Free domain blogger

Si Kasep, Aplikasi Cari Rumah Bersubsidi Paling Aman dan Tepercaya


TANPA terasa, rumah yang saya tempati saat ini usianya hampir 18 tahun. Satu tahun lebih tua dari usia si Sulung.

Saya ingat sekali, saat itu cari rumah cukup sulit dan perlu waktu hampir berbulan-bulan. Selain harus rajin datang ke pameran properti untuk mengetahui kompleks perumahan yang sedang dikembangkan dan harganya.

Pulang dari pameran bawa setumpuk katalog untuk dilihat desain rumahnya, lokasinya, harganya, cicilannya, uang mukanya, dan pilihan bank yang akan membantu pembiayaan.

Setelah menimbang-nimbang, pagi hari sebelum masuk kantor atau sore hari setelah pulang dari kantor survey lapangan. Satu persatu kompleks perumahan incaran didatangi.



Tidak jarang, setelah mengecek kecewa karena ternyata antara katalog dan kenyataan di lapangan berbeda. Entah karena bangunannya tidak sesuai dengan spesifikasi, kompleksnya berada di daerah banjir atau ternyata jauh dari kantor.

Belum lagi kalau sudah cocok, harus melalui banyak tahapan pada saat akad dan pembiayaan. Sungguh, saat itu cari rumah benar-benar melelahkan. Melelahkan lahir batin, hehehe.

Beruntung sekali, saat ini ada SiKasep, Aplikasi Cari Rumah Bersubsidi Paling Aman dan Tepercaya jadi bisa mencari rumah cukup dalam genggaman. 


Siapa SiKasep?

Pada saat pandemi seperti sekarang ini, pemerintah di beberapa daerah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi memutus rantai penyebaran COVID-19 (Corona Virus Disease). Pembatasan yang berdampak pada terbatasnya aktivitas belajar mengajar, perkantoran, hingga perniagaan.

Tidak sedikit pula perusahaan yang kemudian merumahkan karyawannya karena perekonomian tidak berjalan normal. Melihat kondisi tersebut, pemerintah dengan berbagai cara membantu masyarakat agar dampaknya tidak semakin meluas.

Salah satu yang dilakukan pemerintah, melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PPDPP PUPR) memastikan proses penyaluran pembiayaan rumah subsidi tetap bisa dilakukan.

Pemerintah memaksimalkan bantuan atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan atau SiKasep.



Dengan Aplikasi SiKasep, kita bisa mengetahui perumahan bersubsidi yang tersebar di mana pun berada di wilayah Indonesia. SiKasep diluncurkan pemerintah pada Desember tahun 2019 dan berlaku sejak Januari 2020.

 

Langkah Mudah Menggunakan SiKasep

Sudah siap cari dan beli rumah bersubsidi dengan Aplikasi SiKasep? Kalau sudah siap tinggal unduh aplikasinya di playstore, kemudian ikuti langkah mudah menggunakan SiKasep berikut ini;

1). Rekam Data Diri

Setelah unduh, pertama yang kita lakukan adalah mendaftarkan diri pada bagian pendaftaran di Aplikasi SiKasep. Kita cukup mengisi Nama Lengkap Sesuai KTP, buat Kata Sandi, Konfirmasi Kata Sandi, Nomor KTP, NPWP (Jika belum punya NPWP bisa dikosongkan terlebih dahulu), Penghasilan Perbulan, dan Nomor HP.

Setelah diisi sesuai dengan data, tinggal centrang persetujuan dan melanjutkan proses pendaftaran. Kita nggak perlu takut karena data kita akan terekam secara otomatis dalam PPDPP.

2). Unggah Foto

Sebelum masuk menu utama, kita diminta melengkapi pendaftaran dengan mengunggah foto diri sambil memegang KTP asli serta foto KTP asli. Foto yang kita unggah otomatis akan jadi foto profil, jadi fotonya yang cakep, ya.

Jangan lupa, setelah profil kita muncul, pastikan data yang kita masukan sudah benar dengan klik Profil Saya nanti akan muncul menu Data Pribadi, Data Lokasi Rumah Idaman, Data Perumahan Pilihan, dan Bank Pelaksana.


3). Telusuri SiKasep

Saran saya, sebelum mencari rumah idaman ada baiknya telusuri terlebih dahulu SiKasep dengan cara klik menu Lain-Lain yang ada di menu utama. Pada menu Lain-Lain klik Tata Cara Penggunaan Aplikasi nanti kita akan diarahkan pada link Panduan Penggunaan SiKasep dalam format pdf yang bisa diunduh.

Kemudian ada menu Galeri Rumah Sejahtera, menu Kalkulator KPR Sejahtera untuk menghitung perkiraan jumlah angsuran. Caranya sangat mudah, cukup memasukan harga rumah, tenor (jangka waktu kredit), prosentasi uang muka (DP), klik hitung, perkiraan jumlah angsuran pun muncul. Menu Syarat dan Ketentuan Aplikasi SiKasep dan kontak hotline LPDPP bebas pulsa.

4). Cari Rumah Idaman

Cara mencari rumah idaman menggunakan Aplikasi SiKasep benar-benar sangat mudah. Begitu punya akun, isi data lokasi rumah idaman, cek perumahan sekitar rumah idaman, pilih Bank KPR FLPP, dan langsung ajukan KPR. Setelah mengajukan KPR tinggal cek status pengajuan KPR untuk mengetahui proses status pengajuan KPR kita.

 

7 Kelebihan SiKasep

Sebagai aplikasi cari rumah bersubsidi paling aman dan tepercaya, tentunya SiKasep memiliki banyak kelebihan yang layak diacungi jempol.

1). Ringan

Salah satu indikator aplikasi yang baik adalah ukurannya ringan. Nah, aplikasi sistem informasi KPR Sejahtera FLPP SiKasep yang versi terakhirnya, versi 1.3.12 update tanggal 24 Juni 2020 ini ukurannya sangat ringan, hanya 23M. Pantas, hingga saya menulis ini telah diunduh lebih dari 170.000 pengunduh.

Aplikasi bisa diunduh dengan android versi 5.0 keatas, jadi kalau androinnya masih di bawah itu, segera update.

2). Desain Simple dan Aplikatif

Meski pun SiKasep menjadi salah satu aplikasi dalam kategori Rumah & Griya, tetapi desainnya cukup simple. Padahal biasanya aplikasi dalam kategori ini desainnya cukup beraneka warna.

Saat membuka front page-nya pengguna langsung dihadapkan pada ucapan selamat datang, sebuah logo berupa kunci warna emas, dan pilihan masuk atau daftar.

Desain Back End-nya juga simpel, pada Menu Awal (Profil), di bagian atas berisi foto dan profil pengguna dan di bagian bawah berisi 6 kotak menu utama dengan latar belakang batik. Sangat Indonesia sekali, kan? Dari menu-menu tersebutlah pengguna bisa mengoptimalkan Aplikasi SiKasep. 



3). Mudah Digunakan

Mungkin karena aplikasi ini tujuannya sangat jelas, membantu masyarakat  cari rumah idamannya, maka sangat mudah digunakan. Siapa pun pasti tidak akan bingung menggunakannya.

4). Hanya untuk MBR

Point 4 ini menurut saya sangat penting karena Aplikasi SiKasep sangat memihak MBR. Hanya masyarakat berpenghasilan rendah saja yang bisa mengakses aplikasi ini. Terbukti pada saat isi form penghasilan perbulan. Penghasilan terbesar yang bisa diisi hanya 8 juta saja, tidak lebih.

Artinya, masyarakat berpenghasilan di atas 8 juta tidak akan bisa mengakses fasilitas Aplikasi SiKasep.



5). Ribuan Rumah Bersubsidi

Berdasarkan data management control PPDPP, hingga tanggal 4 April 2020, pada Aplikasi SiKasep ada 8.782 lokasi perumahan dari 5.987 pengembang yang berasal dari 19 asosiasi perumahan. Coba hitung, jika setiap lokasi perumahan ada 100 unit rumah saja, artinya  8.782 X 100 = 878.200 unit.

Pada waktu yang sama, PPDPP mencatat, pengguna Aplikasi SiKasep telah mencapai 170.782 pengguna. Sebanyak 55.702 pengguna telah dinyatakan lolos subsidi checking dan 54.266 pengguna dalam tahap verifikasi bank pelaksana.

Data tersebut pastinya setiap hari akan terus bertambah seiring dengan tingginya antusiasme masyarakat dalam mencari rumah melalui Aplikasi SiKasep.

Tahun ini pemerintah telah bekerjasama dengan 37 bank pelaksana; 10 bank nasional dan 27 Bank Pembangunan Daerah (BPD). Baik bank konvensional maupun bank syariah, jadi buat yang merasa nyaman dengan bank syariah bisa pilih dengan nyaman di Aplikasi SiKasep.

6). Beli Rumah Tanpa Ribet

Karena beli rumahnya melalui aplikasi, maka tidak ribet. Tidak perlu repot menghabiskan waktu mengunjungi pamaren properti atau keliling kompleks untuk cari rumah idaman, seperti yang dulu pernah saya lakukan. Proses mencari dan beli rumah sudah difasilitasi Aplikasi SiKasep. 

7). Aman dan Tepercaya

Aplikasi SiKasep dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah dan terhubung secara online antara pemerintah, bank penyalur, dan pengembang menggunakan sistem host to host (sistem antar server yang terhubung satu sama lain secara langsung) jadi aman dari penipuan ketika terjadi transaksi.

Selain itu Aplikasi SiKasep telah terhubung dengan Kementerian Dalam Negeri melalui data kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) sehingga data real time bisa langsung diketahui MBR pendaftar.

Supaya pengguna terjamin keamannya, Aplikasi SiKasep telah diverifikasi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Jika sudah seperti ini, apalagi yang diragukan dan dikhawatirkan coba? So, buat siapa pun yang ingin punya rumah, tidak usah ragu lagi untuk menggunakan Aplikasi SiKasep ini, apalagi jika kalian anak milenial.



 

SiKasep Cocok untuk Generasi Milenial

Generasi Milenial berdasarkan Teori Mannheim adalah generasi yang lahir antara tahun 1981 – 1995. Disebut Generasi Milenial karena satu-satunya generasi yang sempat melewati milenium kedua, semenjak teori generasi dikenal masyarakat.

Generasi Milenial lahir bersamaan dengan era komputer baru mulai booming. Era di mana video games, gadget, smartphone, dan internet sedang berkembang sangat pesat. Tidak heran jika mereka terbiasa dimanjakan dengan fasilitas-fasilitas internet yang memudahkan.

Menurut data PPDPP PUPR, saat ini ada 81 juta Generasi Milenial yang belum memiliki rumah, terutama milenial yang masuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Mereka pasar potensial bagi para pengembang. Jika tidak difasilitasi maka akan sangat disayangkan.



Apalagi pemerintah sejak tahun 2010 hingga akhir tahun  2019 lalu, telah menyalurkan FLPP melalui PPDPP PUPR hingga Rp44,329 triliun. Dana tersebut untuk membiayai 655.239 unit rumah yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun 2020 ini, pemerintah menganggarkan  Rp11 triliun untuk membiayai 102.500 unit rumah murah.

Anggaran tersebut bisa ketahui dan diakses dengan mudah oleh  Generasi Milenial melalui Aplikasi SiKasep, pada saat mereka memilih dan membeli rumah bersubsidi. Penyaluran FLPP pun lebih transparan, cepat, tepat, dan akuntabel. So, enak banget kan sekarang? Cari rumah hanya dalam genggaman.

Semoga bermanfaat!


Previous article
Next article

1 Komentar

  1. Wah kok nggak dari dulu-dulu ya ada si Kasep ini. Sasarannya tepat ya Kang dan mudah penggunaannya. Untuk saat ini apa hanya bisa Jabar saja?

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel