Jumat, 02 Juni 2017

5 Barang yang Harus Dibawa Saat Traveling di Bulan Ramadhan



TRAVELING bagi traveler memang tidak ingat waktu, saat Bulan Ramadhan pun terkadang ada saja ide untuk traveling. Entah masih di dalam kota atau di luar kota. Saya sih biasanya pilih-pilih saat diajak traveling di Bulan Ramadhan, bukan apa-apa bagaiman pun juga traveling pada saat Bulan Ramadhan berbeda dengan bulan-bulan lainnya, banyak hal yang harus dipertimbangkan.
Traveling pada bulan-bulan biasa tetap ada pertimbangan, hanya pertimbangannya lebih lebih simpel, cukup mempertimbangkan lokasi dan waktu traveling, maklum tidak bisa travelng tiap saat, hehehe.
Lalu apa saja yang perlu di pertimbangankan saat Traveling di Bulan Ramadhan? Bagi saya sendiri, yang perlu dipertimbangkan selain jarak, waktu tempuh, dan lokasi, juga barang bawaan. Lho, kok sampai segitunya sih, mau traveling? Namanya juga bulan penuh kemuliaan, jadi memang harus spesial. Lantas, apa saja yang dibawa saat traveling di Bulan Ramadhan?
1). Quran
Bulan Ramadhan disebut juga Bulan Quran karena pada bulan mulia inilah Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, maka sangat dianjurkan, di Bulan Ramadhan setiap saat dihiasi dengan membaca Quran. Termasuk saat traveling.
Quran saat ini bentuknya sangat beragam, kita bisa bawa Quran yang ukurannya kecil, jadi bisa disisipkan dalam travelbag, saya jamin nggak akan membuat penuh dan berat travelbag kita.
Jika tidak mau membawa Quran dalam bentuk mushaf bisa unduh aplikasi androidnya, jadi bisa baca di smartphone.

Foto Dokumen Pribadi

2). Jadwal Imsakiyah
Saat sedang Shaum Ramadhan, siapa pun perlu jadwal Imsakiyah, termasuk traveler. Kita bisa minta ke masjid-masjid terdekat di tempat tinggal kita atau minta di masjid terdekat dengan lokasi traveling.
Bisa saja kita unduh aplikasinya asal sesegera mungkin langsung disesuaikan dengan lokasi traveling supaya waktu imsak dan berbukanya tidak salah. Kan berabe kalau waktu imsak dan bukanya salah.
3). Baju Koko
Bulan Ramadhan itu Bulan Ibadah, makanya jangan sampai meninggalkan ibadah, apalagi Ibadah Shalat. Terlebih lagi, sangat dianjurkan untuk menghidupkan malam-malam di Bulan Ramadhan dengan memperbanyak ibadah. Misalnya, tarawih, tahajut, dan sebagainya.
Supaya Ibadah Shalat yang kita lakukan lebih khusuk, bawa baju yang pantas untuk Shalat seperti baju koko. Baju koko sudah sangat lazim digunakan saat shalat. Baju koko yang bersih membantu ibadah kita makin khusuk. Kalau belum punya baju koko, terdapat berbagai koleksi baju koko di zalora indonesia yang sesuai dengan selera teman-teman.


4). Kurma
Saat berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk makan makanan yang manis. Makanan yang sangat dianjurkan adalah kurma karena memiliki banyak kelebihan seperti mudah dicerna oleh perut.
Puasa atau shaum membuat perut kosong selama beberapa jam sehingga membuat metabolisme tubuh berjalan lebih lambat dari biasanya. Perut perlu  waktu beradapatasi untuk menerima makanan dan kurma mudah dicerna.


Kurma mencegah makan berlebihan karena kaya dengan serat pangan yang membuat perut merasa cepat kenyang. Gula dalam kurma termasuk karbohidrat kompleks yang dicerna tubuh secara bertahap sehingga dapat mengendalikan nafsu makan.
Kurma mampu mengganti energi dengan cepat karena gula alaminya dapat segera ditransfer ke liver dan diubah menjadi energi lebih cepat dari nutrisi lainnya. Nafsu makan juga lebih terkontrol karena tingginya serat pangan yang dimiliki kurma.
Masih banyak lagi manfaat kurma, makanya harus dibawa saat traveling supaya tidak perlu cari lagi.
5). Topi
Jangan lupa selalu bawa topi ke mana pun pergi, topi digunakan untuk melindungi diri dari panas matahari. Traveling perlu energi jadi kita harus irit energi supaya tidak batal di tengah jalan.
Paling tidak dengan bekal topi, panas matahari tidak ikut menguras energi kita yang terbatas karena harus puasa sehingga kita tetap bisa traveling tanpa harus membatalkan puasa.
Itulah lima (5) barang yang harus dibawa saat traveling di Bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat. Oh iya, selain 5 hal tersebut, kita juga harus menjaga makanan dan minuman saat berbuka dan sahur. Makan dan minumlah yang halal dan sehat agar tetap kuat menjalankan ibadah puasa dan menghidupkan Bulan Ramadhan dengan ibadah.
@KreatorBuku

11 komentar:

  1. No.1 dan 2 kalo aku biasanya tinggal lihat di hape :)

    Topi wajib banget, buat pose ala-ala. Kalo kurma aku juga doyan, sedap. Dan baju koko bisa dipake buat salat dan masuk ke tempat wisata agama.

    TFS kang

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, bener banget Mas Har, hehehe. Kapan neh traveling bareng? hehehe

      Hapus
  2. setuju sama komen di atas, no 1 & 2 biasanya ringkes di hp. klo baju koko cuma kepikir pas dipake solat aja, ga kebayang dibawa traveling. thanks infonya mas ale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Nindi, semoga bermanfaat ya

      Hapus
  3. Masih punya 4, kurang yang baju Koko belum punya... Beli ah.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, mentang-mentang yang nulis cowok ya, harusnya buat ahwat jangan lupa mukena ya, xixixi

      Hapus
  4. Makasih cikgu Alee, info yang bermanfaat banget 😉

    BalasHapus
  5. Wah makasih infonya kang..
    Perlengkapan ibadah memang jangan sampai lupa dibawa walaupun travelling

    BalasHapus
  6. Aku justru jarang bawa koko kalo pergi-pergi. Lagian bulan puasa travelingnya sih mudik :-D

    BalasHapus
  7. ramadhan malah saya jarang buat jalan-jalan kang hehe
    takut cape' - haus *alah alesan wkwk

    wah saya malah ngga ngeh masalah baju koko. sholat ya asal pakai baju/kaos yg nempel di baju aja, hehe. tapi boleh juga ding buat dimasukin list barang bawaan kalau jalan-jalan lagi, biar sholatnya makin khusyuk

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar