Cara Meningkatkan dan Tips Keamanan Server VPS

 


VPS atau Virtual Private Server adalah server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual. VPS digunakan secara pribadi dan keseluruhan resource-nya hanya digunakan satu pengguna saja.

Disebut virtual server karena memang server ini bersifat virtual, jadi servernya tidak dalam bentuk fisik. Dalam virtualisasi, server menggunakan Teknologi Virtual  Hardware server fisik yang nantinya akan dibagi menjadi beberapa resource berbeda.

Karena teknologi virtual inilah dalam satu buah server fisik bisa terdapat beberapa virtual server yang dijalankan. Server VPS harus dijaga supaya benar-benar aman supaya pengguna merasa nyaman.

Demi memastikan server VPS benar-benar aman, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan. Tips keamanan server VPS juga wajib diketahui agar tidak mudah kebobolan atau diakses pihak tidak bertanggung jawab.

Keamanan server memang perkara penting. Ketika server VPS bobol berbagai skenario buruk bisa terjadi. Bagaimana cara meningkatkan keamanan server VPS sudah seharusnya dipahami.

Baca juga : hosting murah dengan keamanan terbaik




Berikut ini merupakan cara serta tips yang bisa dilakukan untuk memproteksi server VPS.

Cara Meningkatkan dan Tips Keamanan Server VPS

1.    Akses ke Server Menggunakan SSH

SSH atau Secure Shell menjadi langkah pertama yang bisa ditempuh untuk meningkatkan keamanan server VPS. Network protokol SSH memiliki kriptografi enkripsi yang digunakan saat menjalankan service dalam jaringan.

Sehingga akses ke server yang menggunakan SSH akan jauh lebih aman dibandingkan dengan cara lain.

Enkripsi kriptografi level tinggi yang diberikan SSH memastikan server dapat menerima trafik yang lebih aman. Saat digunakan di server pun, SSH lebih ringan bila dibandingkan lainnya.

2.    Mengubah Port Login Untuk SSH

Perubahan pada port login tentu menyulitkan pihak tidak bertanggung jawab yang berusaha membobol server VPS. Selain itu port SSH custom juga menghalangi masuknya script jahat yang biasa menyusup dari port default.

Umumnya, untuk bisa masuk ke SSH akan menggunakan port login 22. Untuk mengubah port default tersebut dengan mengakses halaman konfigurasi SSH untuk VPS di /etc/ssh/sshd_config. Setelah itu hanya perlu mengatur port sesuai dengan yang diinginkan.

Saat mengubah port login SSH pastikan tidak bertabrakan dengan aplikasi lain.

3.    Nonaktifkan Akun Root

Akun root memiliki akses yang luas di dalam server. Tentu saja ini akan cukup menjadi ancaman bagi keamanan. Terutama bila ada pengguna yang dapat mengakses akun root tanpa diketahui sistem administrasi.

Menonaktifkan akun root merupakan tips meningkatkan keamanan server VPS berikutnya. Sebaiknya setiap user akun yang dibuat juga diberikan batasan akses sesuai keperluan masing-masing.

Selain keperluan maupun tugas tersebut, user akun tidak akan bisa mengakses atau membuka bagian lain dari server.

4.    Gunakan Password Unik

Tips satu ini memang terdengar remeh. Padahal faktanya masih banyak yang menggunakan password yang terlalu mudah ditebak. Sehingga penting sekali menggunakan kombinasi password yang sulit ditebak.

Setelah memastikan menggunakan password yang unik dan tidak mudah ditebak. Berikutnya bisa menambahkan notifikasi otomatis untuk password aging. User akan mendapat notifikasi untuk mengganti password secara berkala dari waktu ke waktu.




5.    Gunakan Firewall

Firewall akan menjadi benteng pertahanan tersendiri untuk server VPS. Penggunaan Firewall atau tools sejenis lain akan membatasi jaringan lokal yang berusaha masuk ke dalam server VPS.

Tools Firewall yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan server Linux diantaranya:

1.    Configuration Server Firewall (CSF)

2.    System Integrity Monitor (SIM)

3.    Linux Environment Security (LES)

Firewall tersebut akan menjaga akses ilegal serta serangan keamanan lain ke dalam server.

6.    Manfaatkan Secure FTP Saat Memindah Data

Bila perlu memindahkan data dari server VPS ke komputer maupun sebaliknya maka manfaatkan File Transfer Protocol. Securitas FTP akan memastikan proses pemindahan data aman dari sniffer atau "intipan" orang-orang tak bertanggung jawab.

7.    Lakukan Update Sistem Secara Berkala

Sistem keamanan dalam server akan terus mengalami perubahan. Agar tidak ketinggalan perubahan terbaru dalam sistem keamanan maka pastikan untuk selalu melakukan update. Update secara berkala juga demi menjaga keamanan server dengan fitur-fitur terbaru yang ditambahkan.

Cara meningkatkan keamanan server VPS bisa dilakukan dengan langkah-langkah di atas. Semoga tips keamanan server VPS di atas memastikan tidak ada akses yang tak diinginkan.

 

 

Sumber:

1). Foldertips.com

2). Niagahoster.co.id

3). Howieandbelle.com

4). Foto Freepik

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel