Tips Jalankan Digital Campaign Pasca Pandemi dari IDN Creative

 


Digital campaign adalah salah satu cara promosi dengan menggunakan platform digital sebagai sarana. Digital campaign pengenalan produk kepada masyarakat yang terhubung dengan media internet sehingga jangkauannya lebih luas. Digital campaign telah lama dilakukan IDN Creative.

IDN Creative, salah satu unit agensi digital multi-platform dari IDN Media yang fokus menawarkan one-stop solution dalam memenuhi kebutuhan para brand dan advertiser.

Semua tahu, saat pandemi COVID-19 masyarakat yang biasanya beriteraksi langsung, beralih menggunakan gadget. Perubahan perilaku tersebut tentu saja menjadikan digital marketing semakin banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan.

Semakin sering audience terpapar berbagai jenis kampanye digital, semakin tinggi kompetisi konten yang dapat mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli barang atau menggunakan jasa tertentu.

Setelah pandemi berlalu, kini masyarakat kembali beraktivitas dan berinteraksi secara langsung. Dengan perubahan tersebut, tentu sedikit berpengaruh dengan digital campaign. Lantas, bagaimana cara mengeksekusi digital campaign supaya tetap maksimal pasca pandemi? Berikut ini tips jalankan digital campaign dari IDN Creative agar digital campaign yang dijalankan berhasil memuaskan brand dan konsumen.


IDN Media dan IDN Creative

 

1. Fleksibilitas dalam bekerja

Dalam merancang dan mengeksekusi campaign, IDN Creative selalu fokus pada brand storytelling dan data-driven strategy agar dapat memberikan hasil campaign yang optimal.

IDN Creative yang dipimpin oleh Maria Novena Rarahita, berupaya memastikan tiap campaign yang dijalankan IDN Creative menyasar konsumen yang tepat sasaran dan terpenuhi kebutuhannya.

Menurut Naomi Silitonga, Campaign Manager IDN Creative, menjalin komunikasi, kerja sama yang baik dengan berbagai pihak, menjaga komitmen terhadap timeline project yang telah disepakati merupakan soft skill yang penting agar kampanye berjalan dengan lancar. Dalam situasi yang tak menentu seperti sekarang ini, fleksibilitas dalam bekerja pun diperlukan dengan tetap memperhatikan SOP yang ada serta berpikir positif.

Jangan lupa pastikan konten yang dihasilkan up to date dengan kondisi agar konten tetap relevan dan dapat diterima dengan baik oleh target audiens. Lihat pula kreativitasnya, tone-nya, dan gaya bahasa-nya. Tips ini selalu digunakan platform IDN Media.

2. Selalu Koordinasi Agar Momentun Tak Terlewat

Pasca pandemi, terjadi perubahan tren pada dunia digital campaign. Faktanya setelah vakum sekitar dua tahun, berbagai event offline mulai ramai sehingga berbagai brand berlomba-lomba untuk membuat event atau menjadi sponsor event offline tersebut. Hal ini juga sangat berdampak untuk media placement, salah satunya event coverage article.

Sebagai pihak yang mengurusi kebutuhan konten tulisan untuk para klien, Copy Editor IDN Creative, Cynthia Dewi Kirana merasakan perbedaan tren tersebut. Jika saat pandemi melanda, dirinya lebih banyak mengurusi event online yang nantinya akan diliput dan dibuatkan konten berupa artikel, pada era pasca pandemi ini, ia bersama tim Copywriting lebih sering menghadiri event offline, seperti product launching, talkshow, concert, dan lain-lain.

Mengurusi event offline ternyata membawa tantangan tersendiri karena berpacu dengan waktu. Jika konten terlalu lama proses feedback dan approval-nya otomatis informasi menjadi basi dah terlewat momentumnya. Koordinasi harus dilakukan dengan cepat dan tepat.


IDN Media dan IDN Creative


3. Buat Campaign yang Unik dan Menarik

Salah satu bagian yang tidak kalah penting ketika menjalankan digital campaign adalah konten. Buat konten campaign yang unik dan menarik sehingga dilihat pasar.

Copy Editor IDN Creative, Anastasia Desire mengungkapkan, IDN Creative sebagai media tidak sembarangan membuat konten. Masyarakat saat ini membutuhkan penyegaran. Saat membuat konten pastikan topik mengandung entertainment dan jokes karena dua poin tersebut penting dalam membuat digital campaign.

Semakin unik dan menarik sebuah campaign, maka akan semakin banyak masyarakat yang penasaran, membeli, dan bahkan share konten tersebut di akun pribadi mereka.

4. Posisikan Diri Sebagai Konsumen

Campaign Manager IDN Creative, Lamtiar Sihombing memberikan tips digital campaign yang sangat menarik. Marketers harus mencoba memposisikan diri sebagai konsumen dan mengenali perubahan kebiasaan target konsumen terhadap pergantian situasi agar dapat membantu mereka untuk menentukan platform dan konten yang efektif.

Lebih lanjut, Lamtiar mengungkapkan meskipun perkembangan digital campaign melesat cepat, offline marketing pun masih tetap memiliki peran yang besar. Disinilah pentingnya strategi kolaborasi. Menggabungkan format digital yang sudah sukses saat pandemi dengan offline marketing yang kembali mendapatkan visibilitasnya sehingga digital campaign yang dijalankan sukses menyita perhatian.

Semoga Tips Jalankan Digital Campaign Pasca Pandemi dari IDN Creative ini bermanfaat!

 

Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel