4 Tips Memilih Tas untuk Kamera DSLR atau Mirrorless



BUAT para travel blogger, selain smartphone, senjata utama yang tidak boleh ketinggalan adalah kamera DSLR atau kamera yang saat ini sedang tren, kamera mirrorless. Dan, kalau sudah memiliki kamera, barang yang tidak kalah penting adalah tas kamera.
Tas kamera bahkan bisa dibilang barang yang wajib dibeli setelah kamera karena menjadi tempat menyimpan atau membawa kamera saat baru beli. Biasanya kita mendapat tas kamera dari produsen kamera itu sendiri.
Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, sesuai dengan kebutuhan, kita akan menambah aksesoris kamera seperti lensa, triport, dan lain sebagainya. Suatu saat tas kamera yang sekarang dipakai sudah tidak cukup lagi untuk menampung lensa tambahan dan aksesoris yang kita beli.
Ada banyak tipe tas kamera yang ada di pasaran, mulai dari tas punggung, selempang, samping dan jenis lainnya. Bahkan saat ini ada banyak inovasi tas kamera, mulai dari yang anti-air hingga yang menyediakan tempat khusus untuk menyimpan tripod.
Nah, karena banyaknya pilihan, sering membuat kita bingung saat memilih tas kamera yang akan kita beli. Supaya tidak bingung saat memilih, dari pengalaman saya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Apa saja tipsnya?




1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Fotografi
Sebelum membeli tas kamera, sebaiknya cek terlebih dahulu jenis kamera apa yang kita pakai sekarang, apakah kamera DSLR atau kamera mirrorless. Tipe lensa apa saja yang dimiliki sekarang dan aksesoris lainnya.
Jika kita suka melakukan perjalanan jauh dan mempunyai laptop, sebaiknya pilih tas kamera yang mempunyai kompartemen khusus laptop. Bisa juga pilih tas kamera dengan ukuran dan desain yang ringkas kalau peralatan fotografi kita tidak begitu banyak.
Nah, kalau kita sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pilih tas kamera yang tahan air dan dilengkapi raincoat.

2. Sesuaikan dengan Tipe Fotografi Kita
Bagaimana kalau peralatan kamera kita banyak? Alangkah baiknya memilih tas punggung karena tas punggung mempunyai kompartemen yang lebih banyak dan luas untuk menampung semua lensa, aksesoris, body kamera tambahan, dan sebagainya.
Bagi kalian yang menggunakan kamera mirrorless atau kamera DSLR dengan lensa kit alias tanpa lensa tambahan atau aksesoris lain, tas dengan jenis menyamping atau selempang lebih praktis untuk digunakan.
Tas jenis ini biasanya mempunyai kapasitas yang cukup banyak bisa menampung hingga 3 lensa tambahan dan body kamera. Selain itu tas samping mempunyai desain yang memudahkan kita untuk mengeluarkan kamera dari tasnya.
Jenis lainnya adalah messenger bag, modelnya seperti tas punggung biasa, tetapi posisinya miring. Ada banyak pilihan kapasitas yang bisa kita sesuaikan.
Kemudian ada tas kamera pinggang yang memiliki sabuk yang bisa dipasang di pinggang. Posisinya cukup mudah dijangkau karena berada di depan, membuat kita bisa dengan mudah mengeluarkan kamera. Kelemahan jenis tas kamera ini adalah ukurannya yang kecil, biasanya hanya memuat 1 kamera lensa kit saja dengan sedikit kantong untuk aksesoris.




3. Pilih Desain yang Cocok dengan Gaya Kita
Sekarang ini tas kamera tidak hanya mengandalkan fungsionalitasnya. Banyak tas kamera yang dijual berbagai produsen menawarkan desain yang menarik. Pilihlah kombinasi warna dan desain yang sesuai dengan selera kita.
Selain desain, pertimbangkan juga fungsi tas kamera itu sendiri. Kita tidak mau kan jika ternyata tas kamera yang trendi justru menyulitkan kita saat mengambil kamera dengan cepat? Hehehe ...

4. Pilih Merk Tas Kamera yang Teruji Kualitasnya
Tips terakhir, seiring bertambahnya peminat di dunia fotografi, mulai dari kelas amatir hingga professional membuat produsen berlomba-lomba membuat tas kamera dengan berbagai desain, fungsi, dan kualitas.
Dalam menentukan kualitas, tentu  ada harga yang harus kita bayar, semakin mahal harga sebuah tas kamera bisa dipastikan kualitasnya akan semakin baik. Akan tetapi, bukan berarti kita harus membeli tas kamera dengan harga  yang mahal. Sesuaikan dengan kebutuhan fotografi kita, berapa banyak body kamera dan lensa yang kamu miliki, apakah penggunaannya travelling jarak dekat, jauh atau kegiatan outdoor yang membutuhkan tas kamera tahan air dan debu? Semua tetap sesuaikan dengan kebutuhan.
Semoga bermanfaat dan selamat jalan-jalan dengan tas kamera baru!
@KreatorBuku


sumber foto:
freepik.com

Previous article
Next article

3 Komentar

  1. Tas kamera yang raincoat kayaknya emang perlu banget yaaa. Walau indoor tapi tetep jaga jaga buat kenyataan terburuk. Btw. Makasih artikelnya ngebantu banget!

    BalasHapus
  2. entah kenapa aku lebih nyaman sama camera mirroles, mungkin karena gak butuh audio extrenal kalau buat video

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel