5 Cara Membuat Blog Terus Dapat Orderan

 


SIAPA neh yang blognya sepi orderan? Entah orderan review atau sekadar content plasment. Kalau sepi orderan sebaiknya segera evaluasi, mungkin ada yang tidak beres dengan blog kalian. Setelah evaluasi perlu mencari cara membuat blog terus dapat orderan.

Tidak dipungkiri memang, saat ini blog sudah menjadi salah satu media alternatif pemasang iklan untuk mengenalkan produk atau jasa mereka. Bisa berupa banner, review, atau memuat konten yang telah disediakan dengan mengedit beberapa paragraf supaya sesuai dengan karakteristik pemilik blog.

Blog alimuakhir.com sendiri sejak resmi diluncurkan kurang lebih 5 atau 6 tahun lalu sangat membuka diri pada para pemasang iklan di alimuakhir.com, tentu saja dengan syarat yang telah ditentukan.

Tentang persyaratan, setiap blog pasti berbeda-beda sesuai dengan tema blognya. Kalau saya sendiri selagi tidak mengandung SARA, alkohol, rokok, dan riba saya terima, tentu saja setelah negosiasi harga, hehehe.

Meski pun ada rate card yang telah dibuat, terkadang kita tidak bisa saklek dengan rate card yang kita tawarkan. Bukan apa-apa, selagi kita menulisnya dengan senang, itu juga jadi bagian cara membuat blog terus dapat orderan. Ah, supaya tidak berpanjang-panjang, berikut ini 5 cara yang bisa kalian lakukan supaya membuat blog terus dapat orderan.


1). Tentukan Topik atau Nice

Topik atau sering dikenal dengan istilah Nice adalah hal pertama yang harus ditentukan pemilik blog supaya memudahkan pemasang iklan memilih blog kita. Nice sangat membantu pemasang iklan saat mencari blog yang cocok dengan iklan yang akan mereka tempatkan.

Nice adalah topik utama yang akan dibahas pada blog yang kita bangun. Nice selain memudahkan pemasang iklan juga mempengaruhi banyak hal, terutama pada faktor SEO alias Search Engine Optimization (pengoptimalan mesin telusur) dan seberapa besar prospek blog untuk dapat menjadi sumber penghasilan. Jadi, nice blog memang tidak main-main, hehehe.

2). Template User Friendly

Template user friendly maksudnya desain dan tampilan blog yang fleksible ketika dibuka di beberapa devices. Template bisa mengikuti lebar dan juga tinggi perangkat. Mau dibuka di handphone, tablet, laptop atau komputer tampilannya bisa mengikuti.

Ciri-ciri template yang user friendly itu support pada semua perangkat dan ketika dibuka nggak pakai lama, begitu klik halaman pertama blog kita langsung terpampang nyata, hehe.

Kelebihan templet user friendly, memudahkan pengunjung untuk mengakses blog atau web yang kita punya tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama dan membuat para nyaman berlama-lama di blog atau web kita.


Sumber foto Freepik


3). Rajin Posting Konten

Dulu banget waktu awal-awal ngeblog saya rajin posting konten, seminggu bisa 3-5 postingan. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu sebulan paling 5 – 10 postingan, itu pun 80% konten atas permintaan penyedia iklan.

Nggak apa-apalah meski kadang ada yang nyinyir karena kontennya isinya iklan. Prinsip saya hanya satu, meski posting konten iklan, pembaca tetap mendapatkan sesuatu yang sangat bermanfaat dari postingan saya. Lho kok bisa? Iya dong, pengiklan juga nggak maulah kalau konten yang sangat iklan alias hard selling. Mereka lebih senang yang soft selling. Emang apa beda keduanya?

Bedanya, kalau hard selling menggunakan artikel yang kontennya bersifat  langsung dan gamblang. Tujuannya supaya konsumen terdorong untuk langsung melakukan transaksi. Sedang soft selling kontennya cenderung halus dan membuat orang penasaran.

4). Rajin Share di Medsos

Selain blog, seorang influencer pasti memiliki microblog atau biasa dikenal media sosial alias medsos seperti Instagram, Twitter, Facebook, Linkedin, dan sebagainya. Saya sendiri lebih sering berinteraksi dengan ke-4 medsos tersebut dibanding yang lain karena pasar saya memang di sana.

Setiap saya posting konten di blog, pasti saya share melalui ke-4 medsos tersebut. Tujuannya selain agar pembaca blog dan follower saya tahu ada postingan baru juga kasih tahu calon pengiklan yang akan mengiklankan produk/jasa-nya di blog saya.

Saya terkadang membagi tulisan tidak cukup 1 atau 2X lho, bahkan bisa berkali-kali, selagi ada waktu untuk berbagi. Biasanya, dari konten yang saya bagi, ada 1 atau 2 pengiklan yang menawarkan kerjasama melalui email yang ada pada profil di halaman depan blog saya.




5). Pasang Profil yang Jelas

Cara terakhir agak membuat blog terus dapat orderan adalah dengan memasang profil yang sangat jelas pada halaman awal blog kita. Buat banner profil yang berisi foto, nama, penjelasan tentang kita, dan alamat email yang bisa dihubungi untuk kerjasama.

Kelihatannya ini sangat sepele, tetapi jangan salah, efeknya sunguh luar biasa karena memudahkan pengiklan menghubungi kita. Kalau sudah gampang menghubungi kita otomatis blog akan terus mendapat orderan, hehehe.

Itu saja 5 cara membuat blog terus dapat orderan yang saya terapkan selama ini. Dengan 5 cara tersebut, paling tidak dalam sebulan ada 4 pengiklan yang order memasang iklan di blog saya.

So, mau blog terus menerus dapat orderan? Coba aja 5 cara membuat blog terus dapat orderan yang saya rangkum pada postingan kali ini.



Previous article
Next article

1 Komentar

  1. Hemmm.. blog-blog saya sepi orderan mas...serius, tapi bukan karena tidak ada yang menawari jasa.

    Saya memilih jalan yang berbeda karena tidak nyaman dengan sponsored post atau content placement. Buat saya yang seperti itu justru tidak nyaman dan mengganggu saya menulis. Belum lagi terkadang tawarannya tidak sesuai dengan niche.

    Jadi, kalau untuk monetisasi saya memilih jalan Adsense. Bukan sombong sih, tetapi saya sekarang selalu menolak tawaran seperti itu. Mau fokus pada iklan saja karena rasanya lebih pas dengan karakter dan tujuans aya ngeblog.

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel