AVANA, Social Commerce Platform Terpercaya untuk Kembangkan Bisnis



















SIAPA yang pernah jualan di media sosial semacam facebook atau instagram? Gimana rasanya? Selain mudah dan gampang, jualan di media sosial sangat simple. Kita cukup buka akun media sosial kita, lalu unggah foto barang atau jasa yang akan kita jual.
Bahkan, kalau sekarang banyak yang jualan melalui fitur live yang disediakan media sosial.
Saya sendiri selama ini jual Kelas Nulis Online dan buku di facebook dan Instagram. Ketika saya buka Kelas Nulis Online, bisa dipastikan kursi yang dijual selalu sold out, beda sekali dengan buku. Saya harus sering-sering bikin status dan posting eflayer-nya. Tidak jarang musti pasang iklan.
Masalahnya, ketika pasang iklan tidak semudah membalikan telapak tangan. Selain kita harus tahu foto seperti apa yang membuat calon pembeli tertarik, kita juga harus jago bikin caption alias copy writing.
Belum lagi harus tahu algoritma media sosial yang kita gunakan untuk jualan, SEO, dan ilmu-ilmu sosial media marketing lainnya. Bisa-bisa kalau kita mikirin semuanya sendiri nggak bakal jualan-jualan, hehehe.
Padahal, jualan di media sosial itu pasarnya luas banget. Seperti yang dilaporkan Asia Social Commerce Report 2018 yang dirilis Blackbox Research menunjukkan Facebook dan Instagram menjadi media sosial yang paling banyak digunakan untuk jula beli karena memberikan pengalaman yang berbeda dengan belanja offline.
Hasil riset di atas melibatkan 4 ribu konsumen yang berasal dari Tiongkok, India, Hong Kong, Singapura, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Melibatkan 1.400 merchant UKM (Usaha Kecil Menengah).

Sumber Infografik dari Daily Sosial Id

Hasilnya cukup mencengangkan, sebanyak 94% pedagang di Filipina memanfaatkan Facebook, begitu pula di Indonesia (92%) dan India (89%). Instagram paling banyak dipakai oleh merchant dari Indonesia (72%), Filipina (56%), dan Hong Kong (50%).
Dalam laporan tersebut juga dijelaskan tiga alasan utama berdagang di media sosial. Sebanyak 63% responden menilai media sosial lebih mudah meraih pasar potensial yang lebih luas, 57% responden menilai lebih gampang buka bisnis lewat media sosial, 48% responden mengatakan media sosial meningkatkan jaringan pertemanan yang bisa mendorong pertumbuhan bisnis.

Sumber Infografik dari Daily Social Id

Makanya wajar kan, jika tiap hari ada saja yang jualan melalui media sosial? Lantas, bagaimana supaya jualan kita makin laris manis tanpa kita menangani semuanya? Bisa saja sih, kita bayar karyawan untuk mengelola dengan resiko biaya operasional membengkak, hehehe.
Atau buka toko di marketplace dengan tambah resiko? Selain resiko-resiko yang saya ceritakan di atas ada banyak resiko yang menyertainya;
Pertama, saking banyaknya persamaan barang yang dijual, mau tidak mau harus banting harga sehingga terjadi persaingan yang tidak sehat.
Kedua, bisa jadi brand yang kita juga tidak dikenal pembeli, malah yang lebih dikenal marketplacenya.
Ketiga, tidak mudah mengembangkan merk brand kita di marketplace
Keempat, sering banget foto jualan kita diambil penjual lain yang ada di marketplace.
Ternyata lumayan ya, resikonya, hehehe. Eit, meski begitu jangan patah arang dulu. Ada lho, ternyata cara paling mudah, aman, dan simple untuk mengelola jualan kita di media sosial. Kita bisa gabung dan menggunakan Avana, SocialCommerce Platform terpercaya untuk kembangkan bisnis kita.


AVANA, Mengoptimalkan 3 Toko Online Utama
Jadi neh, AVANA adalah salah satu Social Commerce Platform yang membantu para pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk memudahkan dalam berjualan online.
AVANA memodernisasikan media sosial seperti Facebook, Messenger, dan Instagram. Kalau kita menggunakan AVANA maka pelanggan kita bisa melakukan transaksi pembelian hingga pembayaran di media sosial. 
Pelanggan tidak perlu lagi meninggalkan laman media sosial penjual ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran. Pelangga melakukan semua proses transaksi langsung di media sosial penjual.


Kalau kita menggunakan AVANA, ada 3 (tiga) toko online utama yang bisa dioptimalkan, yaitu Webstore, Facebook Store, dan Messenger Store. 
Webstore adalah toko online website. Berbeda dengan website pada umumnya, website dari AVANA memiliki banyak kelebihan. Antara lain dapat menampilkan harga, promosi, kategori produk, hingga melakukan checkout di tempat.
Tampilannya berbeda dengan website biasa. Ada dua jenis tema website yang bisa dipilih yaitu, tampilan biasa dan landing page. Berikut adalah contoh webstore merchant AVANA.
Facebook Store adalah toko online facebook page. Konsepnya sama seperti facebook store. Facebook store ini sudah terintegrasi ke webstore, lho, jadi konsep pembayarannya juga bisa langsung di sini. Facebook store page ini tidak punya tema seperti webstote.
Messenger Store adalah aplikasi pesan yang dijadikan toko. Messenger store dari AVANA memberdayakan konsep chatting untuk berjualan. Jika biasanya aplikasi messenger hanya digunakan untuk broadcast pesan atau melakukan percakapan online, kini messenger bisa dijadikan katalog bisnis online. Konsepnya sama seperti Facebook store, yaitu bisa melakukan checkout.
Ketika pelanggan akan membeli produk yang kita jual, pelanggan cukup klik tombol buy untuk melanjutkan proses pengisian informasi dan pembayaran. Atau, klik tombol details untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai produk yang dipilih.

AVANA, Sistem Terintegrasi
Dalam jualan online, sistem sangat penting karena akan memudahkan penjual dan pembeli. AVANA cukup berpengalaman dalam hal ini. AVANA membuat sistem yang terintegrasi sehingga memudahkan.
Bayangkan, semua aktivitas jual beli yang terjadi di ketiga toko online yang disediakan AVANA bisa dimonitoring dan diproses hanya di satu dasbor AVANA. Dasbor yang  juga berfungsi untuk mengelola toko-toko online. Mulai dari upload barang, ganti tema, buat promosi, rekap penjualan dan pembelian, dan lain-lain.

Tampilan Dasboard Toko Online Alat Ibadah di AVANA
Sekali upload barang, barang yang di upload di dasbor secara otomatis tampil di tiga toko. Begitu pun stok, kategori produk, dan deskripsi produk akan tampil, jadi nggak perlu 3 kali upload.
Lalu bagaimana jika banyak yang membeli produk di webstore, apakah stok barang di facebook store dan messenger store akan berubah? Iyesss, stok barang secara otomatis berkurang. Bahkan, jika sampai stok yang terekam di dasbor kosong (nol) maka pembeli tidak bisa membeli barang tersebut. Seller bisa menambahkan ulang jumlah barang di dasbor.

AVANA, Free Trial
Buat siapa pun yang mau bisnis atau mau mengembangkan bisnisnya melalui AVANA bisa coba-coba dulu, lho. Kebetulan saya juga mau serius bisnis alat ibadah, saya coba manfaatkan free trial yang diberikan AVANA.


Saya coba buka web AVANA lalu login dengan facebook. Setelah itu saya pelajari sebentar apa yang harus saya lakukan untuk buka toko online. Setelah paham baru buat toko online.
Dalam waktu tidak kurang dari 5 menit saya punya toko online yang saya beri nama Alat Ibadah, alamat toko onlinenya https://alatibadah.avana.asia/. Setelah toko online berdiri saya mengisinya dengan barang-barang jualan saya. Pertama yang saya jual al Quran. Mudah banget, kan?

Toko Alat Ibadah di AVANA versi Trial


AVANA, Mudah, Cepat, dan Responsip
Karena baru buka, mau nggak mau saya harus memahami betul sistem yang ada di AVANA. Paling awal pastinya memahami daleman AVANA alias dasboard. Pada tampilan daskboard cukup sederhana, hanya ada 2 bagian; bagian kanan berisi menu dan bagian kiri bagian detilnya.
Saya langsung scroll bagian kanan dan klik Tutorial. Bukan apa-apa, namanya masih baru kan, jadi harus baca tutorilnya dulu sebagai guide. Benar seperti dugaan saya, Tutorial yang diberikan sangat lengkap, mulai dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang AVANA, Setup Keseluruan, Setup Webstore, Management Order, Sosial Media Marketing, Cekout and Payment, Shipping and Delivery hingga Security and Privacy ada.
Setelah itu saya coba semua menu yang ada di dasboard. Ada beberapa kelebihan yang saya rasakan;  
1). Cepat
Bagi saya yang memang suka ngeblog dan pengguna aktif facebook dan instagram, AVANA sangat mudah dan cepat.  Sebelum saya uplod foto produk, saya tautkan terlebih dahulu dengan facebook, baik akun pribadi ataupun fanpage. Oh iya, kalau belum punya facebook store bisa bikin. Setelah itu baru uplod produk. Apa yang terjadi saudara-saudara? Hanya dalam hitungan menit, facebook store saya pun jadi. Isinya sama persis dengan Webstore yang saya bikin.
2). Mudah Digunakan
Setelah toko jadi, saya coba mengeksplorasi lebih lanjut, ternyata kalau toko online kita sudah jadi, pembeli bisa order langsung di laman facebook kita lho. Bisa melakukan pengecekan (cekout), konfirmasi pembayaran, dan pengantaran dengan catatan kita sudah menyeting metode pembayaran dan shipping di dasbord.
Selain itu kita atau penjual bisa lho, mengaktifkan percakapan yang diatur melalui dasbor seperti bikin template pesan dan bisa disetting auto PM reply alias jawab pesan otomatis, hehehe.
Terus di dasboard juga disediakan tombol untuk menambahkan pengelola dasboard, mungkin buat jaga-jaga kalau jualan kita sudah laris manis dan kita membutuhkan pengelola tambahan. Kita cukup undang seseorang dengan alamat email tertentu untuk bergabung di dasboard AVANA.



3). Responsif
Salah satu yang sangat penting ketika jualan online adalah web yang responsif. Nah, ketika saya coba buka Webstore AlatIbadah dengan smartphone, ternyata bisa dilihat dengan nyaman, artinya webstitenya responsif dengan gadget.
4). Kata Kunci
Dalam jual beli online, yang tidak boleh terlupakan adalah kata kunci dari produk yang akan kita jual karena kata kunci akan menentukan seberapa banyak produk kita dicari secara online?
AVANA memfasilitasi pemilik toko dengan adanya pengaturan di google search engine di dasboard untuk menentukan kata kunci (keyword) produk yang kita jual. Dengan kata kunci yang tepat, produk kita akan terlacak pembeli dengan cepat.
Selain kelebihan-kelebihan yang saya ceritakan di atas, ada banyak kelebihan lain yang akan memudahkan pebisnis, pengusaha, UKM, dan UMKM melejitkan bisnisnya bersama AVANA.

AVANA, Fitur Lengkap
Apa yang saya ceritakan di atas sebetulnya baru sedikit sekali lho, karena masih banyak kelebih terutama fitur-fitur lain yang melengkapi inovasi yang dilakukan AVANA. Kalau saya ceritakan semuanya takut kepanjangan, jadi saya uraikan secara singkat saja ya, fitur lengkap AVANA.
1). Facebook Pixel Integration. Fitur penting banget untuk mentargetkan calon pembeli saat kita iklan di Facebook ads. Dengan fitur ini penjual cukup beriklan melalui dasboard AVANA.
2). Invoice Otomatis. Penjual bisa upload dan print invoice pemesanan otomatis.
3). Keagenan. Penjual memungkinkan memonitor agen, reseller, dan dropship dari dasboard.
4). Jasa Pengiriman. Penjual bisa memilih 13 jasa pengiriman barang.
5). Product inventory. Penjual bisa mengetahui jumlah stok barang di dasbor tanpa perlu menghitung ulang persediaan.
6). Database Pelanggan. Penjual langsung punya database pelanggan yang tersimpan di dasbor AVANA.
7). Payment Gateway Integration. Fitur layanan pembayaran melalui kartu kredit dan metode pembayaran lainnya seperti transfer antar bank.
8). Notifikasi Nomor Resi. Penjual bisa menginput nomor resi supaya pelanggan mudah melacak barang yang dibeli.
9). Kelola Kode Kupon. Penjual bisa membuat kupon diskon sendiri.
10). Customer Support. Tim AVANA siap siaga selalu membantu penjual jika diperlukan.
11). AVAChat. Platform multichannel yang membantu penjual mengelola semua platform chatting dalam satu dasbor.
Kalau lihat dan pelajari betul apa yang sudah disediakan AVANA, rasanya tidak ada lagi kata untuk tidak mencobanya. Soalnya beneran lengkap banget. Wajar rasanya jika AVANA memang Social Commerce Platform terpercaya untuk kembangkan Bisnis kita. Total, kelebihan yang dimiliki AVANA hingga 21 kelebihan! Luar biasa, kan?

AVANA, Berkembang Bersama Pebisnis
AVANA bergerak sejak tahun 2016, berawal dari tim yang terdiri dari 6 orang hingga kini lebih dari 40 orang muda yang penuh gairah dari seluruh dunia. Mereka sangat disiplin dalam bekerja. Mereka bekerja dengan penuh dedikasi supaya skala bisnis kita terus naik ke tingkat yang lebih tinggi.
Hingga kini, AVANA telah membantu lebih dari 30.000 toko online dari semua jenis kategori. Mulai dari penjual dari fashion hingga instruktur olahraga, mulai dari bisnis keluarga hingga menjadi brand terkenal.


Perkebangan AVANA terbilang cukup pesat. Awalnya berkantor pusat di Malaysia, kini berkembang ke negara-negara tetangga seperti Temasek Boulevard, Singapura dan Bandung, Indonesia.
Dengan sistem dan teknologi inovatif yang terus dikembangkan, AVANA akan terus berkembang bersama para pengusaha, UKM, dan UMKM. AVANA membawa pengusaha kecil dan menengah ke peringkat global. AVANA menjadi Social Commerce Plaform Terpercaya untuk kembangkan bisnis. 




AVANA Blog Competition
Saat ini, AVANA sedang mengadakan Blog Competition. Ajang untuk mengasah pemahaman permasalahan bisnis dan perkembangan teknologi informasi yang sesuai dengan usaha online. Sekarang ini juga waktu yang tepat buat siapa pun yang ingin mengepakan sayap bisnis lebih besar melalui media sosial.
 Peserta Blog Competition berkesempatan memenangkan hadiah menarik dari AVANA, lho. Hadiahnya lumayan. Kalau mau ikutan, cek pada link di atas, ya.
- Juara 1: Rp3.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 2: Rp2.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months
- Juara 3: Rp1.000.000 + Avana Advance Plan 3 Months

Selamat mencoba!

Previous article
Next article

40 Komentar

  1. Lengkap banget avana ini kang Ali.. sangat efisien karena langsung terintegrasi ke 3 platform sekaligus. Jadinya gak capek ya

    BalasHapus
  2. Usaha online memang lagi menjamur, kalau cuma jualannya di medsos seperti fesbook atau instagram aja memang bakalan kalah saing ya, dengan adanya AVANA bisa membantulah.

    BalasHapus
  3. Saya termasuk yang sangat diuntungkan dengan keberadaan media sosial, kang Ali. Selain bisa promo tulisan dan jualan buku, saya juga jualan kelas Kurcaci Pos hehehe. Makanya media sosial harus kita manfaatkan sebaik-baiknya ya, Kang.

    dan saya baru tahu soal Avana ini, seru nih, buat tempat jualan online. langsung mau saya kepoin.

    BalasHapus
  4. Wah, semudah ini ternyata buka toko online di AVANA. Banyak ekuntungannya pula. Pasti akan membantu para pelaku bisnis saat mengembangkan usahanya. Platform terpercaya AVANA terpercaya untuk mengembangkan usaha kita

    BalasHapus
  5. Wah keren ya. Bisa bayar via webstore, facebook store, bahkan messenger. Saya juga baru tahu ini Avana.

    BalasHapus
  6. Jadi penasaran dengan avana ini, ntr aku kepoin dah
    Siapa tahu bisa membantu temen-temen ku yg jualan online...
    Terimakasih artikel nya kang Ali

    BalasHapus
  7. Lengkap banget fitur AVANA Ini ya mas sampai 11 fitur. Rasanya pantas jika AVANA jadi Social Commerce Platform terpercaya untuk para pembisnis.

    BalasHapus
  8. Jadi tertarik untuk mencoba AVANA yang mudah dan praktis .Ssngat membantu banget bisnis online.

    BalasHapus
  9. Wah menarik ini.. Ini kebetulan lapak lagi adem ayem hikshiks. Ntar dipelajari lagi deh.

    BalasHapus
  10. Avana ini lengkap banget ya kayanya, semua tipe media sosial ga ketinggalan ada semua, teknologi makin canggih apa-apa jadi makin mudah.

    BalasHapus
  11. saya juga udah lama pengen jualan online.
    Tapi belom terealisasi sampai sekarang.
    nanti mau de liat-liat Avana ini

    BalasHapus
  12. Wah, ini kayaknya cocok banget buat saya Kang. Bisa jualan kopi biar cepat tanpa modal besar ya. Kebayang Avana ini perannya udah bantu 30.000 UKM biar mentas dan sukses ekonomi mereka. Salut sama anak-anak muda yang punya kreasi unik dan dampaknya positif. Jadi pengin ikutan lombanya juga nih hehe

    BalasHapus
  13. Baru sekali ini dengar AVANA.
    Aku termasuk yang gak bisa jualan di online. Kalau untuk pemula apakah AVANA disarankan?

    BalasHapus
  14. Aku masih penasaran nih sama AVANA, kira2 bagaimana kinerjanya, tapi next tetap tak coba kali aja bisa jadi ladang penghasilan

    BalasHapus
  15. Saya baru tahu tentang Avana ini, kang, dan ternyata fiturnya keren banget dan memudahkan pedagang yang mau jualan online. Oke nih buat rekomendasi sekalian saya mau coba free trialnya juga.

    BalasHapus
  16. Wah senangnya ada teknologi secanggih layanan Avana. Cocok banget buat orang kayak saya yg masih ragu buat jualan online. Kalo pake jasa Avana bakalan terbanti banget nih.

    BalasHapus
  17. Kemarin juga baca artikel teman bahas Avana katanya aplikasi bagus untuk jualan online, kebetulan aku juga jualan ,aku mau coba jajal aplikasinya

    BalasHapus
  18. wah lengkapnya fasilitas Avana ini.Sistem marketing yang mencakup sosmed juga dihandle

    BalasHapus
  19. Karna banyak yang membahas avana aku jadi kepo juga ya. Semenjak social distancing ini jadi semakin berasa manfaatnya belanja online. Jadi pengen juga punya bisnis online

    BalasHapus
  20. Hmmm... dengan 3 langkah mudah jadi lebih praktis ya mengembangkan toko daring. Tfs Kang Ali. Coba ya saya dulu bersabar gak udahan dulu online selling-nya, mungkin sekarang bs lebih gampang ada Avana ini

    BalasHapus
  21. Wah Avana ini enak bgt dong ya. Cara buka tokonya mudah, bahkan bebeliannya juga gampang.

    BalasHapus
  22. Kayaknya jualan paket wisata juga bisa yah kang di Avana?

    BalasHapus
  23. AVANA ini sistem nya lengkap ya all on one istilahnya kebetulan pnya tmn yg lagi merintis umkm nah saya mau bagikan nih sama dia manfaat pakai sistem AVANA ini semoga makin maju deh usaha teman saya

    BalasHapus
  24. Wow hadiah lombanya menggiurkan...ternyata semudah itu ya buka online di Avana banyak peminat neeh pastinya

    BalasHapus
  25. Wow hadiah lombanya menggiurkan...ternyata semudah itu ya buka online di Avana banyak peminat neeh pastinya

    BalasHapus
  26. Wah sekarang asyik banget jualan di FB
    Dulu mad ribet, harus bikin page
    dan gara gara page tersebut, sekarang akun FB saya malah dibanned FB

    BalasHapus
  27. hadiahnya funtastik juga yah, tapi sy mau ikut sudah minder duluan, karena minim idea. takut kalah gitu

    BalasHapus
  28. kalau saya kan punya usaha opentrip/wisata
    bisa dong pakai Avana kak??

    BalasHapus
  29. berbisnis sendiri sekarang semakin mudah, jalan untuk mempromosikan produk juga gampang dengan bantuan Avana ini, semua bisa dipantau dari satu dashboard saja

    BalasHapus
  30. Wah menarik bgt ini. Usaha jualan olshop mmg lg trend. Tp qt hrs pinter2 menarik customer d sosmed dan Untung nya ada avana ya, ngebantu bgt. Tq info nya ..

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel