Selasa, 21 Maret 2017

Diserbu Ikan-Ikan Cantik dan Pasir Putih di Tengah Laut Pulau Derawan



CUACA Pulau Derawan sepertinya memang sedang berpihak, sepanjang hari tak ada sedikit pun tanda-tanda akan hujan. Usai menikmati indahnya Taman Bili, kami berlayar menuju ke tengah laut. Beruntung matahari mulai condong ke barat, jadi sinar tak begitu terik. Tak ada alasan untuk tidak melanjutkan jelajah destinasi Pulau Derawan. Cerita Taman Si Bili bisa dilihat di Bermain Penyu Raksasa.
“Kita mau ke Gosong Sanggalau,” jelas Bang Hasan sambil menghidupkan mesin speedboatnya.
Gosong Sanggalau? Masih taman laut kah? Atau pulau dengan suhu yang teramat panas sehingga siapa pun yang ke sana akan gosong? Asli, saya bengong, saya baru tahu ada destinasi Gosong Sanggalau di Pulau Derawan.
Speedboat pun melaju kencang meninggalkan Taman Bili, semakin lama speedboat semakin jauh dan baru berhenti ketika terlihat hamparan pasir putih keemasan yang cukup luas.
Jadi, Gosong Sanggalau itu hamparan pasir di tengah laut, luasnya kurang lebih setengah hektar. Pulau yang hanya terdiri dari hamparan pasir itu muncul ketika laut sedang surut. Saat laut pasang, pulau itu akan hilang.
Mumpung sedang surut, kami pun bermain sepuasnya di Gosong Sanggalau. Mulai dari jelajah dari ujung ke ujung, tiduran, berlarian, sampai bikin sesi foto dan video. Ishhh ada yang foto-foto produk juga, lho.
Sesi terakhir Wisata Halal Tour, kami hari ini mengabadikan diri dengan foto levitasi yang diambil oleh Bang Hasan. Ini Bang Hasan selain jadi guide ternyata jago foto dan video, lho ... nggak sia-sia deh, menghubungi Bang Hasan kalau ke Derawan.

Ribuan Ikan Derawan
Karena hari telah sore dan kami semua sudah mulai gigil, Bang Hasan lantas mengajak kami bercengkerama dengan ribuan ikan cantik Pulau Derawan. Saya pikir untuk bercengkerama dengan ribuan ikan harus ke tengah laut, ternyata tidak. Sebaliknya, malah mendekati pantai Pulau Derawan.
Tempat bercengkerama dengan ikan tepat berada di salah satu sisi Pulau Derawan. Dari Gosong Sanggalau hanya perlu waktu kurang lebih 10 menit, itu pun nggak pakai ngebut.
Saya, Khaerul, dan Evrina pun langsung menceburkan diri sementara Oka dan Septi naik ke dermaga karena kedinginan. Tanpa babibu kami bermain-main serta bercengkerama dengan ribuan ikan-ikan cantik di sana. Ini beneran ikan, bukan mainan, hehehe.



Supaya ikan mendekat, sepotong roti tawar sengaja kita berikan kepada mereka. Benar saja, begitu roti tawar ada di tangan, ribungan ikan cantik menyerbu. Ya ampun, serasa berada di akuarium raksasa.
Ingin sekali rasanya membawa satu saja, apa daya dilarang karena mereka dilindungi. Akhirnya, saya puas-puasin memberi makan, bermain, dan bercengkerama dengan mereka sampai saya benar-benar gigil. Jelajah keindahan dan kekayaan alam seputar Pulau Derawan pun hari itu diakhiri dengan menikmati matahari tenggelam, bertanda hari saatnya hari beristirahat.
@KreatorBuku

21 komentar:

  1. Wow keren... Jadi pengen ke Derawan juga. Ternyata Indonesia punya banyak destinasi menarik, ya... Cuma sekarang wisata mancanegara juga gila-gilaan promonya. Seringkali jadi dilema antara Cinta Indonesia dan pengen trip ke luar negeri

    BalasHapus
  2. kalau boleh tahu nih mas, pulau derawan letaknya di daerah mana yah? boleh juga nih spot traveling yah. Disana ada terumbu karag gitu yah mas soalnya keliatan banyak banget ikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Derawan itu di Kalimantan Timur, cerita awalnya ada di postingan sebelum ini Mas, hehehe

      Hapus
  3. Ya ampuuuuun ikan-ikannya cantik sekali
    Gede-gede ya disana ikannya. Btw berarti ini snorkelingnya perairan dangkal ya Kang
    Jadi mupeng ih pengen ke Derawan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mbak Arni, jadi nggak perlu berlayar ke tengah laut, hehe

      Hapus
  4. asyik..buat seselfian dengan ikan duyung eh..derawan.. :D

    BalasHapus
  5. Ish... Bagusnya Derawan ya Kang Ali, jadi mupeng... Tapi, ngintip dompet -_-

    BalasHapus
  6. Kang alee, itu dirimu yang melompat bak balerinaa? Hihi..duh, semoga someday bisa ke Derawan, aamiin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, xixixixixi, sampai pegel.
      Semoga ... amiiiin

      Hapus
  7. Keren mas Alee, gimana ya rasanya berada di banyaknya ikan gitu. Wah jadi pengen.. Sesekali selfi sama ikan ya, Mas..hehe

    Semoga bisa ke Derawan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berasa jadi ikan duyung Mas, hehehe

      Hapus
  8. Seru banget kang Alee, eeh itu siapa yang motret? Hehehe
    Semoga aku bisa ke Derawan, mupeng euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang motret guidenya dunk, hehehe. Hayuk Tia

      Hapus
  9. Kayaknya aku pernah deh ketempat ini ,.

    BalasHapus
  10. foto kalian kece2, aku doang nih yang gak banget kalo nyemplung ke laut haha

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar