Mau Kerja Nyaman dan Produktif? Coba Pilih Kursi Kerja Seperti Ini

 


PERNAH nggak, mengalami sakit punggung atau pinggang karena lebih dari 8 jam duduk menghadap laptop karena dikejar deadline? Saya pernah mengalami dan rasanya nggak enak banget. Soalnya bukan cuma punggung atau pinggang yang sakit, pada akhirnya kepala pun ikut sakit. Akibatnya, saya tidak bisa kerja berhari-hari.

Saya pikir sakit punggung atau pinggang yang saya rasakan karena saya kelamaan di depan laptop. Setelah saya ke dokter, ternyata sakit punggung yang saya rasakan akibat dari kursi baru yang saya pakai. Ternyata kursi tersebut tidak cocok untuk kerja.

Saat itu, saat beli kursi saya memang tidak melihat secara detail. Padahal kursi untuk kerja itu sangat berbeda dengan kursi untuk di ruang tamu, ruang tengah, apalagi untuk santai karena kursi kerja erat kaitannya dengan kesehatan punggung. Jika salah pilih akan menyebabkan masalah pada punggung.

Saat ini sangat banyak pilihan kursi kerja di pasaran, meski banyak kita harus tetap selektif dan mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat akan memilih kursi untuk kerja. Berikut ini ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan jika ingin membeli kursi untuk kerja.




1). Perhatikan Bentuk Sandaran Kursi

Kalau kita perhatikan, sandaran kursi untuk kerja itu bentuknya berbeda-beda. Ada yang tegak lurus, ada yang melengkung, ada yang bisa ditegakkan, ada yang bisa disandarkan, dan sebagainya.

Bagi pekerja seperti saya yang punggungnya normal, sebaiknya pilih kursi kerja dengan sandaran yang lurus. Akan tetapi, jika ada yang mengalami masalah dengan tulang belakang, disarankan memilih kursi dengan sandaran yang melengkung.

Sandaran kursi lurus untuk punggung yang normal membantu badan selalu tegak lurus ketika bekerja, membantu kenyamanan tangan dan kaki sangat sedang bekerja, dan tidak membuat lelah karena aliran darah berjalan lancar. Begitu pun sandaran melengkung untuk yang memiliki masalah punggung. Sandaran yang melengkung akan menopang punggung dengan baik.




2). Pilih Sandaran Punggung yang Tepat

Setelah memperhatikan bentuk sandaran, jangan lupa cek juga sandaran punggung yang tepat. Pilih sandaran punggung yang memiliki bantalan yang empuk sehingga tidak membuat sakit atau lelah meski digunakan berjam-jam.

Kursi dengan bantalan empuk menghindarkan pengguna dari wasir atau ambeien. Duduk terlalu meningkatkan peluang bagi siapa pun terkena ambeien berkali-kali lipat jika dibanding dengan pekerja lapangan, jadi memang perlu sandaran yang empuk.

Usahakan sandaran punggung mampu menopang semua tulang punggung pengguna. Soalnya, jika hanya sebagian punggung yang bisa ditopang, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah pada punggung.




3). Perhatikan Sandaran Lengan

Selain sandaran kursi dan sandaran punggung, yang sangat perlu diperhatikan juga sandaran lengan. Sebisa mungkin pilih sandaran lengan yang bisa diatur sedemikian rupa sehingga tidak membuat lengan cepat lelah.

Semua tahu dong, kalau kita sudah bekerja di depan komputer atau laptop bagian tubuh yang paling sering bergerak adalah tangan. Ketika sandaran tangan kursi yang kita gunakan untuk kerja tidak bisa diatur sedemikian rupa khawatir tangan tidak bisa istirahat dengan baik. Agar tangan tidak cepat lelah, penting sekali memilih kursi yang dilengkapi dengan pengaturan sandaran lengan.

Setelah kejadian sakit pinggang dan punggung gara-gara salah kursi, saya beli kursi baru. Ergonomic chair, kursi yang tinggi rendahnya bisa diatur dengan sandaran punggung kursi yang fleksible sehingga saya bisa kerja lebih nyaman dan lebih produk.

Saya nggak mau lagi sakit pinggang atau punggung gara-gara salah kursi karena sakitnya nggak tertahankan. So, kalau mau beli kursi kerja, jangan lupa pertimbangkan hal-hal di atas supaya kita bisa kerja lebih jaman dan lebih produktif.

Previous article
This Is The Newest Post
Next article

26 Komentar

  1. Sepakat ini ,jadi pengen beliin paksu biar bisa nyaman pas wfh. Makasih indonya ya.

    BalasHapus
  2. Aku punya yang mirip-mirip kaya gitu kursinya. Beneran berasa enak banget kalo lagi kerja pakai kursi kaya gitu. Kalo tiba-tiba ngantuk, tinggal nyender aja, nyaman. Memang ya, kalau buat kerja harus pilih yg nyaman, biar kerjanya juga enak.

    BalasHapus
  3. kursi adalah elemen penting yang digunakan dalam menunjang pekerjaan. kalau kursinya nyaman pasti kerja jadi semangat dan cepat selesai. Ide juga gampang keluar

    BalasHapus
  4. kalo lagi dikejer deadline, banyak orang abai dgn kenyamanan dan pastinya ini ber-impact ke kesehatan ya Kang
    baiklaahh aku juga mau berburu kursi yg ergonomis, jd makin nyaman dan sehat

    BalasHapus
  5. Aiih, aku jadi pengen mengajukan Ergonomic chair yang super nyaman untuk bekerja di depan laptop. Rasanya pasti enak dan bikin badan tetap sehat dengan postur tulang yang tetap terjaga.

    BalasHapus
  6. Kursi ergonomic kayak gini lagi aku incar banget nih. Soalnya WFH diperpanjang. Jadinya aku harus mengubah kamar jadi ruang kerja mumpuni. Dapur harus ngebul. Jadi harus permak kamar biar jadi ruang kerja yang layak, kayak kantor beneran.

    BalasHapus
  7. Aku sering mengalami sakit punggung saat mengerjakan skripsi 10 tahunan lalu pak, rasanya aduhai. Coba punya kursi seperti ini, pasti gak ngerasain yang namanya sakit punggung ya.

    BalasHapus
  8. Bukan cuma yg nyaman ajah ya tapi pilih kursi yg bagus untuk kesehatan juga. Supaya kerjanya kita juga semakin produktif ya Mas.

    BalasHapus
  9. Ini termasuk K3 bukan sih? Dulu waktu SMA pernah belajar kalau posisi duduk termasuk seluruh anggota tubuh juga menentukan kesehatan tubuh kita. Kalau salah bisa gampang encok. Huhuhu. Ngerasain banget saat kerja suka salah posisi. Akibatnya jadi gampang sakit leher, bahu dan pinggang.

    BalasHapus
  10. Wah terima kasih informasinya yaa bisa jadi bahan pertimbangan nih nanti kalau mau beli kursi buat kerja yang nyaman dan juga bagus untuk kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  11. Memang terasa banget deh pernah sakit punggung efek kerja terus di depan layar. Memilih furnitur yang tepat penting banget pastinya ya biar makin nyaman kerjanya deh.

    BalasHapus
  12. Baru aja anakku minta beliin kursi buat belajar karena tugas menumpuk, kursi lamanya gak ergonomis jadi bikin pegel katanya. Yowes nanti beliin yang ergonomic deh, makasih tipsnya

    BalasHapus
  13. Memang ketika kita kerja kantoran dengan waktu yang lama duduk, terpenting sandarannya nyaman ya mas untuk duduk lama, biar gak pegal dan sakit. Tempat duduk seperti diatas tuh pas banget mas

    BalasHapus
  14. Bagian sandaran punggung dan tangan jadi hal penting menurut daku dalam kenyamanan kursi.
    Kalau gak nyaman gitu, malah bikin gak fokus buat kerja

    BalasHapus
  15. Sandaran punggung ini penting banget buat ku. Sama empuk atau tidaknya kursi untuk duduk. Maklum boyok wes sering puegeelllllll wkwkkwkw.
    Soalnya dulu pernah sakit di bagian saraf punggung atas, jadi harus lebih hati-hati pilih kursi.

    BalasHapus
  16. Pas lagi kerja duduk lama di depan laptop pastinya tubuh akan merasa penat dan lelah. Apalagi kalau kursinya tidak nyaman. Bakal mempengaruhi kesehatan tubuh kita kan ya? Karena itu penting banget memperhatikan posisi duduk dan punya kursi yang nyaman dipakai saat bekerja...

    BalasHapus
  17. Terima kasih rekomendasi kursinya, kang. Mau beliin untuk suami yang suka lama duduk di depan meja kerjanya ��

    BalasHapus
  18. Kursi kerja yang nyaman emang investasi sih. Selain bikin nyaman dan gak sakit punggung, bisa meningkatkan konsentrasi pas waktu kerja juga

    BalasHapus
  19. bismillah yaa allah semoga aku disegerakan memiliki rumah yang punya ruang kerja buat suami dan ruang kerja buat aku aamiin

    BalasHapus
  20. Beneran deh kak kursi itu penting banget buat dukung kita tetap sehat saat kerja banyak duduk gitu.. Kalo kursinya nyaman ya gak akan ada keluhan sakit punggung, leher, lengan dll ya.. Wajib nih pake kursi yang bener..

    BalasHapus
  21. Semua kursinya bikin mupeng. Insyaallah bikin produktif. Kalau tempat duduk nyaman saat kerja, kerjanya jadi nyaman dan tidak terganggu.

    BalasHapus
  22. Aku dulu juga belain nabung demi beli kursi kyk gitu kang soalnya menurutku investasi buat kesehatan terutama kesehatan punggung. Buat yang sering duduk d meja depan laptop kursi kyk gtu worth it buat dibeli.

    BalasHapus
  23. Bagus banget ini bentuk kursi kalo ada yg ergonomic, harganya berapaan sih mas? Kayanya kalo terjangkau bisa buat hadiah ke pak suami hehehe

    BalasHapus
  24. Semua kursinya nyaman buat aku Mas. Soalnya ada sandarannya yang bikin relaks.
    Terlebih kursi yang nyaman sih bisa menerima berat tubuh kita dengan betah duduk ya.

    BalasHapus
  25. Kursi ergonomic perlu banget ..apalagi kalo berkam2 di kursi buat kerja, jangan sampai kena encok...hehhe, btw kursi kerja sekarang pada kece

    BalasHapus
  26. Wah suamiku nih lagi cari kursi kerja karena masih wfh sejak pandemi. Moga dapat kursi yang bagus buat kesehatan punggung

    BalasHapus

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel