Fitur dan Plugin Keren yang Bisa Digunakan Saat Ngeblog di Wordpress




MAU ngeblog, tetapi bingung mau mulai dari mana? Awal-awal saya ngebog juga bingung, sampai akhirnya teman menyarankan memulai ngeblog dengan memilih platform. Dulu banget, dan mungkin sekarang juga mungkin tambah banyak banget platform untuk ngeblog, kita tinggal pilih yang cocok buat kita.
Platform buat ngeblog yang kemudian saya kenal dengan CMS (Content Management System), salah satunya adalah WordPress Hosting.  Hingga sekarang saya masih menggunakan Wordpress untuk salah satu blog saya karena banyak fitur dan plugin populer yang bisa digunakan.
Sebut saja misalnya WP SEO by Yoast, WP Super Cache, Jetpack, Akismet, Wordfence dan fitur serta plugin lainnya. Saking banyaknya fiur dan plugin saya sampai bingung mau pakai yang mana, akhirnya saya pakai sebanyak yang saya bisa, hehe.
Seiring dengan berkembangnya pengetahuan saya tentang dunia bloging, saya akhirnya hanya pilih beberapa fitur dan plugin saja, terutama fitur dan plugin yang penting dan dibutuhkan, fitur dan plugin yang keren. Sebelum saya bahas plugin, berikut  ini fitur keren yang bisa digunakan;



1). Post Section
Fitur ini penting karena memudahkan saya untuk melihat artikel yang sudah saya posting. Ada beberapa sub plugin yang ada pada Post Section, seperti All Post yang berfungsi untuk melihat keseluruhan isi post, Add-new untuk menambahkan post baru, Categories yang dapat digunakan untuk melihat seluruh kategori sekaligus menambah kategori baru, dan Tags yang merupakan tempat seluruh tags yang berada di dalam artikel.
2). Pages Section
Fitur ini hampir sama dengan Post Section, bedanya di sini tidak ada struktur kategori pada Post. Fitur ini mempunyai fungsi untuk menampilkan sitemap, privacy policy, contact, about us, dan lainnya.
3). Media Section
Kemudian ada fitur Media Section, fungsinya untuk melihat seluruh gambar yang sudah kita post di dalam WordPress. Melalui fitur ini kita bisa menambahkan, mengedit, dan menghapus gambar tertentu.
4). Comments Section
Sesuai namanya, fitur ini memang dibuat untuk comment atau komentar yang mengomentari artikel yang kita publish. Dengan fitur ini, kita bisa mengatur, apakah komentar yang akan masuk akan di-filter terlebih atau otomatis ditampilkan ke publik tanpa harus mendapatkan approval? Kalau saya pilih difilter biar tidak ada spam mengotori blog kita.
5). Appearance
Fitur ini sangat penting menurut saya karena digunakan untuk meletakkan template yang menjadi tampilan blog kita. Dengan plugin ini, kita bisa melakukan editing themes atau mengubah template sedemikian rupa, dan mengunduh berbagai jenis template yang disediakan Wordpress.
6). Users
Fitur ini fungsinya untuk melihat user blog dan mengatur tingkatan hak akses user untuk login ke dalam website. Dengan menggunakan fitur ini kita bisa mengubah password dan mengatur keamanan blog.
7). Tools
Fitur ini meski jarang digunakan, tetapi penting karena dengan fitur ini kita bisa melakukan export maupun import seluruh isi blog saat kita akan berpindah platform. Keren banget, kan?
8). Settings
Fitur ini penting dikuasai para blogger yang menggunakan platform Wordpress atau yang lainnya karena dengan fitur ini kita bisa mengatur fungsi operasional WordPress, menginstal berbagai plugin, dan mengatur plugin.
9). Plugins
Yang tidak boleh lupa, fitur plugin, fitur untuk mengatur semua plugin yang disediakan Wordpress. Plugin yang sangat mendukung performa blog kita. Dengan fitur ini kita bisa menghapus, menambah, dan mengunduh plugin yang tersedia di website resmi WordPress.


Plugin-Plugin Penting yang Jarang Digunakan
Seperti yang saya ceritakan di awal, selain fitur ada banyak sekali plugin yang bisa digunakan untuk menambah keren performa blog kita. Salah satunya plugin-plugin penting berikut ini. Meski penting, plugin-plugin ini jarang banget digunakan. Sayang banget, kan? Berikut ini plugin yang saya maksud;
1). Elementor Page Builder
Plugin ini sangat penting fungsinya sangat urgent karena dengan menggunakan plugin ini yang satu ini kita membantu kita saat proses mendesain halaman blog. Manfaatnya pun sangat banyak, di antaranya;
-Bisa digunakan untuk membuat halaman depan blog dengan tampilan yang profesional
-Memiliki opsi instant edit dan loading options yang bisa digunakan untuk mengubah blog kita menjadi lebih keren
-Menyediakan lebih dari 30 pre-built template
-Kita bisa membuat dan menyimpan template buatan kita
-Kita bisa melacak setiap perubahan yang dibuat dan dapat mengulang kembali dari awal
-Ini yang peling penting, desainnya lebih responsif
2. Plugin Autoptimize
Plugin ini berfungsi untuk melakukan optimasi halaman blog kita, supaya saat membuka bisa lebih cepat misalnya. Ada beberapa fitur utama yang ada di plugin ini, sebut saja misalnya fitur minifies, compress, cache untuk Javascript (JS), HTML dan CSS Code.
Plugin yang satu ini telah dilengkapi dengan API yang powerful sehingga kita bisa melakukan kustomisasi plugin sesuai keinginan. Selain itu mampu mengumpulkan dan mengecilkan ukuran JavaScript, HTML, serta CSS code yang terdapat pada sebuah website.
3. Plugin Recent Posts Widget With Thumbnails
Plugin ini berfungsi untuk menampilkan konten terbaru di blog kita. Tampilan konten berbentuk thumbnail dan judul artikel saja. Mampu menampilkan excerpts posting terbaru, dan bisa memilih gambar yang ditampilkan sebagai thumbnail.
Tuh kan, ternyata banyak sekali yang disediakan Wordpress untuk blog kita, makannya sayang banget kalau sudah tahu fitur dan plugin keren yang telah disediakan, tetapi kita tidak mengoptimalkannya.
Terus, kalau mau ngeblog jangan lupa pakai Hosting Indonesia, biar gampang kalau ada apa-apa. Selamat ngeblog!

Visual dari: freepik


Previous article
Next article

16 Komentar

  1. Saya pake hosting tetangga sih, tapi ada rencana bikin blog satu lagi join bareng temen, blog UKM gitu, ntar aku coba di Qword ah, tapi nunggu pas promo aja, hehehehe

    BalasHapus
  2. Saya tuh masih bingung dengan yang namanya fitur dan plugin. Jadi lebih memilih bertahan di platform sebelah. Padahal kalau dilihat memang desain dari blog di platform wordpress memang kece bin keren.
    Kayaknya nanti harus meluangkan waktu khusus untuk mempelajarinya, deh!

    BalasHapus
  3. Hmmm, miminya suka pake Wordpress katanya. Tapi kok posting ini di platform blogger.com. Hehehe.
    Oh iya, diantara plugin-plugin yang free, biasa itu sering selalu minta update. Kalo gak update, kadang2 blognya hilang dan harus dua kali reload. Itu yg sngat menyakitkan.

    BalasHapus
  4. Makasih infonya Mas Ali, bermanfaat sekali bagi pengguna Wordpress kayak saya, walaupun sejak awal ngeblob pakai WP tapi kayaknya pengetahuan segitu-gitu aja, tapi memang udah cinta sih sama WP jadi dijabanin aja wkwkwk

    BalasHapus
  5. aku dari dulu ngeblog pakai blogspot, jadi memang nggak tau menau fitur dan pligun di wordpress. pernah sih nyoba pengen punya blog di wordpress, cuma ya ini satu blog aja jarang keurus hehheee..

    BalasHapus
  6. Aku sendiri orang baru nih di wordpress. Masih belom banyak tahu dan kudu belajar satu satu. Banyak elemen yang masih membuat bingung. Semoga bisa akubpraktekin deh ilmunya

    BalasHapus
  7. Di salah satu media yg pakai wordpress, aku pakai jetpack gt jd lebih mudah kalau nganalisis SEOnya. Tp aku lg nyari buat blogspot aku nih heheuuu otw

    BalasHapus
  8. Aku kalau buka wordpress belum berani otak atik ini itu. Blm paham padahal udah lama pakai. Kapan2 kalau nganggur mau coba deh lumayan buat update blog

    BalasHapus
  9. Menggunakan plugin di wordpress sangat membantu banget untuk memperlancar menulis dan membantu untuk belajar menulis juga kan

    BalasHapus
  10. Bikin galau nih karena ternyata banyak fitur dan plugin keren di WP.

    Kebetulan kalau aku dari awal pakai blogspot karena memang lebih terlihat be a pro kata netizen. Cuma emang ribet sih kalo udah berurusan sama template atau codingnya gitu..

    Enakan pindah atau buat blog baru yaa di WP??

    BalasHapus
  11. Makasih sharingnya kang, kebetulan dari beberapa rekomendasi.. ada yang belum pernah widya pake pluginnya, kaya plugin recent post widget with thumbnail :D

    BalasHapus
  12. Page builder itu yang sering disebut blog geser2 bukan sih? Yg dipakai sama blogger lomba2 itu hehe :D
    Aku skrg gk terllu banyak install plug in, kang yang penting2 aja biar gak terlalu berat aja sih :D

    BalasHapus
  13. Whahaa . Iya kang ini elementor aku ongen bgt belajar ,tp skrg sedang blm ada waktunya. Penasaran sm tmpilan ciamiknya

    BalasHapus
  14. Karna Eny gk pernah pake wordpress rasanya tabu bgt 😂 maklum newbie kak, tapi keren juga yah ternyata fitur2nyaa ntar nyoba ah belajar main WP

    BalasHapus
  15. Anda yg mau bersedia jadi guru ? Saya mencari guru yg mau mengajari SEO. Terima kasih

    BalasHapus
  16. terimaksih atas penjelasan di atas, artikel ini sangat membantu

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel