Traveling Perlu Asuransi Juga, Lho



SIAPA neh yang suka traveling? Saya yakin semua teman-teman saya pada suka traveling karena sudah menjadi kebutuhan bahkan sudah jadi gaya hidup. Kalau belum traveling rasanya belum lengkap, hehehe.
Apa lagi, saat ini yang namanya traveling sangat dimudahkan. Tinggal duduk manis di depan laptop, buka-buka destinasi yang diincar, atur jadwal, cari tiket dan akomodasi secara online, pergi jalan-jalan, deh.
Sayangnya, hingga saat ini masih banyak teman-teman traveler ketika traveling tidak memperhatikan asuransi perjalanan. Padahal, menurut saya, sebagai bagian dari menjaga diri, asuransi perjalanan penting.
Kita nggak pernah tahu kan, apa yang akan terjadi ketika kita dalam perjalanan? Walau pun tidak berpikir negatif, kita perlu berjaga-jaga. So, bagi traveler, asurasi perjalanan penting.


Eh, tapi kan kita punya BPJS Mas? Memang benar, sekarang semua orang Indonesia sudah punya asuransi BPJS, tetapi BPJS ternyata belum cukup karena tidak semua bisa di-cover, makanya perlu asuransi tambahan.
Saya dan seluruh keluarga kecil saya juga punya BPJS, bahkan hampir tiap minggu minggu digunakan, terutama untuk kontrol gigi dan kesehatan anak-anak yang memang sedang berkembang. Saya berkali-kali menggunakan BPJS juga jika sakit dan semua baik-baik saja.
Akan tetapi, kalau sudah urusan akan melakukan perjalanan saya tetap membutuhkan tambahan asuransi selain BPJS, yaitu asuransi perjalanan.
Saya paham, asuransi perjalanan memang tidak sepopuler asuransi-asuransi lainnya, dibelinya pun pada saat akan melakukan perjalanan saja, jadi sangat wajar jika kurang populer.


Saya pun awalnya tidak begitu peduli dengan asuransi perjalanan, tetapi setelah mengalami kejadian yang cukup mengerikan saat melakukan perjalan ke sebuah pulau, saya jadi kapok.
Bayangin, di atas udara tiba-tiba mesin pesawat ngandat, tabung-tabung oksigen otomatis keluar dari tempatnya. Semua penumpang panik dan mengenakan tabung oksigen. Beneran, saat itu yang terbayang istri dan anak-anak di rumah.
Sejak itu, setiap akan melakukan perjalanan, usahakan selalu pakai asuransi perjalanan. Apalagi saat ini ada cara yang simpel dan mudah cari asuransi perjalanan, bahkan kita bisa beli sesuai kebutuhan, hehehe.



Manfaat Asuransi Perjalanan
Mengapa sih, kalau akan melakukan perjalanan atau traveling perlu asuransi perjalanan? Karena asuransi perjalanan ada banyak manfaatnya. Paling tidak ada 5 manfaat yang bisa kita dapatkan;
1). Menanggung Biaya Medis
Kita memang tidak pernah menginginkan kejadian yang tidak mengenakan saat melakukan perjalanan atau traveling, tetapi namanya sakit tidak pernah lihat waktu kan? Nah, jika dalam perjalanan kita sakit dan perlu perawatan medis, asuransi perjalanan akan menanggung biayanya.
2. Sumbangan Atas Kematian
Kita tidak pernah tahu kapan akan meninggal, entah lagi leyeh-leyeh di rumah, lagi makan enak, atau dalam perjalanan, kematian bisa saja terjadi. Nah, jika dalam perjalanan kita tiba-tiba harus menghadap yang Mahakuasa, maka asuransi perjalanan akan memberikan sumbangan atas kematian kepada ahli waris kita.
3. Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan
Kita tidak pernah tahu saat dalam perjalanan tiba-tiba pesawat atau transportasi yang kita gunakan tiba-tiba membatalkan keberangkatan karea alasan teknis dan sebagainyanya. Hal ini tentu sangat merugikan kita, kan?
Nah, jika hal tersebut terjadi, asuransi perjalanan akan memberikan kompensasi atas keterlambatan atau pembatalan perjalanan kita, lho, jadi kita nggak rugi. Kompensasi biasanya berupa penginapan gratis selama menunggu penundaan.
4. Ganti Rugi Kerusakan Bagasi
Kita tidak pernah tahu ketika dalam perjalanan mengalami bagasi kita mengalami kerusakan atau malah hilang. Nah, asuransi perjalananan akan mengganti semua kerugian yang kita alami atas kerusakan atau kehilangan bagasi kita.
Kompensasi lainnya seperti kerugian akibat bencana alam dan sebagainya, semua tergantung dari pilihan asuransi yang kita beli. Kalau lihat manfaatnya, asuransi perjalanan emang bermanfaat banget, kan? Selain asuransi perjalanan, yang menurut saya penting asuransi jiwa.


Kalau sudah seperti ini, masa sih, kita melakukan perjalanan tanpa asuransi perjalanan? Padahal sudah sangat jelas manfaatnya. So, mau aman dan nyaman saat melakukan perjalan atau traveling? Pastikan punya asuransi perajalanan.

Previous article
Next article

14 Komentar

  1. Terkadang asuransi suka aku abaikan mas, padahal penting banget, ya. Huhuhuhu mulai sekarang harus banget siiih ini punya asuransi, Mas.

    BalasHapus
  2. Saya pernah pakai asuransi perjalanan mas waktu itu kebetulan ada tugas ke luar negeri. Sengaja pakai asuransi perjalanan karena kalau ada apa-apa biar tertanggung. Paling sepele ya takutnya koper ketinggalan waktu transit gitu kan bahaya juga wkwkw

    Tapi kalau traveling dalam negeri jarang bahkan belum pernah sih saya mas

    BalasHapus
  3. Kalau perjalanan rada jauh, atau ke luar negeri memang wajib ya, harusnya ga hanya di asuransi pesawat tpi juga pas di destinasi tujuan agar terlindungi.

    BalasHapus
  4. Iyah, beneran asing banget kang soal asuransi perjalanan
    Ternyata juga sama pentingnya seperti asuransi kesehatan pada umumnya. Setuju juga, kalau BPJS ga bisa meng-cover seluruh kebutuhan kesehatan kita, makanya penting punya asuransi ya kang,

    BalasHapus
  5. Asuransi perjalanan penting bgt mas, apalagi klw Menanggung Biaya Medis ini bagian terpenting, karna selama perjalanan kita tidak tahu musibah apa yg terjadi. Tapi semoga dlm perjalanan selamat dijalan. Amin.

    BalasHapus
  6. Biasanya kalo kita beli tiket itu uda include asuransi perjalanan kan ya? Tapi ada juga sih yang terpisah biasanya optional

    BalasHapus
  7. Setuju bahwa orang yang hobi bepergian atau yang pekerjaannya mengharuskan bepergian tuh wajib punya asuransi perjalanan. Doanya ya selalu selamat sampai pulang. Tapi kan kita enggak pernah tahu kondisi jalan ya

    BalasHapus
  8. Dalam namanya perjalanan, mau ke manapun kita, memang namanya asuransi sangatlah diperlukan. Tidak ada hal yang bisa diduga. Tapi, di fotonya, kenapa aku tertarik dengan asuransi buat tipus ya? Hmm...

    BalasHapus
  9. Perlu banget asuransi perjalanan ini ya Mas... untuk mengelola risiko yang sebelumnya tidak dapat dibayangkan...

    BalasHapus
  10. Kadang gak kepikiran sih buat asuransi perjalanan, tapi habis membaca cerita mas itu, Ada benarnya juga, mesti harus lebih aware buat segala hal jenis asuransi.

    BalasHapus
  11. Aku setuju mas untuk ini, memang kita memerlukan asuransi saat traveling karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi nanti

    BalasHapus
  12. Setuju banget, apalagi aku sering banget ngalamin kejadian yang kurang asik saat traveling seperti sakit sampai yang paling parah kerampokan. emang wajib ini supaya kalau ada masalah ada yang cover

    BalasHapus
  13. Asuransi perjalanan emang sangat dibutuhkan apalagi kalau jalan keluar negeri atau jalan ke lokasi yang agak ekstrem ya kang. Buat jaga2, ikhtiar, yaaa namanya juga nasib di tangan Tuhan :D

    BalasHapus
  14. Pernah ngalamin naik pesawat sampai kaya gitu, Kang?
    Subhanallah....gak kebayang gimana ngerinya.
    Kalo gitu, jadi ingat keluarga di rumah yaa...

    Ada Asuransi traveling, jadi tenang.

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel