Langkah IDN Media dalam Menjalankan Bisnis di Tahun 2023

 


Langkah IDN Media dalam menjalankan bisnis di tahun 2023 sangat penting. Mengingat, menurut beberapa pakar, bisnis di tahun 2023 tidak mudah dan makin banyak tantangan. Ditambah lagi dengan prediksi ekonomi, yang menurut berbagai data dan riset belum stabil. Belum lagi ancaman resesi masih membayangi dalam beberapa waktu ke depan.

Tidak heran jika setiap perusahaan termasuk IDN Media menyusun strategi khusus agar dapat bertahan dan melewati resesi. Langkah IDN Media dalam menjalankan bisnis di tahun 2023 menjadi sangat penting.

IDN Media, sebagai perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia tentu  tidak akan menyerah begitu saja. IDN Media akan terus menghadirkan inovasi atau terobosan di tahun 2023. Apa saja langkah IDN Media dalam menjalankan bisnis di tahun 2023 serta terobosan apa yang akn dilakukan? Berikut ini bocorannya.

 

1). IDN Media Sebagai Platform Media yang Tech-Driven

IDN Media berdiri pada 8 Juni 2014. Sebagai perusahaan media, saat ini memiliki lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU). Hingga kini, IDN Media terus berkembang menjadi media platform berbasis teknologi bagi generasi Millenial dan Gen Z.

Ada beberapa macam unit bisnis IDN Media, yaitu IDN (content platform), IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia (digital media). IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (commercial) IDN Pictures, dan JKT48 (entertainment).

IDN Media berkembang karena dalam setiap aktivitasnya selalu memegang visi mendemokrasi akses informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Terutama generasi Millenial dan Gen Z yang menjadi target sasarannya.

2). IDN Media Memiliki Fondamental Bisnis yang Kuat

Bisnis apa pun, termasuk bisnis media seperti IDN Media jika tidak memiliki fondamental bisnis yang kuat akan tergerus zaman. Dengan fundamental bisnis yang kuat, IDN Media mampu menghadapi berbagai hal yang diterjadi di luar perusahaan.

Terbukti, meski pada tahun 2022 banyak dinamika yang terjadi di luar sana, IDN Media tetap melakukan berbagai inovasi. IDN Media pun mampu menyajikan konten-konten yang membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Salah satu cara menciptakan fundamental bisnis yang kuat adalah dengan berkomitmen membangun bisnis yang memiliki nilai tambah bagi seluruh stakeholders.

Tahun 2023 ini IDN Media akan focus menumbuhkan bisnisnya dalam empat kategori yaitu content platform, digital media, commercial, dan entertainment.




3). IDN Media Fokus Kembangkan Konten Live Streaming

Tahun 2023 ini, IDN Media sedang menumbuhkan bisnis Live Streaming yang diprediksi akan menjadi format konten yang semakin digandrungi anak muda di masa depan.

Berdasarkan hasil riset Indonesia Gen-Z Report 2022 yang dibuat oleh IDN Research Institute, Gen-Z lebih menyukai format konten berbasis video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua setelah konten video (75%). Guna mengakomodasi kebutuhan Gen-Z akan konten live streaming, IDN Media telah menyediakan IDN Live di platform IDN untuk live streaming.

IDN Live yang diluncurkan awal tahun 2023 memiliki banyak fitur seperti UGC feature, redemption, dan referral. UGC feature memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berkarya menjadi streamers di IDN Live.

Dengan menjadi streamers di IDN Live membuka peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Ketiga fitur tersebut diharapkan dapat semakin mempermudah content creator untuk melakukan live streaming di IDN Live.

4). IDN Media Menumbuhkan Creator Economy Melalui ICE

Creator economy merupakan industri yang melibatkan content creator atau influencer untuk memasarkan produk dan jasa dari brand ke konsumen. Saat ini, creator economy semakin berkembang, terlihat dari perilaku Millennial dan Gen-Z yang masih menganggap penting hubungan kreator dengan suatu perusahaan dalam keputusan mereka membeli produk dan jasa.

Tahun 2023 ini, IDN Media akan mengembangkan ekonomi kreator baik dalam bentuk marketing maupun bentuk lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy). ICE merupakan platform kreator terbesar di Indonesia, yang memiliki visi untuk mendemokratisasi creators economy di Indonesia melalui teknologi.

Saat ini, ICE menawarkan berbagai layanan yang diberikan seperti content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development. Tahun 2023, ICE meluncurkan platform website yang nantinya dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator.

5). IDN Media Optimis Ekonomi di Tahun 2023 Tetap Tumbuh

Meski Indonesia diprediksi berpotensi mengalami resesi cukup rendah dibandingkan negara lain, yaitu sebesar 3% berdasarkan survei dari Bloomberg, kondisi ini tentu tetap diantisipasi banyak perusahaan, termasuk IDN Media.

Perubahan roda perekonomian memang berdampak pada siapapun di sektor mana pun termasuk IDN Media yang bergerak di bidang media dan mengandalkan iklan sebagai salah satu pendapatan perusahaan. Saat resesi, klien cenderung melakukan efisiensi biaya. Pengurangan biaya biasanya yang pertama kali biaya untuk pemasaran sehingga otomatis industri media pun akan terkena dampaknya.

IDN Media percaya, ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh dan membaik sehingga ke depan IDN Media masih bisa terus berkembang dan tetap fokus menciptakan nilai tambah bagi seluruh stakeholder.  Semoga langkah IDN Media dalam menjalankan bisnis di tahun 2023 dimudahkan.

Previous article
This Is The Newest Post
Next article

Belum ada Komentar

Posting Komentar

"Monggo, ditunggu komentarnya teman-teman. Terima kasih banyak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel