Minggu, 28 Februari 2016

Wisata Pangkal Pinang Terus Mempercantik Diri dan Siap Go International



SETELAH sempat tertunda karena banjir yang melanda Kota Pangkal Pinang beberapa waktu lalu, akhirnya Lelaki Berciput jadi juga jalan-jalan seru sekaligus belajar ngeblog di #KelasBlogger edisi ke-5 di Kota Pangkal Pinang.
Acara yang seharusnya berjalan dari tanggal 26-28 Februari 2016, mundur satu hari karena banjir di pusat Kota Pangkal Pinang tiba-tiba menggenang. Banjir dikarenakan adanya sumbatan pembuangan air bersamaan dengan laut pasang sehingga air tidak bisa keluar dari kota.
Kesigapan pemerintah Kota Pangkal Pinang membuat banjir segera dikendalikan. Maka, jadilah Kelas Blogger Pangkal Pinang berjalan bersama 15 Blogger terpilih untuk mengeksplorasi Pangkal Pinang sekaligus belajar ngeblog.

Jalan-Jalan Seru
Para blogger berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta melalui penerbangan pagi pukul 16.45, tiba di Bandara Pangkal Pinang satu jam kemudian. Para Blogger langsung menikmati sarapan Mie Koba di dekat Bandara. Mie Koba adalah salah satu mie khas dari Pangkal Pinang. Rasanya luar biasa gurih karena menggunakan ikan tengiri. Bagi yang tidak suka gurih, bisa ditambah sambal dan jeruk yang telah disediakan.
Kemudian, para Blogger melanjutkan perjalanan menuju Rumah Pengasingan Bung Karno di Bukit Menimbun di Bangka Barat. Perlu waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan menuju rumah pengasingan yang berada di atas bukit.
Semua blogger langsung terpekik melihat Rumah Pengasingan Bung Karno yang begitu tersembunyi, tetapi tetap nyaman. Tempat pengungsian Bung Karno di Pulau Bangka merupakan puri milik seorang pejabat Belanda pada saat agresi militer tahun 1948.
Sepertinya banyak kenangan yang terpatri di sana, makanya rumah tersebut dirawat dengan sungguh-sungguh oleh pemerintah untuk mengenal jasa Presiden Republik Indonesia pertama sekagus menjadi obyek wisata.
Pesona Pangkal Pinang Pesona Indonesia
Mie Koba yang Lezat (Foto Kang Alee)
Karena waktu sudah cukup siang, para Blogger melanjutkan perjalan untuk makan dan menuju penginapan. Kali ini, penginapan yang telah disediakan sebuah hotel bergaya resort yang sangat terkenal dengan pantainya, Pantai Parai dan Pantai Marina. Berada di Kecamatan Sungai Liat.
Akan tetapi, sebelum sampai ke penginapan, blogger mampir terlebih dahulu di salah satu mercusuar untuk melihat keindahan pantai dan sebagian Kota Pangkal Pinang, Mercusuar Tanjung Kalian. Blogger harus menaiki tangga berjumlah kurang lebih 400an tangga untuk mencapai puncak Mercusuar. Rasa lelah pun tak dihiaukan.
Begitu tiba di pucuk mercusuar para blogger terpekik dengan keindahan pantai di bawah mercusuar. Sungguh, pengalaman yang luar biasa. Saking luar biasanya, salah satu blogger yang takut ketinggian pun bela-belain naik dan menikmati keindahan pantai dari atas mercusuar.
Blogger sempat juga mengunjungi Museum Timah dan Rumah Adat yang telah menjadi salah satu heritage di Pangkal Pinang.

Bersepeda Dengan Walikota
Keesokan harinya, blogger menuju rumah dinas Walikota Pangkal Pinang. Sungguh, Lelaki Berciput baru tahu kalau Walikota Pangkal Pinang, yang juga Politisi Muda PDIP M. Irwansyah menjadi salah satu walikota termuda di Indonesia.
Pak Wawan, begitu biasa dipanggil, ingin bertemu dengan para blogger sekaligus mengajak melihat sebagian Pangkal Pinang lebih dekat dengan menggunakan sepeda. Jadilah hari itu, seluruh peserta Kelas Blogger naik sepeda yang telah disediakan Walikota dan jajarannya.
Ini menjadi sambutan yang sangat mengesankan buat para Blogger. Baru kali ini, seorang Walikota di luar Pulau Jawa sangat antusias mengajak para blogger untuk mengetahui daerahnya dan mengajak melihat potensi wisata di daerahnya.
Pesona Pangkal Pinang Pesona Indonesia
Walikota Pangkal Pinang Bersepeda Bersama Jajarannya dan Para Blogger #KelasBlogger (Foto Dudi)
Pangkal Pinang memiliki obyek wisata yang masih perawan dan menawan, promosi perlu ditingkatkan, salah satunya melalui dunia maya, “Internet salah satu media promosi yang sangat efektif, maka saya menyambut baik acara yang digagas para Kelas Blogger ini,” kata  Walikota yang senyumnya sangat menawan semenawan wisata Kota Pangkal Pinang.
Para blogger akan membantu mempromosikan Pesona Pangkal Pinang dengan cara menulis, memotret, dan menyebarkan secara luas di blog masing-masing setelah menikmati keindangan wisata Pangkal Pinang.
Selain focus pada penanganan pasca banjir, banyak agenda wisata yang sedang dipersiapkan salah satunya Wisata Gerhana Matahari yang akan terjadi 9 Maret 2016. Melihat beberapa wisata dan persiapan Pangkal Pinang yang  tengah berjalan, salah satunya pembangunan bandara baru, arena wisata keluarga di sekitar Pantai Pasir Padi, dan ke depan sirkuit berkelas international, rasa-rasanya tidak berlebihan jika Pangkal Pinang memang telah siap untuk Go International.

@KreatorBuku

7 komentar:

  1. Wihh, keren deh alang yang satu ini.

    BalasHapus
  2. Wah, jalan-jalannya seru ya..
    Mie Koba-nya bikin ngileer.. hehehe
    Kalau saya di sana, kayaknya gak berani naik ke mercusuar,deh. Takuut ketinggian soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takut ketinggian naik mercusuar cari nggak takut lho

      Hapus
  3. Jadi pengen ke Pangkalpinang daaaah...

    BalasHapus
  4. Wew,,, sekarang ternyata banyak pemda yang tertarik dengan para Blogger ya mas,,,, belum lama di lampung,,, kini di Pangkal Pinang,,,
    Jad semangat buat ngeblog nieh :-)
    Wah asyik tuh para blogger bersepedaan bersama Pak Walikota termuda di Indonesia sekarang ini :-)

    BalasHapus

Ditunggu Komentarnya Teman-Teman

Blog Archive

Komentar