Tips Memilih Apartement Bagi Anak Muda Zaman Sekarang


TIDAK dipungkiri, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk di kota-kota besar di Indonesia, kebutuhan hunian pun semakin bertambah. Sayangnya, lahan untuk mendirikan perumahan semakin sempit. Kalau pun kemudian ada developer yang mengembangkan perumahan di tengah kota, bisa dipastikan harganya selangit.
Jalan keluar bagi anak muda yang ingin memiliki hunian sendiri adalah bekerja sangat keras hingga mampu mengeluarkan kocek lebih banyak untuk membeli hunian idamannya atau memilih apartement.
Beberapa waktu lalu saya sempat ngobrol dengan beberapa teman yang tinggal di kota besar seperti Bandung dan Jakarta, nyatanya, mereka lebih memilih apartement sebagai pilihan tempat tinggal bagi keluarga kecil mereka karena lebih praktis.
“Selain praktis, tinggal di apartement pun keamanannya terjamin selama dua puluh empat (24) jam,” kata salah seorang teman, “sehingga nyaman ketika harus pergi ke luar kota meninggalkan anak istri untuk sebuah pekerjaan,” pungkasnya.
Saya mengangguk dan mengiyakan. Sayangnya, pada kenyataannya tidak semua apartement punya komitment untuk memberi kenyamanan pada penghuninya, apalagi jika usia apartement sudah puluhan tahun.


Nah, supaya anak muda zaman sekarang tidak terjebak dengan janji-janji pengembang, ada baiknya sebelum memilih dan membeli apartement mengetahui beberapa tips berikut ini;
1). Cari yang Lokasinya Stratergis
Salah satu alasan membeli apartement biasanya supaya memudahkan kita beraktivitas di tengah kota. Apa jadinya membeli apartement, tetapi lokasinya malah menyulitkan kita?
Oleh karena itu, carilah apartement yang lokasinya strategis seperti Apartement Green Pramuka City.  Green Pramuka City dikembangkan oleh PT. Duta Paramindo Sejahtera dicatas lahan seluas 12,9Ha yang berlokasi di Jl. Jend. Ahmad Yani, Kav. 49, Jakarta Pusat 10570.
Jangan lupa juga pikirkan, apakah lokasinya aman? Bagaimana dengan akses kendaraan atau transportasi publik? Apa lokasinya mudah diakses lewat jalan Tol? Apakah lokasi tersebut rawan banjir? Jika lokasi aman, masukin dalam daftar list.
Kita bisa tanya pada beberapa penghuni apartemen tersebut perihal keberadaan apartemen dan juga kenyamanan serta ketertiban dari para penghuni apartemen. Buat data setiap apartemen yang menjadi target incaran.
2). Apa Harga Sebanding?
Biasanya, kita malas tanya harga apartemen kepada seles atau pengembang. Padahal ini sangat penting, siapa tahu ketika tanya harga, ternyata jauh lebih murah dari harga yang tertera pada brosur?
Alangkah baiknya jika tanya detil mengenai harga dan fasilitas yang didapatkan  sebagai penghuni apartemen. Ada baiknya, tidak menelan mentah-mentah setiap informasi yang didapat dapat seles atau pengembang. Kita bisa tanya juga pada penghuni.
Dari beberapa info yang saya dapat, rata-rata penghuni apartemen Green Pramuka City merasakan manfaat dari biaya yang mereka keluarkan. Mereka mendapatkan apartemen yang sebanding dengan harga yang dibayarkan.
3). Cek Fasilitas
Setelah keliling dan membanding-bandingkan apartemen yang akan dibeli, sebisa mungkin persempit pilihan apartemen yang diincar. Cek kembali setiap fasilitas yang diberikan pengembang.
Misalnya cek supermarket, akses kendaraan umum, tempat parkir, rumah sakit terdekat, sekolah, jarak dengan tempat kerja, fasilitas gym atau ruang kebugaran, ruang hijau,  dan lain sebagainya.
Apartemen Green Pramuka City fasilitasnya cukup lengkap, bahkan konsep yang diusung dari awal adalah apartemen hijau. Artinya, banyak lahan yang didedikasikan untuk ruang hijau bagi penghuninya.

4). Aman dan Nyaman
Datang langsung ke lokasi apartemen jauh lebih baik daripada hanya melihat brosur atau web apartemen yang kita incar. Jika perlu lihat sekeliling apartemen dan lingkungannya.
Apakah apartemen tersebut dekat dengan bar atau café atau bahkan tempat-tempat prostitusi yang belum terjamah oleh pihak pemerintah setempat? Jika dekat, segera jauhi.
Membeli apartemen itu kan supaya kita memiliki tempat hunian yang aman, tidak ada orang yang mabuk-mabukan, apalagi terganggu dengan kebisingan dunia malam. Pertimbangkan pengaruh hal-hal tersebut terhadap keamanan keluarga, terutama anak-anak kita.
Green Pramuka City salah satu apartemen yang tidak bisa mentolerir hal-hal negatif tersebut, bahkan, baru-baru ini pengelola bekerjasama dengan aparat keamanan membantu menggeledah apartemen, kalau-kalau ada kejahatan di dalamnya, termasuk kejahatan narkoba.
5). Fasilitas Keamanan
Jangan lupa, meski pun kita sudah merasa aman, ada baiknya amati pula setiap fasilitas keamanan yang disediakan oleh pihak apartemen. Cek, apa pos satpam selalu terisi dan petugas keamanan melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab?
Apa di sana pernah terjadi beberapa kasus perampokan atau pencurian dalam waktu beberapa bulan atau tahun terakhir dengan intensitas yang cukup tinggi? Apakah kamera CCTV tersedia dan berfungsi dengan sangat baik? Pastikan semua ada serta berfungsi sebagaimana mestinya.
Jika kelima (5) hal di atas terpenuhi, pilih apartemen yang masih ready untuk dibeli. Jika memilih Green Pramuka City pertimbangannya jangan lama-lama, ya, soalnya rebutan, hehehe.
Okelah, selamat membeli apartemen yang membuat nyaman, aman, dan menyenangkan keluarga!

@KreatorBuku
Previous article
Next article

6 Komentar

  1. Wah.. terima kasih tips-nya kak, yang lagi cari apartemen wajib tahu tips2 mencari apartement supaya gak salah pilih,

    BalasHapus
  2. Semoga saja suatu saat bisa diterapkan tips ini, semantara diterapkan dalm memilih penginapan murah saja... :d

    BalasHapus
  3. Tinggal di apartemen emang aman dan nyaman cuma agak kurang nyaman di kantong, hahahaha

    BalasHapus
  4. Yang paling penting bagiku ya itu harganya, apakah sebanding dengan kualitas. Terkadang harga selangit tapi kualitas nggak sesuai..
    Nice share, Kang..

    BalasHapus
  5. Terima kasih ya buat tipsnya Mas Ali, artikelnya sangat membantu aku dan temen2 lain yang mau cari apartemen :)
    Keep sharing!

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel