jadi cepat dan stabil.
3). Paket Murah
Banyak paket yang disediakan Smartfren 4G, mulai dari paket harian, mingguan, bulanan, hingga paket 90 hari. Harga paket pun sangat bervariasi, mulai dari paket yang hanya Rp.10.000 hingga paket Rp.300.000,- ada. Siapa pun bisa membelinya sesuai dengan bugdet yang kita miliki.
Dengan layanan 4G yang luas, cepat, dan stabil saya rasa paket-paket tersebut tak seberapa. Apalagi dengan paket-paket tersebut kita bisa bermanfaat untuk orang banyak, harga paket rasanya tak seberapa.
4). Gedget Harga Terjangkau
Smartfren 4G bisa dioperasikan dengan gedget khusus yang direkomendasikan smartfren dan kompatibel di pasaran (Band 5, 850 Mhz dan Band 40 2300 Mhz) dengan harga terjangkau.
Gedget khusus ini tentu telah didesain spesial sehingga mampu mengoperasikan jaringan Smartfren 4G 100%. Artinya, pengguna tak perlu risau apalagi galau menggunakan layanannya karena sudah pasti sesuai janji. 
Dengan gedget khusus ini akan memudahkan pengguna sesuai dengan passion-nya. Seperti saya, saya akan menebarkan semangat menulis bacaan anak ke seluruh pelosok nusantara dengan mudah.
5). VoLTE Lebih Berkualitas
Pada saat-saat tertentu, ketika saya membuka kelas online nulis bacaan anak, sesekali pasti peserta ingin melakukan voice call atau video call. Bukan apa-apa, supaya peserta yakin kalau yang mengajar kelas online itu saya bukan orang lain.
Selama ini, ketika melakukan voice call atau video call saya tak mengalami hambatan apa pun. Layanan VoLTE Smartfren dengan dukungan dua (2) frekuensi yang saya jelaskan di atas membuat layanannya lebih berkualitas.
Ah, jika sudah seperti ini, apalagi yang saya ragukan untuk menggantungkan harapan saya agar bisa selalu menebarkan semangat menulis bacaan anak ke pelosok negeri hingga saya bisa lebih bermanfaat sebagai generasi 4G Melalui Smartfren 4G? Rasa-rasanya tak perlu ada keraguan sedikit pun!
@KreatorBuku

Selasa, 28 Februari 2017

Bajigur Durian Itu XLalu Menggoda Selera



BAJIGUR, minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari racikan santan, gula merah, dengan pewangi daun pandan. Sering disajikan dengan kelapa muda. Bajigur itu sudah biasa, sangat berbeda dengan Bajigur Durian Asoy. Penyajiannya yang berbeda, menjadikan bajigur ini luar biasa. Saya penasaran dengan Bajigur Durian Asoy karena seorang teman selalu merekomendasikan.
Awalnya nggak terlalu tertarik, tetapi setelah melihat foto-foto yang diunggah di instagram, tertarik juga. Makanya, begitu ada kesempatan jalan-jalan ke daerah Soreang, Bandung Barat, target pertama adalah wisata kuliner Bajigur Durian Asoy. Sambil jalan, saya nyalakan wifi XL melalui perangkat Mifi XL GO dan menggunakan aplikasi google map untuk memandu jalan. Maklum, walau pun lama di Bandung, tetapi jarang sekali jalan-jalan ke sana, kecuali ada keperluan.
Jarak tempuh dari rumah yang terletak di Bandung Timur menuju warung Bajigur Durian Asoy yang terletak di Bandung Barat sebetulnya tidak terlalu jauh, hanya saja karena melewati daerah Kopo yang super duper macet, pasti bakalan membuat anak-anak bosan. Bisa saja sih lewat jalur Tol Buah Batu-Kopo kemudian menyusuri Jalan Katapang, tetapi tetap saja terkena macet. Makanya, saya lebih memilih jalur biasa.
Jalan Soekarno-Hatta yang lurus dan lapang – Jalan Cibaduyut sekadar untuk mencuci mata melihat deretan sepatu (maklum, namanya juga sentra sepatu) – Jalan Kopo Sayati – Jalan Terusan Kopo (Katapang) di mana Bajigur Durian Asoy berada.
Benar saja, setengah jam setelah keluar dari komplek rumah dan menyusuri Jalan Soekarno-Hatta Bandung, sudah terkena macet. Entah mengapa, setiap Hari Sabtu, jalanan yang lurus dan lapang ini tetap saja macet, padahal hari-hari biasa tak terlalu macet. 

“Masih jauh, Yah?” si Kecil mulai tanya ketika hampir satu jam terkena macet. Beruntung sekali, XLancar, jadi si Kecil tak henti menyaksikan video-video lucu dari Instagram dan youtube. Padahal, biasanya nggak sabar nonton video karena tidak lancar atau tersendat. Berbeda dengan anak kedua saya yang lagi senang-senangnya bikin video di musically, doi anteng memilih-milih lagu di aplikasi yang sedang nge-hits itu melalui smartphonenya lalu merekamnya.
Membuat video mussically pastinya tidak cukup sekali dua kali untuk menghasilkan video yang bagus untuk dilihat, makanya doi berkali-kali membuat. Setelah mendapat hasil video yang paling maksimal, baru doi berhenti dan langsung mengunggahnya di akun mussicallynya. Begitu terus sampai capek.
“Lancar, Yang?” tanya saya di sela-sela kemacetan.
“Lancar banget.”
Setelah melalui jalanan yang cukup padat, akhirnya mobil menepi juga di depan warung Bajigur Durian Asoy yang terletak di Jalan Terusan Kopo (Katapang) Km 11.5, Soreang, Bandung Barat. Cukup sulit parkir di Warung Bajigur Durian Asoy karena jalanan yang padat dan tempat parkir penuh pengunjung.
Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya mobil parkir di seberang warung. Warung Bajigur Durian Asoy sangat sederhana, hanya sebuah warung dengan dinding dari bambu beratap rumbia berukuran kurang lebih 40 meter persegi. Bagian depan, tempat memasak dan meracik pesanan pengunjung ditutup spanduk ala kadarnya dengan tulisan Bajigur Durian Asoy cukup mencolok. Ada papan menjulang juga sebagai penanda. 

Dalam warung ada beberapa bangku sederhana yang telah terisi. Saya dan keluarga memilih bangku yang baru saja ditinggalkan pengunjung. Tersedia kudapan seperti bakwan goreng, combro, kacang rebus, singkong, dan ubi di atas meja. Tak lupa, saya membawa Andromaz M2p dan meletakannya di atas meja.
Warung Bajigur Durian Mang Asoy menyediakan sekitar 11 menu. Sebagai menu utama ada Bandrek Durian, Es Kelapa Durian, dan Bajigur Durian. Menu tambahan ada Es Bajigur Durian, Kopi Durian, Bandrek Durian, dan Durian Bakar. Khusus menu Durian Bakar disajikan dengan ketan hitam dan kelapa bakar muda.
Saya memesan Durian Bakar dan Bajigur Durian sementara yang lain memesan Durian Bakar dan Es Kelapa Durain. Sambil menunggu pesanan datang, saya mencoba buka gedget dan langsung cek email, buka media sosial, serta membuka group di aplikasi chat yang kiriman chatnya sudah lebih dari 500-an chat. Maklum, ada dua group yang sangat aktif yang diikuti oleh temen-temen di seluruh dunia. 

Aktivitas berinternet saya hentikan sejenak begitu menu pesanan datang. Durian Bakar dihidangkan dalam mangkuk plastik tahan panas dan dingin berbentuk daun warna hijau pupus. Isinya terdiri dari lima biji durian bakar yang dagingnya tebal, tape ketan, dan kelapa muda bakar yang diberi beberapa potong es di bawahnya serta diberi susu.
Sementara Es Kelapa Durian dihidangkan dalam mangkuk platik tahan dan dingin berwarna putih. Ada potongan-potongan kelapa muda yang terlihat sangat kenyal, lima biji durian dengan dagingnya terlihat tebal, dan es serut yang disiram cairan gula merah. Sebelum menu-menu tersebut dimakan, sebagaimana layaknya Blogger Kuliner lainnya, saya melakukan ritual memotret terlebih dahulu menu-menu tersebut dari berbagai sisi. Baru kemudian mencicipi satu persatu menu yang telah dihidangkan sebelum menandaskan menu pesanan sendiri, hihi.
Saya hidupkan kembali internet untuk mengunggah foto-foto makanan di media sosial yang langsung direspons para follower dan teman-teman Blogger Kuliner. Unggahan dan respons teman-teman semakin menambah nikmat rasa Durian Bakar yang memang sudah nikmat. Durian yang sudah dibakar baunya tidak terlalu menyengat. Ditambah dengan potongan kelapa muda yang manis serta tape ketan merah yang menyengat lidah menimbulkan sensasi rasa tersendiri. Seperti ada soda alamiah di dalamnya.
Karena penasaran, saya memesan Es Kelapa Durian. Es Kelapa Durian rasanya juga tidak kalah lezat dengan Durian Bakar. Saya ambil sendok lalu menyendok daging kelapa yang lembut bercampur gula merah bersama dengan daging daging durian yang manis dan harum. Ketika sampai ke mulut, kombinasi keduanya menimbulkan rasa yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Kombinasi yang saling menambah nikmat. Setelah semua menu tandas, ditutup dengan Bajigur Durian. Jika kedua menu sebelumnya berasa dingin di badan, Bajigur Durian sebaliknya, menambah hangat badan.
Lengkap sudah wisata kuliner ditemani kencengnya signal XL kali ini. Seperti halnya internet XL yang harga paketnya terjangkau, menu-menu yang disediakan warung Bajigur Durian Mang Asoy pun harganya terjangau. Setiap menu dihargai antara 5.000-20.000 rupiah saja. Setelah membayar semua pesanan dan istirahat sejenak saya kembali menyusuri jalanan melanjutkan destinasi selanjutnya.
@KreatorBuku

Sabtu, 25 Februari 2017

Gangnam District, Hunian Modern yang Smart Living di Pusat Kota Bekasi


ZAMAN saya masih bujang dan belum menikah sekitar 13 tahun lalu, satu hal yang menjadi prioritas saat itu adalah memiliki tempat tinggal, mengingat saya di Bandung pendatang. Saat itu harga rumah type 36 pada kisaran 100 – 200juta, tergantung lokasi dan model yang diberikan pengembang.
Setelah hampir setiap weekand mencari kompleks perumahan dan setiap ada pameran datang, akhirnya saya menemukan tempat tinggal yang harganya terjangkau dan sesuai dengan keinginan. Rumah di sebuah kompleks yang jauh dari hiruk pikuk, jika malam masih ada kunang-kunang, suara katak, dan tidak banjir.
Sekarang, setelah lewat 13 tahun dan tanah semakin sempit, tidak jauh dari rumah berdiri apartemen-apartemen. Mulai dari apartemen untuk kalangan menengah ke bawah hingga apartemen untuk kalangan menengah ke atas ada.
Teman-teman yang kelebihan uang, tetangga, dan teman-teman kantor yang belum punya rumah akhirnya tak segan-segan memilih membeli apartemen dibanding rumah.
“Lebih dekat ke tempat kerja, pusat kota, dan simple,” begitu beberapa alasan yang saya terima saat saya tanya.
Ada yang membeli apartemen karena untuk anaknya yang kuliah supaya tidak perlu ngekos. Beli untuk investasi atau untuk menjadi rumah kedua saat ingin santai di tengah kota.
Dari sekian banyak teman yang beli apartemen sebagian merasakan manfaatnya karena sesuai dengan ekspektasi, sebagian mengeluh karena tidak sesuai ekspektasi bahkan mengalami kerugian. Uang muka sudah dibayar, tetapi apartemen tidak jadi-jadi, bahkan terbengkalai atau pengembang pailit. Nah, supaya tidak terjadi pada kita, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan beli apartemen.

1). Pastikan Pilihan
Sebelum benar-benar memilih apartemen, pertimbangkan baik-baik antara memilih beli rumah atau beli apartemen karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini penting sehingga tidak ada penyesalan di kemudian hari. Walau pun, beli rumah atau beli apartemen sebetulnya sama saja, sama-sama investasi untuk masa depan, jadi tidak akan rugi. Bedanya, jika apartemen pasti lebih mudah karena sekarang banyak pilihan.
2). Isi Dompet
Siapa pun yang sudah berpikir membeli tempat tinggal pasti sudah mempunyai tabungan yang cukup, minimal untuk uang muka. Isi dompet sangat penting dipertimbangkan karena akan berkaitan dengan cicilan, jika membeli tempat tinggal dengan cara mencicil. Hitung baik-baik berapa jumlah cicilan yang harus dikeluarkan dari pendapatan sehingga ke depan tidak ada masalah.
Pilih apartemen dengan harga yang terjangkau dengan isi dompet jauh lebih bijak dibanding beli yang harganya selangit dan kita pontang-panting untuk mencicilnya.
3). Lokasi Apartemen
Rata-rata alasan membeli apartemen karena lokasinya. Mudah ke tempat kerja, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat keramaian, dan akses jalan. Memilih apartemen di lokasi strategis menjadi pilihan yang tepat sehingga akan lebih hemat waktu dan flexibel.
4). Fasilitas Apartemen
Tidak semua apartemen memunyai fasilitas yang memadai. Fasilitas yang saya maksud adalah fasilitas yang ada di lingkungan apartemen seperti kolam renang, tempat jogging, tempat fitness, dan sebagainya. Jika kebetulan kita suka dengan renang atau jogging dan apartemen menyediakan fasilitas tersebut pasti akan memberikan kemudahan dan kepuasan tersendiri.
5). Ukuran Apartemen
Setiap apartemen menyediakan berbagai type ukuran ruangan. Pilih ukuran apartemen sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah berkeluarga, pilihlah type ruangan dengan ukuran yang lebih luas dengan 2 kamar atau lebih. Jika untuk ukuran besar harganya masih terlalu mahal, pilih sesuai dengan kebutuhaan. Cari apartemen yang memiliki banyak type sehingga banyak pilihan yang tersedia.
6). Tata Ruang Apartemen
Setelah melihat lokasi, fasilitas, dan ukuran, jangan lupa lihat tata ruangnya. Tidak sedikit apartemen yang tidak memperhatikan tata ruang apartemen sehingga bukannya menyenangkan saat ditinggali malah sebaliknya.
Perhatikan, apa apartemen tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik atau tidak? Bagaimana dengan supply air? Suplaynya lancar atau tersendat? Ruang dalam apartemen terlalu lembab atau sebaliknya? Dan sebagainya, ini penting menjadi pertimbangan.
7). View Apartemen
Ini bukan sesuatu yang prioritas, tetapi bisa menjadi pertimbangan. Asyik kan, kalau memiliki apartemen dengan view yang menarik. Misalnya saja view kota, pantai, pegunungan, dan sebagainya. View yang menarik tentu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.
8). Developer Apartemen yang Baik
Sebelum membeli apartemen, sebaiknya pilih apartemen dari depelover yang mempunyai track record baik. Bagaimana cara mendeteksi developer yang baik? Cek  apartemen atau properti yang pernah mereka bangun. Cari informasi apa konsumen mereka banyak yang komplain atau merasa puas dengan produk dan layanan mereka? Jika banyak yang komplain tinggalkan, tetapi jika sebaliknya berarti layanan mereka baik.
Saat ini, banyak berkembang hunian modern di kota-kota besar di Indonesia, salah satunya Kota Bekasi. Sebagian besar pada hunian tersebut selain dibangun pusat perbelanjaan, area publik, hotel, juga apartemen. Baru-baru ini di Kota Bekasi sedang dibangun Gangnam District, hunian modern baru di pusat Kota Bekasi yang layak huni serta  memenuhi syarat untuk ditinggali.
 
Megahnya Gangnam District Dilihat dari Atas (Foto dari gangnamdistrict.com)





Gangnam District, Pilihan yang Tepat
Bekasi, sebagai salah satu kota padat yang sedang berkembang, baik dalam infrastruktur ataupun perumbuhan populasi penduduknya membutuhkan banyak hunian baru, padahal lahan semakin sempit. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Gangnam District hadir di Kota Bekasi.
Mengacu pada wilayah Gangnam di Kota Seoul Korea Selatan yang sekarang ini menjadi kawasan paling prestisius di Korea Selatan karena berhasil menjadi pusat perekonomian, entertainment, dan hunian yang sesuai dengan kebutuhan kaum muda. Gangnam sukses menjadi salah satu icon kreatif Korea Selatan di mata dunia. Gangnam District Bekasi pun diharapkan menjadi kawasan kreatif yang cocok untuk kaum muda seperti Gangnam di Seoul sana.  
Sebagai sebuah hunian yang kreatif, Gangnam District Bekasi menawarkan banyak hal yang sangat layak untuk dipertimbangkan, salah satunya adalah apartemen. Apartemen yang ditawarkan sangat mengesankan karena berbagai alasan.

1). Konsep SOHO
Apartemen dirancang amat cermat dengan ruang cerdas dan perlengkapan kontemporer. Konsep hunian Small Office Home Office (SOHO) untuk menjawab kebutuhan tempat tinggal sekaligus bekerja dalam satu kawasan.
Sebagai apartemen terbaru di Bekasi, Gamnang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para profesional, eksekutif, maupun pengusaha muda yang menginginkan sebuah hunia yang simple dan akomodatif dalam menunjang pekerjaan. Dengan demikian Gangnam Bekasi menjadi pusat kreatif yang hidup dan dinamis.
2). Smart Living
Selain dirancang untuk memenuhi rumah modern, apartemen juga dilengkapi dengan sistem smart living yang memudahkan penghuninya. Mengadirkan akses instan di ponsel ke berbagai layanan. Seperti house skeeping 24 jam nonstop dan layanan lainnya, termasuk mengakses vitur lengkap rumah yang memungkinkan penghuninya mengendalikan sistem keamanan penuh. Sehingga ketika penghuni tidak ada di rumah, tetap merasa nyaman.


3). Sangat Strategis
Gangnam District Bekasi berlokasi di Jl. Siliwangi No. 88 Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Kota Bekasi. Letaknya sangat strategis karena dekat dengan beberapa sekolah dan perguruan tinggi terkenal seperti Trisakti School Managemen, Binus School Bekasi Office.
Dekat dengan Rumah Sakit (RS) Hosana Medica Bekasi, RS St. Elisabeth dan RS Mitra Keluarga Bekasi Timur. Dekat pula dengan pusat perbelanjaan seperti Lotte Mart, Bekasi Square, dan Naga Swalayan. Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta hanya ditempuh dalam waktu 1 jam dan Bandara Halim Perdana Kusuma hanya 25 menit.
Belum lagi ke depan akan dibangun Stasiun Aeromovel di depan Gangnam District Bekasi. Aeromovel ini akan menghubungkan Bekasi, dari Bekasi Timur hingga stasiun Light Rail Transit (LTR) Cawang (LRT Dukuh Atas – Cibubur) dan jalur tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Gangnam District Bekasi akan semakin strategis sebagai sebuah hunian.


4). Shuttle Bus Gratis
Karena Gangnam Sistrict Bekasi menjadi kawasan superblok, kawasan yang dirancang secara terpadu dan terintegrasi dengan konsep tata guna lahan yang bersifat campuran, maka penghuni apartemen akan difasilitasi dan dimanjakan dengan tersedianya akses transportasi, yaitu shuttle bus gratis yang selalu siap sedia mengantar penghuni apartemen ke berbagai tujuan.
5). Fasilitas Bintang Lima
Sebagai sebuah distrik, Gangnam District Bekasi memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan apartemen. Selain pusat belanja dan resto Shopping Mall Pollux, Branded Supermarket, Fine Dining Restoran, dan Food & Bevereage Entertainment Lotte juga beberapa fasilitas lain yang setingkat dengan fasilitas hotel bintang lima yang membuat penghuni nyaman dan aman.
Sebut saja misalnya tersedianya fasilitas olahraga seperti  Jogging Track, Reflexology Path, Swimming Pool, dan Spa and Fitness Centre. Fasilitas hiburan seperti Sun Terrace Garden, BBQ Corner, Individual Entrance Lobby, dan Waterpark.

6). Type Apartemen
Gangnam District Bekasi menyediakan dua (2) type apartemen, yaitu Type Studio dengan luas 22.95 M2 dan Type 2 Bedroom dengan luas 45.45 M2. Type Studio sangat cocok buat kaum muda yang tidak suka ribet alias simpel. Sementara Type 2 Badroom cocok untuk keluarga muda yang membutuhkan 2 kamar. Dengan hadirnya 2 type ini, calon penghuni dapat memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan secara leluasa.

7). Pengembang Terpercaya
Gangnam District Bekasi dikembangkan Pollux Properties. Pengembang terpercaya yang telah dikenal di dunia properti memiliki nama besar. Pollux telah mendapat penghargaan sebagai pengembang properti yang mengkhususkan diri dalam bangunan komersial, apartemen perumahan, dan properti ritel di Asia.
Pollux fokus pada single-minded dalam menciptakan ruang kota untuk meningkatkan pengalaman hidup. Pollux membangun berbagai proyek inovatif dan menjadi pemimpin utama dalam mendefinisikan standar kehidupan kota yang berkualitas.
Pollux fokus pada kreativitas dan komitmen terhadap inovasi dan mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pengembang paling kreatif, konsisten, dan sukses di Asia.
Dengan berbagai pertimbangan di atas, rasanya layak sekali memiliki apartemen di Gangnam Distrik Bekasi karena memenuhi syarat-syarat yang perlu dipertimbangkan dalam membeli apartemen.


Cara Memiliki Apartemen di Gangnam Distrik Bekasi
Jika tertarik untuk memiliki apartemen di Gangnam District Bekasi tidak perlu khawatir, sebagai pengembang dengan reputasi nomer wahid Pollux telah menggandeng delapan (8) mitra perbankan.
Kedelapan bank mitra tersebut antara lain Bank Mandiri, BRI, BTN, CIMB Niaga, Maybank, MNC Bank, ICBC, dan Artha Graha. Kerja sama ini akan memudahkan calon pembeli apartemen di Gangnam District Bekasi dalam memperoleh fasilitas pembiayaan. Bukan apa-apa, Pollux ingin memastikan calon pembelinya terlayani dengan baik.
Membeli apartemen di Gangnam Distrik Bekasi bisa melalui beberapa cara. Antara lain Cash,  12 X Installment, 24 X Installment, 36 X Installment, 48 X Installment, dan Pengajuan KPA.

Lain-lain
Salah satu yang sangat menarik, bahkan membayangkannya pun sudah sangat menyenangkan, kolam renang infinity dan waterboom di apartemen Gangnam District nanti akan berada di lantai 9, sky garden ada di lantai 22, dan rooftop garden di lantai 53.
Gangnam District Bekasi menyediakan layanan keamanan yang super; 24 Hour Security With CCTV dan Security Acces to Lift Loby. Juga menyediakan layanan kebersihan 24 jam laundry service dengan laundromat dan 24 home care service untuk housekeeping.
Membayangkannya saja sudah sangat menyenangkan apalagi memiliki salah satu unitnya, kan? Jika sudah demikian adanya, masihkah harus ragu lagi antara memiliki rumah tapak atau apartemen? Ragu lagi untuk memilih Gangnam Distrik Bekasi sebagai pilihan utama.
@KreatorBuku
Gangnam District Bekasi
Alamat: JL Raya Siliwangi, Bekasi
Web: gangnamdistric.com
Twitter : @gangnamdistric
Facebook : Gangnam Distrik Superblok
Youtube : Gangnam Distrik
Instagram : Gangnam Distrik

Sumber visual:
1). web gangnamdistric
2). freepik

Blog Archive

Komentar