(Liputan) Arsitek-Arsitek Muda Penuh Bakat Lahir dari Young Architect Competition


Lomba Arsitek Mahasiswa Sinar Mas

UNTUK kedua kalinya, Sinar Mas Land menyelenggarakan acara Sinar Mas Land Young Architect Competition (SMLYAC 2015), kompetisi arsitek bagi mahasiswa yang digelar Sinar Mas Land bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Ajang kali ini sukses diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi arsitektur tanah air. Sayembara ini membuka kesempatan selebar-lebarnya bagi calon-calon arsitek terbaik negeri ini dalam menunjukkan potensi emas melalui karya terbaik mereka.
Sayembara berlangsung selama empat bulan dari tanggal 9 Juli 2015 dan ditutup pada 2 November 2015. Ada tiga kategori yang disayembarakan, yaitu Residential, Commercia, dan Resort. Total hadiah yang dipersembahkan adalah 675 juta rupiah. Duit semua? Iya, dong … masa daun.
Sinar Mas Land, sebagai salah satu pengembang properti terbesar dan terpercaya di Indonesia, berkewajiban untuk ikut peduli terhadap perkembangan potensi generasi muda yang akan memikul masa depan pembangunan di tanah air.
“Kami sangat senang hal ini direspon positif lewat antusiasme peserta SMLYAC 2015 yang mengirimkan karya desain arsitektur terbaik mereka,” ungkap Ishak Chandra, CEO Strategic Development and Services Sinar Mas Land, dalam siaran persnya.
Lebih dalam Ishak Chandra memaparkan, Sinar Mas Land bersyukur sekaligus bangga karena dapat memberikan kesempatan kepada calon-calon arsitek terbaik negeri ini untuk berkarya dan mengembangkan kemampuan mereka secara kreatif untuk membangun masa depan negeri yang lebih baik.
Pada tanggal 2 Desember 2015, 15 finalis mempresentasikan karya mereka di hadapan dewan juri yang kompeten di bidangnya. Juri untuk kategori residensial antara lain Sukendro Sukendar dari IAI (Founder Nataneka Architect), Andra Matin (Founder Andra Matin Architect) serta Jefry Budiman praktisi (Founder Grain and Green).
Juri di kategori Commercial antara lain Ardi Jahya, praktisi dari IAI, Rafael David dari IAI (principal Aboday Architect), dan Sofian Sibarani (praktisi dari AECOM). Sementara juri untuk kategori Resort Prasetyo Adi (praktisi dari PDW Architect) dan Robert Day (dari WATG).
Setelah melalui seleksi yang cukup ketat, akhirnya awal Desember lalu, 9 tim pemenang Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015 (SMLYAC) diumumkan dalam acara puncak penganugerahan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Acara dimeriahkan penyanyi papan atas Indonesia, Tulus dan Andien.
Berikut adalah nama-nama pemenang Sinar Mas Land Young Architect Competition 2015 yang diumumkan dalam malam puncak penganugerahan di Indonesia Convention Exhibition (ICE):
Lomba Arsitek Mahasiswa Sinar Mas
Para Pemenang Kategori Commercial (Foto Dok. Sinar Mas Land)


Kategori Residential
Pemenang 1: Tim Estevantra Sunandirjaya dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 100 juta rupiah
Pemenang 2: Tim Antonius Richard Rusli dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 75 juta rupiah
Pemenang 3: Tim Lucky Fachrurozi dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah

Kategori Commercial
Pemenang 1: Tim Dena Hilmi Fauzi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 100 juta rupiah
Pemenang 2: Tim Dian Indah dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 75 juta rupiah
Pemenang 3: Tim Azki Muhammad dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah

Lomba Arsitek Mahasiswa Sinar Mas
Para Pemenang Kategori Resort (Foto Dok. Sinar Mas Land)

Kategori Resort
Pemenang 1: Tim Silvanus Andi Saputra dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 100 juta rupiah
Pemenang 2: Tim Gideon Sutanto dari Universitas Pelita Harapan (UPH), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 75 juta rupiah
Pemenang 3: Tim Raynaldo Theodore dari Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), berhak mendapatkan hadiah uang senilai 50 juta rupiah

Selamat kepada para pemenang dan pada seluruh peserta yang mengikuti ajang keren ini. Semoga tahun-tahun mendatang bisa ikut dan menang lagi.

Tentang Sinar Mas Land
Sinar Mas Land adalah pengembang properti terkemuka di Asia Tenggara dengan pengalaman lebih dari 40 tahun dalam bidang pengembangan properti di Indonesia.  Sinar Mas Land tercatat di bursa saham Indonesia atas nama PT. Bumi Serpong Damai Tbk, (BSDE). Awal tahun 2011, BSDE  telah merampungkan proses akuisisi perusahaan terafiliasi yakni PT Duta Pertiwi Tbk, PT Sinar Mas Teladan dan PT Sinar Mas Wisesa. Akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BSDE terutama portofolio pendapatan dan diversifikasi usaha BSDE.
Dengan lebih dari 50 proyek besar yang telah dikembangkan di Indonesia, dan juga memiliki lebih dari 10.000 ha land bank, Sinar Mas Land dapat disebut sebagai pengembang properti terbesar dan paling terpecaya di Indonesia. Bukti kesuksesan Sinar Mas Land juga diakui oleh dunia dengan mendapatkan berbagai macam penghargaan International yang prestigius seperti World FIABCI Prix d’excellence Award di Cyprus (2011), World FIABCI Prix Award di Taichung (2013), Asia Pacific Property Award di Kuala Lumpur (2012 & 2013), dan Cityscape Awards For Emerging Market di Dubai (2014).
Dengan dukungan tim manajemen yang kuat, Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri paling berhasil (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept-Klastered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.
Sinar Mas Land memiliki mitra strategis yang kuat seperti Sojitz Japan dan Itochu-Japan, Hongkong Land serta mitra lokal seperti Kompas Gramedia dan Kalbe.

@KreatorBuku
Previous article
Next article

9 Komentar

  1. Hanya untuk mahasiswa arsitek yaw kang,,, padahal hadiahnya tuh loh termasuk gede. Selamat dah buat pemenangnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Anis ... semoga tahun depan ada buat yang umum ya, hehe

      Hapus
  2. Woow hadiahnya besar banget ya. Langsung mata panda :D

    BalasHapus
  3. Selamat untung para pemenang, ya...

    BalasHapus
  4. Khusus mahasiswa ya ini? Klau mantan mahasiswa arsitek gak boleh ya? Hehehhe

    BalasHapus
  5. Khusus mahasiswa saja ya? Kalau mantan mahasiswa arsitek gak blh ya? Hehwhehw

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel