Sabtu, 24 September 2016

Ini Lho Kelebihan Menggunakan Lampu Hias Jenis LED


Kelebihan Menggunakan Lampu Hias Jenis LED

“Lampu kamar mati lagi, nanti tolong beli sambil jalan pulang, ya,” pinta si Bunyang lewat pesan singkat sebelum saya tiba di rumah. Saya langsung mengiyakan dan sebelum tiba di rumah mampir di toko alat-alat listrik langganan.
Awalnya, permintaan ini sangat wajar karena lampu kamar memang sudah lama tidak diganti. Namun, beberapa hari kemudian lagi-lagi lampu mati dan harus diganti, terlebih lagi, yang diganti kali ini lampu yang sebenarnya tergolong baru. Akhirnya, sebelum memilih, saya tanya-tanya dulu deh sama penjaga toko.
Penjaga toko menyarankan supaya saya memakai lampu LED, jenis lampu yang menggunakan teknologi LED atau Light Emitting Diode. Semi konduktor yang bekerja mengubah energi listrik yang diterima menjadi cahaya. Teknologi LED ini terus di kembangkan karena lebih sesuai dengan kondisi pada saat ini.
“Selain hemat, harganya nggak terlalu mahal, dan awet, lampu LED sudah digunakan hampir di semua jenis lampu termasuk lampu hias,” jelas penjaga toko sambil menunjukan lampu-lampu hias cantik yang di pajang di salah satu sudut toko.
Iseng-iseng saya melihat-lihat lampu hias sambil membaca brosur yang bertebaran di etalase toko. Saya baru tahu, ternyata lampu LED kelebihannya banyak dibanding jenis lampu-lampu lainnya.

Kelebihan Menggunakan Lampu LED
1). Hemat Energi
Jenis lampu LED lebih hemat energi. Apabila kita hitung dengan seksama, lampu LED mampu menghemat hingga dua puluh lima persen. Artinya, jika kita menggunakan lampu LED di rumah atau di gedung-gedung dalam jumlah yang banyak tidak akan membuat anggaran belanja menjadi lebih boros. Wow, lumayan juga menghemat hingga dua puluh lima persen.
2). Lebih Terang
Menggunakan lampu LED lebih terang dibanding dengan lampu jenis lain. Saya sempat membandingkan di toko langganan, dan memang lebih terang. Jika lampu lain untuk menghasilkan cahaya dengan votlase 25 misalnya, maka lampu LED cukup voltase setengahnya. Hasilnya menjadi lebih nyaman saat digunakan. Apabila digunakan di dalam ruangan menjadi lebih terang. Selain itu jenis lampu LED bisa jadi investasi karena kita membeli kualitas bukan membeli cahaya.
3). Tahan Lama
Saat jenis lampu lain hanya bisa digunakan dalam jangka waktu enam bulan, maka lampu LED bisa bertahan kurang lebih lima belas hingga dua puluh tahun. Lagi-lagi saya tercengang. Saya bayangkan, selama itu tidak perlu mengganti lampu, berapa penghematan yang bisa saya lakukan hanya untuk lampu saja? Hemat sekali, bukan?
4). Ramah Lingkungan
Berbeda sekali dengan jenis lampu lain, pembuatan lampu LED tidak menggunakan bahan kimia sehingga ramah lingkungan. Siapa pun yang menggunakan lampu LED maka akan membantu menjaga kerusakan lingkungan dan kerusakan ozon. Saya sampai tertegun, ini salah satu yang wajib dijadikan pertimbangan dalam menggunakan benda apa pun supaya lingkungan kita terjaga.
Kelebihan Menggunakan Lampu Hias Jenis LED
Lampu Hias LED Modelnya Cantik-Cantik (Foto Kang Alee)
5). Mudah Diperbaiki
Ketika kita menggunakan lampu jenis LED, misalnya lampu hias, ketika terjadi kerusakan, kita bisa dengan mudah memperbaikinya. Berbeda dengan lampu hias jenis lainnya yang sulit bahkan tidak bisa diperbaiki. Jika pun dilakukan perbaikan maka memerlukan waktu yang cukup lama dengan biaya yang cukup besar. Daripada memperbaiki atau menggantinya sering-sering lebih baik pilih lampu LED deh.
6). Tidak Mengandung Sinar Ultraviolet
Salah satu lampu yang bersinar terang biasanya mengandung sinar ultraviolet, nah, lampu LED meski pun terang tidak mengandung sinar ultraviolet. Perlu diketahui, lampu-lampu yang mengandung sinar ultraviolet itu merusak mata dan kulit sehingga harus segera dihindari. Menggunaan lampu LED membantu memberikan keamanan dari kemungkinan merusak mata dan kulit kita. Jika sudah seperti ini, penting rasanya semua lagi segera diganti dengan menggunakan jenis lampu LED.
7). Tidak panas
Kelebihan lain dari lampu LED adalah tidak panas meski pun dihidupkan selama 24 jam sehingga membuat ruangan nyaman. Berbeda sekali dengan jenis lampu lainnya yang untuk menghasilkan cahaya yang terang selalu diikuti dengan panas. Kebayangkan, jika ruang tamu kita terasa panas jika kedatangan tamu malam-malam? Jangan-jangan tamu tidak betah. Apalagi, terkadang ruang tamu juga suka digunakan anak-anak untuk belajar kelompok, perlu lampu hias yang juga digunakan sebagai penghias ruangan. Kasian mereka jika tidak menggunakan jenis LED yang membuat ruang tamu lebih nyaman.
Setelah mengetahui kelebihan lampu LED, saya langsung beli beberapa untuk mengganti lampu di rumah. Jika ada yang lebih murah, hemat, bermanfaat buat lingkungan, kenapa pilih jenis lampu lain selain lampu LED?
@KreatorBuku

9 komentar:

  1. Di rumah ku malah pake LED yang emergency lamp. Jadi kalau mati lampu gak perlu cari lilin. Bahaya juga pakai lilin soalnya hehehe

    BalasHapus
  2. lucu-lucu banget model lampu hiasnya kang! :D

    BalasHapus
  3. BAru tahu kelebihan lampu LED ini, dulu cuma tau lampu ini terang aja heuheu makasih ya cikgu :-)

    BalasHapus
  4. Di rumahku juga udah mulai pake LED. Udah murah, hemat energi, ada yg ngasih garansi pula.
    Dulu ampe bosen minta tolong adek cowok buat ganti lampu hehe

    BalasHapus
  5. boleh di coba nih, pakai LED, makasi ya kang Infonya, sudah murah ya sekarang, dulu suka mikir mahalnya

    BalasHapus
  6. ya memang bagusnya pakai yang LED ya, lebh banyak keunggulannya

    BalasHapus
  7. wah lucu lucu banget mas..yang bentuk jamur

    BalasHapus
  8. Kok bisa yaa ngak panas ???
    Bentuk ny alucu keren

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar