Mendigitalisasi Pasar Rakyat Bersama Festival Pasar Rakyat 2020 Adira Finance

 


APA yang terbayang di benak kalian saat mendengar Pasar Rakyat? Tradisional, sumpek, tak teratur, dan bau? Mungkin itu dulu, Pasar Rakyat sekarang jauh lebih bersih, lebih teratur, dan lebih modern meski tidak bisa disetarakan dengan mal karena karakternya memang beda.

Pasar Rakyat sebagai etalase kekayaan sebuah daerah dan sebagai tonggak perekonomian bagi UMKM ternyata menyerap banyak tenaga kerja, lho. Pasar Rakyat kini juga tidak hanya sebagai pengembang ekonomi kerakyatan kreatif, edukatif, dan berbudaya saja melainkan juga menjadi destinasi wisata unik.

Contohnya Pasar Rakyat Cihapit di Kota Bandung Jawa Barat. Sebagaimana layaknya Pasar Rakyat, di sini menjadi tempat jual beli berbagai kebutuhan pokok seperti sayur-sayuran, daging, ikan, beras, bumbu-bumbu, dan sebagainya.

Akan tetapi, salah satu pasar tertua di Bandung ini mempunyai daya tarik yang tidak ditemukan di Pasar Rakyat lain seperti kios kuliner legendaris Bandung, Taman Bacaan Hendra yang sudah berdiri sejak 1967, tempat tongkrongan tradisional untuk nonton bareng, dan sebagainya.



Salah Satu Lorong Pasar Cihapit Bandung (Foto DokPri)

Selain itu, pasar yang dikelilingi mural tersebut mengandung nilai sejarah. Pada zaman penjajahan Jepang, kawasan Cihapit dijadikan kampung penjara bagi orang Belanda.

Kampung penjara Cihapit dahulu menjadi penjara terbuka yang didirikan tentara Jepang sebagai bagian dari strategi menutup akses pemberontakan, khususnya terhadap orang-orang Belanda yang telah menetap di Indonesia.

Kampung penjara Cihapit masuk dalam Kamp Bunsho II yang dibuka pada November 1942. Kamp diisi sekitar 14 ribu orang Belanda yang dikelompokkan pada usia remaja, dewasa, laki-laki, perempuan, orang tua, dan anak-anak.

Sebelum ada kamp, kawasan Cihapit sudah menjadi kompleks pedestrian dengan konsep lingkungan yang sehat. Di sana ada komplek perumahan, taman atau lapangan terbuka, dan pasar.

Bahkan pada tahun 1920-an, kawasan Cihapit dijadikan model sebagai pemukiman sehat yang dihuni oleh warga golongan menengah ke atas. Tak heran hingga kini, konsumen Pasar Cihapit berasal dari kalangan menengah ke atas. Bahkan kini menjadi destinasi wisata pasar yang sangat terkenal. Siapa pun yang berwisata ke Bandung belum lengkap rasanya jika belum belanja di Pasar Cihapit.



 

Festival Pasar Rakyat 2020 Adira Finance

Melihat potensi Pasar Rakyat yang demikian besar, Adira Finance kembali mengadakan gerakan sosial Festival Pasar Rakyat 2020 (FPR 2020) dari Bulan November – Desember 2020. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini program FPR 2020 mengusung 3 program unggulan, yaitu Sosialisasi Pencegahan COVID-19 di Pasar Rakyat, Webinar, dan Program Pendampingan.

Dengan mengusung Tema #BangkitBersamaSahabat, FPR 2020 mengedukasi para pedagang mengenai pentingnya menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan baru di lingkungan pasar dan digitalisasi pasar melalui program edukasi, pelatihan, dan pendampingan.

Program-program tersebut diperlukan agar usaha yang dijalankan di Pasar Rakyat tetap bertahan bahkan berkembang walau dalam masa pandemi.

FPR 2020 dibuka pada 4 November 2020 dengan press conference, dilanjutkan sosialisasi pencegahan Covid-19 sekaligus membagikan masker kepada ekosistem Pasar Rakyat di 30 pasar yang tersebar di 6 kota Indonesia (Jakarta, Tangerang Selatan, Cirebon, Yogyakarta, Aceh dan Makassar). Kegiatan ini didukung penuh oleh GPM dan ASPARINDO.

Kemudian acara webinar FPR 2020 Jakarta pada 11 November 2020 dengan tema Tips Membangun Usaha Secara Online. FPR 2020 Cirebon yang diadakan pada 20 November 2020 dengan tema Siap Berdagang Online di Masa Pandemi


FPR 2020 Yogyakarta pada 25 November 2020 dengan tema Cara Berjualan Online yang Menguntungkan.   FPR 2020 Aceh pada 1 Desember 2020 dengan tema Belajar Jualan Online dengan Mudah, dan FPR 2020 Makasar pada 8 Desember 2020 dengan tema Cara Usaha Online Tetap Eksis.

Setelah mengikuti webinar, peserta melakukan pendampingan, tujuannya agar apa yang telah didapat memberikan dampak positif sehingga peserta dapat semakin berkembang. 

 

Transaksi di Pasar (Foto dari video web Adira) 

Program Festival Pasar Rakyat Berkelanjutan

Bagi saya program FPR 2020 ini sangat penting dan bermanfaat bagi pedagang di Pasar Rakyat karena digitalisasi Pasar Rakyat bukan sebuah keniscayaan.

Konsumen seperti saya di masa pandemi seperti ini lebih senang belanja online dari pada blusukan ke pasar, semata-mata untuk menjaga kesehatan. Kalau pun harus blusukan pasti sudah memegang daftar belanjaan supaya tidak berlama-lama di pasar.

Dengan digitalisasi Pasar Rakyat, selain pedagang tetap bisa menjalankan dagangannya, konsumen juga merasa lebih aman dan nyaman. Kapan lagi mengoptimalkan Pasar Rakyat secara online kalau tidak sekarang?

Saya berharap program-program Adira Finance yang telah dijalankan dalam FPR 2020 terus berlanjut sehingga ekosistem di Pasar Rakyat terus berkembang mengikuti zaman dengan tanpa meninggalkan jejaknya sebagai Pasar Rakyat. Semoga Adira Finance semakin bermanfaat bagi masyarakat luas dan tetap menjadi sahabat setia selamanya. Yuk bangkit bersama sahabat.

Previous article
Next article

14 Komentar

  1. Program-program Adira Financenya bagus sekali. Ini bisa membuat ekosistem di Pasar Rakyat terus berkembang. Manfaatnya besar untuk masyarakat.

    BalasHapus
  2. Festival ini penting bgt untuk mendukung dan memfasilitasi para pegiat UMKM ya.
    Semogaaa korporasi lain juga melakukan hal serupa.

    BalasHapus
  3. eh aku beneran ga nyangka lho awalnya pasar rakyat yang dimaksud itu benar-benar pasar. aku pernah ke cihapit, bikin betah. sayang karena cuma nganterin uwa, ga bisa puas explore

    BalasHapus
  4. Wuih keren tuh ada muralnya segala ya. Bersih pula. Di Korsel pasar-pasar tradisional juga bersih, dan banyak campaign di sosmed ut belanja ke pasar tradisional, dapat vocer2 gitu. Semoga di Indonesia makin banyak pasar rakyat kayak gini yang bebas bau dan sampah ya!

    BalasHapus
  5. Semoga acara yang sudah berjalan dari beberapa tahun lalu ini terus konsisten memajukan pasar rakyat dan pedagang. Pergeseran pasar rakyat menuju online juga menarik ya... apalagi saat pandemi seperti ini

    BalasHapus
  6. Berarti banyak rangkaian acaranya.
    Tapi yang lebih penting yang harus tersampaikan kepada pengunjung proses digitalisasi. Agar rakyat bisa dan mudah melakukan penjulan produksinya secara online.

    BalasHapus
  7. Pasar Rakyat Cihapit unik ya Kang, tidak hanya menjual kebutuhan pokok namun juga wisata edukasinya. Salut juga buat Adira atas event yang diselenggarakan sehingga bisa menaikkan pamor pasar rakyat.

    BalasHapus
  8. Program seperti ini sudah pasti ya, menguntungkan baik penjual dan pembeli. Kita yang belanja nyaman, penjual juga turut diuntungkan. Semoga manfaat ini berketerusan dab mendatangkan manfaat lainnya

    BalasHapus
  9. support banget kalau ada event sepertini ka , sosialisasi digitalisasi juga harus terus di kembangkan , online shoping memang jadi salah satu alternatip strategi dagang termasuk aku juga ,dan aku juga pelaku usaha sangat mengharap kan dukungan seperti ini , event pasar rakyat digital itu good idea

    BalasHapus
  10. Konsep yang keren banget dari Adira, memang yang paling banyak perlu perhatian itu para pengusaha kecil, pedagang kecil, dengan adanya digitalisasi pedagang di pasar rakyat, maka peluang untuk mendapatkan pembeli juga lebih variatif dan cepat.

    BalasHapus
  11. Semoga programnya bisa sampe Pemalang, pengen ikutan juga. Pandemi craft dan jahitan sepi Kang. Adira sangat membantu sekali adanya pasar rakyat

    BalasHapus
  12. Gak terkesan kumuh atau ruwet gitu ya pasarnya, soalnya dikasih gambar-gambar mural yang cerah dan menarik..
    Semoga program Adira Finance untuk Pasar Rakyat ini bermanfaat untuk masyarakat luas :)

    BalasHapus
  13. Aku sekarang belanjanya sudah pakai apps, kang Ali.
    Lalu amaze karena Pasar Rakyat ini sudah mulai belajar bekerjasama dengan e-commerce.
    Sehingga pelayanannya bisa online.
    Semoga Festival Pasar Rakyat yang digagas oleh Adira semakin meningkatkan semangat para pedagang untuk terus belajar mengembangkan bisnisnya.

    BalasHapus
  14. Canggih ini digitalisasi pasar rakyat. Meski namanya pasar rakyat,ia sudah bergerak menjadi digital menyesuaikan diri dengan perubahan zaman. Salut untuk Adira sebagai pemrakarsa program ini.

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel