Rabu, 30 November 2016

Sejak Pertama Kenal, Langsung Jatuh Cinta Pada Shop and Drive

Beli aki di Shop and Drive lebih murah

SAYA tahu Shop and Drive sejak sekitar tahun 2010 lalu, artinya sudah hampir 6 tahun. Perkenalan saya dengan Shop and Drive awalnya tanpa sengaja. Saat itu saya sedang terburu-buru harus menemui klien di sebuah mall, padahal pagi itu hujan sangat deras. Saya nyalakan lampu depan supaya aman.
Karena terburu-buru, saat tiba di parkiran dan mematikan mesin mobil, saya lupa mematikan lampu depan, selama setengah hari lampu depan nyala. Akibatnya, begitu saya kembali ke parkiran, mobil sama sekali tidak bisa distarter.
“Maaf Om, tadi Om ninggalin mobil dengan lampu depan nyala, mungkin akinya soak jadi tidak bisa distarter,” ujar petugas parkir saat melihat saya terus menyalakan mobil.
Saya langsung ngelus dada. Lupa kalau minggu-minggu ini memang harus mengganti aki mobil. Saya coba telepon bengkel mobil yang selama ini jadi langganan saya untuk segera mengganti aki mobil, kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh.
Orang bengkel sudah mengiyakan akan mengirim orang secepatnya, tetapi ditunggu hingga dua jam tidak nongol juga. Padahal, saya harus ke tempat lain untuk meeting. Saya kembali telepon, apa jawabannya?
“Maaf Pak, montirnya masih pada sibuk, jadi belum bisa ke sana.”  
Rasanya kesal luar biasa mendengar jawaban yang menurut saya sangat tidak bertanggung jawab itu. Padahal, ini bengkel resmi, lho. Apa jadinya, jika semua bengkel seperti itu? Bisa-bisa pelanggan kabur. Akhirnya saya cancel order.
“Om, kenapa nggak beli aki di Shop and Drive saja?” petugas parkir kembali menghampiri saya.


Shop and Drive? Saya pernah lihat outlet Shop and Drive di Bandung, tetapi belum sekali pun berkunjung atau malah belanja ke sana. Seingat saya, di sekitar mall tempat saya parkir juga tidak ada Shop and Drive.
“Shop and Drive bisa ditelepon kok, Om, jadi Om nggak usah repot-repot. Orang-orang yang parkir di sini kalau pas akinya habis pasti telepon Shop and Drive.” Sekali lagi petugas parkir menjelaskan. Wah, berarti Shop and Drive memang jaminan, dong. Saya jadi semakin penasaran dan ingin membuktikannya.
“Punya kontaknya?” tanya saya kepada petugas parkir.
“Nggak punya Om, tapi di internet ada.”
Tanpa menunggu lama saya akhirnya googling dengan smartphone dan menemukan Shop and Drive. Saat itu, Shop and Drive di Bandung baru ada 2 atau 3 outlet. Outlet Shop and Drive terdekat dari tempat mobil saya mogok ada di sekitar Daerah Buah Batu Bandung.
Karena saya belum tahu seluk beluk bagaimana order aki di Shop and Drive, saya klik chat dengan costumer servis (CS) di Shop and Drive online. Saya tidak tahu, apa vitur ini masih ada di Shop and Drive online saat ini apa sudah tidak ada.
Seingat saya, dengan ramahnya CS menginformasikan secara detil cara order online di Shop and Drive. Tidak hanya itu, CS juga menjelaskan aki apa saja yang dijual di Shop and Drive. Termasuk menjelaskan harga, kelebihan, kekurangan, diskon, dan bonus jika order pada saat itu juga.
Saya pun akhirnya order Aki MF GS Astra Tipe Maintenance Free, aki yang selama ini saya gunakan untuk mobil saya dan hampir 2.5 tahun lebih tidak diganti. Usai order, CS kembali menjelaskan bagaimana cara merawat aki supaya awet dan saya dipersilahkan untuk menunggu paling lama 30 menit, hingga pengantar aki dari Shop and Drive terdekat datang.



Benar saja, 30 menit kemudian orang dari Shop and Drive datang dan memasang aki yang saya pesan. Saya sangat terkesan karena cara kerjanya sangat cepat, benar-benar bagai kilat. Tidak lebih dari 10 menit mobil saya pun bisa distarter.
Setelah basa-basi sebentar, dia mengeluarkan alat gesek untuk melakukan transaksi pembayaran. Sebelum benar-benar membayar, dia menawarkan pemotongan harga aki dengan syarat aki bekasnya dia bawa ke Shop and Drive, ya jelas saya mengiyakan karena saya memang tidak memerlukan aki bekas tersebut.
Transaksi akhirnya selesai. Saya mendapat kwitansi pembayaran resmi dan kartu garansi aki ke Shop and Drive. Sebelum berpisah, dia kembali mengingatkan untuk mengecek aki yang sudah dibeli di Shop and Drive sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu serta menyodorkan sebuah payung. Ah, waktu itu memang dapat hadiah payung dan sekarang entah ke mana payungnya.
Ini Call Center yang Siap Melayani 24 Jam (SC dari Web)

Sejak perkenalan pertama yang sangat mengesankan itu, saya mulai merawat mobil saya di Shop and Drive baik sekadar ganti oli, cek mesin, servis, hingga ganti ban. Shop and Drive yang dahulu hanya menyediakan aki sekarang berkembang pesat dengan menyediakan tempat servis, ganti ban, dan aksesoris lainnya. Sangat memudahkan pengendara seperti saya yang tidak terlalu tahu tentang outomotif.
Saya kemudian harus mengatakan say goodbye kepada Shop and Drive walau dengan sangat berat setelah saya ganti mobil dan harus kembali ke bengkel resmi karena mobil baru perawatannya masih gratis di bengkel resminya.






Cinta memang tidak bisa dibohongi, selama 2 tahun saya merawat mobil baru saya di bengkel resmi (maksudnya bengkel di mana saya beli mobil di deler yang menyediakan bengkel resmi), selama 2 tahun pula saya tidak bersentuhan lagi dengan Shop and Drive. Meski begitu, setiap kali ada saudara atau teman yang akan mengganti aki kendaraannya saya selalu merekomdasikan Shop and Drive.
Hingga suatu hari, tepat setelah 2 tahun saya tidak bersentuhan dengan Shop and Drive, tiba-tiba aki mobil baru saya mati di tengah jalan. Saya sudah menduga sebetulnya jika aki harus secepatnya diganti, tetapi sengaja saya biarkan supaya aki benar-benar tidak bisa digunakan lagi.

Sejak Pertama Kenal, Langsung Jatuh Cinta Pada Shop and Drive
Kartu Garansi Aki dari Shop and Drive Masih Berlaku (Foto Alee)

Begitu mobil tidak bisa distarter saya langsung googling mencari kontak Shop and Drive terdekat. Bisa sebetulnya ke call center, tetapi saya memilih Shop and Drive terdekat.
Sama seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya, dengan cepatnya Shop and Drive melayani kebutuhan saya tanpa banyak syarat. Sejak itu hingga saat ini saya kembali kencan dengan Shop and Drive, paling tidak untuk cek aki, ganti oli, cek mesin, dan servis.
Oh iya, Bulan Agustus 2016 lalu sempat ganti oli di Shop and Drive. Jika di bengkel biasanya bayar full mulai dari oli hingga servis, di Shop and Drive hanya membeli oli sudah termasuk servis. Bonus tambahannya, jika melakukan pembelian oli melalui debit salah satu bank, beli 3 botol oli gratis 1 botol. Lumayan apa lumayan? hehehe.

Sejak Pertama Kenal, Langsung Jatuh Cinta Pada Shop and Drive
Kartu Penggantian Oli (Foto Alee)




Shop and Drive sejak awal memang menempatkan diri sebagai salah satu  bisnis retail modern otomotif yang fokus pada fast moving parts, quick service, dan related service maka tidak heran jika layanannya sangat handal.
Shop and Drive awalnya bernama Super A, mulai berdiri tahun 1998 di bawah PT. Astra Otoparts. Super A menjadi bisnis retail modern otomotif pertama di Indonesia yang fokus pada produk suku cadang roda empat. Seiring dengan perkembangan, tahun 2000 Super A berubah nama menjadi Shop and Drive (Shop&Drive).
Shop and Drive hadir dengan 2 (dua) tipe outlet, yaitu Shop and Drive dan Super Shop and Drive. Keduanya sama-sama melayani penggantian oli, aki, shock absorber, dan sebagainya. Berbeda dengan Shop and Drive, Super Shop and Drive melayani penggantian ban dan spooring balancing. Hingga saat saya menulis ini, outlet Shop and Drive telah berjumlah lebih dari 300 outlet. Sebagian besar outlet yang ada dalam bentuk franchise.

Jaringan Shop and Drive Sudah Tersebar di Nusantara (SC dari Web)

Dalam menjalankan bisnisnya, Shop and Drive mengusung 5 (lima) pilar utama yaitu; Trustworthy, Uniformity of Service, Quick & Reliable, Personalized, dan Green Company.
Shop and Drive berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk customer. Keseragaman pelayanan antaroutlet menjadi hal yang utama, sehingga ke mana pun customer bertransaksi, pelayanannya sama. Sama-sama memuaskan.
Dengan komitmen yang dijalankan secara konsisten, Shop and Drive pun diakui keberadaannya dan berkali-kali mendapat penghargaan. Sebut saja misalnya sebagai peringkat ke 2  Top Franchise Award dari Majalah Franchise pada tahun 2008.
Kemudian mendapat The Best in Franchise System Indonesia Franchisor tahun 2009, masih dari Majalah Franchise. Mendapat Franchise Best Seller 2010 Kategori Bisnis Bengkel & Sparepart Mobil tahun 2010, Top Ranking Performers in the Contact Center World Award Silver Medal Winner and Ranked #2 in Asia Pacific tahun 2012, Retail Modern Untuk Suku Cadang Fast Moving Dengan Jaringan Terbanyak di Indonesia tahun 2013 dari Koran Sindo, Marketing Award 2014 as The Best in Green Marketing dan Marketing Award 2014 as The Best in Market Driving dari Majalah Marketing, The Best Sales Promote tahun 2015, dan The Best Automotive Repair Retail Service Provider tahun 2016.

Sejak Pertama Kenal, Langsung Jatuh Cinta Pada Shop and Drive
Salah Satu Tropy Penghargaan untuk Shop and Drive (Foto Web Shop and Drive)







Setelah hampir 6 tahun mengenal Shop and Drive, paling tidak ada 7 (tujuh) keunggulan Shop and Drive yang saya rasakan;
Pertama, pelayanan Shop and Drive sangat ramah. Dari beberapa kali berkunjung, standard pelayanan setiap outlet Shop and Drive sama, sama-sama ramah. Siapa pun yang berkunjung ke outlet mekanik Shop and Drive dengan sigap menghampiri kita dan langsung mengucapkan selamat datang kemudian kita dipersilahkan duduk, ditanya keperluannya, lalu mekanik langsung menangani keperluan kita.
Kedua, pengerjaan yang rapi dengan standar SOP yang tinggi. Hal ini saya sejak pertama kali order aki dahulu hingga saya cek aki dan ganti oli kemarin. Setiap mekanik melakukan prosedur perawatan kendaraan yang sangat tinggi serta pengerjaan yang cepat, pasti, dan hati-hati.
Ketiga, outlet Shop and Drive bersih. Shop and Drive mempunyai standard kebersihan di atas bengkel pada umumnya. Mulai dari lantai service, ruang tunggu hingga kamar mandi mengkilap. Begitu pun peralatan yang digunakan para mekanik dan baju mekaniknya juga bersih.
Keempat, selalu ada tambahan servis. Selain gratis saat ganti oli, Shop and Drive juga membebaskan biaya tambahan servis untuk cek tekanan udara, cek minyak rem, power steering, filter udara, filter ac, radiator, cek battery, cek lampu-lampu, air wiper, dan semir ban. Ini sangat menguntungkan costumer seperti saya, hehehe.

Ganti Aki di Shop and Drive Lebih Gampang

Kelima, barang yang kita beli dijamin asli. Ini sudah harga mati bagi Shop and Drive, semua barang yang dijual asli karena langsung dari astra.
Keenam, bergaransi dan bisa claim di outlet mana pun. Saya kaget saat beli aki di Shop and Drive karena garansinya hingga 18 bulan dengan pengecekan rutin setiap 3 (tiga) bulan sekali. Tidak hanya itu, jika ternyata selama dalam masa garansi aki rusak, kita bisa claim di outlet Shop and Drive mana pun.
Ketujuh, bisa pasang aki di mana pun. Paling tidak sudah 2 (dua) kali saya merasakan kelebihan ini. Saya tinggal telepon, order aki, lalu mekanik Shop and Drive terdekat akan datang dan memasang aki yang kita pesan.
Oh iya, jangan bosan jika kita sering dapat SMS pengingat dari Shop and Drive ya, karena mengingatkan costumer untuk merawat aki yang kita beli atau sudah saatnya kembali untuk ganti oli.



Jika sudah seperti ini, apa masih ada alasan untuk pindah kelain hati? Terlebih lagi sekarang Shop and Drive sudah ada aplikasi mobile yang bisa diunduh di playstore sehingga sekarang seolah sudah ada di genggaman tangan kita. Selamat membeli aki, ban, dan keperluan lainnya di Shop and Drive! []

Ganti Aki di Shop and Drive Lebih Gampang




@KreatorBuku 

Shop and Drive

PT. Astra Otoparts, tbk
Jl. Pegangsaan Dua Km 2.2, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Indonesia 14250
Telepon: (Kode Area) 15-000-15

2. Fanpage: Shop and Drive
3. Instag: @Shopanddrive 
4. Twitter: @Shopanddrive

Refensi
1). Pengalaman pribadi
2). web Shopanddrive
3). Shop and Drive di Jalan Ciwastra Bandung
3). Freepik

9 komentar:

  1. berarti Shop N Drive disitu udah dipercaya ya mas. tukang parkirnya aja sampe hafal :D
    keren.
    salam kenal mas :)

    BalasHapus
  2. Shop n Drive emang bikin kita nyaman ya

    BalasHapus
  3. Wah keren juga blognya... selamat ya mas... terus menginspirasi ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat juga, salam kenal, hehehe.
      Blognya masih minimalis kok, hehe

      Hapus
  4. Keren Kang Ali menang disana disini hahaha yeyeyeeye semakin nambah motivasi saya buat terus belajar :p

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar