Selasa, 28 November 2017

Bingung Pilih Laptop yang Nyaman Dipakai? Coba Pilih Laptop Asus Aja!


BUAT saya yang kesehariannya bekerja di dunia digital, notebook itu sudah seperti istri kedua karena ke mana pun saya pergi, laptop kesayangan pasti akan ikut, hehehe. Laptop jadi alat kerja paling utama selain koneksi internet. Makanya ketika disuruh memilih laptop, saya tidak asal pilih. Saya akan mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya OS yang mensuportnya.
Saya tidak ingin kejadian seperti yang lalu-lalu terjadi lagi. Laptop yang baru saya beli, belum tiga (3) bulan sudah tidak enak digunakan. Sering nge-hang tiba-tiba atau virus bermunculan bak jamur di musim hujan.
Usut punya usut, ternyata laptop yang saya beli itu menggunakan OS bajakan. Pantas saja softwarenya tidak update secara otomatis dan tidak tahan dengan virus yang menyerang karena antivirusnya tidak terupdate.
Beruntung, hari ini, tanggal 28 November 2017 ada acara Blogger and Youtuber Gathering di Hotel Hilton Bandung. Saya dapat informasi jika Asus telah menggandeng Microsoft untuk menghadirkan solusi yang sangat menarik bagi pengguna perangkat komputasi mobile di Indonesia.
Mulai bulan November 2017 atau kwartal keempat 2017, seluruh notebook yang dikeluarkan ASUS otomatis akan  dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10, baik Windows 10 Home ataupun Windows 10 Pro. Mulai dari notebook low end entry level, mainstream, notebook high end hingga gaming.
Buat saya ini jadi kabar yang menarik karena akan melengkapi kecanggihan Asus. Selama ini Asus sendiri sudah sangat banyak berinovasi karena kecanggihan teknologi yang dimiliki. Sebut saja misalnya ASUS Splendid Display, ASUS Sonic Master, ASUS Eye Care Technology, ASUS Tru2 Life.

ASUS ROG Zephyrus GX501 Gaming Tertipis
Salah satu contoh paling terkini yang dilakukan Asus dengan inovasi dan kejanggihan teknologi yang dikerjasamakan dengan Microsoft Windows 10  adalah ASUS ROG Zephyrus GX501.
ASUS ROG Zephyrus GX501 dinobatkan sebagai notebook gaming GTX 1080 tertipis di dunia karena dimensinya hanya 14.9 x 10.3 x 0.67 ~0.7 inch (WxDxH) atau 1.69 cm.
ASUS ROG Zephyrus GX501 menjadi bukti, jika notebook gaming tidak lagi tebal dan berat seperti tahun-tahun lalu. Bahkan, diprediksi, ke depan perangkat gaming berkemampuan tinggi dengan bodi ramping layaknya ultrabook akan segera booming dan ASUS ROG Zephyrus GX501 menjadi inisiatornya.
ASUS ROG Zephyrus GX501 menjadi lebih tipis karena dukungan pembuat kartu grafis terkemuka, Nvidia yang diberi nama Nvidia Max-Q. Kartu grafis tersebut memang didesain khusus oleh Nvidia agar mampu melahirkan perangkat gaming masa depan dengan bodi sekelas perangkat ultrabook. Selain tipis, berikut ini kelebihan lain yang saya tangkap.
1). Prosesor Inter Generasi ke-7
Selain body yang tipis, ASUS ROG Zephyrus GX501 dilengkapi prosesor Intel Generasi ke-7, Core i7-7700HQ disertai sokongan kartu grafis Nvidia Max-Q GTX 1080 dengan video memori 8GB GDDR5 yang punya performa 1,8 kali lebih tinggi dari GPU Nvidia GTX 1060, yang disetting untuk memainkan game level AAA pada grafis 4K pada preset tertinggi.
2). Bandwidt 7X Lebih Besar
Ditambah memori RAM 24GB DDR4 berkecepatan 2400MHz, penyimpanan berbasis PCIe SSD bervolume 1TB yang memiliki bandwidth 7x lebih besar, 3x latensi lebih rendah dan 3,8x multitasking yang lebih kencang dari SSD berbasis SATA serta bisa diekspansi.
4). Pendingin Inovatif
Teknologi pendinginnya pun dibuat menjadi lebih inovatif, sehingga meski pun tipis tidak akan mengalami problem overheating atau panas sama sekali berkat sebuah  teknologi pendingin inovatif yang dinamakan dengan ROG Active Aerodinamic System (AAS).
ASUS ROG Zephyrus GX501 menyimpan 5 buah heatpipe yang melewati CPU maupun GPU yang akan berbagi tugas meredam panas dengan cepat saat sistem sedang full load.
Kemudian ada 71 baling-baling kipas pada tiap fan-nya yang terbuat menggunakan bahan polikarbonat yang dikristalisasi, selain itu juga sudah didukung dengan Teknologi terbaru AAS atau Active Aero System mampu meredam panas hingga 20% lebih baik ketimbang pendingin konvensional biasa.


5). Alumunium Alloy
Semua komponen dalam ASUS ROG Zephyrus GX501  dibungkus dengan bodi berbahan metal dengan senyawa magnesium aluminium alloy sehingga menjamin daya tahan serta penyebaran panasnya terjaga dengan baik.
Alumunium alloy adalah material yang kuat dan kokoh sekaligus elegan untuk digunakan sebagai pelapis notebook premium dan dapat menjaganya dari benturan ketika sedang digunakan.
6). Desain yang Menakjubkan
Notebook gaming ASUS ROG Zephyrus GX501 tidak hanya desainnya yang tipis dan teknologi pendinginnya semata. Lebih dari itu, basis desain bodi dan penampilannya pun sangat mengagumkan.
Terutama sekali terlihat pada layout keyboardnya serta chargernya memiliki daya 230W yang juga dibuat menjadi lebih kecil dari standar charger notebook gaming pada umumnya.
ASUS tidak lagi meletakan touchpad di bagian bawah keyboard melainkan mereposisinya di sebelah kanan dan secara unik menggabungkannya dengan numpad, dan tak lagi menaruh banyak aplikasi bawaan alias bloatware sehingga kita bisa lebih memanfaatkan kapasitas storage sesuai kebutuhan.
Pada saat gamer ingin menggunakan numpad untuk bermain atau keperluan lainnya, mereka hanya tinggal menekan tombol numpad/touchpad yang terletak dibagian atas touchpad. Seketika numpad akan dapat diakses dengan tombol kapasitif yang terlihat sangat keren dan memukau.

7). Layar Teknologi Refresh
Ketika dukungan chip grafis sudah memadai, ASUS juga menyempurnakan layarnya dengan teknologi refresh rate 120Hz, G-Sync, IPS panel, anti glare dan siap VR Ready sehingga dapat menjalankan game VR dengan mudah. Hal tersebut akan membantu kenyamanan dalam bermain game menjadi semakin mengasyikan tanpa terganggu screen tearing.
Sementara untuk port konektor ASUS ROG Zephyrus GX501 telah dilengkapi dengan technologi Thunderbolt 3, sehingga bisa melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 20Gbit/s atau lebih kencang dua kali lipat dibandingkan dengan USB 3.1.
8). Mode Penghemat Batere
Karena main game membutuhkan batere yang besar, maka perlu ada mode penghemat batere. Pada ASUS ROG Zephyrus GX501, disediakan ECO mode. Mode tersebut bisa menghemat konsumsi baterai hingga 4%. Sementara ketika membutuhkan performa lebih gamer bisa memilih perfomance mode.
9). Wifi Teknologi MU-MIMO
ASUS ROG Zepyrus GX501 dilengkapi dengan Wifi teknologi MU-MIMO Intel 8265 yang memiliki hingga 78% lebih kencang dibandingkan teknologi Wi-Fi yang digunakan oleh notebook gaming kompetitor.
10). Keyboard yang Nyaman
Meskipun bodinya amat sangat ramping, ASUS tetap memperhatikan salah satu aspek penting yang dibutuhkan seorang gamers, yakni keyboard yang nyaman. ASUS ROG Zephyrus GX501 memiliki fitur travel distance keyboard sebesar 1,4mm. Sementara jika dibandingkan dengan kompetitor, fitur travel distance pada Zephyrus 30% lebih baik sehingga kenyamanan mengetik pada noteboog gaming tersebut akan jauh lebih nyaman.
Asli saya hanya geleng-geleng kepala mengetahui kecanggihan yang disuguhkan ASUS ROG Zephyrus GX501. Performa ASUS ROG Zephyrus GX501 tentu saja tidak akan sempurna jika tidak menggunakan Microsoft Window 10.

Microsoft Memberi Nyawa Laptop-Laptop Asus
Asus sengaja berkolaborasi dengan Microsoft karena memang ingin lebih optimal memberikan servis kepada pengguna produknya. Selain itu ada beberapa alasan lain yang saya rasa memang sangat dibutuhkan pengguna.
Seperti yang saya alami di atas, salah satu manfaatnya adalah menjamin keaslian softwarenya sehingga laptop aman dari nge-hang dan system operasi yang digunakan tidak terupdate secara berkala.
Pengguna juga tidak perlu lagi repot-repot menginstal OS terlebih dahulu saat baru membeli notebook serta tidak menginstal ulang dari awal jika ada masalah dengan notebook yang telah dibeli, cukup me-reset OS saja.
Terlebih lagi, Microsof dengan windows 10-nya banyak sekali kelebihan. Sebut saja misalnya vitur-viturnya lebih baru dan kekinian dan keamanannya terus tercover sehingga tidak takut kena virus.

 Ada empat (4) macam kategori dari kelebihan windows 10 terkini, antara lain safer and more secure, more productive, more creative, more personal, powerfull modern divice.
Sekilas tadi saya sempat melihat vitur-vitur baru yang ditampilkan, antara lain ada windows Inking, photo remix yang bisa bikin video dengan mudah, Mixed Reality + Paint 3D + PowerPoint, Protected, dan sebagainya.

Kesimpulan
Melihat inovasi yang terus dilakukan oleh Asus serta kolaborasinya dengan Microsoft, membuat saya makin yakin, saya akan pilih Asus sebagai notebook pilihan saya ke depan.
@KreatorBuku

6 komentar:

  1. Aku mupeng laptop baru, keren ini ASUS menjawab kebutuhan blogger dengan jam terbang tinggi ya

    BalasHapus
  2. Cakep niii gandengan dengan Microsoft..

    BalasHapus
  3. Menggiurkan yaa laptop ASUS..

    BalasHapus
  4. Saya pakai laptop Asus A450L Series hampir 3 tahun, alhamdulillah tidak pernah ada masalah yang berarti. Kerja lancar tiap hari dengan Asus ^_^

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar