Lima Cara Mudah Meningkatkan Traffic di Blog atau Website



SALAH satu aktivitas yang harus dilakukan pasca mempublikasikan tulisan di blog atau website yang tidak boleh dilewatkan adalah menyebarkan tulisan tersebut ke dunia maya untuk meningkatkan traffic blog atau website yang kita miliki. Sayang kan, sudah nulis optimal, tetapi tidak ada yang baca, hehehe.
Saya sendiri kalau sudah mempublikasikan tulisan, saya tidak akan membiarkan tulisan sepi pembaca. Bukan apa-apa, bagaimana pun juga ketika kita yakin tulisan kita bermanfaat, sayang sekali jika tidak dibaca banyak orang.
Seperti baru-baru ini, saya menulis tentang pentingnya literasi keluarga, yang saya angkat adalah salah seorang remaja penulis, pegiat literasi, dan aktivis sosial. Karena tulisan tersebut bermanfaat, sebisa mungkin saya infokan ke siapa pun untuk membaca tulisan tersebut. Efeknya baru beberapa hari pengunjung membludak. apalagi saya pakainya Hosting Indonesia, lho, jadi cukup terdukung. Oh iya, tulisannya bisa dibaca di sini, klik aja.
Menyebarkan link tulisan yang kita publish di blog atau website bagi saya, menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pembaca dan juga pengunjung blog atau website kita. Cara ini menjadi salah satu cara yang paling efektif meski pun emang kadang melelahkan, hehehe.
Ada sih, cara yang tidak melelahkan untuk mengundang traffic, caranya dengan memasang iklan. Cara ini biasa dilakukan perusahaan-perusahaan besar. Saya juga beberapa kali pakai cara ini, terutama ketika benar-benar tidak punya waktu untuk berbagi link tulisan.
Selain dua (2) cara di atas, paling tidak ada lima (5) cara lainnya yang bisa dioptimalkan untuk mendatangkan pengunjung atau traffic pada blog atau website kita.



1). Menyuguhkan Artikel Berkualitas
Artikel berkualitas yang saya maksud adalah artikel yang tidak hanya enak dibaca, melainkan juga artikel yang memenuhi kriteria bagus menurut Mbak Google. Biasanya artikel yang klikable.
Cara mengetahui artikel yang enak dibaca, biasanya artikel tersebut temanya sesuai dengan momentum, edukatif, sesuai dengan pembaca blog/website kita, syukur-syukur artikelnya timeless alias bisa dibaca sepanjang masa.
Sementara cara mengetahui artikel yang bagus menurut kriteria google, kita bisa mencari kata kunci yang banyak dicari pembaca menggunakan bantuan keyword planner yang diberikan oleh Google.
2). Menempatkan Kata Kunci dalam Artikel
Dalam blog saya, ada beberapa artikel yang sampai sekarang visitornya nggak pernah surut, bahkan ada yang sudah lebih dari 3 tahun tetap berada di halaman pertama google alias page one.
Artikel-artikel tersebut memang selain ditulis dengan baik, saya mencoba memasukan kata kunci pada artikel-artikel tersebut. Saya memang bukan ahli Search Engine Optimization (SEO), tapi nggak salah kan, kalau tahu, walau sedikit?
Cara yang saya lakukan sangat sederhana, setelah menulis artikel yang kita inginkan secara optimal, saya masukan kata-kata kunci pada beberapa bagian artikel seperti pada judul, paragraf pertama, paragraf tengah, dan paragraf akhir. Setelah menerapkan cara tersebut, ternyata efektifnya positif. Traffic blog stabil dengan artikel-artikel tersebut.


3). Menyebarkan Artikel di Media Sosial
Menyebarkan artikel melalui media sosial saat ini menjadi salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan blogger atau pemilik website. Paling tidak dengan menyebarkan artikel yang telah kita tulis di media sosial, follower kita tahu kalau ada artikel baru di blog/website kita.
Saya biasanya menyebarkannya di wall facebook dengan mengetag beberapa teman, dengan harapan, teman-teman kemudian menyebarkannya kepada followernya. Kebayangkan, berapa banyak yang tahu artikel kita kalau semua follower kita merepostnya?
Saya juga terkadang membuat kulwit di akun twitter dengan menyertakan link pada setiap kultwit. Tentu saja kultwitnya harus sesuai dengan isi artikel, ya, bukan kultwit kaleng-kaleng, hehehe. Nggak usah malu, walau kita pakainya Hosting Murah.
4). Ikut Group Blog Walking
Dengan semakin menjamurnya akun-akun blog atau website baru, otomatis persaingan semakin menantang, kalau kita tidak pintar-pintar mengelolanya, blog atau website kita akan habis. Supaya tidak terimbas, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah ikut group-group blog walking.
Group-group tersebut saat ini menjamur di group whatsaap, biasanya member group para blogger yang memang aktif ngeblog. Pada hari-hari tertentu atau jam-jam tertentu member membuat list artikel terbaru. Nah, kesempatan baik ini sangat sayang kalau dilewatkan.
Selain member akan membaca artikel kita, member juga meninggalkan jejak dengan memberikan komentar positif. Tidak jarang lho, member karena terkesan dengan artikel kita lantas menyebarkan pula di media sosialnya.


5). Bangun Backlink
Blogger pasti tahu apa itu membangun backlik atau menempatkan link pada blog atau website orang lain yang mengarah pada artikel yang kita tulis atau pada blog atau website kita.  
Cara ini sudah dilakukan para ahli SEO dari jaman dulu kala karena memang terbukti efektif. Syaratnya adalah membangunnya dengan cara yang organik, bukan cara yang non-organik alias membeli backlink.
Cara ini selain meningkatkan traffic pada blog atau website kita, juga akan meningkatkan domain autority blog atau website kita. Domain authority adalah sebuah website metric yang menjadi ukuran kepercayaan dari blog atau website.
Ukuran tersebut berdasar pada rujukan yang berasal dari mesin pencari dan pengguna. Domain authority menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi trafik dan ranking dari sebuah website.
Fhuih ..., begitulah lima (5) cara yang saya lukakan untuk meningkatkan traffic blog atau website yang saya lakukan. Semoga bermanfaat gaesss.


Sumber Foto:
Dokpri dan FreePik

Previous article
Next article

59 Komentar

  1. Tips yang keren dan luar biasa. Kalau soal SEO, saya masih kudu banyak belajar nih. Soalnya masih banyak PRnya. DA blog juga sempat turun gara2 3 bulan gak ada aktivitas ngeblog. Kudu konsisten menuliskan postingan berkualitas...

    Makasih mas Ali...

    BalasHapus
  2. Nambah ilmu seputar traffic blog. Yang sulit itu adalah membuat pembaca mengunjungi kembali blog kita, biasanya hanya sekali, itupun karena tuntutan blogwalking hehe..

    BalasHapus
  3. Sip,makasih tipsnya Mas Ali ... Kerbang alias keren banget. Tp akutu masih abu² yg soal menempatkan backlink di website nya org lain. Kan org lain jg udah woro² ngelarang jangan tinggalkan link hidup ya. Gitu. Nah gimana tuh.

    Oya, komen Mas Ali di blogku bikin ngakak lohh, aku tu buibu anak 4. Nama blognya aja yg fadlimia, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, menempatkannya yang organik aja, misal gues postingan.
      Hihihi, kalau ngagak berarti bahagia dong, asyiiik dapat pahala

      Hapus
  4. Cara yang jitu untuk menaikkan traffic, Kang Ali. Utk SEO, walau dikit, saya berusaha juga terapkan cuma belum serius meriset keyword-nya.

    BalasHapus
  5. Aku selalu berhasrat kasih tulisan yg bermanfaat untuk pembaca.
    Tapi kadang yaaaaa gampang2 susah nih Kang.
    Makasiiii tipsnya ya Kang
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. Info dan ilmu yang bermanfaat banget semga bisa aku terapin di blog aku

    BalasHapus
  7. Tapi kang Ali, kalo kita menempatkan back link di Web orang lain, takutnya orangnya marah karena beberapa jadi link error. Jadinya menurunkan DA orang tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan kita bisa nempatin pada tempatnya, buka di body komen. Bisa juga barter artikel

      Hapus
  8. terimakasih bang Ali..
    beberapa sudah saya lakukan..
    dan beberapa blum...
    segera diberlakukan hehehehe

    BalasHapus
  9. Tipsnya keren nih. Ada beberapa yg sdh ku lakukan, ada yg blom. Tfs mas

    BalasHapus
  10. Saya juga rajin share link blog di medsos, Kang Ale. Soalnya kan, harus rajin promo juga. kata teman blogger, jangan bosan, walau link itu sudah sering dishare. Dan tips-tips ini keren sekali, Kang. Saya sudah mulai pelan-pelan menerapkan dalam blog saya. Haturnuhun sharenya, Kang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. idem nih, saya juga sering share link di medsos, biar makin banyak yang mengunjungi

      Hapus
  11. Dulu saya agak ragu buat gabung grup blog walking, enggak pede dengan tulisan sendiri dan takut gak bisa konsisten, tapi sekarang diberani-beraniin dan Alhamdulillah, kerasa banget efeknya buat traffic blog hehe

    BalasHapus
  12. 5 Cara di atas emang efektif banget untuk naikin traffic blog kang. tapi seringnya yg digencarkan tuh ya selain share sosmed juga ikutan blogwalking itu hehee
    Btw aku juga pakai jasa dari Qwords hehehhee

    BalasHapus
  13. Aku masih belajar banget nih soal ini, kadang untuk keingetan pakai kata kunci aja suka lupa.Kalo buat back link soon di next artikel coba ahhh... Thankyou yah kak sharingnya 🤗

    BalasHapus
  14. Maksutnya memasukan kata kunci itu seperti apa mas? Saya baru belajar nge blog, pv perbulan masih dibawah 200

    BalasHapus
  15. Tips yang bermanfaat, Mas. Saya masih perlu banyak belajar lagi soal SEO dan masih mengandalkan sosmed sharing, BW dan artikel dengan tema yang banyak dicari. Bisa nih dicoba tips backlink juga

    BalasHapus
  16. benar-benar bermanfaat sekali, soalnya aku kan newbie dalam ngeblog dan suka tidak memperhatikan traffic. Makasih atas sharenya, keren dan ya aku juga sudah ngikuti tips blog walking lho, meski baru saja

    BalasHapus
  17. Aku nih paling males banget ngejalanin nomor 3. Padahal mah harusnya tinggal pencet aja yaa ��


    Jadi sekarang berbekal subscribers blog aja, padahal skrg ganti alamat blog juga. Duh, repoot

    BalasHapus
  18. Jadi Blogger memang melelahkan....
    Malah curhat. Hahahaha...
    Saya melakukan semua cara di atas, meski tidak rutin dan masih kategori jarang.

    BalasHapus
  19. Makasi ilmunya kang. Dikit2 mulai belajar SEO sederhana, tapi aku blom berhasil buat blog ku muncul di halaman pertama pencarian mbah gugel. Harus banyak belajar lagi..

    BalasHapus
  20. Ilmu daging banget nih. Kebetulam saya masih pemula nih mas. Baca artikel. Ini kayak nemu berlian deh. Thanks, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  21. Pak Ali info juga dong grup wa blog walking

    BalasHapus
  22. Berfaedah banget, Kang Ali.

    Istilah asingnya mah SEO On Page dan SEO Off Page..
    Aku juga terus menerapkan ini dalam setiap karya tulis yang aku buat. Semoga kita istiqomah ya, Kang*

    BalasHapus
  23. Bermanfaat banget kang buat nambah View blog, supaya bisa naikin fee juga, ehhh. Soalnya DA anjlok, jadi usaha sekuat mungkin buat PV tetep stabil dan tips di atas manjur anet dahh buat naikin PV hehee

    BalasHapus
  24. Wah, thanks for sharing mas, Ilmu banget nih bagi blogger pemula kayak aku. Happynya lagi semua udah aku lakuin ternyata mirip dengan yang mas ali tulis. Cuma yang SEo itu masih belum paham. Hehehe..

    BalasHapus
  25. Inin share ke twitter ya Mas. Buat baca lagi nanti kalo pas nulis buat posting di blog.

    BalasHapus
  26. Makin nambah ilmu, aakk makasiii banget Kang Ali.
    Karena emang kita kudu kreatif dan konsisten kalo ingin berkiprah di kancah digital ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  27. Saya juga masih harus konsisten nih untuk blogwalking karena DA nggak ada perubahan. Udah gitu sekarang blog walking berubah cara, jarang orang yg sesuka hati komen di blog tapi ada grupnya. It's really help!

    BalasHapus
  28. Ini toh rahasianya, aku beneran masih newbie dan belum begitu tahu, setelah baca ini sekarang jadi tahu dan mulai mencobanya step by step

    BalasHapus
  29. Saya beneran dulu gak tau ada manfaat lain dari back link. Ternyata ngaruh juga ya mas.. Makasih tips nya mas. Semoga konsisten saya nya. Hehehe

    BalasHapus
  30. Yang nomor 5 saya masih bingung caranya.. Hihi.. Maksudnya kita bekerjasama dengan beberapa kawan yang memiliki artikel yang hampir sama untuk saling backlink kah?

    BalasHapus
  31. Makazih banget kang Ali buat info lengkapnya menaikan trafic. Ternyata emang kita nggak bisa berdiri sendiri ya hehhehe... Selalu butuh orang lain melengkapi. Aku senang blogwalking

    BalasHapus
  32. Mantap banget ya bang bisa naikin trafik. Aku kayaknya paling ngaruh ya grup blog walking. Kalau ga ikut ya trafik beneran sepi hiks

    BalasHapus
  33. Nuhun infonya kang Ali, semoga makin konsisten untuk terus sharing ilmu bermanfaat melalui blog 🙏

    BalasHapus
  34. Aih keren banget yak. Aku tuh masih pada tahap bener - benerin postingan dulu semoga kedepanya bisa lebih terorganisir kayak Pak Ali

    BalasHapus
  35. Yang naruh backlink ini sekarang udah nggak berjalan lagi kang, dulu sih ikutan kayak gini. Memang lumayan bisa naikin DA juga

    BalasHapus
  36. Terkadang kl share link di medsos sering dicuekin juga huhuu... Udah jenuh x yaa...teman² tuh. Lbh suka liat vlog. Jd wlwpun punya teman ribuan paling yg ngelike cm belasan, wkwk. Tfs yaa Mas Alee

    BalasHapus
  37. Lumayan berat itu konsisten dalam menulis. Kadang agak bete juga saat tulisan yang berkualitas tapi yg baca sedikit. Makanya butuh promo buat naikin trafik.

    BalasHapus
  38. Saya lagi demen yang ini, Mas: kulwit di akun twitter dengan menyertakan link pada setiap kultwit.Awalnya enggak pede karena dulu jarang aktif di twitter. Lama-lama mayan juga nambah PV nya jadi lanjut jadinya:)

    BalasHapus
  39. AKu masih bingung cara dapatin backlink, mungkin harus bayar, hmmm, selama ini aku yang sering ditawarin org buat kasi backlink ke dia tapi dia bayar kontrakannya afgan jd aku say bhay aja :D
    Paling ya akhirnya bewe2 aja sama share2 di medsos soal tulisan terbaru :D

    BalasHapus
  40. Tips nya bagus bgt nih, buat aq yg masih pemula alias newbie. Masih belom konsisten jg dlm menulis. Semoga lebih bs disiplin lg yak, terutama ikutan BW nya .. Mks tips nya

    BalasHapus
  41. Harus dicoba nih tips nya biar trafic blog ku meningkat. Kadang artikel bagus tapi trafic sepi disitu aku merasa sedih 😭😭😭

    BalasHapus
  42. Saya tertarik dengan artikel-artikel yang timeless, kira-kira topik yang paling relevan?

    BalasHapus
  43. Wow baru tahu nih, masih newbie soalnya di dunia blogger, baru bbrpa aja yg dilakuin 😅

    BalasHapus
  44. Konsisten menulis itu tantangan bangeeet

    BalasHapus
  45. Harus belajar banyak nih..peernya masih banyak banget..ngeblog itu menyenangkan sekaligus banyak tantangannya����. Tfs kang ali��

    BalasHapus
  46. Harus belajar banyak nih..peernya masih banyak banget..ngeblog itu menyenangkan sekaligus banyak tantangannya����. Tfs kang ali��

    BalasHapus
  47. Hallo Bang, artikelnya sangat bermanfaat nih. Aku sudah mencoba beberapa cara yang ada terutama membagikan postingan ke sosial media tapi untuk meletakkan kata kunci nih paling jarang banget apalagi beriklan juga belum pernah.

    BalasHapus
  48. Mantap infonya, berguna banget buat para blogger supaya blognya bisa Naik visitornya. Jadi ga sekadar menulis ya, tapi menyebarkan linknya juga supaya manfaat buat pembaca juga Makin luas

    BalasHapus
  49. Yg susah cari kata kunci dan menempatkan backlink..

    Makasih tipsnya, sangat berguna

    BalasHapus
  50. aku sekarang ada di tahap bangun backlink itu kang, karena ternyata belum benar-benar mendapatkan backlink dari website berkualitas yang DA-nya lumayan

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel