SAYA kalau jalan ke Sukabumi pasti naik bis, apalagi kalau mau eksplor wisata yang ada di tengah kota, seperti beberapa waktu lalu, saya dan beberapa teman blogger sengaja berkunjung ke Sukabumi untuk explor Cikundul. Kita bisa booking tiket bus Pahala Kencana misalnya.
Memang, selama ini setiap dengar tempat Wisata Sukabumi, pasti yang terbayang adalah hamparan pantai indah di Pelabuhan Ratu atau Arum Jeram di Sungai Citarik. Atau yang sedang kekinian, Geo Park Ciletuh.
Padahal, Sukabumi tidak hanya pantai, arum jeram, atau geopark. Sukabumi, terutama di dalam kota, tepatnya di Cikundul pun banyak tempat wisata asyik yang bisa didatangi wisatawan atau pun traveler.
Kebetulan, beberapa waktu lalu saya bersama beberapa teman blogger berkunjung ke Sukabumi dalam rangka Sukabumi City Digital Tourism Attack. Selama sehari mengeksplorasi tempat wisata di sana.

Pemandian Air Panas
Pemandian air panas biasanya berada di atas bukit dan untuk menuju ke sana perlu perjuangan dengan jalan yang berliku tajam. Akan tetapi, tidak demikian dengan Pemandian Air Panas Cikundul. Pemandian yang dibangun tahun 1990 ini letaknya di pusat kota.
Perjalan menggunakan kendaraan pribadi dari terminal menuju pemandian kurang lebih hanya perlu waktu 30 menit. Jaraknya dari pusat kota kurang lebih hanya 7 km, jadi beneran dekat sekali, bukan?
Pemandian air panas yang berada di Jl. Proklamasi No. 242, Lembur Situ, Cikundul, Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat ini ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur karena buka hingga malam hari.



 Meski obyek utamanya pemandian air panas, di sini juga ada kolam renang yang cukup luas, kamar rendam, kamar bilas, dan kamar penginapan yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau. Enaknya, di kamar ada juga kolam rendam.
Fasiltas lain ada area parkir kendaraan yang cukup luas, mushala, dan lapangan kecil yang bis untuk acara, termasuk acara pembukaan Pasar Digital Cipundul yang diresmikan pada Minggu, 28 April 2018 lalu.
Tiket masuk tempat wisata yang tepat di samping aliran Sungai Cimandiri dengan lanscape alam yang asri ini cukup murah, hanya Rp.3000,- - Rp.5000.- untuk perorang. Rp.25.000,- untuk kamar rendam spesial.
Oh iya, konon, Air panas Cikundul juga mempunyai manfaat untuk mengobati beragam jenis penyakit.


Bubur Bunut
Kuliner satu ini kayaknya sudah banyak yang tahu, soalnya memang sangat terkenal. Siapa pun yang traveling ke Sukabumi pasti selalu mengusahakan mampir ke restoran yang beralamat di Jalan Siliwangi ini.
Bubur Bunut awalnya didirikan  H. To’i di dekat Rumah Sakit Bunut Sukabumi pada tahun 1981. Sekarang, Rumah Sakit Bunut sudah berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum Syamsudin SH.




Bubur Ayam Bunut yang kemudian berganti generasi dan tidak berjualan lagi di dekat Rumah Sakit tersebut dan pindah ke Jl. Siliwangi No. 93-191, Sukabumi. Agar tidak tertukar dengan Bubur Ayam Bunut yang lain, Bubur Ayam Bunut ini disebut Bubur Ayam Bunut Siliwangi.
Saya sempat merasakan enaknya Bubur Ayam sama Pisang Bakarnya ... ya ampuuun, beneran nikmat banget. Ditambah lagi dengan ruangan yang nyaman dan  luas dengan menu yang lebih beragam, jadi makin ramai.

Bumi Perkemahan dan Agroeduwisata
Selain pemandian air panas dan kulinernya, daerah Cikundul juga punya Bumi Perkemahan yang luas.
Bumi perkemahan ini dikelola oleh Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi, dengan suasana alam yang masih asri dan juga sumber air yang sudah tersedia dipuncak bukit, kawasan ini memang cocok untuk berkemah. Selain itu sudah dilakukan juga pembenahan infrastruktur kelengkapan berkemah dan kegiatan outdor lainnya.
Selain itu di dekat Bumi Perkemahan ada kawasan Agroeduwisata. Kawasan ini berada di bawah pengelolaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kota Sukabumi. Dengan akses jalan yang sudah mulus membuat kawasan ini mudah diakses. Kawasan ini sering didatangi anak-anak sekolah.


Berwisata ke sini kita akan melihat berbagai macam tanaman yang ditanam dengan berbagai teknik penanaman, seperti teknik penanaman organik, hidroponik, hingga aquaponic. Pompa sirkuliasi airnya beberapa sudah menggunakan panel surya sebagai penyuplai listriknya. Kemudian ada kandang kelinci dan domba yang sangat cocok untuk diperkenalkan kepada anak-anak.


Selain berbagai macam teknik penanaman, ada juga berbagai macam peternakan seperti peternakan sapi dan domba beserta pengolahan kotorannya menjadi gas yang bisa digunakan untuk memasak.

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Cikundul
Ini salah satu yang unik di Cikundul, ada Tempat Pembuangan Akhir Sampah yang dikelola dengan baik. Tempat ini bahkan menjadi salah satu tempat wisata yang bersih.
TPA yang berada pengelolaannya di bawah Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi ini menyediakan Cafe Metania, lho. Cafe yang bahan bakar untuk memasaknya berasal dari sampah, yaitu menggunakan metan.


So, kalau mau ke Sukabumi dan mau eksplor kotanya dalam sehari saja, bisa mendatangi Cikundul gaesss ... selamat berwisata!

Tempat Wisata yang Bisa Didatangi Dalam Waktu Sehari di Kota Sukabumi



SAYA kalau jalan ke Sukabumi pasti naik bis, apalagi kalau mau eksplor wisata yang ada di tengah kota, seperti beberapa waktu lalu, saya dan beberapa teman blogger sengaja berkunjung ke Sukabumi untuk explor Cikundul. Kita bisa booking tiket bus Pahala Kencana misalnya.
Memang, selama ini setiap dengar tempat Wisata Sukabumi, pasti yang terbayang adalah hamparan pantai indah di Pelabuhan Ratu atau Arum Jeram di Sungai Citarik. Atau yang sedang kekinian, Geo Park Ciletuh.
Padahal, Sukabumi tidak hanya pantai, arum jeram, atau geopark. Sukabumi, terutama di dalam kota, tepatnya di Cikundul pun banyak tempat wisata asyik yang bisa didatangi wisatawan atau pun traveler.
Kebetulan, beberapa waktu lalu saya bersama beberapa teman blogger berkunjung ke Sukabumi dalam rangka Sukabumi City Digital Tourism Attack. Selama sehari mengeksplorasi tempat wisata di sana.

Pemandian Air Panas
Pemandian air panas biasanya berada di atas bukit dan untuk menuju ke sana perlu perjuangan dengan jalan yang berliku tajam. Akan tetapi, tidak demikian dengan Pemandian Air Panas Cikundul. Pemandian yang dibangun tahun 1990 ini letaknya di pusat kota.
Perjalan menggunakan kendaraan pribadi dari terminal menuju pemandian kurang lebih hanya perlu waktu 30 menit. Jaraknya dari pusat kota kurang lebih hanya 7 km, jadi beneran dekat sekali, bukan?
Pemandian air panas yang berada di Jl. Proklamasi No. 242, Lembur Situ, Cikundul, Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat ini ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari libur karena buka hingga malam hari.



 Meski obyek utamanya pemandian air panas, di sini juga ada kolam renang yang cukup luas, kamar rendam, kamar bilas, dan kamar penginapan yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau. Enaknya, di kamar ada juga kolam rendam.
Fasiltas lain ada area parkir kendaraan yang cukup luas, mushala, dan lapangan kecil yang bis untuk acara, termasuk acara pembukaan Pasar Digital Cipundul yang diresmikan pada Minggu, 28 April 2018 lalu.
Tiket masuk tempat wisata yang tepat di samping aliran Sungai Cimandiri dengan lanscape alam yang asri ini cukup murah, hanya Rp.3000,- - Rp.5000.- untuk perorang. Rp.25.000,- untuk kamar rendam spesial.
Oh iya, konon, Air panas Cikundul juga mempunyai manfaat untuk mengobati beragam jenis penyakit.


Bubur Bunut
Kuliner satu ini kayaknya sudah banyak yang tahu, soalnya memang sangat terkenal. Siapa pun yang traveling ke Sukabumi pasti selalu mengusahakan mampir ke restoran yang beralamat di Jalan Siliwangi ini.
Bubur Bunut awalnya didirikan  H. To’i di dekat Rumah Sakit Bunut Sukabumi pada tahun 1981. Sekarang, Rumah Sakit Bunut sudah berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum Syamsudin SH.




Bubur Ayam Bunut yang kemudian berganti generasi dan tidak berjualan lagi di dekat Rumah Sakit tersebut dan pindah ke Jl. Siliwangi No. 93-191, Sukabumi. Agar tidak tertukar dengan Bubur Ayam Bunut yang lain, Bubur Ayam Bunut ini disebut Bubur Ayam Bunut Siliwangi.
Saya sempat merasakan enaknya Bubur Ayam sama Pisang Bakarnya ... ya ampuuun, beneran nikmat banget. Ditambah lagi dengan ruangan yang nyaman dan  luas dengan menu yang lebih beragam, jadi makin ramai.

Bumi Perkemahan dan Agroeduwisata
Selain pemandian air panas dan kulinernya, daerah Cikundul juga punya Bumi Perkemahan yang luas.
Bumi perkemahan ini dikelola oleh Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi, dengan suasana alam yang masih asri dan juga sumber air yang sudah tersedia dipuncak bukit, kawasan ini memang cocok untuk berkemah. Selain itu sudah dilakukan juga pembenahan infrastruktur kelengkapan berkemah dan kegiatan outdor lainnya.
Selain itu di dekat Bumi Perkemahan ada kawasan Agroeduwisata. Kawasan ini berada di bawah pengelolaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kota Sukabumi. Dengan akses jalan yang sudah mulus membuat kawasan ini mudah diakses. Kawasan ini sering didatangi anak-anak sekolah.


Berwisata ke sini kita akan melihat berbagai macam tanaman yang ditanam dengan berbagai teknik penanaman, seperti teknik penanaman organik, hidroponik, hingga aquaponic. Pompa sirkuliasi airnya beberapa sudah menggunakan panel surya sebagai penyuplai listriknya. Kemudian ada kandang kelinci dan domba yang sangat cocok untuk diperkenalkan kepada anak-anak.


Selain berbagai macam teknik penanaman, ada juga berbagai macam peternakan seperti peternakan sapi dan domba beserta pengolahan kotorannya menjadi gas yang bisa digunakan untuk memasak.

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Cikundul
Ini salah satu yang unik di Cikundul, ada Tempat Pembuangan Akhir Sampah yang dikelola dengan baik. Tempat ini bahkan menjadi salah satu tempat wisata yang bersih.
TPA yang berada pengelolaannya di bawah Dinas Lingkungan Hidup Kota Sukabumi ini menyediakan Cafe Metania, lho. Cafe yang bahan bakar untuk memasaknya berasal dari sampah, yaitu menggunakan metan.


So, kalau mau ke Sukabumi dan mau eksplor kotanya dalam sehari saja, bisa mendatangi Cikundul gaesss ... selamat berwisata!

14 komentar:

  1. Bumi Perkemahan dan Agroeduwisata, kayak kalau aku lebih suka yang ini. Sebab berkunjung tempat seperti ini, ada pengetahuan baru di sana.seperti ada ragam jenis tanaman dengan teknik penanaman organik, hidroponik, hingga aquaponic. Ini kan pengetahuan yg sangat penting dan bermanfaat sangat.

    BalasHapus
  2. Wah, ke air panasnya itu tuh yang menarik banget, bisa relaksasi, bonus pemandangan sungai pula.

    BalasHapus
  3. Eh Eny ngiler banget liat buburnya lohh... Kan malam-malam nih laper Eny ahahahaha Eny lama bgt gk pernah ke pemandian air panas lagi, jadi mau atur jadwal nih nanti

    BalasHapus
  4. uwiii, paginya mandi di tempat wisata, sarapannya di tempat kuliner, terus lanjut belajar ke peternakan dan TPA. muantap laaaaah.... Malamnya jadi makan malam dimana tapi ini?? haha

    BalasHapus
  5. Makasih kaangg rekomennya. AKu beneran lagi pengen ke Sukabumi nih certanya :D
    Tapi bingung di sana ada apa aja. Cus ah kalau ada waktunya ke Sukabumi :D
    Btw kalau buat menginap ada rekomendasinya gak?

    BalasHapus
  6. Sy tertarik sama pemandian air panasnya kang, cocok banget tuk merehatkan tubuh dari rutinitas pekerjaan dijakarta.

    Hangat" gimana gitu ditubuh.. Hehehe

    BalasHapus
  7. Pengin ke pemandian air panas cikundulnyaaaa. Aku baru sekali ke tempat pemandian air panas, mayan jauh dari kota. Kan asik kalo di pusat kota kayak pemandian air panas cikundul itu, fasilitasnya mantap pun. Habis dari sana makan bubur, rileks pasti badannya waaaahhh

    BalasHapus
  8. Komen jam 21;04, dan kebetulan belum makan.. kan jadi ngiler sama buburnya. Bubur Cianjur sama bubur Sukabumi itu emang endeus bgt, lekoh kalau kata orang sunda mah. Hadeuh masa kudu ke SUkabumi dulu beli buburnya ini teh..:))) etapi kapan2 boleh juga sih sekalian piknik ya.

    BalasHapus
  9. Baca ini malam2 sudah buka puasa tetap jadi kepikiran sama bubur ayam dan pisang bakarnya euy. Hiks jadi ngidam. Baru tau ada pemandian air panasnya juga ya ternyata. Bak spesialnya besar enggak yang 25 ribu?

    BalasHapus
  10. Kemarin ke Sukabumi, tapi ternyata mau ke Pelabuhan Ratu butuh perjalanan sejam lagi yaa...
    Dan seneng banget...
    Baru pertama kali ke Sukabumi, betah banget sama suasananya yang ramah dan islami.

    BalasHapus
  11. Baca bubur Ayam, rasanya udah lama banget nggak makan bubur ayam hihi. Boleh nih kalau ke Sukabumi ke temen aku bisa mintatolong ajakin ke mari2, kan dsana kl gasalah dingin ya?

    BalasHapus
  12. kolam air panasnya enakeun banget. ditambah pemandangan tepi sungai, beneran asri bnegt

    BalasHapus
  13. sukabumi yaa asyik sih tempatnya dan ngidam tuh berendem di tempat pemandian air panas gitu asyik banget bisa menghilangkan pegel pegel sesaat di kolam air panas

    BalasHapus
  14. ternyata tempat pembuangan sampah juga bisa dijadikan tempat wisata ya
    harus bisa dicontoh daerah lain nih
    jadi kesannya TPA itu ga hanya tempat kotor ya
    tapi bisa jadi tempat edukasi juga

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman