7 Jurus Sukses Lewat Internet Ala Madina Quran

 


“Tanggal 6 Januari 2021 Madina Quran resmi meluncurkan official store supaya lebih optimal,” kata Agus Sunandar, Direktur Madina Quran saat saya ketemu beliau di sela-sela kesibukan. “Semoga ini membuat Madina Quran makin berkembang dan sukses lewat internet,” lanjutnya sambil tersenyum optimis.


SEMUA tahu, sejak pandemi banyak perusahaan gulung tikar karena tidak siap menghadapi keadaan, termasuk perusahaan penerbitan. Tidak sedikit yang kemudian merumahkan karyawannya dan melakukan PHK.

Beruntung Madina Quran, salah satu penerbitan quran terkemuka di Kota Bandung hingga sekarang tetap eksis bahkan makin memantapkan diri untuk sukses lewat internet dengan meluncurkan official store sendiri.

Mas Agus –begitu biasa saya panggil, sebagai Direktur Madina Quran memang tidak memungkiri sejak pandemi ada penurunan penjualan, tetapi bukan berarti dengan penurunan tersebut pasrah. Sebaliknya, mencari jalan keluar agar tidak terimbas.

Bagi Mas Agus, persoalan yang menimpa perusahaan harus disikapi positif karena dibalik persoalan pasti ada banyak hikmah yang menyertainya. Madina Quran sendiri sejak awal berdiri di tahun 2012, sudah kenyang dengan masalah. Seperti modal yang terbatas hingga penjiplakan produk.

Dari persoalan-persoalan yang menimpa pada awal berdiri, hikmahnya Madina Quran menemukan market-nya, nice market-nya, dan menemukan desain-desain produk yang disenangi market-nya.

Kini Madina Quran dikenal sebagai penerbit quran untuk anak muda atau anak milenial dengan desain-desain produk yang kekinian. Madina Quran menjual produknya dengan cara online dan membuka kantong-kantong pasar dengan membentuk mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Ruang Pamer di Kantor Madina Quran (Foto Ali)

Trendsetter, Bukan Follower

Saya sangat terkesan ketika datang ke kantor Madina Quran yang terletak di lantai 2, Plaza Syaamil Group di daerah Kiaracondong Bandung. Begitu masuk langsung disambut ruang tamu mungil yang sederhana, namun terasa hangat.

Ada ruang kaca berukuran kurang lebih 3 X 6 meter yang menjadi ruangan marketing yang terlihat bersih dan rapi. Kemudian  ada ruang markom, ruang meeting lesehan yang sangat nyaman, dan ruang management.


Ruang Meeting yang Sangat Nyaman (Foto Ali)


Di antara ruangan-ruangan tersebut, terpajang deretan produk-produk Madina Quran di sebuah meja panjang dan lemari pamer. Mulai dari produk yang pertama kali diproduksi hingga produk baru yang dilaunching awal tahun 2021.

Ada salah satu quran yang sangat menarik perhatian saya, yaitu Quran Travel. Salah satu brand Madina Quran yang diperuntukan bagi para traveler. Siapa pun pasti mafhum, saat ini traveling menjadi salah satu gaya hidup anak milenial makanya Madina Quran mengeluarkan Quran Travel.


Quran Travel dan Quran Best Seller Madina Quran (Foto Ali)

Quran yang dilaunching awal tahun 2019 dan hasil kolaborasi dengan salah satu brand produk-produk adventur di Bandung tersebut menjadi salah satu quran best seller. Begitu Quran Travel best seller, beberapa penerbit pun ikut mengeluarkan produk yang sama.

“Kejadian seperti ini sudah biasa di Madina Quran, bahkan produk pertama Madina Quran pun begitu best seller ada penerbit yang menjiplak dan diiklankan besar-besaran di koran,” tutur Mas Agus.

Awalnya kesal dan mencoba untuk mengontak penerbitnya. Akan tetapi karena tidak ada respons, akhirnya dibiarkan saja. Mas Agus dan kawan-kawan di Madina Quran kemudian mencoba desain-desain baru yang lebih inovatif dan tidak mudah ditiru.


Desain Quran yang Detil dan Tak Mudah Ditiru (Foto Ali)


Tanpa sengaja, Madina Quran pun menjadi trend setter penerbit quran untuk kalangan milenial. Kini, setelah 8 tahun hanya mengeluarkan produk untuk segmen anak-anak milenial, memasuki tahun 2021 Madina Quran mengeluarkan quran untuk segmen mamah-mamah muda alias mahmud yang didesain premium. Segmen pasar yang dulu menengah ke bawah sekarang menengah ke atas dengan rentang usia 18 – 35 tahun.

“Ini salah satu strategi Madina Quran menghadapi pasar ke depan,” jelas Mas Agus. “Produk yang diberi nama Madina Tuneeca ini diperlakukan cukup spesial karena dilaunching berbarengan dengan official store Madina Quran,” sambungnya.

Madina Tuneeca lahir hasil kolaborasi antara Madina Quran dengan salah satu brand busana muslim yang terkenal dengan desain kain-kain tunik dari nusantara. Madina Tuneeca mengeluarkan 11 varian dan sebelum launching barang sudah diserap pasar.



 

Strategi Sukses Lewat Internet

Meski sebelum-sebelumnya Madina Quran sudah mengoptimalkan internet untuk meraih pasar, bukan berarti apa yang selama ini dilakukan sudah cukup. Sebaliknya, karena tantangan ke depan makin besar selama semester kedua tahun 2020 lalu Madina Quran melakukan beberapa perbaikan dan beberapa strategi untuk lebih sukses lewat internet. Apa saja yang dilakukan?

1). Upgrade Pengetahuan

Dunia digital perkembangannya sangat cepat, kalau kita tidak mengikuti perkembangan dan upgrade pengetahuan bisa tertinggal. Makanya Madina Quran terus mengikuti perkembangan dan pengetahuan.

Contoh kecilnya, bagaimana supaya official store Madina Quran mudah diakses, user friendly, ketika orang cari quran ada di pageone, dan pelanggan mudah mengingat. Semua itu perlu update pengetahuan yang nanti diterapkan di management digital Madina Quran.

2). Meningkatkan Kapasitas SDM

Sebagai UMKM, hingga saat ini Madina Quran hanya mempekerjakan 9 orang karyawan, sebagian besar berada di bagian marketing. Agar tidak tertinggal dengan sistem yang digunakan mau tidak mau kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) harus ditingkatkan.

Beberapa karyawannya selain ikut beberapa seminar dan workshop, juga mengikuti pelatihan khusus yang terkait dunia online seperti pelatihan SEO, marketing online, dan sebagainya.


SDM Berada di Ruang Markom dan Desain (Foto Ali)

3). Update Perangkat Online

Karena bergerak di dunia internet, perangkat penunjangnya pun harus selalu diupdate setiap saat. Baru-baru ini Madina Quran meluncurkan official store yang desainnya lebih kekinian, user friendly, dan mudah diakses. Karena official store sudah berubah mau tidak mau mindset admin medsos dan semua medsosnya pun mengikuti supaya seiring sejalan.

Update perangkat online ini sangat diperlukan, terutama official store karena sangat berkaitan dengan brand dan kemudahan transaksi. Mungkin bagi sebagian perusahaan ini bukan bagian penting, tetapi bagi Madina Quran sangat penting.

Perusahaan tidak usah takut ketika akan membuat offisial store karena saat ini banyak penyedia Hosting Murah dengan layanan terbaik salah satunya Qwords, Cloud Web Hosting Indonesia dengan resource terbaik, pelayanan terbaik, dan harga murah plus selalu ada diskon.

Saya sudah lebih dari 3 tahun menggunakan layanan Qword, saya merasakan setiap tahun layanannya makin baik. Tidak hanya baik, tetapi juga mudah dan lengkap sehingga ketika menggunakan layanannya terasa aman.

Qwords berdiri pada tahun 2005 oleh Rendy Maulana yang saat itu masih kuliah di Institut Teknologi Bandung. Berawal dari keinginan memiliki perusahaan yang mendukung aktivitas teman-teman kuliahnya di dunia Internet, Rendy kemudian mendirikan Qwords. Pada saat itu dunia internet di Indonesia sedang berkembang pesat.

Penamaan Qwords berawal dari plesetan kata Keywords yang berarti kata kunci. Pengguna internet pasti tahu jika kata kunci merupakan hal yang terpenting untuk menuju gerbang informasi apa pun di dunia internet. Bagi sebagian komunitas, Q dalam Qwords diartikan sebagai lambang kitab Umat Islam yaitu Quran.

Qwords yang berdiri di bawah PT. Qwords Company International menyediakan layanan penyewaan hosting atau space untuk menyimpan file website dan akses email di Internet. Qwords juga menyediakan layanan registrasi Domain Name untuk website.



Kelebihan Qwords dibanding perusahaan hosting lain yang ada di Indonesia, Qwords Hosting Indonesia memiliki data center sendiri di Indonesia sehingga pengguna cepat mengakses file atau web dari seluruh dunia sehingga waktu pengguna lebih efisien. Qwords memiliki staff technical support onsite yang selalu siap sedia 24 jam sehingga ketika terjadi gangguan kapan pun cepat ditangani.

Qwords memiliki kantor cabang di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Jadi, bagi pelanggan di daerah tersebut bisa langsung berkunjung ke kantor cabang jika memerlukan bantuan atau akan menggunakan layanan Qwords.

4). Mematangkan Strategi Pemasaran

Sukses melalui internet tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dilakukan karena semua bisa dipelajari termasuk strategi memenangkan pasar di dunia internet. Makanya, Madina Quran selalu mengevaluasi apa yang telah dilakukan, mengambil langkah, dan terus mematangkan strategi pemasaran sehingga bisa menaklukan pasar.

Beberapa strategi yang dilakukan adalah belajar beriklan di internet agar market yang disasar terbidik dengan tepat, strategi promosi yang efektif, efesien, dan menarik serta selalu maintenance market.

5). Ketersediaan Stok Barang

Salah satu syarat agar usaha kita sukses melalui internet adalah ketersediaan stok barang. Bagaimana pun caranya, barang yang dijual harus selalu ada jika ada konsumen. Sebelum konsumen kecewa karena stok barang, penjual harus memberi tanda pada barang yang dijual, biasanya diinfokan pada setiap postingan di official store atau akun media sosial.

Menyediakan stok barang kelihatannya mudah, tetapi jika ini tidak dikelola dengan baik penjual akan kedodoran. Oleh karena itu, Madina Quran selalu menjaga stok barang dengan sangat baik.


Quran untuk Anak Milenial (Foto Ali)

6). Sistem Pembayaran yang Mudah

Belanja online bagi sebagian orang saat ini sudah menjadi gaya hidup, terlebih pada saat pandemi seperti sekarang ini ingin lebih praktis, baik saat belanja atau pun saat membayar belanjaan.

Meski pun barang yang dijual Madina Quran macamnya tidak sangat banyak, untuk memudahkan konsumen tetap menyediakan sistem pembayaran yang memudahkan konsumen. Contohnya memiliki nomer rekening dari berbagai bank

7). Tawakal

Setelah rentetan usaha untuk sukses lewat internet telah dijalankan, langkah terakhir adalah tawakal kepada Allah Swt,. Tawakal berasal dari bahasa Arab yang berarti menyerahkan, membiarkan, dan merasa cukup. Tawakal (bagi umat Islam) dipahami sebagai sikap menyerahkan semua (apa yang telah dilakukan) dengan sepenuh hati kepada Allah Swt. dengan berpegang teguh kepada-Nya.

“Dengan tawakal,  Madina Quran tetap terdorong untuk terus berusaha dengan bersungguh-sungguh untuk sukses lewat internet dan bersungguh-sungguh mengatasi semua masalah yang datang,” pungkas Mas Agus setelah menjelaskan panjang lebar stategi sukses lewat internet.


Kantor Madina Quran yang Nyaman (Foto Ali)

Berkat strategi di atas, tahun 2020 lalu, di masa pandemi yang membuat banyak perusahaan gulung tikar, Madina Quran masih mampu meraup penghasilan kurang lebih 7 miliar. So, mau sukses lewat internet? Lakukan 7 Jurus Sukses Lewat Internet Ala Madina Quran. []

Previous article
Next article

9 Komentar

  1. Memang makin ke sini, segala sesuatunya serba digital kan.
    jadi sungguh penting utk punya website dgn hosting yg kredibel.
    Alhamdulillah ada Qwords yg memahami kita semua ya

    BalasHapus
  2. Jurus sukses nya mantul banget mas. Buat yg punya usaha kudu mempraktikkan jurus ini. Salut saya sama pengusaha yg produknya dicontek tapi ikhlas. Justru makin sering berinovasi daripada energi habis buat memperkarakan si pencontek ya

    BalasHapus
  3. Wah kay gini nih inspiratif banhet di kala pandemi ya, menyemangati mereka yg mgkn lagi down saat pandemi. Semoga bisa meniru pola bisnis madina

    BalasHapus
  4. aduhh suka banget dengan kantornya sih. kece banget dan bikin betah banget sih. Apalagi perusahaannya terus berkembang dan terus upgrade sehingga banyak produk bagus

    BalasHapus
  5. Cantik-cantiknya Quran Madina.
    Aku jadi berpikir bahwa design cover ini sangat berpengaruh bagi pembacanya. Quran Madina yang kukenal bahkan ada segmentasinya yaa..
    Salut banget sama idenya.

    Barakallahui fiikum.
    Semoga Quran Madina dikenal hingga dunia Internasional.

    BalasHapus
  6. Madina Quran cerdas sekali ya dalam melakukan strategi bisnis lewat internet. Kalau mau bertahan di era digital ini memang harus menyesuaikan dengan segala hal yang serba digital, ya.
    Btw desain produk-produknya memang unik dan menarik, ya. Enggak heran kalau sering best seller :)

    BalasHapus
  7. Bagus-bagus itu desain sampul dari Qurannya, memang sih kalau milenial ini suka yang unik2 dan beda dari biasanya. Penjualan secara online ini memang kalau dimaksimalkan dengan strategi yang tepat bisa membantu sekali pada penjualan ya

    BalasHapus
  8. Kebanyakan orang kadang susah untuk memulai. Padahal tinggal upgrade banyak baca semua bisa menghasilkan sebagi contoh dengan Madina Quran

    BalasHapus
  9. MasyaAllah Media Quran, berbisnis dalam bidang yang Allah senangi ini ya
    Terlebih sekarang sada Qwords juga yang mendukung para pengusaha untuk punya website yang bakalan bikin penghasilan makin meningkat ya kang

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel