Tips Jadi Blogger yang Dihargai


Tips Jadi Blogger yang dihargai

ADA pertanyaan yang selama ini menggantung di benak Lelaki Berciput. Pertanyaan yang mungkin juga ada di benak para blogger. Pertanyaan bagaimana cara jadi blogger yang dihargai. Baik dihargai secara materi ataupun secara non materi.
Pertanyaan tersebut, akhirnya sedikit terkuak saat Lelaki Berciput mengikuti acara Blog Holic Bandung yang diadakan Sabtu, 9 Januari 2016 lalu di Digilife, Jalan Ir. Juanda No. 8 Bandung.
***
Sabtu biasanya Bandung macet, tetapi entah mengapa, sabtu itu jalanannya terasa lengang. Waktu tempuh dari rumah hingga daerah Dago yang biasanya dua jam hanya ditempuh dalam waktu satu jam. Jadi Lelaki Berciput kepagian deh tiba di lokasi acara Blog Holic Bandung.
Setelah parkir, Lelaki Berciput langsung masuk gedung dan registasi. Sudah ada Bang Edo salah satu pengurus Blogger Bandung dan Mbak Yayu salah satu Blogger Bandung yang ternyata datang lebih pagi. Sambil menunggu, menikmati fasilitas Digilife yang memang dibuat fun. Ada layar game besar, lumayan buat gerakin body.
Kurang lebih, seperempat jam kemudian, satu persatu peserta berdatangan, termasuk panitia dan pembicara. Ada Salman Faris, Sinta Ries, dan Putri KM. Ada satu lagi, Nunik Utami, penulis bacaan anak yang sekarang jadi seleb blogger. Eciyeeee … ini pasti karena sudah tahu, bagaimana cara jadi blogger yang dihargai.
Acara dibuka Nunik dengan perkenalan peserta supaya acara berjalan akrab dan penuh persahabatan. Tentu saja, setelah sebelumnya seluruh peserta mendapat goodie bag dan pengumuman-pengumuman penting selama acara berlansung. Setelah itu baru kemudian Salman Faris memulai sesi pertama. Salman membagi pengalamannya selama ini sebagai seorang  travel blogger dengan santai.
Sesi kedua Putri KPM, buzzer yang sudah ngebuzzer sejak aktif ngetwit. Kicauannya di microblogging berlogo burung biru itu membuat beberapa perusahaan menggunakan kemampuan ngebuzznya untuk mempromokan produk.
Sesi terakhir Sintaries berbagi tentang optimasi blog. Sebagai salah satu seleb blogger, Sintaries memang sudah malang melintang dan merasakan pahit manisnya dunia blogger, makanya wajar baru-baru ini mendapat penghargaan sebagai salah satu blogger terbaik pada kategori Best Lifestyle Blog by Blogie Award 2015.
Dari ketiga pembicara, Lelaki Berciput mendapat banyak tips dan cara jadi blogger yang dihargai. Baik secara teknis maupun non-teknis. Apa saja tips dan cara menjadi blogger yang dihargai? Berikut ini rinciannya.
Tips Jadi Blogger yang dihargai
Para Peserta Blog Holic Bandung Bareng Para Pemateri (Foto Kang Alee)

Pertama, sebisa mungkin dari awal ngeblog sudah tahu tujuan ngeblog, jangan hanya karena dunia blogger lagi kekinian, lantas latah dan ikut-ikutan ngeblog. Tujuan ngeblog bisa karena ingin berbagi saja dengan pembaca blog kita, bisa karena ingin profesional sebagai blogger, bisa juga karena ingin tulisan kita dibaca orang.
Dengan tujuan yang jelas, blogger jadi terpacu untuk terus mengasah kemampuannya. Kemampuan untuk bertanggung jawab dengan konten yang ditulis, kemampuan dalam nulis, dan kemampuan  dalam mengoptimasi tulisannya.
Salman Faris awalnya menulis gado-gado, apa pun ditulis, tetapi seiring dengan perjalanan blognya, ternyata tulisan traveling lebih banyak dia tulis hingga akhirnya focus sebagai travel blogger.
Tips Jadi Blogger yang dihargai
Salman Faris Sedang Berbagi Kepada Para Pesera (Foto Nada Firdaus)
Kedua, konsisten merawat blognya sehingga mengetahui pembacanya. Konsisten berarti mempunyai jadwal tetap untuk menulis. Bisa sehari satu tulisan, seminggu tiga tulisan, atau sebulan empat tulisan asal konsisten. Konsisten membagi tulisannya di media sosial sehingga tulisannya ditunggu pembaca dan pembaca merasakan manfaatnya.
Setelah banyak tulisan dan komentar, lama kelamaan kita tahu, siapa pembaca kita yang sesungguhnya, sehingga kita tahu dan mengenali mereka. Efeknya, apa pun yang kita tulis dilalap oleh mereka.
Putri KPM, sebagai buzzer pernah mengalami follower twitternya stagnan, sama sekali tidak bertambah. Pengalaman tersebut membuat Putri mencari cara untuk menambah followernya, salah satunya dengan mengenali siapa followernya. Setelah mengetahui followernya, baru kemudian dia mulai menjalankan aksinya, menyapa followernya sesuai dengan profil followernya. Aksi tersebut ternyata berhasil hingga sekarang menjadi buzzer.
Tips Jadi Blogger yang dihargai
Putri KM Semangat Sekali Nge-Buzz Para Peserta (Foto Kang Alee)
Ketiga, berusaha menyapa Mbah Google. Menyapa Mbah Google dengan tulisan-tulisan yang berkualitas, yang membuat Mbah Google senang membacanya. Caranya, dengan mengetahui ilmu SEO (Search Engine Optimization).
Bagi sebagian blogger, belajar SEO mungkin agak alergi karena ribet, tetapi ribet bukan berarti tidak bisa dipelajari. Paling tidak blogger tahu dasar-dasarnya dan berusaha mengoptimalkan tool yang ada dalam blog untuk mengoptimasi.
Shintaries selama menjadi blogger tidak menekankan dirinya menjadi blogger yang ahli SEO. Sinta hanya tahu, tulisannya harus dibaca Mbah Google dengan cara yang paling mudah yang bisa dia lakukan. Misalnya, setiap tulisan jangan lupa sertakan meta datanya, memperbanyak link blognya, dan membuat pembaca blognya betah berlama-lama mengunjungi blognya.
Tips Jadi Blogger yang dihargai
Sintaries Ngejelasin SEO Kayak Lagi Ngobrol, Jadi Nggak Berasa Susahnya SEO (Foto Kang Alee)
Keempat, menjaga sikap. Sepertinya profesi apa pun yang namanya sikap memang jadi poin paling penting. Percuma menjadi seleb blogger, tetapi attitude-nya berantakan. Menjaga sikap bukan berarti blogger tidak boleh ngomong kekurangan sebuah produk yang sedang dikupasnya  (misalnya), melainkan bisa ngerem supaya tidak kebablasan ketika menulis, ketika membuat status di media sosial, dan sebagainya. Pokoknya jangan sampai rem-nya blong ketika sedang gentayangan di dunia maya apalagi di dunia nyata.
Mau mendengar jika ada yang memberikan masukan pada konten blog kita. Jangan mentang-mentang blog sendiri, mau nulis sesuka hati, tanpa mempedulikan orang lain, apalagi bertujuan menyinggung orang lain.
Selama acara Blog Holic berlangsung, Salman, Putri, dan Sinta beberapa kali menekankan poin keempat ini. Salman misalnya tidak akan menceritakan apa yang tidak dilihatnya dan dirasakannya pada tulisan-tulisan travelingnya supaya tidak berbohong kepada pembacanya. Putri tidak akan sampai nyeletuk yang merusak reputasinya. Sinta tetap berbagi pengetahuannya tentang ngeblog di nama pun tanpa merasa paling jagoan.
Lelaki Berciput menarik napas panjang lalu mengembuskannya pelan-pelan seolah menyerap dalam-dalam apa yang didapat dari Blog Holic kali ini. Pertanyaan cara menjadi blogger yang dihargai terjawab sudah, buktinya senyumnya terlihat lebar.
Eh, selain empat point di atas, masih ada point-point lain yang lebih teknis yang akan dibagikan Lelaki Berciput, tetapi nanti saja, pada tulisan berikutnya. Setelah menjadi blogger yang dihargai, jadi blogger apa lagi, ya?

Lanjut bagian berikutnya di sini.
@KreatorBuku
Previous article
Next article

81 Komentar

  1. Ilmunya kereeen makasih mas alee

    BalasHapus
  2. walaupun nggak ikut kelasnya tapi tetap dapat ilmunya, makasih sharingnya mas ali,sedang ikhtiar menjadi blogger yang dihargai hehehehe

    BalasHapus
  3. Kalo saya, selain ingin jadi blogger yang dihargai, ingin jadi blogger pro dan blogger kece, Kang Ali. Haha

    Thanks for sharingnya, walo datang telat kemarin, jadi dpt ilmu jg nih dr tulisan Kang Ali. Nuhun, Kang!

    BalasHapus
  4. Jazakumullah sharingnya. Jadi berasa ikut acaranya juga

    BalasHapus
  5. Meta data itu apaan, Kang Ale? Eh... Makasiiih sharingnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Hairi ... nanti saya jelasin pada postingan berikutnya ya ... tunggu ya

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  6. Makasih banyak Kang Ale, sudah menulisaknnya dengan sangat detail dan semoga bermanafaat bagi lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mas Salman. Saya juga makasih udah boleh ikut Blog Holic. Amiiiin

      Hapus
  7. Wih, sumpah keren banget ulasannya, Mas Ali. Terima kasih informasinya. Jadi banyak tahu. Tahu banyak. :D

    Saya tunggu informasi menarik lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, jadi malu neh ....
      Semoga bermanfaat Key.

      Hapus
  8. Makasih Kang Alee. Jadi kbagian serunya+ilmunya. Saya punya pertanyaan yg sama kayak Mbak Hairi Yanti, meta data iku opo yo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Ade. Tunggu postingan berikutnya ya

      Hapus
  9. Kadang2 ada juga yg bikin post blog kontroversi lalu jadi viral...kayanya ini termasuk tips jadi blogger dihargai gak ya? :)
    Btw...thanks sharingnya kang ali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kontroversi selagi dipertanggung jawabkan nggak apa-apa Mbak Elyta, hehe.
      Makasih udah mampir ya

      Hapus
  10. Whah seneng deh bisa kenal blogger Bandung yang ramah-ramah. Aku blogger mana ya,,secara nomaden hahah.

    Ditunggu lanjutannya Kang :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger Indonesia, hehe
      Emang asli mana?

      Hapus
    2. asli Pekalongan, pernah di Bogor, dan sekarang kos di Bekasi. iya blogger Indonesia

      Hapus
  11. Kang Alee tambah keren ngeblognya karena gak henti2nya belajar per-blogan. jempol deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar dari gendongan sampai liang lahat, hehehehe.
      Sip Lina

      Hapus
  12. sangat menarik, saya di Bandung kalau ada yang kayak gini sepertinya menarik hehe

    BalasHapus
  13. Kang alee, bagaimana caranya biar dapat teman banyak di blog? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya ikut komunitas Blogger Mas Tio. Hayuk ikutan

      Hapus
  14. Waah dapat ilmu baru... saatnya memantaskan diri jadi blogger biar dihargai :)

    makasih kang Ali

    BalasHapus
  15. makasih sare-nya... eh share-nya .... :)

    BalasHapus
  16. Waa. Makasih sharenya ms ali. Jadi semangat bloging

    BalasHapus
  17. Bermanfaat sekali. Jadi pengen segera memperbaiki blog dan fokus tujuannya. :D

    BalasHapus
  18. Alahmdulillah, bisa ikut dapat ilmunya. Ditunggu tulisan lanjutannya, Mas Ali

    BalasHapus
  19. Terima kasih sudah datang dan meramaikan #BlogHolicBDG kang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Putri ... suka lupa ... Putri KM and Putri KTP, hehehe

      Hapus
  20. Waduh kelewat nih jadwal blogholik

    BalasHapus
  21. Pengen banget deh acara beginian kapan ya dikotaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Colek twitter temen-temen Blogger hebat itu, hehe

      Hapus
  22. Reportase nya bagus banget mas. Saya membaca pelan pelan sampai tuntas. Terimakasih sharingnya y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak ... masih belajar, moga bermanfaat

      Hapus
  23. Halo Kang Ali, salam kenal. Saya Lia yang semobil pas event jalan-jalan ke Pasar Ah Poong bareng Toyota beberapa waktu yang lalu hehehe :D

    Kunjungan perdana nih. Terima kasih juga udah di share acaranya. Kebetulan saya gak bisa ke Bandung tanggal tersebut.

    Sukses terus Kang! Semoga kita bisa jadi blogger yang dihargai pembaca dan brand ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Lia, apa kabar?
      Siap, semoga secepatnya jadi blogger yang dihargai, hehe

      Hapus
  24. ASYIIK ADA RANGKUMANNYA. KEREN KANG. SOK LANJUTLAH HEHEHE...

    BalasHapus
  25. Kang Alee, thanks buat sharingnya. In sya Allah manfaat banget buat saya yang sedang merintis personal blog, meskipun masih belum punya branding dan nulis asal2an. Mudah2an lama kelamaan bisa nyaingin Kang Alee dan Kang Arul.. hehe

    BalasHapus
  26. halo kang alee.. :)
    senangnya bisa ketemu idola dari jaman smp hihihi
    makasih sharingnya ya mas.. :)

    BalasHapus
  27. Daging nih.... hihihihi... nuhun kang...

    BalasHapus
  28. mantap terima kasih atas infonya mas. informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan skill kepenulisan dalam dunia blog :D salam kenal mas

    BalasHapus
  29. Tips yang bermanfaat. Apalagi yang disuruh ngerem itu. Sukanya memang kebablasan attitude kita, ngerasa kaya orang biasa yg ngga pnya blog. Padahal, dr kita pny TJ besar lewat tulisab blog kita

    BalasHapus
  30. Terima kasih Ilmunya mas Alii Muakhir.. Benar2 bermanfaat buat saya yang masih kurang semangat ngisi Blognya.

    BalasHapus
  31. Menurut saya, Kang Ali sudah jadi blogger yang profesional loh :)

    Selain sharing hasil belajar, tulisannya ini sudah full SEO. Mantap sekali Kang.

    Saya masih malas menerapkan garis bawah, ditebalin, link dkknya. Huhu. Padahal harus ya kalau mau dikenali Google? :)

    Nah, meta data bisa dimasukkan tidak Kang di WordPress gratisan?
    Mohon dibagi ilmunya ya :)

    Nuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar-belajar-belajar, hehe
      Meta data di WP kurang tahu, tapi ada toolnya kok, nanti saya posting detilnya satu-satu ya

      Hapus
    2. imazahra: bisa. di bagian bwah postingan wordpress.com itu kan ada kolom "excerpt" nah masukkan summarry singkat / inti tulisan kita di kotak tsb. jangan lebih 100 kata. kalo bisa sih ada kata kunci yg mau dibidik di dalam artikelnya.

      sip?

      Hapus
  32. Nah ini yg masih perlu ditingkatkan adalah konsistensi dalam update blog dan SEO huehue ... Thanks for sharing ya :-)

    BalasHapus
  33. Mantap. Makasih sharingnya Lelaki Beciput, eh, Kang Alee. Dapet ilmu banyak nih. Ditunggu postingan selanjutnya.

    BalasHapus
  34. enaknya di kota-kota bisa gbung komunitas blog.. kita di pelosok sperti nulis sendiri, musti gencar share backlink di sosmed dah :D hehe

    BalasHapus
  35. Waah mau dihargain berapa ya... Hihi.... Sy bnyk belajar tp pas nulus mah lupa ilmu na da... Sret sret wee.. Hehe.. Nuhun sdh dirangkumin ya kang

    BalasHapus
  36. Wah, kemaren gak sempet datang ke sini nih gegara diajak teh Nchie ke acaranya Yamaha. Hehehe...

    Tapi, terbayarkan deh setelah baca postingannya Kang Ali ini. :D

    BalasHapus
  37. Makasih banget sharenya, inspiratif dan sangat bermanfaat "suhu" :-) tulisan ini jadi memacu semangat saya tuk belajar dan terus membenahi blog, makasih banget :-)

    BalasHapus
  38. harusnya perlu baca ulang tulisan ini, point no 4 lagi krisis nih hahaha

    BalasHapus
  39. Makasi banyak sharingnya mas Ali... Baru aja tadi pagi punya pertanyaan yang mirip banget dgn judul tulisannya...eh, nemu artikelnya. 🙏🙏🙏

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel