Festival Religi, Festival Sufi Al Mizan 2018




JARANG sekali, kita menyaksikan festival religi berupa musik sufi. Nah, pada 29 September 2018 nanti, akan diadakan Festival Religi Musik Sufi di Al Mizan, sebuah pesantren yang berada di Majalengka Jawa Barat.
Dengan mengusung konsep Islam “Rohmatan Lil Alamin”, pondok pesantren Al Mizan berhasil menciptakan festival musik, yang sudah berlangsung selama sepuluh tahun.
Gagasan dakwah melalui seni ini tidak bisa dilepaskan dari pengasuh Pondok Pesantren Al Mizan, yaitu KH Maman Imanulhaq Faqih. Beliau mengungkapkan, festival ini terinspirasi dari strategi dakwah yang dilakukannya melalui grup gamelan Shalawat Ki Buyut.
Pada festival tersebut, penonton akan disuguhkan  berbagai keragaman kesenian yang bergerak dan membaur secara dinamis dan aktif.

Satu Dekade
Kiai Maman, telah berdakwah melalui syair hingga satu dekade alias sepuluh tahun. Syair dan syiar menjadi satu kegiatan yang terdiri dua kata. Melalui syair-syair Ki Buyut, kita bisa mendengarkan dan memahami syiar-syiar keagamaan yang mengajak menuju kebaikan.
Dan sejak tahun kemarin, pemerintah Republik Indonesia, memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan Al Mizan Sufi Festival.
Tahun ini, melalui Kementerian Pariwisata, Pemerintah sekali lagi menunjukkan dukungan terhadap penyelenggaraan festival musik sufi tersebut, dengan memasukkan festival ini ke dalam 100 Wonderful Events Indonesia. Menurut rencana, festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 29 September 2018.



Festival musik yang diselenggarakan di Ponpes Al Mizan ini akan menampilkan berbagai aliran musik sufi. Selain itu, akan ditampilkan ekspresi seni dari lintas iman, yang tentunya akan memperkaya pengetahuan kita terhadap ekspresi religius dari berbagai tradisi.
Jika kita akan menghadiri pagelaran ini, tidak usah takut atau ragu akan tersesat tersesat. Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, tidak sulit untuk mencapai Majalengka menggunakan perjalanan darat.
Semua jalur jalan dari Jakarta, Bandung, atau kota-kota lain sudah tersedia. Apa lagi saat ini telah ada Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka yang tentunya makin mempermudah akses. So, kalau mau ke sana, ingat-ingat kalender pelaksanakannya, ya ...
@alimuakhir

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel